Friday, May 16, 2014

Nyicip Tepung Aci Asli Tegal



Wah..senangnya hatiku..beberapa hari yang lalu aku dapat kiriman tepung aci asli Tegal..yang biasa di buat tahu aci atau tahu plethok khas sana..asyik..jadi bisa nyicipin aci Tegal asli. Makasih banyak Mba Emma. Soalnya aku dan suami suka banget sama tahu aci ini. Aku biasa pakai tepung tapioka biasa. Memang rasanya sedikit berbeda ya..kalau pakai tepung tapioka..kalau dingin rada alot..tapi kalau pakai tepung aci Tegal ini..biarpun dingin tetep enak dan nggak begitu alot. 

Tadi aku bikin tahu plethok lagi..yummy dech. Paling enak di cocol sama sambal kecap cabe rawit. tapi kalau aku kadang ya di makan gitu aja sambil nyeplus cabe rawit..enak juga.

Resep masih sama sich dengan tahu plethok yang sudah aku posting dulu ..cuma kali ini karena pakai tepung asli Tegal..aku nggak kasih terigu buat campurannya..tapi pakai tahu yang di ulek. Tahunya aku pakai tahu Cina..karena tahu Tegal di toko langganan pas habis kemaren..^^

Mau coba teman2..bisa pakai resep yang pakai tepung tapioka saja jika tidak ada tepung aci Tegal ya..rasanya sama enaknya kok..liat aja di SINI resepnya.

Kalau suamiku suka tahu plethoknya masih rada basah...jadi rasa acinya..kenyal2..kayak di foto pertama..tapi kalau aku suka kadang lebih suka aku goreng sampai benar2 garing acinya, jadi rasanya kriuk2 gurih..enak di makan panas2..Yodha juga suka yang versi kering gini..^^

14 comments :

  1. menggoda iman... mantabs banget mba..
    mirip dengan aslinya... emang ada ya mba, tepung special buat tahu tegal yang di jual bebas..jadi pingin juga neh hihihi...
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau di Tegal ada Mba Sri..memang tepung khusus gt kata Mba Emma,..:)

      Delete
    2. namanya Aci kriwil.....bisa di beli di Slawi, tegal, pangkah , dan sekitarnya.....semoga bermanfaat

      Delete
    3. Sippp mksh infonya Mba..:)

      Delete
  2. Mbak diah ini selalu deh bikin aq pengen terus coba.mbak punya resep brownies yg kyk brownies kukus amanda .mau dong....mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Ifa..resep Ny Liem ini lebih cocok aku Mba..di banding merk itu : http://www.diahdidi.com/2011/12/brownies-kukus-ny-liem.html

      Delete
    2. Mbk DD ,browniesny sdh kucoba tp koq lama bgt ya ngukusny.pdhl sdh 40 menit lbh tp koq yg tengah msh blm mateng ya....bete.pdhl sdh kucoba 2 kali...yg pertama bantat ...stlh kukurangi SKM ny plus kutambahi sp ny hasile bagus tp lama bgt wkt ngukuse....

      Delete
    3. Wah..lha aku nggak liat prosenya pas mba. bikin je..jadi ya nggak tau di mana salahnya..seharusnya sich nggak ada masalah lho ngukusnya..cuma bisa mengira2 sich..apakah adonannya sudah mengembang sempurna ngocoknya ?..Apakah nyampur bahan2nya adonan tidak turun lagi ?..Harus perlahan dan aduk balik..Lha kmrn adonannya gmn sebelum di kukus mba ?

      Delete
  3. Masih anget, terus santap bersamaan dengan Bakso. Tambah yummi kan, Mba. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..enak kayaknya tuch mba Idah..kalau Yodha bilangnya malah kayak empek2..dan nanyain kuahnya..hihi

      Delete
  4. wah ini nih yang kalau pulang kampung naik bis, yg pertama kali dicari pas sampe tegal... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh Mak Riski dari Tegal ya Mak..:)

      Delete
  5. Mba ini di tegal belinya dmn ya...aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..Mba Emma yang tau Mba..nanti kalau pas aku online di fb tak tanyain ya..:)

      Delete