Thursday, September 12, 2013

Keripik Usus Homemade..Enak..Renyah dan Gurih..^^



Sudah seharusnya ya..kita bangga dengan kuliner Indonesia..yang jumlahnya sangat beragam..di setiap daerah. Aku aja..yang sering ya mengulas masakan dan cemilan dari daerah Jawa..nggak habis2 rasanya aneka menu yang bisa di coba dan di posting di sini..belum dari daerah lain. Dari satu bahan aja..bisa jadi beragam menu olahan. Misal..ayam..bisa di olah menjadi..puluhan resep ya teman2. Semua bagian ayam..bisa kita manfaatkan untuk di olah..bahkan bagian2 yang mungkin..kalau di negara lain di buang ya..kalau di kita mah..tetep..di masak..hihi. Lha..enak kok..contohnya..usus ayam..asal kita tahu cara mengolahnya dengan baik dan benar..bisa jadi macam2 masakan lho. Bisa di buat sate usus..oseng usus..di garang asem dengan jerohan lain..di pepes..dll. Nah..salah satu olahan usus yang pasti udah tidak asing lagi buat kita adalah keripik usus. banyak itu..di jual di toko oleh2..di daerah Jawa ya...terutama di Yogya..Solo..dll. Keripik usus ini rasanya renyah, gurih dan enak..cuma..kadang2 kalau beli..suka kurang pas aja ..bumbu2nya..belum sesuai seleraku. Selain itu..harganya..juga mahal lho..keripik usus ini. Jadi..kenapa tidak bikin sendiri aja ..jiak kita suka keripik usus teman2. Lebih murah..lebih sehat..karena kita sendiri yang mengoalah dan membersihkan ususnya. Minyak juga bisa kita pakai minyak yang bagus..dan yang jelas..rasa..lebih bisa di sesuaikan selera.

Aku..lumayan sering bikin keripik usus..karena suami suka sekali. Jadi kadang2 buat stock cemilan aja..di toples..dan juga bisa  buat lauk juga. Biasanya..aku bikin keripik usus ini pakai tepung beras..kayak biasa yang di jual2 itu. Tapi..hari ini..aku uji coba sendiri dengan mencoba tehnik lain..yaitu dengan memakai protein tinggi..dan hasilnya..enakkk...! Sama renyahnya..malah lebih empuk..karena pakai terigu. Tepung terigu protein tinggi..memang alot jika di pakai untuk membuat gorengan seperti bakwan..mendoan..pisang goreng..dll..karena ketika di aduk dengan cairan..kandungan glutennya yang tinggi kan jadi liat..dan menyebabkan gorengan keras.Tapi..jadi berbeda jika tepung terigu ini di pakai untuk pelapis kering pada gorengan..seperti dalam pembuatan keripik usus atau juga ayam goreng ala KFC, ikan goreng tepung..dll..hasilnya..malah bisa renyah dan awet krispinya.

Tips untuk menggoreng keripik usus, harus terendam minyak ya..supaya bisa renyah dan garing, juga..jangan masukan ususnya dalam jumlah yang terlalu banyak..karena akan mempengaruhi suhu minyaknya. Selain itu..rendam usus ayam dalam air kapur sirih sebelumnya..sehingga hasil keripik usus bisa lebih garing. Untuk hasil keripik yang lebih gurih..bisa kita tambahkan irisan daun jeruk yang di rajang kecil..hasilnya..benar2 menambah aroma dan rasa gurih keripik ususnya. 

Oke..selamat mencoba ya teman2..jika suka keripik usus..lebih murah dan mudah kok membuatnya..dan tentu saja lebih enak rasanya. Usus kan relatif murah ya..harganya..jadi bisa menjadi salah satu alternatif lauk atau cemilan yang murah meriah tapi enak buat keluarga. Jadi..ayukk..kita coba..masak sendiri..cemilan yang kita atau keluarga kita sukai ya..daripada beli..kan mahal ya..^^ Jadi...kesimpulannya..memasak itu mudah dan meyeronokkan...hihi..*ngomongnya ikutan acara masak Chef Malaysia & Chef  Haryo Pramoe..di AFC.. *menyeronokkan  = menyenangkan *..selamat mencoba resep keripik usus ala aku..^^


Keripik Usus Renyah

Bahan :
500 gram usus ayam 
2 cm jahe, geprek
1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya
3 lembar daun jeruk purut, iris halus
200 ml air kapur sirih untuk merendam ( dari 1 sendok makan air kapur sirih dan 200 ml air )

Bahan Pelapis :
150 gram Tepung terigu protein tinggi ( misal Cakra Kembar )
2 sendok makan tepung beras
2 sendok makan tepung tapioka
1 sendok teh bumbu kaldu ayam bubuk ( jika tidak suka..ganti garam sesuai selera )
Baking powder 1/2 sendok teh ( optional )

Bumbu Halus :
3 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar
1/2 sendok teh garam ( atau sesuai selera )
Sedikit air ( kira2 50 ml )

Cara Membuat :
Cuci bersih usus ayam, lumuri dengan air jeruk nipis. Lalu cuci kembali hingga bersih.
Rebus usus ayam dan jahe di air mendidih sampai berubah warna..biar steril dan amisnya hilang.
Tiriskan, lalu rendam di air kapur sirih selama 15 menit.
Tiriskan, lalu campur dengan bumbu halus dan daun jerut purut halus.
Ayak semua tepung dan bumbu kaldu, dan baking powder.
Lumuri usus ayam yang sudah berbumbu dnegan campuran tepung, lalu goreng di minyak panas hingga renyah dan matang.Tiriskan.
Kemas di toples jika sudah dingin.




30 comments :

  1. cocok bt camilan ya mbk...kriuk kriuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mak Hanna..buat lauk juga bisa lho..:)..enak..kriuk2 gurih..:)

      Delete
  2. Saya pengin yang sudah jadinya aja, Mbak. Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..malas ya Mba Yanti..ngolah usus ayamnya..ayukk..sini..tak bagi yang mateng aja klu gt..:)

      Delete
  3. bersihin ususnya susah ga, mak? aku kok geli duluan pas megangnya. licin2 gimanaa gitu...
    krna ga bisa n takut ngebersihinnya, keripik ususnya jadi beli aja deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..nggak Mak Riana..di bersihkan pakai air jeruk nipis..nggak bau kok..terus...di cuci berulang2..setelah itu di rebus,..udah..steril dech..^^..

      Delete
  4. mak didi ini kesukaanku banget... *nyodorintoples* ngecess tingkat dewa huhuhuhu ga ada yg jualan usus disini, entah apa dibuang yak usus, ngga tau usus itu uenaaaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Mak Lina..tinggal di luar ya..wah..iya.katanya pada di buang2 ya..jerohan..pdhl beneran enak..*nyodorin setengah toples...aja..soalnya tadi cuma jadi setoples keripiknya..hihi..*

      Delete
  5. Waaah... kesukaan saya, suami dan Si Bungsu, Reza nih Mbak Diah. Biasanya saya beli. Terima kasih resepnya ya.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Devy..sama2..ayukk bikin sdr aja..lebih hemat..:)

      Delete
  6. nyam..nyam..kriuk..kriuk..bikin ah...thank you ya mbak Diah...aku tuh makan keripik usus sepuasnya kalo lagi mudik doang ke semarang..hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Elly..sama2..silahkan di coba..biar nggak usah nunggu mudik ya..makan keripik ususnya..hihi

      Delete
  7. Mba, kira" bs awet sampai brp hr yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di rumahku..nggak awet Mba Ratih..soalnya langsung abis..sehari aja..hihi.
      Kalau di simpan di toples..tertutup ya awet renyah kok Mba..samapi seminggu bisa..lebih..asal nggorengnya ya bener2 sampai kering ya..:)

      Delete
  8. mba ada gax cara yg lebih praktis lagi? dan yg sya pengen tau untuk membuat renyah itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..maksudnya praktis apanya ya..cara buatnay ya begitu Mba..hihi
      Kalau mau renyah banget ya pakai tepung beras aja..semua :)

      Delete
  9. Mb.diah kl bkinya hnya pke satu tepung aj kira" renyah gk yah? Dan renyah mana ne pke tepung beras ato tpung terigu? Thks :)

    ReplyDelete
  10. Mbak , air Kapurr sirih bias di gantii sama yg Lainnya enggak ? Susah nyarinya .
    Kapurr sirih tuh kan just ngerenyahin y kaLau enggak saLah ssii , hehehehe !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y ajustru itu mba..keripiknya kan musti renyah ya...tp kalau ndak ada yang ngga usah pakai..:)

      Delete
  11. Wihhh kayaknya uenakkk mbak... Ijinnn jajal nyobaa.. :-D

    ReplyDelete
  12. mantap kyaknya mbak kripik ususnya..pnya pbrik kripik usus ya

    ReplyDelete
  13. mantap mba diah ......
    saia sdh coba

    ReplyDelete
  14. kalau pake usus kambing bisa gk mbak yu?

    ReplyDelete
  15. Mbak Didi. Sy udh cba bbrpa kli tp blm menemukan hasil yg diharapkan. Usus d dlm ny tdk garing mbak. Apkah usus hrs digoreng dlu sblum dbaluri tepung kemudian digoreng lg? Mhon dblas y mbak

    ReplyDelete
  16. Ini bisa bertahan lama nggk mba renyahnya?

    ReplyDelete
  17. Kalo ga pake tepung atau tepungnya tipis bisa ga mbak? Dan warnanya biar kuning cantik gt gmn ya mbak caranya?

    ReplyDelete
  18. Kalo ga pake tepung atau tepungnya tipis bisa ga mbak? Dan warnanya biar kuning cantik gt gmn ya mbak caranya?

    ReplyDelete