Monday, September 23, 2013

Step By Step Membuat Sus Ala Jepang



Sudah lama pengen bikin sus ala Jepang ini..tapi selalu terlupakan..eh.sampai sering beli roti2 di Breadlife..jadi ingat..kalau di roti2 ala Jepang gitu..sering di kasih toping yang hasilnya bisa retak2 dan renyah di luarnya..dan dalamnya tetep lembut roti. Jadi keingat dech sama tektur si sus ala Jepang ini..akhirnya aku niatin buat tadi pagi..soalnya..Yodha minta teman2nya yang semobil antar jemput sama Pak Sopir di bagiin kue ultahnya..lha kan udah habis..hihi. Akhirnya..sekalian buat praktek..sekalian juga ada yang makan nanti di bagi2..soalnya..satu resep kan lumayan banyak hasilnya kalau cuma buat keluarga kecilku.

Akhirnya..jadi dech..sukses..bagus banget hasilnya. Susnya mengembang dengan sempurna..dan topingnya bisa retak2..seperti yang ku inginkan..juga renyah topingnya..udah seperti toping roti yang di Breadlife. Susnya juga luarnya renyah..dan dalamnya  lembut..kayak sus biasa..manisnya pas..tapi dengan adanya toping yang kriuk2 renyah..rasanya..jadi berbeda sekali dengan sus biasanya. Wah..enak dech..di makan tanpa isian aja udah enak banget. Untuk isinya..di rumah..pada kurang suka vla..jadi aku ganti cokelat leleh aja yang ku kasih sedikit susu kental manis biar nggak menggumpal ..dan..enak juga dech..biar Yodha mau makan kalau isinya coklat...hihi.

Oke..aku share resepnya ya.. sus ini enak sekali..untuk isinya..silahkan..mau pakai vla biasa juga boleh..jadi di sesuaikan selera teman2 aja ya..selamat mencoba..sekalian aku kasih step by stepnya ya..semoga jelas..jika ada yang masih kurang jelas..jangan sungkan..tinggalkan pesan di kolom komentar ya teman2..^^
Sus Ala Jepang Isi Coklat Leleh

Bahan Toping :
75 gram gula halus
75 gram margarin
75 gram tepung terigu portein sedang
2 sendok makan air
Cara membuat : Campur semua bahan toping, lalu kocok dengan mixer hingga rata
  • Adonan topingnya..kayak gini nich jadinya..kayak adonan kue kering..tapi lebih lembut..^^
Bahan Kulit :
170 ml air
100 gram margarin
100 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung terigu protein sedang
4 butir telur ayam
Cara Membuat : 
Campur air dan margarin, masak sambil di aduk hingga margarin larut
Masukkan semua tepung, aduk rata hingga kalis
Angkat dan biarkan hangat
Masukkan telur satu persatu sambil di kocok perlahan dan rata.
Masukkan ke kantong plastik segitiga, dan semprotkan ke loyang yang di oles sedikit margarin dengan bentuk bulat.
Masukkan bahan toping ke kantong plastik segitiga, lalu semprotkan melingkar ke atas kulit sus.
Panggang di suhu 200 C selama 20 menit, lalu turunkan suhu di 180C, panggang kembali hingga matang ( kira2 15 - 20 menit lagi  atau sesuai kondisi oven masing2 )
  • Adonan margarin dan tepung yang sudah kalis
  •  Adonan yang sudah di campur telur dan di mixer
  •  Adonan di spuit bentuk bulat di loyang

  •  Adonan di spuit toping secara melingkar
  •  Sus sudah di oven..mengembang dan cantik dengan toping retak2..^^
  •  Bagian bawah juga matang sempurna..^^
  • Kulit luar renyah, dalamnya kopong..dan lembut..^^

  • Isi dengan coklat leleh yang di campur sedikit susu kental manis
  • Sajikan.
  •  Isi dengan cokelat leleh..^^
  •  Yummy...sus ala Jepun..eh Jepang..siap di sajikan..^^




40 comments :

  1. Mau...tapi enggak bisa bikin dech..hehee, Sus yang sukses adalah sukses yang kopong ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mak Astin..dalamnya kopong berongga..luarnya kering..ayukk di coba dulu..mudah lho..:)

      Delete
  2. Makasiy mak DIDI, tar begitu luang, daku coba resepnya ahhh. Makasiy juga for tagging. Blogmu udah masuk blog list Ku mak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mak Fitri..keingatan aja Mak Fitri suka sus dulu ya....^^..Met coba ya Mak..^^

      Delete
  3. ngebayangin kue susnya kemriuk jadi ngiler nih...
    Itu cangkir kok cakep amat sih mbak. Wananya coklat gitu. Naksir deh. Bentuknya persis plek dengan milik almarhum ibuku, tapi warnanya hitam. Masih ada tuh di Solo sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Rina..kalau pas masih anget..kriuk2 banget kulit atasnya..enak.:)

      Eh..itu cangkir di sini byk Mba Rina..soalnya pabriknya kan di sini Mba..Pabrik Keramik Sango..ada warna coklat..biru..hitam..putih..dll..ayukk main Semarang..ntar ku ajak ke Sango Mba..:)

      Delete
  4. Tiap lewat blog ini pasti ngiler. Pengen bisa masak jugaaaaa. *nangis kejer*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa Mba..kalau mau mencoba..:)
      Hihi..cup cup Mba Nia..ndak usah nangis ya..ayukk..jgn lewat aja,..mampir masuk aja ke dapur..boleh nyicip kok..:D

      Delete
  5. topingnya bisa diganti whip cream juga keknya yaaa, trus tarus di kulkas, ehmm, yummy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isinya ya Mak Maya..bisa banget..tambah enak..:)..

      Delete
  6. waduh langusng bingung liatnya, gimana itu masaknya huhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho..kok bingung Mba Nonik..kan ada foto2nya..hihi..

      Delete
  7. Belum pernah ngerasain Mak Didi. Beda nggak rasanya sama susu biasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda Mak Ety..yang ini kulit luarnya ada sensai kriuk2 karena memakai bahan toping..^^

      Delete
  8. favorit dan anak2 doyan, taapi malesnya itu lho...
    *dasarrrrr....

    ngebayangin rempong dan cuciannya numpuk... ihhh... minta ke mba diah aja lah...
    *lho...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..memang..kalau ngebayangin bebenah dapur dan nyuci2 peralatan..emang males ya Mba Lina..untung aku ada yang bantuin hihi..walau pocokan..jadi..abis masak..tumpuk dulu..tunggu di Embak datang..hihi..*ketahuan males jug aya Mba..bersih2 dapur..*

      Delete
  9. Ah... yummy banget mbak... harus dicoba inii! :)
    Add to bookmark!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya Mba..selamat menocoba ya..enak memang..nggak pake isian aja udah enak..:)

      Delete
  10. saya suka sus, saya suka sus! dan postingan ini bikin saya tambah ngiler :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sama Mba..sy juga suka..ayoo buat ya..di rumah..:)

      Delete
  11. Kalo resep sus isi vla pnya ga mba diah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sus vla biasa...pakai resep di atas bisa Mba Icha..nggak usah pakai toping..resep vla..biasanya..:)

      Delete
  12. ♏ϐάκ Diah masukkin isiannya sus pakai digunting dulu Ъќ ya?✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak perlu di gunting Mba Ika..di spuit aja pakai kantung plastik segitiga yang di beri spuit.kan bisa sambil di tusukkan..:)

      Delete
  13. Mbak Diah, kemarin sdh tak coba. Hasilnya sus lumayan kopong (walau nggak sekopong punya mbak). Masalahnya di topping. Kekentalan, gara2 saya lupa tambah air.... Jadi wkt disemprot susah keluarnya, dan wkt dipanggang, ada yg jatuh di loyang, gosong, mungkin kurang nempel. Lain kali saya coba lagi. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba SIsca..semangat ya..biasa..uji coba pertama..ada yang lupa..ini itu..wajar...next di coba lagi ya Mba..pasti hasilnya lebih baik..:)

      Delete
  14. Huahua mb...aku udah coba bikin tapi kok kulit sus nya encer ya mb....wkt di spuit jd gepeng.klu untk rasa dan kopong udah,tp kulitnya gak naik.salahnya dmn ya mb?
    ~wiwiek~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sich kental ya Mba Wiwik adonannya..kayak di foto itu tuch..apa mungkin mba..masih panas banget adonannya udah di masukin telurnya ?

      Delete
  15. udah hangat mb,ku dinginin pake kipas angin. trus aku pake api 200c 10 mnt udah gosong. apa api ovennya beda2 ya? tepung terigu protein tinggi itu, salah satu cnthnya cakra kan? maaf ya mb jd bnyk nanya...hehehe maklum pemula....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atau mungkin kelamaan ngocoknya mba..ya memang sich harus sering mencoba ya..kalau bikin kue2..kadang memang nggak sekali langsung berhasil..:)
      Iya..panas oven beda2 Mba.:) Bener terigu protein sedang itu merk cakra kembar..:)

      Delete
  16. Wah pasti enak ^^


    Oia mbak klo adonan sus jepang ini bsa dibuat sus kering ga yah? Dan knp ada campuran tepung prot tinggi mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar lebih ngembang Mba..:)
      Kalau sus kering di sini resepnya : http://www.diahdidi.com/2014/01/sus-kering-keju.html

      Delete
  17. Mb Diah sy weni. Nyampurin susu sama coklat blok buat bikin isiannya apa saat dilelehkan? Segitiga biru apa termasuk trigu protein tinggi mb? Maaf banyak nanya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...:)
      Segitiga biru itu protein sedang..:)

      Delete
  18. Baru masuk oven wish me luck ya mbak,,,!!!

    ReplyDelete
  19. mbk sus ini bisa di isi vla biasa gak...??

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. mbak aku dah bikin resep ini...dan heemmm yammyy banget...tapi aku isi vla durian....makasih resepnya ya mbk...izin share ya mbk

    ReplyDelete
  22. Mba maaf mau tanya, apa bisa kalo di panggang di oven listrik pakai api bawah dulu kemudian giliran di setting pakai api atas? Soalnya listrik di rumah gak bisa pakai api bawah dan atas bersamaan. Maklum 900 watt mba, hehe. . Makasih sebelumnya mba, salam kenal.

    ReplyDelete