Tuesday, May 6, 2014

Misoa Goreng Balut Tepung



Misoa..salah satu gorengan favorit keluargaku. Murah meriah dan enak. Misoa goreng ini ada dua versi..kalau versi bakery2..biasanya di goreng pakai lapisan telur di luarnya..tapi kalau misoa goreng versi pasar atau kaki lima..biasanya cuma di balut tepung. Tapi enak semua tuch..hihi..aku suka semuanya..yang di goreng pakai telur tambah gurih..yang di celup adonan tepung ya enak juga..lembut jadinya..di padu lapisan tepung ..pas banget.

Resep masih sama aja kayak yang di celup kocokan telur ya teman2..cuma penyelesaiannya saja yang beda. Cobain dech enak sekali gorengan murah meriah ini. Kalau di pasar2 malah nggak pakai isian daging atau ayam..dll..cuma nisoa aja thok..ya tetep enak tuch..hihi. Oh aya..yang belum tau misoa..adalah mie kecil2 yang kalau di masak hasilnya jadi lembut banget..beda sama mie kuning biasa. Biasanya sich cuma di buat sup ya orang taunya..tapi kalau di Semarang misoa ini jadi cemilan gurih yang enak banget. Selamat mencoba ya teman2..^^

Misoa Goreng Balut Tepung

Bahan :
1 bungkus misoa ( kira2 100 gram )
Ayam cincang 50 gram
Wortel 1 buah di potong kotak kecil /di parut kasar ( optional )
Daun bawang 1 batang , di iris halus ( lagi habis tadi jadi nggak pake )
.
Bumbu : 
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1/2 sdk teh merica
1 sdk teh kaldu bubuk rasa ayam atau garam secukupnya
1 sdk teh gula pasir
Air 600 cc

Adonan tepung, aduk rata hingga jadi adonan kental seperti adonan mendoan  :
150 gram terigu , air secukupnya
Bumbu halus: 1 - 2 siung bawang putih, 1/4 sendok teh ketumbar dan garam secukupnya.

Cara Membuat :
Tumis bawang putih halus, tambahkan wortel dan ayam..aduk sampai matang ayam  dan wortelnya., tambahkan air, bumbu lainnya dan daun bawang, lalu masukkan misoa , masak sampai air habis dan terserap di misoa. Lalu ratakan adonan di loyang persegi , dinginkan , potong2 persegi , lalu celup goreng ke adonan tepung , goreng sampai kuning keemasan. Sajikan hangat.

15 comments :

  1. mbak diah...balesin inbox dari aku dong....aku minta alamatnya mbak diah. katanya pengen nyobain tepung yang khusus buat tahu aci/pletok? aku udah dapet tapi mbak belum balesin inbox dariku.maaf mbak, soalnya aku lupa password emailku hihihi. "emma"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..di fb ya Mba Emma..woke dech..aku buka fb kalau sempat sich soalnya..hihihi..soale kadang males loadingny alama bgt nich internetku klu buka fb..oke tak bukanya sgr ya..:)

      Delete
  2. heummm enakkkk...baru tw ada misoa goreng mbk.kpn2 coba ah ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Hanna..kalau di Semarang jadi cemilan..misoa..selain di masak..:)

      Delete
  3. belum pernah ketemu misoa deh. Jadi nggak reti sama misoa. Kalo bihun sih udah biasa. Kapan-kapan ah beli misoa kering biar tau rasanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..cobain Mba Rina..lebih enak dan lembut di bandig mie atau bihun..kalau di buat cemilan gurih gini..:)

      Delete
  4. memang lembut ya mbak miso jadi makannya enak

    ReplyDelete
  5. Misoa selalu jd favorit ngga pernah nolak...kangen sama misoa eh liat postingannya di mbah Diah Didi.. Makaciih sharingnya, Mbak!^^'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Ayie....ayukk buat sdr ya..:)

      Delete
  6. Mbak, lapor. Sy udah coba loh resepnya. Begitu liat resep ini malem2 sy langsung berburu misoa. Besoknya pagi2 langsung dieksekusi, buat misoa goreng ini n misoa kuah....hmmmmm enyakkk.... Thankx ya mbak utk sharingnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba..bisa di celup kocokan telur juga lho buat variasi..:)

      Delete
  7. Mbak, salam kenal. selama ini cm silent reader,habis klo mw comment h ku lemyoott. hehe... btw,aq udh pernah bkin ini mbak. Tak celup telor.Tp kok hbis dimasak,misoa nya ga bs padet. jd ga bs dipotong.Sampe aq kukus lg, tetep ga jd padet.Gmn ya mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Roshinta..salam kenal juga...:). Masaknay asampai airnya asat / benar2 habis mba..dan misoanya jadi matang mengembang kan ? Habis itu di tuang di loyang, dinginkan..dan masukkan kulkas kalau perlu..oh ya..mba pakai merk misoa apa..kalau aku sk pakai ikan paus..mudah bgt itu menggumpal dan merekat jadi padat jika udah dingin..:)

      Delete
  8. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete