Tuesday, September 17, 2013

Soto Kudus


Sudah beberapa kali aku mencoba resep Soto Kudus..cuma belum mantap dan seperti aslinya di Kudus. Setelah beberapa waktu  lalu mencicipi rasa aslinya di Kudus..jadi punya bayangan dech sekarang..rasa Soto Kudus yanga asli itu seperti apa. Soalnya..kalau beli Soto Kudus di Semarang ini kok macam2 versinya..ada yang kuah bening..ada yang lamayan kental..ada yang malah beda lagi rasanya. Dan ternyat..analisa ku benar..bahwa soto Kudus ini aslinya..bukan versi soto yang kuahnya bening dan bumbunya minimalis..namun berkuah kekuningan dan agak kental..dan kaya rasa dan bumbu..itu sich..yang aku cicip dari warung soto yang terkenal di Kudus..Bu jatmi. Dan katanya..salah satu hal yang membuat soto Kudus di Kudus asalnya dan di daerah lain berbeda adalah kecapnya. Di Kudus..kecap yang di gunakan untuk soto adalah kecap lokal merk Kudus yaitu merk THG. Baiklah..demi mencari resep soto  Kudus yang bisa mirip aslinya..akhirnya aku boyong 2 botol kecap THG dari Kudus ke rumah..hihi.

Dan akhirnya kemaren aku coba..resep soto Kudus yang memakai bumbu komplet..dan hasilnya..sudah mirip sich...apalagi pakai kecapTHG..wis, lumayan lah..mantab..hihi..cuma..memang aku nggak pakai ayam kampung..cuma ayam pejantan..jadi ya..tetep..lebih gurih lagi kalau pakai kaldu dan daging ayam kampung ya. Tapi paling tidak kan udah mirip..dan tidak penasaran lagi dengan resep asli soto Kudus itu yang versi mana..hihi. Aku juga pernah baca sich di tabloid info kuliner..ada liputan tentang pengusaha soto Kudus ini..yang selalu di sisipi resep2 aslinya..dan aku ingat dulu memang komplet bumbunya. Tapi..ku cari2 kok nggak ketemu tabloidnya..jadi aku browsing aja yang kira2 pakai bumbu komplit resepnya..jadi tau apa aja bumbunya..terus..aku  racik aja sendiri ku sesuaikan dengan selera ku komposisi bumbu2nya.
Soto Kudus 

Bahan :
1/2 ekor ayam penjantan, rebus dengan 1.5  l air dengan api kecil hingga keluar kaldu beningnya.Angkat ayamnya, suwir2 sesuai kebutuhan.
1 batang sereh
2 daun jeruk purut
2 cm lengkuas
1 cm kayumanis
Garam , kaldu bubuk, dan  gula pasir sesuai selera
Kecap sesuai selera

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
6 butir bawang merah
3 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran
1/8 butir pala
1 cm jahe
1 cm kunyit


Pelengkap secukupnya :
Taoge, rendam air panas sebentar.
Bawang putih goreng
Kucai, daun sledri dan daun bawang, iris halus
Sambal, kecap, jeruk nipis
Perkedel, tempe goreng, sate kerang
Sate jerohan ayam dll sesuai selera

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Masukkan kaldu ayam dan semua bumbu lain.
Masak hingga bumbu meresap.Koreksi rasa.
Tata nasi, taoge, ayam suwir, dll pelengkap soto di mangkuk..tuangi kuah dan sajikan dengan aneka pelengkap.sesuai selera. Nyamm..nyam..soto Kudus yang hangat siap tersaji..^^

12 comments :

  1. Duh... ngilerrr...Sedapp kali nampaknya nih :)

    Ini soto favorit papa ku nih.. mau coba bikin ah..:)

    resep sate kerang, teman makan sotonya gimana mbak diah?

    ReplyDelete
  2. Ya Mba..met cob aya..kalau aku..sate kerang..sama aja kayak kuah soto bumbunya Mba..cuma di tambahin kecap manis..:)

    ReplyDelete
  3. waa.... Menggugah selera banget ni mba...

    Baru denger kecap THG...
    Hehehe... Taunya cuma yg ada di iklan2 ajah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Lina..di Jawa Tengah..ada beberapa kecap lokal yang luamyan kondang di kalangan masyarakat..dan belum bisa tergantikan oleh kecap2 yang di iklanin di tv..nanti aku ulas ya..beberapa..^^

      Delete
    2. Pagii Mbak Diah:)

      Akhirnya tadi malam kesampaian maem soto kudus walau nda di Kudus nya langsung hihihi:)

      cuma belum sempurna nih rasanya. kayanya harus pakai kecap THG itu deh baru mantabb:)ditunggu ulasan kecapnya yaa..:)

      Delete
    3. Ya Mba...iya bener kayaknya sich..dulu aku sering bikin soto Kudus,..ndak pake kecap THG..memang belum bisa mirip..setelah pakai kecap ini..baru bisa mirip2 banget rasanya..hihi..kecapnya ini memang di tambahin bumbu mba..jadi gurih khas gitu..ndak cuma manis aja rasanya..jadi kan berpengaruh ke rasa soto ketika di campurkan ke kuahnya memang..^^

      Delete
  4. mbak aku tinggal di jakarta, mau beli kecap THG dimana sih? susah bgt ini ya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di Kudus Mba Amanda belinya memang..:)

      Delete
  5. oow gitu ya mbak, siapa tau mba ada kenalan yg bisa kirim dr kudus gitu haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di internet toko oleh2 jenang Mubarok Kudus Mba..di sana jualan..siapa tahu mau kirim..:)

      Delete
  6. mba diah,,kalau kunyit bakar itu maksud nya gimana yaa,,maksud nya di bakar gimana geto,,,:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kunyit di panggang bentar di atas bara api hgg layu mba..biar nggak langu ..:)

      Delete