Friday, May 23, 2014

Oseng kates Ndeso...^^



Lagi kangen oseng kates nich daku teman2..gara2 pohon pepayaku roboh beberapa bulan yang lalu kena angin..karena kebanyakan buahnya..hihi. Akhirnya jadi jarang nyayur kates lagi. Padahal biasanya ya sering banget karena aku suka sekali pepaya muda ini..enak di masak apa aja..di jangan pedes, sambel goreng kates, di brongkos..dan di oseng versi ndeso kayak gini...dll. Di oseng sama daun so dan tempe semangit...enak banget lho teman2. Menu oseng kates ini kalau di tempatku di Yogya udah jadi menu harian hampir di banyak rumah kayaknya. Karena apa..? Murah meriah..karena bahannya ndak usah beli..cukup ambil di kebun. Jika tidak punya pohon kates pun orang bisa minta ke tetangga gratis..hihi..karena tanaman pepaya ini mudah sekali numbuh dan biasanya di pekarangan rumah ya pada punya sendiri2. Dan di semarangpun aku kemaren ada satu pohon *tukulan* sendiri ( nggak di tanem ) eh kok numbuh lebat dan buahnya nggak habis2..ampe puluhan kali ya..soalnya memang jenis pepaya sayur yang kecil2. Sayangnya pas musim angin kencang kemaren roboh dech pohonnya kebanyakan buah...huhu..akhirnya sekarang kalau mau nyayur kates atau pepaya muda ini ya musti beli di pasar..hihi...1 biji dua ribu.

Sayur kates kalau ala ibuku nggak di serut kayak di Semarang sini..tapi di cacah pakai pisau. Caranya..pepaya muda di kupas dulu dan di cuci bersih, lalu di cacah cacah lurus dulu pakai pisau membentuk garis2..habis itu tinggal di sayat memanjang..anti menghasilkan cacahan pepaya muda yang nggak beraturan...dan agak tebal2..jadi nggak mudah hancur ketika di masak, tapi ..kalau males cacah mencacah ya di serut juga boleh ..atau di potong2 korek api kayak labu siam teman2. Oseng kates ini selain pakai daun so..enak juga pakai kulit melinjo atau bunga melinjo..jika suka. Tapi yang paling sering aku ya pakai daun so..aromanya itu lho..bikin oseng kates jadi tambah enak. Biar makin sipp aku tambahin ebi juga untuk bumbunya..hemm ya tambah enak lah.

Oh ya..kalau yang versi ndeso banget gitu..oseng kates ini di masak sampai overcook..hihi..istilah bahasa Jawanya..*diasatke*..atau di keringkan airnya..jadinya ndak ada kuahnya sama sekali..kadang2 sampai ada aroma gosong dikit2 karena terus di gongseng di wajan walau udah habis airnya..eh malah enak tapi..tapi jangan gosong beneran ya teman2..hihi. Tadi aku bikin separo aku *asatke*..jadi warnanya jadi lebih kecoklatan dan pepayanya jadi lebih lembut. Ketika airnya sudah habis, lanjutkan terus menggonseng atau mengaduk sayur pepayanya di atas kompor..wah aromanya jadi sedap sekali pas saat2 tersebut. Yodha yang lagi nonton tivi tadi , karena pulang cepat karena ujian..langsung lari ke dapur..dan bilang.." Bau enak dan harum apa ini mi ? "...hihihi..padahal ya habis makan dia. Aku bilang.."Oseng pepaya Kak..mauuu ?"..Terus Yodha bilang sambil lari masuk ke dalam lagi.." Ohhh..nggak jadi dech..kirain mami masak apa kok baunya enak "..hahaha..ketipu ya Kak..^^

Kayak gini nich yang versi overcook oseng katesnya teman2..^^

Oseng Kates

Bahan :
1 buah kates / pepaya mengkal ukuran sedang
50 gram daun melinjo
1 potong tempe semangit 
Ebi 1 sendok makan, rendam air panas hingga mekar, biarkan utuh
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu sapi bubuk ( jika suka )
Garam sesuai selera
Kecap sesuai selera (  jika suka )
Air kira2 100 ml

Bumbu iris tipis :
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera )

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga matang dan harum, masukkan cabai dan ebi aduk hingga cabe layu. Masukkan pepaya, aduk hingga layu, lalu masukkan semua bahan dan bumbu2 lain. Tutup rapat dan masak hingga bumbu meresap dan pepaya empuk..sambil sesekali di aduk dan koreksi rasa sebelum kuah menyusut.
Sajikan dengan nasi hangat.



