Sunday, September 15, 2013

Mie Goreng Jawa


Wah..baru bisa online nich teman2..baru pulang dari Salatiga..tapi tetep..minimal satu hari harus nulis satu postingan dech di blog..hihi..kalau nggak nengok blog dan posting baru..kayak ada yang kurang harinya..hihi..*lebayyy*

Karena hari ini jalan2..dan biasa..kulineran seharian..di Salatiga..jadi nggak sempat masak yang ribet2 dech.  Liputan kuliner khas Salatiga..di tunggu ya..besok. Aku edit dulu foto2nya. Jadi..hari ini aku posting menu yang sangat simple aja ya..yaitu..mie goreng Jawa...simple sich..tapi..enak ..ini menu yang biasa aku masak buat sarapan. Biarpun cuma mie goreng..tapi..mie goreng Jawa ini enak lho. Buat teman2 yang sering ke Yogya..pasti pernah nyicip kan..ada beberapa mie goreng Yogya yang cukup kondang.

Kalau ini..mie goreng Jawa ala aku..jadi nyalahin pakem dikit..hihi..aku tambahin wortel dan bakso juga soalnya kesukaan Yodha..hihi..aslinya sich nggak..sayurannya cuma kol..caisim dan daun bawang. Terus dagingnya..ayam kampung..dan ati ampela kadang. Atau ada juga yang di tambahkan kekian ndeso atau gandum. Tapi..bumbu2 tetep khas mie goreng Jawa kok..yaitu pakai kemiri dan ebi, serta kecap yang agak banyak.

Selamat mencoba..^^
Mie Goreng Jawa 
( ala aku )

Bahan :
100 gram mie kering, rebus hingga matang
5 buah bakso sapi, belah dua
1 potong paha ayam goreng, suwir2, 1 butir telur
3 lembar kol, potong kasar
1 buah wortel, iris tipis
Garam, kaldu bubuk secukupnya
Kecap manis 2 sendok makan
Seledri cincang dan bawang goreng secukupnya untuk taburan

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
2 butir kemiri 
1/2 sendok teh merica bulat
1 sendok teh ebi sangrai 

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, sisihkan di pinggir wajan. Masukkan telur di tengah wajan, lalu buat orak arik cepat, awas tapi bumbu tumisannya..jangan sampai gosong yach..^^ jika takut gosong ya di angkat dulu aja bumbunya..( tambahin sedikit minyak jika perlu buat orak arik telurnya ), lalu campurkan kembali bumbu tumis, masukkan bakso dan daging ayam, serta wortel dan sayuran lain, aduk sampai sayuran layu, tuang sedikit air ( kira2 50 ml aja ). Masukkan mie dan semua bumbu lain, lalu masak sambil di aduk hingga bumbu meresap dan matang. Koreksi rasa sebelum di sajikan.


15 comments :

  1. meeehhhh jadi lapeeerrrr....
    mak, aku mau jujur, aku seneng banget mampir ke blogmu. bikin makin cinta sama tanah air. Indonesia itu bener2 kaya, Mak. apalagi soal makanan. dan, dari blogmu, aku jadi kenal banyak ragam makanan Indo yg belum aku tau sebelumnya.

    TFS, mak. :)
    terus nulis, ya... :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Isti..sama2..beneran..iya..Indonesia..kulinernya kayaknya paling byk kali ya..hihi..cuma sayang belum di kenal di dunia internasional..ya Mak..Insyaallah..selalu nulis..
      Mak Isti juga ya..di luar..semoga bisa mengenalkan makanan Indonesia ke teman2 di sana..mksh ya Mak..atas dukungannya..:)

      Delete
  2. aku datanggggggg.....
    uwaaaa,aku suka banget mi goreng jawa mbk tapi pinginnnn bangt langsung ngincip yang di jogja hehehe

    ReplyDelete
  3. Ya Mak Hanna..ayukk ke Yogya..habi situ..mampir ke Semarang ya..ku praktis tahu gimbal khas Semarangan..hihi..atau mie goreng..di sini juga byk yang enak lho..atau ku masakin aja..:D

    ReplyDelete
  4. Hai mbak diah mw tanya ya,, Fungsi kemiri itu utk apa ya? Klo minus kemiri rasanya aneh gak ya? thx mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mie goreng Jawa..bumbu khasnya ya pakai kemiri ini Mba Indah..supaya lebih gurih..:)..kalau nggak pakai..ya kayak mie biasa..bukan mie goreng Jawa..:)

      Delete
  5. Kangen kota salatigaku....kangen serundeng buatan ibundaku...sambel goreng krecek kapri...kangen gudeg...soto dan sambel goreng bandeng...semua buatan ibunda tercinta
    .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang tinggalnay di luar Jawa ya Bun..ayukk masak sdr biar nggak kangen masakan Jawa lagi..:)

      Delete
  6. Dimedan mbak...ga bisa masak.mbak.

    Hikkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukk belajar masak Bun.pasti bisa nanti..semangat..:)

      Delete
  7. mbak didi, kalau ditambahkan saus tiram dan kecap ikan masih mie goreng jawa ndak ya ?

    ReplyDelete
  8. haaaiii mbak dd..

    jumpa lagiii... hihihi..
    udah lama bgt kayanya aku gak absen di blog mbak dd..
    huehehe

    aku mau coba ini!
    *grusak-grusuk cari bahan di kulkas.
    mumpung krucil-krucil pada diem anteng.
    hehe..

    suwun resepnya ya mbak..
    :)

    -ulya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ulya..pa kabar..lama emang ya nggak mengudara..hihi.
      Sipp mba..met coba ya..atau udah mateng nich..:D

      Delete
  9. Haii mba Diah salam kenal.. Suka banget sama resep2 mba Diah n praktekin dirumah deh (boleh yaa).. Thanks for sharing 😊

    ReplyDelete