Google Ad

Wednesday, September 4, 2013

Muffin Pisang..Mudah dan Praktis..


Muffin...adalah salah satu kue yang mungkin paling mudah di buat ya teman2..kadang di resep di tulis aja..tinggal di campur2..semua adonan..jadi. Namun..kadang2 tidak semudah itu juga menghasilkan muffin yang empuk dan menul2..gitu. Kadang2..kalau salah penanganan..yang ada muffinnya jadi bantat atau keras.

Dari berbagai resep muffin yang pernah ku coba..aku paling suka muffin pisang. Udah berbagai resep dan tehnik pembuatan muffin pisang aku coba. Dan..kali ini aku mau share resep yang paling mudah dan praktis saja, nggak pakai mixer, nggak masalah. Cuma..kalau mau halus pisangnya ya lebih baik pakai mixer sebentar aja kok..ngocoknya..cuma buat ngalusin pisang dan gulanya aja. 

Muffin pisang..paling enak ya..pakai pisang yang udah kedalon..atau pisang yang udah bener2 matang gitu...jadi rasanya wangi dan harum pisang banget. Kadang2 kalau kita beli pisang..kalau di biarkan terus dan nggak habis2..lama2 akan semakin matang dan kulitnya menghitam,..tapi bagian dalamnya masih putih bagus..nah..cara terbaik untuk menghabiskan stock pisang seperti ini..adalah dengan di buat jadi cake atau muffin pisang ini. Jadi.muffinnya nanti akan bener2 terasa dan kaya rasa dan  aroma pisangnya. Jika mau lebih kaya rasa..boleh juga di tambahkan sedikit kayu manis....atau gulanya di campur dengan gula palm. Selain itu bisa juga di beri campuran chocochip..keju..dll. Silahkan teman2..bisa bereksperimen sendiri dengan modifikasi resep dasar muffin pisang sederhana ini. Kalau aku sich..lebih suka..yang versi asli..plain..rasa pisang aja kayak gini..udah harum sekali kok..dan manis legit pisang.

Tips..membuat muffin yang empuk dan nggak bantat...adonan di sebentar saja sampai lembab..nggak perlu di aduk lama2..dan kuat2..karena malah akan keras muffinnya. Jangan lupakan juga sedikit garam ya..kalau membuat muffin.Walaupun cuma sedikit penggunaannya..garam ini berfungsi penting menambah enak citarasa muffin yang kita buat. Jadi..jika punya stock pisang nganggur di rumah..yukk..di karyakan teman2..bisa jadi cemilan sehat buat anak2..dan juga bisa buat bekal sekolah mereka..^^
Muffin Pisang Mudah

Bahan :
Tiga buah pisang ambon yang benar2 matang, haluskan. Jika susah menghaluskan pisang..tenang, kocok saja dengan mixer sebentar, atau gunakan hand blender.
Tepung terigu protein sedang 190 gram
Gula Pasir 100 gram ( jika suka manis..silahkan di tambah sesuai selera )
Telur 1 butir
Minyak goreng 75 gram
Baking powder 1 sendok teh.
Baking soda 1 sendok teh.
Garam 1/3 sendok teh
Vanili bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan baking soda, taruh di mangkuk besar.
Kocok rata sebentar, pisang, telur, gula , garam, vanili dan minyak goreng. ( Bisa pakai mixer atau whisker )
Ambil mangkuk yang berisi bahan kering ( tepung dll ), buat lubang di tengahnya, lalu tuang adonan basah , Aduk dengan spatula sampai tercampur  asal lembab saja, tidak perlu di aduk kuat2. 
Tuang di cup muffin yang sudah di alasi cup kertas.
Oven kira2 30 menit atau lebih, tergantung oven masing2..sampai matang 

Tips : cara test tusuk kematangan cake atau muffin, tusuk dengan lidi, jika lidi keluar dalam keadaan bersih..nggak tertempel adonan basah..berarti udah matang.
Adonan muffin ..seperti ini..kelihatan masih ada yang mengerindil2 begitu ya..nggak masalah..yang penting bahan kering dan basah asal nyampur aja..nanti pas di panggang akan rata halus sendiri tekturenya..^^




42 comments :

  1. mauuuuuu....enak kalo masih anget ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Hanna..boleh..legit harum pisang..satu aja ya..nyicipnya...hihi..

      Delete
  2. Replies
    1. Ayukk sarapan Mba Esti..*sodorin muffin pisang..1 aja juga ya..biar kebagian yang lain..hihi*

      Delete
  3. aduh sy ering beli muffin di tukang roti, yg coklat tapi, hehe *nyomot satu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya..kalau di tukang2 roti itu muffin yang original ya Mak..yang dari tepung terigu aja..cobain dech sekali2 bikin yang pakai campuran pisang gini..enak..harum legit pisang...:)

      Delete
  4. makanan dari pisang kesukaan suamiku:). maaf banget mbak baru bisa mampir kemarin baru di opname

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..Mak Lidya sakit apa..aduch maaf ya..nggak tau..udah pulih sekarang ya Mak..syukurlah...^^..Semoga bisa aktif berkarya lagi ya Mak..take care tapi..kan harus pemulihan dulu..^_^

      Delete
  5. Mak Diah, aku baru kali ini BW kesini, udah sering lihat di Grup, kalau Mak suka masak...hmm apa sih bedanya muffin sm cup cake, dan kenapa aku selalu gagal bikin yg "oke" gitu, paling (terpaksa) dimakan sendiri...hehe

