Monday, May 19, 2014

Kue Kuping Gajah



Yukk..coba2 lagi bikin cemilan jadul pengisi toples Lebaran teman2..nah..kali ini giliran kuping gajah dech. Pasti udah tau dong klethikan jadul satu ini. Iya..sekarang ini ya masih banyak yang jual ya..di pasar..di supermarket sampai di penjual snack curah. Tapi percayalah..bikin sendiri..lebih enak lho teman2. Lebih gurih dan terasa coklatnya. Karena bisa pakai santan adonannya..dan coklat bubuk asli. Kalau yang di jual2 itu kan biasanya cuma manis doang..dan pakai pewarna coklat aja kayaknya ya..dari yang aku rasakan sich..kalau beli kuping gajah di pasar atau di supermarket.

Untuk membuat kuping gajah ini..sangat mudah..nggak perlu mixer atau peralatan baking lain yang ribet2..cukup semua bahan di aduk dan di campur rata hingga kalis, di gulung , potong2, lalau goreng dech. Cemilan homemade yang enak dan renyah..siap tersedia di rumah..mau buat pengisi toples Lebaran mungkin..hihi. Puasa aja belum kok udah mikir Lebaran ya teman2. Iya..aku cicil2 sekarang aja..posting kue2 lebarannya..soalnaya biasanya kalau pausa suka banyak postingan lain..^^

 

Oke..selamat mencoba ya jika suka teman2..
Kue Kuping Gajah

Bahan :
250 gram tepung terigu protein rendah / sedang
1 buti rtelur
80 gram gul ahalus
1/4 sendok teh garam.
1/4 sendok teh vanili
Santan instan1 bungkus kecil ( 65 ml kira2 )
1 sendok makan margarin 
1 sendok teh coklat bubuk ( secukupnya )

Cara membuat :
Campur semua bahan kering, tambahkan margarin, telur dan santan sedikit demi sedikit, sambil di aduk rata hingga jadi adonan yang kalsi dan bisa di pulung. Bagi jadi dua bagian, satu bagian tambahkan coklat bubuk secukupnya. Aduk rata sambil di uleni ringan. Tipiskan kedua adonan dengan rolling pin, tumpuk, gulung dan  padatkan. Simpan di kulkas sebentar, kira2 15 menit agar lebih padat dan mudah di potong. Potong2 tipis, lalu goreng di minyak yang sudah di panasakan dengan api kecil hingga kering dan renyah. Simpan di toples ketikas sudah dingin.



36 comments :

  1. Ternyata mudah ya bikinnya.. Aku jg suka kue jadul ini, tp kalo beli rasanya suka manis gimana gitu.. Sekarang bisa bikin ndiri. MbaDD mau tau ngga nama kue ini di tempat ku...namanya otok owok..hihihi lucu ya. Kalo kuping gajah itu rempeyek Yg di cetak tak beraturan*istilah mbaDD* Banyak ide nih untuk ngisi toples lebaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..ya cuma manis gt ya rasanya kalau beli..kalau bikin sendiri ini bisa enak mba..gurih dan nggak terlalu manis...:)
      Wah..lucu banget namanya..otok owok..hihihi

      Delete
  2. mbak aku pernah buat kue kuping gajah tapi terlalu tebal, harus pakai alat ya memipihkannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Lydia..pakai pisau yang tajam Mba..motongnya..bisa tipis lho..:)

      Delete
    2. Duhhh cemilan kesukaan si kakak nihh ternyata gampang ya...jd pengen buat sdr.pdhl td barusan beli 1 kg lagii...hadehhh

      Delete
    3. Hihi,...di habiskan dulu Mba Ifa..terus bikin sendiri..kan seru tuch bikin sama Kakak..kalau dia suka..pasti jadi semangat bantuin..:)

      Delete
  3. Mbak di..ini jg masuk daftar kue lebaranku,soalnya favorit suami&anakku,,bookmark aaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Ayu..silahkan di coba dulu ..mumpung Lebaran masih lumayan jauh ya..hihi..jadi bisa uji coba man2 resep yag cocok..:)

      Delete
  4. Alamak lemoooot bangettt....akhirnya kebuka jg. Simple banget ya mbak bikinnya. Patut dicoba nih...murmer dan pastinya enak. Kalo beli suka terasa pake pemanis buatan bukan gula asli. Oh ya mbak jadinya satu, dua atau berapa toples yo mbak...? Jaga2 nih mbak Diah, jgn sampe pas selesai goreng selesai juga semuanya alias gak bersisa...kasihan kan toplesnya, gak jadi keisi.....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Ertiana..punyaku malah putus nyambung ..putus nyambung nich koneksinya..kayak orang pacaran..:D
      Itu cuma jadi setoples ya Mba...hihihi..kan jadi padat adonannya..jadi bikin sekilo sekalian..kalau mau byk..:D

      Delete
    2. Oke mbak...aku mau niat nih bikin kuping gajah sekilo dan ntar kalau sukses tak foto dan tak share ke mbak DD ya.... habis tak foto langsung tak umpetin buat nanti lebaran..... dasar "mak pelit" nih .....hahaha.

      Delete
    3. Hihihi...bikin sama anak2 pasti seru dan nggak kerasa ya Mba..kalau aku cepet habis gitu malah seneng..hihi..aku bikin seperempat aja kok masih ada dikit itu di toples..hihi..Yodha nggak doyan nich mba..kalau kue2 jadul gini...jadi aku sdr yang makan..hahaha

      Delete
    4. Suamiku yg doyan nyemil mbak.... Gak bisa ngliat cemilan nganggur...apalagi kalau sudah di depan laptop sambil ngopi, wis ludes semua itu cemilan.... hehehe. Tapi kalau bikin trus habis seneng juga sih...artinya bikinan kita disukai keluarga.

      Delete
    5. Kok sama ya Mba hihi..suamiku kalau lembur gt ya suka nyemil klethikan..tapi sukanya yang gurih2..:)

      Delete
  5. mak, saya mau resepnyaaaa... :D
    dah lama nyari juga inih. oh ya mak, biar garingnya tahan lama diapain ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini renyah kok Mak Ri..yukk di coba dulu..:)..Kalau mau garing lagi ngirisnya tipis2 lagi aja..:)

      Delete
  6. Mb.Diah...kalo kita mau buat lebih dari resep, resep yang ada di tambahin aja ya.. adonan ternyata ditumpuk ya hehehe, berarti tinggal kita ngirisnya aja ya kalau tebal ya berarti akan keras, kalau tipis ya berarti akan renyah (tidak keras ya).. TQ

    ++ Ara ++

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ara..kalau buat lebih dari satu resep ya tinggal di kalikan saja..:)
      Iya mba..ngirisnya tipis2 ya..:)

      Delete
  7. ibu ku pernah bikin tapi ga tipis ngirisnya jdinya agak mbledrek nggedabel gitu mb. mesti masukin kulkas berapa lama tuh mb? - shinta -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau adonan di atas nggak masuk kulkas juga sebenernya langsung bisa di iris Mba Shinta..jadi aku cuma sebentar aja sich cuma biar tambah keras dikit aja...sekitar 15 menit kemaren...:)

      Delete
  8. Mbak aq pernah bikin kue ini, tapi gatot gara2 adonannya lengket banget.. D'masukin kulkas keras, eh pas d'keluarin malah lembek & lengket lagi dlm bbrp detik.. Akhirnya kebuang sia2 adonanku.. Hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain lagi Mba Johanna..kalau adonanku pas aja sich Mba..kemaren..kalis..dan nggak masuk kulkas pun udah bisa di potong sebenernya ..:)

      Delete
    2. Berarti adonan basahnya belakangan ya mbak..?? Besok aq coba lagi deh..

      Delete
    3. Basah itu mungkin krn kelembekan Mba..adonannya..iya..di coba lg aja ya..:)

      Delete
  9. Aku juga coba lho mabak ini nunggu hasilnya yang buat istriku sih

    ReplyDelete
  10. Aku pernah coba yang setengah resep digoreng setengah lg dipanggang. Enak juga lho mbak :)
    Sebenarnya karena dah kesorean bikinnya. Males berdiri lama goreng. Ya udah, sebagian tak tata di loyang trus tak masukin oven. Kan bisa disambi ngerjain yg lain, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..malah bebas minyak ya..:)

      Delete
  11. Wahhh....akhirnya nemu juga resepnya, besok pengen praktek ahh, makasih sharing resepnya mbk DD
    salam kenal
    -ayu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ayu..salam kenal juga..met coba ya..:)

      Delete
  12. Salam kenal mba didi.. ;)
    Mba mau tanya utk gula halusnya pake merk apa ya mba..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gula pasir aja di blender kering Mba..:)

      Delete
  13. Mb DD, q bikin kuping gajah gulanya pake icing sugar yg kemasan (soalnya sayang ndak kepake hihi). Jadinya kuenya enak tp agak keras. Apa ngaruh krn gulanya y mb? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..icing sugar kan ada zat anti gumpalnya :D

      Delete
  14. Mbak Diah...salut..terlihat dari resep2 dan foto2nya..mbak ini telatennnnnn polll.

    ReplyDelete