Thursday, May 29, 2014

Tahu Tek Surabaya



Tahu tek..sama tahu telur..sama atau beda hayo..menurutku kok beda ya..hihi. Soalnya aku pernah beli di resto soto Sulung yang terkenal..yang buka cabang di deket rumahku..ya kayak yang aku masak ini kalau tahu tek..sedang kalau tahu telur..kayak yang udah aku posting di sini dulu. Tapi bumbu dan pelengkapnya ya sama saja sich..bedanya di tahu tek ini pakai tahu goreng aja dan tambahan potongan kentang..sedang tahu telur, tahunya di goreng sama kocokan telur...jadi kayak dadar tahu gitu, terus di siram kuah kacang juga. 

Gitu sich dari pengalamanku makan di resto cabang soto Sulung siapa ya namanya..soto Wawan atau sapa..lupa..soalnya udah tutup sekarang..hihi. Pokoknya ya terkenal gitu terus buka cabang di sini..wong aku pernah juga liat liputan tentang soto Sulung ini di tabloid saji..dan ada resep tahu teknya pula. Dari yang aku baca..tahu tek ini di sebut begitu karena biasa di jajakan keliling..dan bahan2nya di gunting..sehingga bunyi..tek..tek gitu ya..hihi..kalau nggak salah lho..^^

Nah kira2 sich begini resepnya..sama bumbunya kayak tahu telur. Kemaran aku udah nemu petis pasar yang kualitasnya menengah yang enak buat bumbu tahu tek atau tahu telur gini..jadinya enak banget dech..lebih enak daripada petis pasar yang murah meriah yang biasa aku pakai..hihi. Rasanya enak..bersih..dan udah ada rasa manis dan gurihnya. Cocok dech sama lidahku petis ini.
Oke dech yang suka tahu tek..yukkk mari di coba resep ala aku ini ya..^^
Tahu Tek Surabaya

Bahan :
Tahu goreng 1 buah, potong2
Kentang kecil 1 buah di goreng, potong2
Taoge pendek secukupnya
Kerupuk udang atau kanji secukupnya
Lontong 1 buah, potong2. Ketimun 1/2 buah, potong2 kecil tipis

Bumbu halus perporsi :
50 gram kacang tanah , haluskan
3 buah cabai rawit
1 siung bawang putih rada besar
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok makan petis udang
Garam secukupnya 

Cara membuat :
Haluskan semua bahan bumbu, tuangi air secukupnya. Aduk rata, koreksi rasa
Siapkan lontong, tahu, kentang, taoge di piring, tuangi saus kacang. Sajikan dengan kerupuk.

15 comments :

  1. Mba diah, di pasar jati petisnya beli di penjual yg mana ? Winny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari pintu samping..lantai 1 masuk dikit mba..lurus t4 ibu2 jual bumbu2..:)

      Delete
  2. Mak diaah aku barusan kirim sms..tlg diliat ya mak..n aku tunggu jawabannya yaaa...maaciiiiih maaak.maaf yaa komennya gak sesuai dg..ulasannya xixixi

    Aulia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaa..udh kukirim ulang..via sms n inbox..masuk gak mba

      Delete
  3. wah asyik ya mbak mirip gado-gado tapi pakai petis ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda rasa Mak..klu gado2 bumbunya mateng..klu ini mentah semua..jadi lebih nendang..:)

      Delete
    2. Masuk Mba..sms aja alamatnya ya..:)

      Delete
  4. Mba diah.. mana petisnya. hihihi.. *aku yang kirim email kapan hari kemarin soal petis :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kalau mau ini lumayan enak..email lagi ya alamatnya sama mau di beliin brp ?.:)

      Delete
  5. Wuaaah...makanan khas kampung halaman sy mbak :) Biasanya tahunya digoreng tdk terlalu kering n digunting panas2 dg minyak yg masih menetes2,sehingga bumbunya ngresep ke tahunya. Ada jg yg bawang putih n cabenya digoreng dulu utuh2, lalu terakhir dikucuri kecap manis. Ditambah telur dadar yg digoreng orak arik dg potongan besar2 jg enak koq mbak,cuman biasanya kalo ibu sy buatnya utk tahu tek petisnya lebih royal, jd warnanya kehitaman, sedangkan kl tahu telur lebih banyak kacangnya. Tp tergantung selera masing2 siy hehe... Kalo org jual biasanya petisnya campuran petis yg enak & yg sedang. Jd kepengen.......... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mskh infonya Mba Priscilla..iya biasanya aku juga suka tambahin kecap Mba..tapi nich lagi kesemsem sama rasa petisnya ya udah gurih manis..jadi pgn tanpa kecap..hihi

      Delete
  6. Mba Diah salam kenal yaa...aku baru kali ini ikutin blog mbak...jd kepengen masak terus nih di rumah hihihihi
    Oh ya saya baru pindah nih di smg jd pengen tau petis yg enak di smg modelnya kaya gimana ya...bisa difotoin ga ya petis nya, jd nanti aku bisa cari tuh petis di pasar deket rumah sini hehehehe...thanks

    Kartika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemasan cup plastik mba..di pasar2 byk..:)

      Delete
  7. Mbak Diah, kemarin saya coba bikin tahu tek ikut resep ini. Petisnya pake petis dari mbak Diah. Juga bikin lontong balap, dan sambalnya ya pake petis mbak Diah. Yummy! Waktu itu saya pesan 'tdk pedas', tapi yg tersedia hanya 'sedang' dan 'pedas' ya, mbak? Ternyata yg 'sedang' tdk terlalu pedas, malah tambah cabe rawit he...he.... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete