Thursday, May 8, 2014

Sambel Goreng Kentang Tanpa Santan


Sambel goreng..adalah menu yang paling sering aku masak di rumah..soalnya suami suka banget dan nggak pernah bosan. Udah dech kalau di masakin sambel goreng..pasti makannya lahap tak tersisa..hihi. Ya mungkin memang udah kebiasaan juga ya dari kecil terbiasa masakan Jawa. Bahan apapun bisa di masak sambel goreng sich kalau di Jawa ya..dari tempe..tahu..labu..buncis, telur, pepaya muda juga enak di sambel goreng. Tapi yang paling di sukai suamiku adalah sambel goreng kentang dan krecek. Nah..itu paling sering ku masak. Jadi kalau ke Yogya..aku suka mborong beli krecek yang tebel2 dan bagus tuch buat stock kalau bikin sambel goreng. Soalnya beda sich..kalau krecek di Semarang sini kualitasnya kurang bagus..kreceknya tipis dan lebar2..dan kalau di masak kenyil2 dan agak neg bau kulit sapi banget. Beda sama krecek Yogya yang bentuknya gede2 bulat lonjong kayak kerupuk berongga2 gitu..kalau dimasak itu jadi lembut banget menyerap bumbu2..kayak di foto tuch..walau udah hancur..tapi tetep enak. Memang sengaja sich..aku bikin sambel gorengnya agak kering..karena kali ini aku bikin sambel goreng versi tanpa santan. Enak juga lho..jadi buat yang musuhan sama santan karena takut kolesterol dll..tetep bisa lho makan sambel goreng yang enak.

Bumbunya sich plek sama bumbu sambel goreng biasa..cuma minus santan saja..dan hasilnya tetep enak. Malah makin terasa bumbu2nya karena di masak hingga nyemek ( hampir kering ). Agar lebih nendang sambel goreng tanpa santan ini..bisa di buat versi yang agak pedas..jadi warnanya bisa cantik..merah menyala gitu teman2..jadi..dari segi penampakan..nggak bakal kalah menggiurkan dech sama sambal goreng bersantan.

Oke dech silahkan di coba ya..buat variasi sambel goreng sekali2..woke juga lho. Oh ya..sambel goreng kentang tanpa santan ini..enak juga lho buat isian arem2..dan jadi lebih awet arem2nya. tapi kreceknya di hilangin ya..bisa di tambah ati aja kalau suka..kalau buat isian arem2. Aku dapat tips dari budhe sayur langgananku yang sering bantu bikin arem2 di katering tempat dia kerja..jadi kalau dapat pesanan arem2..misal dalam jumlah ratusan..kan nggak mungkin di kerjain sehari..jadi bisa di buat beberapa hari sebelumnya..tapi isinya sambel goreng tanpa santan begini..terus di simpan dulu dech di freezer..katanya bisa lebih awet dan rasa nggak berubah. Woke dech..kapan 2 tak cobanya juga buat isian arem2..^^
Sambel Goreng Kentang Tanpa Santan

Bahan :
200 gram kentang, potong kotak kecil2, goreng hingga matang
100 gram udang segar
50 gram krecek
2 lembar daun salam
2 lengkuas, memarkan
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu bubuk ( optional )
Garam sesuai selera
Bawang merah 8 butir, iris tipis
Bawang putih 4 siung, iris tipis
Cabai merah 20 buah, haluskan ( sesuai selera )
Cabai rawit 10 buah, biarkan utuh ( optional )
500 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan cabai merah halus, tumis kembali hingga matang dan harum cabenya. Masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Masukkan air, kentang, krecek dan bumbu lainnya. Masak dengan api kecil hingga kuah menyusut. Koreksi rasa. Sajikan.

23 comments :

  1. aku kalo pingin sambel goreng tapi nggak punya santan juga bikin ginian. Dimakan dengan nasi anget pancen mathuk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Mba Rina.......nasi anget plus kerupuk saja sudah nikmat ya..hihi

      Delete
  2. Hihihi..tadi pagi aku sarapan sama sambal goreng kentang, tang.. nekad sendirian tuh kentang:'( karna ga py stok yang lain..cuma kentang hihihi..kacian..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..yang penting tetep enak kan Mba Sri..:)

      Delete
  3. mbok aq dikirimi krecekny mbk,,, disini gk ada yg jual,,, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..aku juga lagi kehabisan ini Mba..lama ndak pulang ke Yogya..:)

      Delete
  4. Ertianna nugrahaniMay 9, 2014 at 8:57 AM

    Wah kebetulan nih mbak Diah posting resep sambel goreng tanpa santan...lebih sehat yo mbak. Mau tak coba ah, mumpung aku punya stock sambel rebus...jadi tinggal nambahi bumbu2 iris. Maklum mbak aku tuh paling males kerjaan ngulek cabe...hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ertinna..memang kalau ngulek cabe itu bikin males ya..tapi ada triknya lho mba..biar lebih cepat..sabenmya di iris2 kecil dulu..nanti lebih mudah di ulek..:)

      Delete
  5. Sudah aku praktekin tadi malam.. menu ini:) yang mau aku tanyakan, jika untuk dua porsi berapa ya takaran garam, gula, kaldu, bawang2 an dan segala bumbunya mbak?karena tadi rasanya aku keasinan karena aku campur teri untuk mengganti kreceknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kalau teri kurang cocok mba Intan..di campur sambel goreng..lebih enak udang atau ebi..:)
      Coba buat separo resep saja mba..kalau mau masak cuma dikit..:)

      Delete
    2. Oks oks deh hehe sudah kubuat lagi setengah resep yang sekarang pakai udang saja tanpa teri hehehe tapi tetep gak pakai krecek, disini susah nyari krecek yang enak soalnya:)

      Delete
    3. Sipp Mba..tambahin ati ayam juga enak.:)

      Delete
  6. mbak diah aku hari ini masaki kentang sama ati ampla enak mkss mbak diah
    -lani-

    ReplyDelete
  7. Udah nyobain mbak, enaaak banget, lebih sukaa yang tanpa santan hihihi :), makasih ya mb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Vira..iya..pedas dan bumbu malah semakin terasa ya Mba..dan lebih awet lho di simpan di kulkas..cocok buat stock lauk saur besok kalau puasa..hihi.

      Delete
  8. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
  9. Mba, enak mana bumbunya diulek atau iris?kmrn aku coba resep ikan bakarnya..mak nyus bgt...-mommy D-

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIpp Mba Mommy..kalau sambal goreng aku biasa variasi mba..bawang di iris, cabai di ulek..tapi kalau suk aya boleh di ulek semua..:)

      Delete
  10. Halo Mba Diah.. makasih buat aneka resep kreceknya, kebetulan sabtu ini mau bikin untuk isian nasi kotak. Yang pesan minta ala Jogja, jadi lagi milih antara resep ini atau yang di gudeg komplet :) Oh ya Mba, di resep yg ini : http://www.diahdidi.com/2014/10/sambal-goreng-krecek-udang.html kok kreceknya dicuci sebentar di air mengalir, tapi di resep2 krecek lain tdk pake dicuci dulu. Bagusnya apa dicuci dulu ya Mba? Terima kasih :)

    -Indah-

    ReplyDelete
  11. Selalu di cuci mba..kalau aku..hihi..biar bersih dari debu atau kotoran misal minyak gorengnya kadang kan nempel hitam2 di krecek gitu.

    ReplyDelete
  12. Makasih resepnya mbak diah, krn mmg pake santan agak repot apalagi kalo caterin, jd kuatir basi. Kalo santan diganti susu bubuk dicairkan gmn ya mbak?

    ReplyDelete
  13. Aaah mbak diah selalu jd inspirasi ku kalo lg galau mau masak apa hehe.mbak kalo mau bikin sambel goreng krecek,kreceknya direndam pake air hangat dlu stelah empuk baru dimasukin kebumbu. Apa mentah lgs di masukin ke bumbunya??

    ReplyDelete