Wednesday, September 11, 2013

Cemplon..^^


Cemplon..hihi..lucu ya nama jajanannya teman2..terbuat dari singkong parut..dan kelapa , garam, terus tengahnya di isi gula merah / gula aren..di bentuk bulat2 atau lonjong..do goreng dech. Mudah kan. Sudah jadi cemilan yang enak..manis dan gurih. Kalau di Yogya..biasa di sebut cemplon..kalau di Jawa Barat..Misro ya..katanya..artinya..amis di jero..Amis = manis...hihi..lucu dech di Bandung..nama makanan suka di singkat2.

Bikin cemplon nich..gara2 kepasar seneng aja liat singkong kulit pink dalamnya bagus..jadi pasti enak di buat apa aja..karena singkongnya keset..nggak berair. Dan kebetulan juga punya gula aren yang bagus..asli..bersih dan enak..beli di pameran UMKM kemaren..jadi pas banget dech buat isian cemplon ini. Harum banget gulanya.Pas banget di padu adonan singkong dan kelapa yang gurih.

Resepnya..udah pada bisa kan ya...kalau cuma bikin cemplon ini ..tapi..nggak pa2 dech.aku tulis aja ya..siapa tahu ada yang belum  pernah coba..hihi..mungkin teman2 yang di luar Jawa..^^..cekidot resepnya ya...
Cemplon

Bahan :
500 gram singkong parut
1/2 butir kelapa, parut panjang, kalau beli kelapa parutan kira2 150 gram atau lebih,  sesuai selera aja lah ya..kalau aku suka banyak kelapanya...lebih gurih gitu.
Garam 1/2 sendok  teh

Isi : Gula merah / aren secukupnya, sisir halus

Cara Membuat :
Campur singkong parut, kelapa dan garam, aduk rata
Bentuk bulat, pipihkan,lalu beri isi gula aren secukupnya, kepal2 dan bentuk bulat atau sesuai selera.
Goreng di minyak panas samapi terendam ya..supaya matang sampai bagian dalam.
Goreng sampai kecoklatan.
Sajikan




 


11 comments :

  1. ondol-ondol nih namanya kalo di tempatku, kadang kalo buat combro adonannya sisa ya tak buat ondol-ondol ini hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ih..lucu2 memang nama jajanan ini ya Mba Esti..cemplon..aka misro..aka ondol2..ayo..apa nama lainnya lagi ya..?..:D

      Delete
  2. kalo aku nyebut klenyem. Waktu SD pernah bikin si klenyem. Acara masak-masak di sekolah gitu. Disuruh bikin snack dan bebas milih. Akhirnya bikin klenyem yang gampang dan murmer...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke..di catet..Kleyem ya Mba Rina...sip2..wah..emang banyak nama lainnya ya...hihi..seru..:)

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mba Dwek..sama..klu cemplon itu sebutannya..kalau di Yogya..:)

      Delete
  4. Jember-Jatim dikenal dg nama Jemblem mbak... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama ya..kayak di Solo berarti Mba..:D

      Delete
    2. Eh..beda lagi ding Mba..klu di Solo kleyem..hihi..tak pikir sama tadi.oke..di catet..jemblem..:D

      Delete
  5. Replies
    1. Wah..nambah lagi nich..kamus dapurnya..mksh Mba Siti..:)

      Delete