Thursday, May 15, 2014

Tips Membungkus Makanan Yang di Gulung



Kemaren mba siapa yang yang nanya tentang tips2 membuat atau membungkus makanan yang di gulung..seperti lontong..rollade..dll. aku kasih tips sedikit ya..semoga berguna juga buat teman2 yang baru balajar masak tipsnya.

Untuk membuat lontong..ada cara yang mudah teman2..sekarang ini kayaknya sudah ada cetakan lontong ya..dari bahan alumunium..jadi beras aron tetep di bungkus dan di gulung pakai daun pisang..selanjutnya tinggal di masukkan ke cetakan itu..nanti hasilnya akan bagus2 dan mulus lontongnya..dan nggak berubah bentuk. Jika di bungkus manual sebenernya juga bisa agar bentuknya tetep rapi bulat lonjong, yaitu di dobel daunnya..dan di semat bagian ujung2nya dengan kuat ya teman2.

Bentuk dasar dari makanan tradisional yang di gulung memakai daun pisang adalah seperti ini ya teman2..bias di buat untuk lontong, arem2..rollade..lemper dll.


Untuk rollade..biar bagus hasilnya juga bisa dengan bantuan cetakan lontong itu..tapi aku belum punya..jadi aku biasa membungkus rollade dengan daun pisang. Ambil daun pisang jenis kluthuk ya..biar nggak pecah2..terus taruh bahan rollade di daun. Padatkan dulu dengan bantuan tangan, setelah itu di gulung sampai benar2 padat. Ulangi beberapa kali menggulungnya dengan di buka gulung dulu daunnya sehingga hasilnya benar2 bisa rapi dan padat. Selanjutnya bungkus dengan daun pisang..tekuk ujung kanan kirinya ke atas untuk mengunci bentuk lonjong adonan, lalu semat kiri kanannya dengan lidi. Pastikan agar daun berlapis ya teman2..untuk menghindari adonan mengembang dan bungkus daunnya *mlethek* ( pecah )..Jika mau aman..bisa juga bagian tengah di ikat dengan kareta atau tali. Selanjutnya..kukus sampai matang.

Jika memakai plastik untuk membungkus rollade..tehniknya sama..padatkan dulu adonan rollade di selembar plastik tebal tahan panas, lalu gulung dengan plastik dan ikat kuat2 kedua ujungnya dengan karet atau tali ya..jika bagian ujung2nya nggak kencang..nanti adonan rollade akan mengembang dan bentuk rollade jadi nggak bulat konjong manis..tapi suka jadi gepeng..hihi.

Ada juga teman yang bilang kesulitan mengiris rollade karena hancur..dll..misal itu sering terjadi jika bikin rollade daun singkong..nah..cara termudah adalah..biarkan hingga benar2 dingin dulu rolladenya..jika perlu taruh kulkas..nanti rollade akan memadat. Gunakan pisau tajam, pasti hasil irisannya bisa lebih mulus. Oke..selamat berkreasi dengan rollade ya teman2..dan juga semangat ..dengan semakin banyak berlatih di dapur..nanti hasilnya bisa semakin bagus..lumayan  seperti ini nich..^^




17 comments :

  1. Kalau aku lebih suka pake aluminum foil, mbak... biar lebih gampang gulungnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Mira..bener banget..mksh di ingatkan ..lupa nulis di tips tadi..:)
      Cuma lumayan ya Mba..harganya..hihi..kalau aku sering banget bikin makanan yang di gulung2 gini..jadi sayang belinya..*mak irit..*..soale daun pisang beli dua ribu dapet byk Mba..hihihi.

      Delete
  2. Kalo di sini pake daun pisang malah bikin bangkrut, hihihi.... pake alumunium foil lebih irit drpd pake daun pisang yg selain mahal jg gak fresh alias beku. #jadi kangen sama aroma daun pisang :( (inge)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..Iya Mba Inge..tingga di luar ya Mba..:)..Wah..daunnya di frozen mba..wah keren ya..hihi..cuma ya jadi rusak ya Mba..:)

      Delete
  3. masih belum berhasil mbak mbungkus lontongnya,,, cari cetakan jga gk ada disini,,, padal pengin bisa bikin lontong sndiri( soalnya mo beli jga gk ada yg jual lontong disini,,,,, masih latihan terus ni smpe berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mba Dewi..ayukk berlatih terus..coba beli online mba..byk cetakan lontong..:)

      Delete
  4. Terimakasih tipsnya Mbak.. soalnya aku juga sering gagal menggulung rolade... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mak Riski.....ayukk semangat ya..pasti nanti bisa lama2..:)

      Delete
  5. sy sdh punya cetakan lontong mbak yg dari aluminium... biar praktis... kalau mbak diah msk lontong brp jam? kalau mau cpt kadang sy pake presto...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Andrianya..bisa pakai presto juga ya..:)
      Kalau aku malah kebalikannya Mba..suka bikin lontong pakai slow cooker..jadi malam nyalainnya..pagi2 udah jadi lontong yang lembut dan menul2..:)..kalau pakai panci biasa malah jarang..sayang gasnya..hihi

      Delete
  6. akhirnya ada postingan ini, yeayyyy.. thanks ya mbak.. aku jg sering gagal menggulung rolade. mbak, kalau rolade yg dibungkus telur dadar tuh gimana tipsnya supaya kalo diiris telurnya kelihatan melingkar2 di dalam? hadeh,.susah jelasinnya hahhaa, moga2 mbak ngerti maksudku -novita eka-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Novita..di gulung2 dulu mba..sedikit demi sedikit gulungan kecil dulu dari pinggir ke arah dalam..seterusnya sampai pinggir lagi...hihi..mudah2 an mudeng juga ya bahasanya..:D

      Delete
  7. Mbak Diah, kalau bikin lontong itu berasnya 1/2, 2/3 atau 3/4 ya? Saya pernah bikin 3/4 kok kelihatan butiran2nya (nyego). Ada yg bilang 1/2, tp saya kok ragu. Trus saya kok kepikiran 2/3-nya. Mohon saran.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..maksudnya jumlahnya atau matang aronnya Mba..aku klu bikin lontong berasnya di aron dulu setengah matang, bentuk lontong pakaa daun pisang..kayak lemper..terus di rebus aja mba..pakai slow cooker..:)

      Delete
  8. Maaf, mbak pertanyaan saya kurang jelas. Maksud saya mengisi berasnya. Soalnya ada yg bikin lontong dari beras (mentah), ada juga dari beras aron. Kalau pakai beras aron, diisi penuh? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lontong kan telture matangnya halus mba..jadi nggak masalah lho pakai beras yang sudah di aron..jadi lebih cepat. Iya..penuh saja aronnya. Beda sama ketupat yang memang masih butuh sedikit ada tekture nasinya ya..itu dari beras mentah yang di masukin ke cetakan..:)

      Delete
    2. Ok deh, saya akan coba lagi bikin lontong dg cara mbak Diah. Terima kasih.
      Sisca - Surabaya

      Delete