Wednesday, September 25, 2013

Bahan Pengganti *Angciu* Dalam Masakan


Hemm..mengapa tiba2 pengen menulis tentang Angciu aku ya..karena..kemaren pas ke toko daging langganan..aku menemukan botol angciu..yang lama ku cari2. Bukan mau beli sich..cuma penasaran..penampakan botolnya seperti apa..hihi. Kalau rasanya ..udah tahu sich..dulu..sebelum tahu angciu itu tidak di perbolehkan dalam masakan buat umat muslim..ya karena sering beli mie atau nasi goreng di warung langganan..yang memang enak banget rasanya..dan rame sekali..yang beli sampai antri tiap sore. Suami dan Yodha suka sekali dengan masakan di warung itu...nasi goreng..mie goreng dan aneka masakan tumisan lain seperti cap cay ..saus tiram..dll..di situ enak semua dech. Jadilah aku penasaran buat niru2 masakanya..hihi. Udah sering aku meniru resepnya..tapi..selalu ada sedikit yang kurang...yaitu aromanya..sampai aku tahu..bahwa aroma khas yang mebuat mie goreng atau nasi goreng yang enak itu berasal dari angciu.

Nah..apa itu angciu..? Angciu  adalah sejnis arak masak..yang terbuat dari fermentasi air tape. Dulu sempat bingung juga..karena ini kan terbuat dari air tape..boleh tidak gitu buat masakan..ada yang bilang boleh..ada yang bilang nggak. tapi..daripada bingung kan lebih baik tidak usah di pakai saja ya..lha wong nggak pake angciu..juga tetep bisa enak  kok..rasa nasi goreng dan mie goreng atau masakan tumisan lain. Tapi ..karena rasa penasaran..ya itu tadi..aku berhasil liat penampakan angciu..di toko daging langgananku..dan iseng aku tanya ke penjualnya..ini halal atau tidak..katanya sich nggak halal..karena ada kandungan alkoholnya. 

Masih penasaran dengan angciu ini..akhirnya aku cari beberapa informasi di internet..ya..rata2 di bilang tidak halal ya. Jadi..walaupun penggunaannya cuma sedikit..tetep tidak boleh..hemm..jadilah...sekarang kami jarang beli ke warung mie langganan kami itu..huhu..padahal enak banget sich..cuma..kan nggak enak gitu..kalau mau beli..terus bilang..jangan pakai angciu..nanti bisa2 marah yang jual..hihi..jadi..lebih baik..masak mie goreng atau nasi goreng sendiri di rumah. Oh ya..buat teman2 yang belum tahu rasa angciu itu gimana..pokoknya aromanya khas..gurih gitu kalau di masakan tumisan..nasi goreng..mie goreng dll..jadi..di icip2 baik2 ya..hihi..kalau makan di luar. Soalnya katanya sich..warung2 nasi goreng pinggir jalan gitu banyak yang pakai juga sich..untuk meningkatkan citarasanya.Aku baca juga..cirinya kalau pas masak gitu..wajan yang di pakai ..jika di tuang angciu ini..bisa menyala2..gitu..kayak..bikin *flambe*..di crepe suzette itu lho..kalau kita liat di tivi2 teman2..jadi intinya..anggur..atau arak..yang terkena panas..akan memunculkan percikan api..lha..kalau di warung mie & nasi goreng langgananku dulu..emang keren banget...bukan flambe lagi..tapi apinya nyala besar2 gitu pas tukang masaknya..memasak nasi goreng..mie goreng dll...dulu sich..seneng aja liatnya..seru..kayak jadi atraksi...sambil nunggu antrian..hihi..

Nah..pas browsing juga..aku nemuin  bahan2 pengganti angciu yang halal. Yaitu..campuran kecap asin..jahe dan jeruk lemon. Iseng..karena penasaran..aku tadi mencobanya..untuk membuat nasi goreng buat Yodha sarapan. Kebetulan di rumah masih ada lemon satu. Takarannya aku kira2 aja sich tadi..1 sendok teh kecap asin, 1 sendok teh perasan lemon dan 1 cm jahe parut, aku campur, terus aku peres2 sambil kelauar campuran sarinya. Nah..terus..aku tuang dech ketika nasi goreng dan bumbu2 lain udah masuk dan hampir matang. Oha..takaran nasi gorengnya..cuma satu porsi aja sich tadi..buat Yodha. Dan..hasilnya..memang mirip sich..sama aroma angciu..dan nggak terasa asem lemon lho..hihi. Soalnya..aku tadi udah takut aja nasi gorengnya jadi asem. ternyata..nggak..dan hasilnya jadi tambah gurih dan beraoma khas..seperti pakai angciu. Kak Yodha..lahap banget tadi makannya..hihi..sampai kekenyangan sarapan..^^ tapi aku masih penasaran sich..takaran yang benar gimana..soalnya tadi baru kira2..jadi nanti mau tak coba lagi bikin mie goreng..hemm..jadi penasaran..bisa sama enak..kayak di warung mie langgananku tidak ya..semoga..!