    Keren blognya..ajarin aku masak dong....:-) eh ajarin bikin kue aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mak Larasati..udah mampir ya..:)..bedanya muffin sama cupcake..muffin tuch..adonannya simple..dan cara buatnya nggak perlu di mixer..kayak yang ku posting itu Mak..nah..kalau cup cake..sesuai namanya..adalah cake..yang adonannya di taruh di cup kertas...cakenya..bisa apa aja..butter cake..spongecake..bahkan sekarang chiffon cake yang lembut pun bisa di jadikan cup cake..smg jelas ya..ayukk belajar sama2 bikin kue nya..:)

      Delete
  6. Aku udah coba bikin mbak, memang bener praktis ya, cepat buatnya tapi hasilnya mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Verena..seneng dengernya ..klu sukses bikin muffinnya..:)

      Delete
  7. Halo Mbak Diah. Saya barusan coba dan berhasil, Wanginya pun sampai ke depan jalan. Terima kasih buat resepnya, mbak Diah. Sukses buat mbak Diah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Eka...wah wanginya juga kecium sampai sini lho...:D

      Delete
  8. Mbak semalam saya bikin muffin pisang ini. Ada 3 pisang raja tersisa, drpd keburu busuk. Hasilnya enak, wangi, dan banyak serat2 pisang coklat tua, cantik! Bikinnya cepet... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Sisca..wah tambah wangi pasti ya Mba..pakai pisang raja..:)

      Delete
  9. mbak, klo pake pisang kepok bisa ga ? suka bingung olahan apa klo punya pisang kepok slain dikolak. suwun :)

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillaah, kali ini sukses bikin muffin pisang.. sebelumnya sempet nyoba dari blog yg lain, cuma gagal sempurna, muffinnya ga mau ngembang.. sempet takut mau coba lagi bikin muffin tapi setelah aq baca langkahnya satu persatu dari blog mba diah, sukses juga, hasilnya munjung sempurna.. makasiyh banyak ya mba atas sharingnya.. aq dah beberapa kali nyoba resepnya mba diah, puas banget sama hasilnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..syukurlah jk berhasil ya buat muffinnya..:)

      Delete
  11. Wiiih bikin lper... Mba postngin resep pisang kremes duuuun,, yg kremesnya nutupi smua pisang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba dulu ya mba..kpn2..jk ada waktu luang..:)

      Delete
  12. Mba klo dikukus bisa ga?males nurunin otangnya mba.hee..
    Salam kenal
    -eny-

    ReplyDelete
  13. Trus kan ukuran pisang beda2 ya mba,kira2 1 resep berapa gram pisang ni,kbtln ttga ngsh pisang lumayan bnyk,bosen bikin bolkus pisang mlu,sekali2 bkn kue yg khas wangi panggangan..hee.trauma pke resep kira2,skrg biar ga gagal slalu saya timbang.
    Makasih ya ud jwb prtnyaan2 saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 pisang ukuran sedang mba..kira2..met coba ya..:)

      Delete
  14. Maaf mb DD, q dah bbrp kali bikin muffin pisang dg resep di atas. Alhamdulillah selalu enak dan lembut, tp knp g bisa merekah cakep ky punya mb y? Cm meninggi aj atau melebar ke samping :)

    ReplyDelete
  15. coba apinya lebih besar mba..biar adonan ngembang ke atas dan merekah :)

    ReplyDelete
  16. Hai mbak Dia....sy sering mampir di blogx mbak...klw muffin segede itu jadinya brp biji ya?

    ReplyDelete
  17. mbak, salam kenal. ijin copas ya?mau disimpen di pocket, biar langsung bisa dieksekusi. mumpung ada stok pisang ambon yang udah ga dilirik sama orang rumah.

    ReplyDelete
  18. mbak, aku sudah 2x eksekusi resep ini...simple, praktis, n yg jelas enaaakkk....makasih resepnya ya mb Diah...ditunggu resep2nya yg lain :)

    ReplyDelete
  19. Sipp mba wati..syukurlah jk suka..:)

    ReplyDelete
  20. Mbak salam kenal, kalau pake tepung protein rendah bs gak? Makasih mbak

    ReplyDelete
  21. Mba diah...saya sdh sering nyoba resepnya mba diah..makasih ya mba,...mau nanya seandainya resep mufin dimodifikasi dgn gula palm biar warnanya lebih nyoklat,perbandingannya berapa ya...?

    ReplyDelete
  22. Mba Diah, thanks atas resepnya,, kebetulan malem minggu pas banget quality time keluarga, and hasil eksekusi banana muffinku jos gandos enaknya... Next time sepertinya perlu tambah gula karena kita suka manis dan biar aroma wanginya lebih kuat pakai apa mba?

    ReplyDelete
  23. Aq barusan nyoba resepnya,tapi dimodifikasi dikit.gula 100gr aq ganti jadi 90gr plus susu bubuk 10gr,baking soda 1/2 sdt,baking powder 1 1/2sdt,plus chocochips...hasilnya sooooooo yummy n lembut banget!!

    ReplyDelete
  24. Aq barusan nyoba resepnya,tapi dimodifikasi dikit.gula 100gr aq ganti jadi 90gr plus susu bubuk 10gr,baking soda 1/2 sdt,baking powder 1 1/2sdt,plus chocochips...hasilnya sooooooo yummy n lembut banget!!

    ReplyDelete
  25. mbak Diah Didi, sy sudah nyobain resep mbak, cake pisang, bali iga, dan ada yg lain lupa. Semuanya....

    top..... Ini terutama berkat tips-tipsnya.

    Terimakasih banyak atas sharingnya...

    ReplyDelete
  26. Kalo muffin pisang ini bisa tahan berapa hari????

    ReplyDelete
  27. Kalo muffin pisang ini bisa tahan berapa hari????

    ReplyDelete
  28. Iya bunda didi ini muffon pisang ini tahan berapa hari ya

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel