Wednesday, September 25, 2013

Pangsit Goreng


Pangsit goreng..banyak variasinya ya teman2..ada yang terbuat dari udang aja..atau dari ikan tenggiri..atau juga dari ayam.Semua enak. Tapi aku paling sering buat dari ayam dan udang..sehingga jadi kombinasi rasa yang gurih enak..dan juga tidak terlalu mahal..hihi. Kalau udang aja kan..jatuhnya jadi mahal..dan hasilnya cuma sedikit ya..udah jika di kupas. Makanya suka ku tambahin daging ayam cincang juga..jadi tetep terasa gurih enak..tapi jadi ekonomis resepnya.

Pangsit goreng begini..boleh di bentuk sesuai selera...ada yang di bentuk bunga segi empat atau lima..ada juga yang di bentuk segitiga..atau di bentuk kayak bunag di ikat..dll. Kali ini aku buat yang modelnya..kayak perahu..^^. Bagaimana cara melipat kulitnya..mudah saja kok..pertama kita ambil satu lembar kulit pangsit, isi dengan bahan isian di tengahnya sedikit saja..kira2 1 sendok teh, lalu liat bentuk segitiga..jangan lupa di olesi putih telur ya sekelilingnya..biar enggak lepas2. Terus, lipat ke belakang kedua ujungnya dan satukan..sehingga membentuk seperti perahu. Olesi juga dengan putih telur supaya menempel sempurna kedua ujungnya. Siap di goreng. Menggoreng pangsit ini minyak harus agak banyak ya..biar  bisa terendam dan matang sampai bagian dalamnya. Udah..begitu saja kok..cara bikinnya teman2..dan pangsit goreng guirh..siap di cemil..di cocol dengan saus sambal..atau di makan dengan semangkuk bakso kuah yang hangat..nyam nyam dech. 
Pangsit Goreng

Bahan :
150 gram daging ayam bagian dada, cincang halus
100 gram udang kupas, cincang halus
Telur ayam 1 butir
Kecap asin 2 sendok teh
1 batang daun bawang, iris halus
Kulit pangsit 15 - 20 lembar
1 putih telur untuk olesan
Bawang putih 2 siung, haluskan
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh / garam sesuai selera
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1/2 sendok teh
Tepung tapioka 2 sendok makan

Cara Membuat :
Campur semua bahan dan uleni rata hingga adonan halus
Ambil1 buah kulit pangsit, isi dengan 1 sendok teh adonan pangsit, lipat bentuk segitiga, lem sisinya dengan putih telur, lalau satukan kedua ujungnya hingga berbentuk seperti perahu.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang.
Sajikan dengan saus sambal..atau sebagai pelengkap bakso kuah.
Tips : Kulit pangsitnya pakai yang khusus pangsit goreng ya teman2..biar bisa renyah hasilnya..jgn keliru beli yang kulit pangsit untuk kuah ya..^^






11 comments :

  1. kalau kulit pangsutnya ada respenya gak mbak . iseng banget ya pertanyannya hehehe. kadang aku buat martabak telur akai kulit pangsit juga mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Mak Lidya..udah ku rencanakan buat..cuma belum kesampaian terus..hihi..nantiya..jika udah buat ku posting..soalnya..selalu tergoda.beli kulit pangsit jadi di supermarket..sewaktu2 mau pakai..hihi..praktis..wah..enak juga ya buat martabak..jadinya kecil2 bgt tapi ya Mak..martabaknya..:)

      Delete
  2. Ho ho... ternyata beda ya kulit pangsit untuk pangsit goreng dan untuk pangsit kuah? Selama ini saya beli untuk yang pangsit kuah (kulit siomay) itu. Terima kasih Mbak Di.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di supermarket belinya..ada tulisannya Mba Devy..mau yang buat kuah atau di goreng..aku pernah coba nich..pakai kulit pangsit kuah..aku goreng..emang kurang renyah..sebaliknya juga bgitu..klu kulit goreng di buat kuah..suka kurang lembut..hihi

      Delete
  3. mbak, kulit pangsit merk ini belinya di carrefour ya ?

    ReplyDelete
  4. Saya suka pangsit, Mbak. Cari kulit pangsitnya dulu ah. Oh ya, btw, itu kulit pangsitnya kalau ga habis bisa disimpan di kulkas ga mbak? Pernah beli kulit lumpia, karena sudah dibuka kulitnya jadi keras. Jadi susah gulungnya pas mau bikin lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulit pangsit bisa kok Mba..di simpan di kulkas beberapa hari..karena lebih lentur dari kulit lumpia..karena kulit pangsit ini..kan dari adonan terigu dan telur yang di giling terus di tipiskan..sedang kalau kulit lumpia kan di dadar atau di oles di teflon..terus di masak ya Mba..jadi klu masuk kulkas..jadi keras..:)

      Delete
  5. Mbaaak telaten banget sih ngebentuk kulit pangsitnya *ngefansdadakan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lha..cuma di lipat2 aja kok Mba Mutiara..:)

      Delete
  6. mba kalo beli dipasa kulit pangsitnya, bedainnya gimana goreng sama kuah?

    ReplyDelete