Saturday, May 3, 2014

Martabak Tahu Mini



Masih punya sisa tahu dan kulit lumpia..kemaren aku buat martabak tahu saja..praktis dan cepat. Tapi kali ini aku coba versi beda..tahunya di haluskan..seperti saran beberapa teman pas dulu aku buat martabak tahu. Biasanya sich aku potong kecil2 saja..tahunya..tapi ada yang bilang di haluskan lebih enak.ya oke dech di coba..dan memang enak ..aku suka sich versi keduanya..mau di haluskan atau di iris kecil2..sama2 enak. 

Kalau di haluskan tapi cenderung menyatu dengan telurnya..jadi agak padat isinya. Kalau di potong kecil2..tekture telur khas isian martabak masih terasa. Tapi..sama enak sich..apalagi masih ada sisa satu potong ayam goreng..aku potong kecil2 juga..campuran dech ke isian martabak..jadi ada rasa ayam juga..hihi..tambah enak..* Mak irit...*

Resep sama sich kayak martabak tahu yang dulu..cuma ini tahunya di goreng dulu, terus di haluskan. Oh ya..jika sudah tersimpan di kulkas beberapa hari tahunya..supaya nggak asam, di rebus dulu di air mendidih dan sedikit garam sebentar ya teman2..baru di goreng dan di haluskan. Selamat mencoba..jika suka ya..^^
Martabak Tahu Mini

Bahan :
10 lembar kulit lumpia
2 buah tahu putih ukuran sedang, goreng, haluskan
1 potong ayam goreng , potong kecil2 ( optional dech )
Daun bawang kira2 6 - 10 batang
2 butir telur ( lebih juga boleh )
Garam secukupnya
Kaldu ayam bubuk 1/4 sendok teh ( optional )
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Potong2 tahu kotak2 kecil. Iris halus daun bawang. Kocok  telur dan semua bumbu. Campur dengan tahu ayam goreng cincang dan daun bawang, aduk rata. Koreksi rasa isiannya dulu ya..dengan cara ambil sedikit adonan, di goreng bentar lalu cicipin, kalau kurang gurih, tambahin bumbu sesuai selera, kalau kebanyakan masukin garamnya..gampang..tambahin saja lagi tahu atau telurnya..hihi.
Siapkan kulit lumpia. Isi dengan satu sendok adonan telur ( aku tadi dua sendok..karena buru2..jadinya gede2 martabaknya ), lipat bentuk persegi atau kotak sesuai selera. Goreng di minyak panas sampai kuning kecoklatan.

Tips : Jika mau kulitnya mulus dan nggak mengkerut ketika dingin..di dobel ya kulit lumpianya..tapi aku kemaren cuma punya sedikit kulit lumpianya..jadi cuma pakai selembar dech tiap martabak..^^

7 comments :

  1. Jadi lebih terasa ada isinya si martabak ya, Mba.

    ReplyDelete
  2. mbk diah sy nanya tepung lekker kok belim ada di kasih info ya..sy bunda keta. tertarik banget dg tepung lekker nya mbk...mau ordernya gimana.. keisha.adzka@gmail.com... sy udah nyoba martabakny mantap mbk...tq ya mbk. idah. salam bunda keta n fam

    ReplyDelete
  3. mba ga ada resep buat kulit martabak ya??

    ReplyDelete
  4. salam kenal mbak diah:)
    saya penggemar berat blog ini loh,,sudah hmpir 2 minggu ini, setiap mau masak,pasti buka blognya.kebetulan skrg lg domisili di UK utk sementara waktu,,alhasil,saya yg hmpir gak prnah masak,mau gak mau harus berjuang di dapur,,demi menyantap makanan favorit.lha disini gak ada yg jual je:)
    tiap hari nih mbak,saya liat2 resepnya mbak diah,,nyobain satu,,dan Alhamdulillah,hasilnya bikin surprise!resepnya gampang dan enakkkk pulak:D,,
    oiya,ini sy abis bikin martabak tahu mini,,kebetulan dsini spring roll byk yg jual,,isi tahu cina yg lembut+ayam+jamur,,bner2 maknyusss!!

    thank yah mbak,,buat inspirasinya.
    salam hangat dari kami sekeluarga^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Lutvi, Aslm wrt.. Apa kbr? UK nya dsebelah mana? Saya di Reading, siapa tau deketan :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete