Monday, September 9, 2013

Iwak Peyek Dan Nasi Jagung..Wueanakkk...^_^


Iwak peyek..iwak peyek..iwak peyek nasi jagung..! Pasti..udah nggak asing kan..sama lagu tersebut teman2..hihi..lagu dangdut yang di bawain macan..eh mba Trio macan..hihi..masa macan bisa nyanyi ya..^^
Aku beli nasi jagung instan ini di pameran UMKM kemaren di Paragon..di stand daerah Purwodadi..kata Masnya yang jaga sich...ini makanan khas di Purwodadi. Katanya..di sana biasa di makan dengan sayur lodeh lompong / batang talas. Akhirnya karena aku belum pernah makan nasi jagung..jadi penasaran dech..pengen coba. Kalau di Yogya..jagung biasa di buat cemilan aja sich..jarang di buat nasi jagung..paling di buat jagung kukus..yang di makan dengan kelapa.Namanya..apa ya..lupa..ntar tak telp ibuku dulu..^^


Nah...kemaren cari2 batang talas di pasar nggak nemu buat sayurnya..akhirnya..ganti haluan aja..kata suamiku enak..di makan pakai oseng daun pepaya dan orek tempe. Ya udah..aku bikin itu buat lauknya..dan yang nggak ketinggalan..lauk..iwak peyeknya..hihi..yaitu ikan asin yang di goreng tepung kering kayak tepung rempeyek gitu. Dan..ternyata..rasanya..enak lho..hihi..cuma rada susah aja..makannya..karena nasinya mawur2 gitu ya. Tapi ya masih mending lah..daripada di suruh bikin sendiri nasi jagung yang prosesnya panjang, lebih baik beli yang instan aja begini..murah kok, cuma 10 ribu sebungkus. Dan jadinya..banyak..hihi..nggak habis di makan berdua sama suami..soalnya..Yodha..nggak mau makan nasi jagung. Jadi..intinya..kalau di makan dengan lauk berbumbu..enak kok nasi jagung ini. kata Mba ART ku..bisa juga di makan pakai urap sayuran..pelas dan ikan asin. Wah..nanti tak cobanya dech. Si embak cerita, katanya dulu jaman kecil..makanan di keluarganya ya nasi jagung ini..terus aku nyeletuk..lha malah enak tho Mba..terus mba nya bilang.kalau ibu kan cuma sekali2 makanya..kalau tiap  hari ya..nggak enak Bu..hihi! Masak..sich...kayaknya..asal lauknya..enak..ya tetep enak dech buatku..hihi. Memang kok..kalau aku makanan utama..nggak perlu harus nasi..bisa singkong..ubi..kentang dll..jadi..membiasakan diri..untuk mencoba alternatif makanan utama selain nasi.

Selain enak..nasi jagung ini juga kayak gizi kan..dan lebih rendah kalori serta lemak..jadi.cocok nich buat diet. Selain itu..jagung jug akayak manfaat lho..antara lain :  
  • Melancarkan pencernaan, jagung mengandung serat sehingga bermanfaat besar bagi sistem pencernaan. Selain itu, jagung bisa mencegah sembelit, wasir, dan menurunkan risiko kanker usus besar.
  • Sumber mineral, Setiap butir kuning jagung mengandung banyak sekali ragam mineral, seperti magnesium, tembaga, besi, dan paling penting fosfor yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang dari keretakan karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi normal ginjal.
  • Merawat kulit, Jagung kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap muda lebih lama. Terlepas dari konsumsi secara teratur, jagung dapat diaplikasikan sebagai minyak jagung merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Pati jagung juga berguna menenangkan iritasi kulit dan ruam.
  • Mencegah anemia, anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.
  • Mengontrol kolesterol, kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung kita tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.
  • Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.
Jadi..jangan ragu ya,..teman2..kalau mau coba nasi jagung..selain enak..rasanya..juga lebih sehat kan. Selamat mencoba.


  • Lauk nasi jagung ala aku..sederhana aja sich..pasti udah pada bisa semua kan masaknya  teman2..orek tempe basah, oseng daun kates dan ikan asin goreng tepung..enakkk.






17 comments :

  1. Mbak Diah, apa kabar..? Cara masak nasi jagung yg instant bgmn yaa mbak..? Kalau berkenan, tolong sms in alamat mbak Diah yaa, mau mengirimkan undangan ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Mba Finah..eh..lama ngak keliatan..ku kira malah udah pestanya..hihi..oke dech..ntar ku sms ya..di mana acaranya Mba?.

      Oh ya..car amasaknasi jagung instan ini mudah..cuma tinggal di seduh airpanas..terus di kukus bentar..mateng dech.^^

      Delete
  2. Jagung yang dipipil dan dikukus itu namanya Grontol, Mbak Diah. Kalau daerah Gorontalo atau Sulawesi Utara namanya Binte Biluhuta.

    Di sini banyak Mbak Diah yang jual nasi jagung. Tanya-tanya sama ibu mertua, nasi jagung itu enak dimakan dengan sayur lodeh dan ikan asin, sama dengan makan nasi tiwul. Entahlah kalau soal rasanya, saya sendiri belum pernah coba.:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..Grontol ya..mksh infonya Mba Devy..eh..di situ ada yang jual..kok nggak di coba Mba..sekali2..hihi..enak lho..:)

      Delete
  3. Mb, kalo di Magelang nama jagung rebus yg dimakan ma kelapa parut tu blendhung ato grontol. Biasanya ada jenang dr tepung berasnya jg.
    Jd inget jajan pasar jadul favoritku, jenang blendhung, hehehe...
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aha,bener2..Blendung..aku ingat skrg.sama..di Yogya juga di sebutnya blendung..:)

      Kalau jenang Blendung tuch kayak gimana Mba?

      Delete
  4. Blendung trus dikasih jenang yg terbuat dari tepung beras+santan+gula pasir, jd kayak bubur sumsum tapi gak pake gula jawa lagi, dah manis. Enak d, mb Diah. Hehehe....
    -ida-

    ReplyDelete
  5. Oh gt..oke..dech..besok kalau nemu jagung buat blendung..tak buat dech Mba Ida..penasaran..hihi

    ReplyDelete
  6. kalo di daerahku, namanya KRAWU JAGUNG mba, hehehe... jagung pipil kering yang diproses sedemikian rupa trus disajikan dg kelapa parut dan gula pasir... awet kenyangnya... hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..tapi enak lhoMba Lina..itu..sayangnya harus pakai jagung yang berwarna putih ya Mba..di sini susah nyarinya..mudik dulu dah..klu mau makan blendung..atau krawu jagung ini...hihi

      Delete
  7. Jan enaaaak tenan..... postingan mbak Diah khususnya masakan sehari-hari gak beda jauh dengan masakan almarhum ibuku, jadi kangen...
    Nasi jagung dulu sering aku konsumsi sewaktu kuliah di Malang mbak... namanya anak kost makan sehari-harinya lebih banyak jajan dan nasi jagung favoritku, selain harganya murah rasanya top. Dulu di pasar Blimbing Malang hanya ada satu penjual nasi jagung dan lauknya macam2 salah satunya yang khas Sayur Iwak Pe, dimasak puedes pake santan, cabe ijo dan petai... jangan ditanya deh rasanya...Mak Nyus...bikin nagih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk masak sendiri Mba..biar bisa melepas kg masakan Ibunda.:)
      Oh pake mangut iwak pe ya Mba..aku ada resepnya : http://www.diahdidi.com/2013/11/mangut-iwak-pe-tempe-cabai-hijau.html

      Delete
  8. Pasti mbak, sekarang kalo kangen masakan ibu resepnya tinggal ngintip resepnya mbak Diah deh....lha resepnya nggak beda jauh, malah boleh dibilang sama mbak. Matursuwun yo mbak resep2nya.... Blognya bermanfaat banget & fotonya oke, ga bosen ngliatnya. Aku punya blog tapi masih belajar, blognya belum enak dilihat.......hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..ayukk semangat nge blognya..:)

      Delete
  9. Waduh mantep tnan. Nasi jagung iwak asin siapa yg mau nolak..ditambah ada oseng daun katesnya, nyamm..nyamm. Kl di daerahku kembang kates yg prentul2 juga enak ditumis campur daun pakis buat ngurangin paitnya. Eh, kl mb DD ngoseng daun katesnya biar g terlalu pait dikasih apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli di pasar mba..udah rebusan..jadi udah nggak pahit. katanya di kasih baking powder bs ngurangi pahit mba..atau tanah liat..:)

      Delete
  10. Oh gt y mb, q milih opsi pertama aj deh dikasi baking powder hihi..

    ReplyDelete