Wednesday, May 21, 2014

Manisan Cabe Khas Dieng Wonosobo


Dapet oleh2 lagi dari suami nich kemaren..carica dan manisan cabe Dieng. Kalau carica..jelas..enak dan aku suka..udah sering makan dari dulu. Kalau ke Dieng ya oleh2 utama yang di beli ya pasti carica..tau kan teman2..buah pepaya kecil2..khas Dieng..dan jika di olah jadi manisan.Wah..jadi banyak stock buah caricaku di kulkas..besok di berdayakan ah..pengen aku olah jadi macam2 gitu..misal jadiin puding atau agar2 kering..mumpung udah mulai panas menyengat mataharinya. Nah..karena carica udah pernah ku bahas di blog dulu..kali ini aku mau ulas tentang manisan cabe nya aja ya teman2..yang memang unik dan aku belum pernah makan..baik yang segar ataupun dalam bentuk manisan. Duch..jadi nyesel..kenapa pas ke Dieng beberapa waktu lalu aku ndak beli cabe Dieng segarnya ya..pasti enak tuch buat sambal atau oseng lombok ketok..soalnya cabenya unik..sangat pedas..tapi tidak bikin mulas di mulut..dan bentuknya itu lho..lucu..gendut2 dan warnanya merah atau hijau cerah.

Cabe khas Dieng ini memiliki banyak nama. Ada yang menyebutnya cabe Gondol, cabe Bandung ada juga yang menyebutnya cabe setan. Cabe Dieng memiliki rasa yang khas...yaitu pedas , panas dan hangat.
Cabe ini memiliki bentuk bulat lonjong tidak beraturan. Cabe Dieng..rasa pedasnya yang menantang, namun tidak menyebabkan mules atau sakit perut meski dikonsumsi dalam jumlah banyak. Pas banget kali ya di konsumsi di Dieng yang udaranya memang dingin sekali. Jadi ingat..pas ke Dieng tuch bener2..dingin..duduk di Masjid gitu pas sholat..kayak duduk di atas es batu. Aku sukanya kalau ke Dieng makan2nya aja..hihi..soalnya..kalau ke tempat wisatanya..duch..kebayang perjuangannya buat sampai di atas..berkelok2 dan tinggi sekali..hihi. Ya memang katanya kan Dieng itu pegunungan tertinggi kedua di dunia ya. Mungkin kalau ke kota Wonosobonya aja masih oke..jalan2 dan makan mie ongklok aja..lebih enak..^^ 

Oh ya..sampai lupa cerita rasa manisan cabenya ini. Rasanya..ya pedas...unik..sudah di kasih gula pun pedasnya tetep terasa pedas dan hangat di tenggorokan..tapi tenang..katanya cabe ini aman kok..di konsumsi banyak2 pun tidak akan membuat perut sakit. Aku kok malah suka kuahnya ya..pedes2 yegrak..seger...hihi..itu tinggal di kasih buah2 an lain..jadi dech rujak buah atau asinan Bogor..besok tak buat bikin asinan aja dech manisan cabenya. Tapi salut dech..buat kreatifitas pengusaha kita ya..cabe saja bisa jadi manisan..usul dech..coba di buat abon cabe Dieng..sambal cabe Dieng gitu kali ya..pasti lebih enak dan punya daya jual yang lebih jika di kemas semenarik manisan cabe ini...dan banyak yang cari itu ya,..karena..siapa sich ya bisa nolak sambal dan olahan masakan pedas...pasti banyak yang suka selain di buat manisan ini.



Oh ya..manisan cabe ini di produksi oleh Yuasafood Dieng Indonesia..jika mau coba teman2 mungkin pa s ke Dieng..atau mungkin mau jadi reseller..hihi. Selain manisan cabe Dieng..juga produk lainnya yang tak kalah terkenal yaitu manisan Carica..nah..kalau ini favoritku banget..carica dari Yuasafood ini di beri merk Buahvica Carica...rasanya enak banget kalau manisan carica ini..seger..dan yang produksi Yuasafood ini enak..manisnya pas..dan ada sedikit asam2 segernya..jadi aku lebih suka ini di banding merk carica lain dari Dieng..^^

Buat teman2 yang belum tau apa itu carica..kayak gini nich bentuk buahnya. Mirip pepaya..tapi kecil2. Dan lebih enak..kalau di konsumsi ketika dalam bentuk manisan..rasanya jadi kayak buah peach kalengan..hihi. Jadi cocok nich buat persediaan minuman segar dan manis praktis buat bulan puasa nanti ya teman2.^^


Nah..kalau sudah jadi manisan..jadi lebih mewah gini dech panampakannya..rasanya juga..lebih enak. Sangat segar dan daging buah caricanya jadi lembut dan manis segar..sedikit asam.






14 comments :

  1. wah seger banget kayanya mba, & jago ya ambil fotonya bagus keliatannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Aisah..seger banget yang manisan Carica..apalagi kalau udah masuk kulkas bentar..:D

      Delete
  2. saya pribadi ga mau nyoba manisan cabe Mba, hehehe.. saya suka cabe pedas, bukan manis.
    Kalau carica yg mentah sdh pernah nyoba, rasanya agak asam gitu, memang enak kalau dibikin manisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenerya rasanya nggak manis banget sich Mak Riski ini manisan cabenya..cuma ya itu..nyegrak..belum biasa kali ya kita..hihi..ya memang lebih enak buat nyambel..kalau cabe..:D
      Iya..kalau carica..siippp di buat manisan..:)

      Delete
  3. Ngebayangin gmn rasanya manisan cabe....

    ReplyDelete
  4. Rasanya...pedesss Mba Yunita..:D

    ReplyDelete
  5. Mbaaaakkkkkk, hihihi....penasaranku terjawab....di alun2 purwokerto ada pameran daerah, eeeeehhh ada stand buavica carica,,,aku langsung beli 2 botol, manisan cabe nya 2 botol.... iya mbak...pedes rasanya... #edisi lebay nemu stand carica
    Abisnya klo ke dieng jauuhhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...sippp Mba Yunita..wah udah kebayar ya penasarannya..:)
      Di buat asinan saja Mba..tambahin buah2 an manisan cabenya..:D

      Delete
  6. Udah aku makan 2 biji...nggak nahan..asem pedes manis rasanya.....tp cpt hilang dan anget dibadan......kayaknya enak klo dikasih buah2an,..bsk hunting buah aahhhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang kalau di Dieng buat penghangat badan Mba..:D

      Delete
  7. Ngfans deh ma mbak diah.. resepnya udah sering q coba n enak2. Tapi komen n ijin nyomot resepnya baru skrg. Maaf ya mbak diah.!!

    ReplyDelete
  8. Ngfans deh ma mbak diah.. resepnya udah sering q coba n enak2. Tapi komen n ijin nyomot resepnya baru skrg. Maaf ya mbak diah.!!

    ReplyDelete