Monday, May 5, 2014

Lemet Singkong


Seperti biasa..kalau punya singkong bagsu..harus segera di olah..supaya nggak jadi kebiruan dan sepo rasanya. Kali ini pengen bikin cemilan yang sangat simple dari singkong..yaitu lemet. Kalau jaman kecil dulu makanan anak2 yang gini ya teman2..lemet dkk..hihi. Kalau ibu tindak pasar di oleh olehin lemet gini aja kok ya udah seneng. Sekarang Yodha..mana mau di beliin jajan pasar..kalau ikut ke pasar..dia itu malah usil aja tanya2 sama pedagang2 di pasar tentang yang di jual dll..tapi nggak pernah mau di belikan jajanan..hihi. Yach..anak sekarang..beda..kalau di ajak ke supermarket..niatnya cuma beli apa..tapi pulangnya penuh dech keranjang belanjaan dengan aneka biskuit dan cemilan Yodha yang dia pilih2 sendiri.

Ya sudah..aku makan aja sendiri lemetnya..hihi..lha yang doyan cuma aku ik..paling2 ku bagiin ke art atau tukang sayur kalau pas bikin gini. Nah..lemet yang aku ingat jaman kecil itu nggak di campur gula merahnya..nggak kayak kalau aku beli di sini yang di campur gula merah semua. Kalau jaman aku kecil atau ibuku bikin..itu gula merahnya blenthong2 aja..nggak di ratain..cukup di taburkan di beberapa bagian..jadi lebih eksotis gitu hasilnya..hihi..* lebay..lemet eksotis ??..Kalau jaman dulu kali ya biar irit..hihi..kan jadinya pemakaian gulanya dikit. tapi beneran..enak..pas menggigit lemet itu kan ada bagian yang putih..dan ada bagian yang kena gula merah..nah..rasanya jadi spesial..serasa nemu bagian terenak..kalau menggigit bagian yang kena gula merah ini..hihi.

Oke dech ini dia resep lemet ala aku ya teman2..jika ada yang mau coba ^^
Lemet 

Bahan :
250 gram singkong parut
75 gram kelapa parut 
2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
Daun pisang secukupnya
Gula merah sisir secukupnya untuk taburan

Cara membuat :
Campur singkong parut, kelapa dan garam serta gula pasir, aduk rata.
Ambil selembar daun pisang, beri sedikit adonan, taburi gula merah di beberapa bagian, lalu bentuk panjang dan pipih. Kukus selama 30 menit hingga matang. Sajikan.

16 comments :

  1. waaah.....tambah duren uenak tenan loh mb....., aku tertarik banget dengan blognya mba.Diah ini, walau temen kantorku ini liat resep resep diblog lain, tapi koq ya lebih afdol masakan atau resepnya mb.Diah ini....hehehehe....mantap markotop...(dua jempol)....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba..:)

      Wah iya..kalau suka duren pasti lebih harum dan legit ya..:)

      Delete
  2. Dirumah yg suka saya sama suami mba, apalagi ditambah nangka, wah.. Wangi. Klo anak2 paling sebungkus aja tuh makannya...

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya ya Mba Ari..anak sekarang itu lebih suka donat di banding lemet..:D

      Delete
  3. Replies
    1. Iya..ada yang nyebut juga ketimus ya Mak..:)

      Delete
  4. Ertianna nugrahaniMay 6, 2014 at 1:44 PM

    Kalo di daerah asalku Madiun namanya "utri" mbak...lucu ya... Trus dulu waktu kecil sama tuh kayak mbak Diah, kalo ibu ke pasar suka ikut dan pasti minta jajan campuran tiwul plus gatot, cenil dan utri. Wuih gitu aja udah seneng deh. Kalo anak sekarang mana mau ya mbak jajan begituan...maunya yang instan2, junk food,,,lidahnya udah laen kali ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya..utri...ada yang nyebut gt juga ya Mba..beda lagi kalau di t4 ku di Yogya..utri itu sama dengan nagasari..yang dari tepung beras, isi pisang..hihi..memang beda daerah juga kebalik2 nama jajanannya ya Mba..:)

      Delete
  5. Ternyata buatnya mudah ya mbak....mau nyoba ah tapi kayaknya sih anak2 gak suka...hehe...tapi siapa tau yg penting dibuatin dulu biasanya sih kalo ada menu baru mau nyoba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..ini makanan orang tua kayak kita2 nich..:D

      Delete
  6. Hai mba..salam kenal yaa..mau nanya donk,daun pisangnya harus dpanaskan dulu ato g??biar lemes gtu maksudnya..

    Ela

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Ela..kalau daun pisang kelutuk udah lemes Mba..tapi kalau daun jenis lain..boleh di panasi dulu..:)

      Delete
  7. Daun pisang kelutuk itu apa yaa mba??ap sm dengan daun pisang kepok?maap yaa mba banyak tanya,soale tertarik bgd sm lemetnya mba di :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daun pisang klutuk itu daun yang lemes dan halus..biasa memang di buat untuk pembungkus jajanan tradisional. Kalau di buat mbungkus lebih luwes dan tidak mudah sobek.

      Delete
  8. Oo gtu..makasih yaa mba..oy,klo cara nyimpen sisa kumbu kacang ijo gmana y mba??

    ReplyDelete