19 comments :

  1. mbak pas bgt,,,, daku mo tanya kok aq klo masak pepaya muda suka pait yo hasil akhirnya,,,, ada tips gk biar pepayanya jadi lembut trus warnanyajadi cantik kayak punya mbk diah??? mohon bantuannya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho kok bisa pahit Mba Dewi..apa keliru milih pepayanya?..Kan memang ada jenis pepaya yang buat di makan bunga nya aja tuch mba memang suka pahit kalau di masak. Pilih pepaya yang untuk buah lonjong2 tuch mba,.atau yang khusus sayur..agak kecil2..lonjong gendut bagian bawahnya..:)
      Kalau kata ibuku biar lemes gitu pepayanya..masaknya pakai tempe semangit itu mba..tapi aku kadang ya nggak pake..asal masaknya di tutup ya bisa lembut juga, kalau mau warnanya cantik ya itu seperti ya aku bilang mba..di *asatke*..hihi..jadi di masak sampai airnya habis..terus di gongseng2 bentar di wajannya..sampai warnanya kecoklatan.

      Delete
    2. gk tahu jga mbk,,daku beli di tukang sayur pepayanya,,, pepaya buah yg belum mateng kata tukang sayurnya,,,,coba nanti tak cobane mbk tipsnya tdi udah beli pepayanya,,, makasih yo mbak

      Delete
    3. Ya mba..pesen aja sama tukang sayurnya suruh yang pepaya khusus sayur gt..:)

      Delete
  2. Enake mbak.... kemecer nih. Aku hampir gak pernah ngoseng kates...biasa mbak males ngonceki/ngupasi...hihihi. Yang sering tak oseng kalau ga daunnya ya bunganya. Oh ya mbak pernah nemu daun pepaya dari arab ga...? Kapan itu pas ke mertuaku di tukang sayur aku lihat ada sayuran yg asing bagiku...ternyata kata tukang sayur itu "godhong kates arab".....padahal daunnya gak gedhe lho mbak, kecil seperti daun singkong.... weleh ada2 aja batinku. Karena penasaran langsung aja tak beli 3 iket dan ternyata rasanya sama sekali gak ada pahitnya, malah rasanya seperti daun singkong. Enakan daun pepaya indonesia...khas pahit tapi enak. maaf nih kok malah cerita godhong kates yo mbak....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..lho di pasar atau di tukang sayur kadang udah ada yang di jual serutan lho mba..kalau di sini..jadi praktis tinggal nyuci..tapi kalau aku ya malah suka..nyacah sendiri..seruu..hihi.
      Weh..aku malah belum pernah tau Mba Ertiana..ada ya pepaya Arab..hihi. Iya..justru yang enak itu ada pahit2nya dikit itu..pait tapi eco ya mba..:D

      Delete
  3. ini salah satu masakan favorit adikku nih, tapi minus daun so... kalo aku coba bikin kok kayanya lebih "sedep" py adikku ya..hihihi. kami sering barter masakan mba karna tinggal satu kompleks, kalo aku kirimi kue hasil contekan resep mba DD, suka minta tambah tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...ya asyik banget itu mba Sri..kalau deket sama Adik ya..bisa anter2 an makanan..kalau tetangga kan kadang nggak enak kalau cuma dikit ya mau di bagi2..takut nggak kebagian semua..tapi kalau saudara gt enak..hihi

      Delete
    2. oh iya.. thanks ya ide warna pink utk bakpau nya...
      ^.^

      Delete
  4. aduuuh.. ngileeeer beneran mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..ayukkk masak Mom Nisa..mur mer nich modalnya cuma 2 ribu ..:)

      Delete
  5. oalaaaahhh...caranya pake digongseng gitu to biar coklat ? Kirain pake kecap. Begitu masak sendiri dikecapin rasanya beda dengan ketika beli. Pantess, hihi...
    Tapi aku selama di Ciledug nggak pernah masak oseng kates soalnya jarang banget. Giliran pingin malah gak ada. Yo wis nganggo jipan wae lah. Tapi tetep beda teksturnya. Sambel goreng kates juga yahud ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba...kalau cara ibuku gitu..hihi..iya bener beda kalau di kecapin banyak2 tuch rasanya kurang medok..ndesonya...hihi

      Delete
  6. mbaaaaaaa..paling cocok di makan sama sayur bening dan mendoan....haduuuhh..cleguk deh!! aku sering masak gandul nih mbaa di rumah enak sii hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Esti..makanya sedih ketika pohon pepaya ku roboh..hihi..ndak bisa sering2 masak sayur pepaya..:)

      Delete
  7. jujur mba diah ini mengingatkan ku masa kecil sering di masakin ibu #loh curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..sama..ibuku juga sering buat ini..hihi

      Delete
  8. mbak di, klo pepayanya diganti labu siam bisa kan ? suwun

    ReplyDelete