Oke..semoga sedikit bermanfaat ya teman2..maaf bukan mau menimbulkan isu perdebatan..apakah angciu itu halal atau tidak..jadi kembali ke pemikiran teman2 masing2 aja ya...cuma sekedar berbagi info dan pengalaman ku tadi..waktu mencoba bahan pengganti angciu. Jadi..jika ada pengganti bahan2 yang rasanya sama..dan lebih tidak meragukan..ya aku lebih baik pilih bahan penggantinya aja dech..yang emang terbuat dari bahan2 dapur aja yang selalu tersedia di rumah..cuma..lemonnya aja yang rada super duper mahal sekarang...huhu..masak satu biji..9.900 rupiah..duh..duh..siapa yang punya bibit lemon..hihi..tak nanem sendiri dech..^_^...

35 comments :

  1. walah lemonnya kok mahal amat sih. Impor kali ya ? di tukang sayur sini lebih murah mbak 1 biji cuma 1500. Tapi bukan impor, produk lokal kayaknya. Aku suka beli buat terapi lambung, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..di superindo deket rumah belinya..di pasar..malah belum nemu lemon je Mba..wah..ndesit ki pasar t4 ku ya berarti..hihi...

      Delete
  2. wah, makasih banyak infonya mba, ntar dipraktekin deh pake jahe+lemon+kecap asin :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Bunda Kalista..selamat mencoba..di kira2 dulu ya..soalnya aku tadi nggak ku ukur dgn detail..hihi..

      Delete
    2. waaaah.. kamsiah sekali infonya bunda yodha, suamiku suka banget sm aroma masakan yg pake angciu.. ya tp jd gak bs makan lg pas tau itu ternyata mengandung alkohol.. resep lemon jahe kecap asinnya kucoba yaa.. thank you for share it to the world sister..

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Ya Mba Tya..met coba ya..cuma mirip2 sich mba..aromanya..nggak bisa persis..tapi lumayan lah..tambah gurih masakannya..:)

      Delete
  3. Lemon bisa diganti dengan jeruk nipis ga sih, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha itu dia..kayaknya beda di aroma ya Mba Yanti..lemon sama jeruk nipis...aku belum coba sich pakai jeruk nipis..coba ntar tak cobanya ya..jika bisa..sich enak..murah ya..hihi..tapi yang aku dapat info dr browsing gt bahannya 3 itu..jahe..lemon dan kecap asin..:)

      Delete
    2. Saya sudah pernah pakai jeruk nipis.
      Hasilnya mirip2 kok.
      Punya ciri khas gitu.
      Oiya, kalau boleh tau pake kecap asin merk apa ya yang recommended?
      Makasih

      Delete
  4. waaahh suwun tipsnya ya mbak, jadi bisa pake "angciu" lagi, hehehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya Mba...tapi ya cuma mirip aromanya gt ya Mba..nggak bisa sewangi angciu asli..hihi..lha memang nggak ada alkoholnya kan ini..:D

      Delete
    2. gapapa mbak yang penting kan sedikit mendekati ya ga mbaakk...

      Delete
    3. Ya mba..bener..yang penting bisa mirip2 kayak nasi goreng abang2 fav suami dan anak..soalnya mau beli kan takut..hihi

      Delete
  5. Hihi maksud mbak mie tio nusantara yaa ? Aku sering loh mbak makan di sana T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ya Mba...aku dulu sering..skrg nggak lagi..:)

      Delete
  6. Ada lagi mbak yang di pedagang makanan cina profesional itu sulit atau gak bisa ditiru di rumah, soalnya kompor yang dirumah itu apinya tidak sepanas di pedagang yang apinya kaya roket pesawat, haha. Dan wajan/wok yang digunakan sama pedagang itu sudah "dibumbui" atau well seasoned. Kombinasi keduanya itu tadi yang bikin ciri khas masakan cina, selain memang dari bumbu-bumbunya juga. Liat di videonya Alton Brown di youtube mungkin mbak, yang Squid Pro Quo. Terus ada juga mbak resep nasi goreng yg kreatif, ingenious punyanya Jean Georges, yang gak perlu pake api roket dan well seasoned wok. Mantep!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ana...serem dong.klu api di rumah kayak pedagang nas gor gt ya..hihi..tapi asal pakai wajan besi / wok..aku sich udah bisa bikin yang mirip2 kok Mba..cuma emang kurang angciunya aja..yang nggak pake..:)

      Delete
  7. izin share ya mbak?ttg keharamannya sudah jelas ada keterangannya, smoga bermanfaat bt yang lain :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..silahkan di coba dulu ya..semoga bermanfaat..:)

      Delete
  8. Makasih sudah berbagi infonya,,kalo saya sih gak pake lemon,,soalnya mahal,,jadi diakalin pakai jeruk nipis yg sudah kulitnya kuning,,yang layu..seperti mau busuk tapi belum busuk banget.. Selamat mencoba..

    ReplyDelete
  9. waduh sepertinya tukang nasi goreng langgananku juga pake nih, padahal haji apa gak tahu ya ???

    ReplyDelete
  10. Mo sharing aja mba... klo di padang... rata2 masakan mmg menggunakan jahe mba...jd klo nasi goreng atau moe goreng di bumbunya sll diberi jahe..., kemudian ketika menumis bumbu sebelum mie atau nasi digaul bumbu... siberi sedikit kecap asin dan cuka... dan rasanya jadi maknyus... setelah membaca kisah mba diatas... aku jd mikir... agk2 mirip bumbunya, bedanya cm pemakaian cuka ma jeruk lemon... tp aroma mie goreng atau nasi goreng yg aku buat mirip2 kyk yg mereka buat... tinggal tambahan bahan2 seafood biar tambah yummy...and komplit...

    ReplyDelete
  11. mbak klo pake bakan itu apa flambenya bisa keluar..?

    ReplyDelete
  12. Info yg menarik akan sya cba soalnya aku senang cba masakan yg bumbu alternatif

    ReplyDelete
  13. Halo mbak diah. Aku pengin tanya. Karena aku suka sekali masakan berbumbu angciu, otomatis kalo mau ganti ke bumbu alternatifnya agak repot ya, buat setiap kali masak. Bisa nggak itu bumbu alternatif dibuat dalam jumlah agak banyak kemudian disimpan (semacam bumbu siap pakai dlm botol rapat)? Jadi kalau mau pakai sudah ada persediaan. Atau bumbu campuran itu nggak tahan lama? Sehingga setiap kali pakai harus berempong ria meres jahe+lemon?

    ReplyDelete
  14. Halo mbak diah. Aku pengin tanya. Karena aku suka sekali masakan berbumbu angciu, otomatis kalo mau ganti ke bumbu alternatifnya agak repot ya, buat setiap kali masak. Bisa nggak itu bumbu alternatif dibuat dalam jumlah agak banyak kemudian disimpan (semacam bumbu siap pakai dlm botol rapat)? Jadi kalau mau pakai sudah ada persediaan. Atau bumbu campuran itu nggak tahan lama? Sehingga setiap kali pakai harus berempong ria meres jahe+lemon?

    ReplyDelete
  15. MMM....mmm... baca artikel dan komennya jadi makin tambah pengetahuan nih.. thx

    ReplyDelete
  16. Sekian lama cari resep nasgor abang jalanan knp bisa wangi,akhirnya tau jg dari si mba.. Ternyata pke angciu...

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah akhirnya dapat jg bahan pengganti angciu. Info yg sangat bermanfaat sekali. Jd pengen nyoba. Tp..klau boleh minta resep nasi goreng dan mi nya mbak. Biar ntar rsnya pas dan mantap. Trimakasih mbak diah. Jazakillahukhoiron.

    ReplyDelete
  18. Halo mba Diah suwun sharing pengalamannya. Di t4 ku ki susah cari lemon mba maklum t4 e ndeso banget. Kalo lemonnya di ganti sama cuka. Kira2 nyambung ndak yo? Trims

    ReplyDelete
  19. Assalamkm mb Diah.....kali pakai air tape ketan yang biasa dijual untuk camoiran es gimana mb? Soalnta di Makassar orang sana biasa bikin tape ketan mauoun singkong sampai keluar air tapenya...dan mereka muslimnya fanatik...dan tape ketan di Indonesia maupun tape singkong anehnya oleh MUI gak dianggap tidak halal...walaupun kadar alkohol air tapenya tinggi...alasannya karena gak ada orang mabuk karena minum air tape ketan....padahal proses dan hasilnya sama dengan angciu...di Cina juga gak ada orang mabuk karena minum angciu...karena itu memang khusus buat masak....berarti kalo diganti aja pake air tape ketan yang biasa di Indonesia aman dan halal....ya...

    ReplyDelete
  20. Assalamkm mb Diah.....kali pakai air tape ketan yang biasa dijual untuk camoiran es gimana mb? Soalnta di Makassar orang sana biasa bikin tape ketan mauoun singkong sampai keluar air tapenya...dan mereka muslimnya fanatik...dan tape ketan di Indonesia maupun tape singkong anehnya oleh MUI gak dianggap tidak halal...walaupun kadar alkohol air tapenya tinggi...alasannya karena gak ada orang mabuk karena minum air tape ketan....padahal proses dan hasilnya sama dengan angciu...di Cina juga gak ada orang mabuk karena minum angciu...karena itu memang khusus buat masak....berarti kalo diganti aja pake air tape ketan yang biasa di Indonesia aman dan halal....ya...

    ReplyDelete