Sunday, May 25, 2014

Kepala Ayam Goreng Gepuk & Sambal Hejo


Wua..udah jam segini ya..nggak kerasa dech..padahal ya nggak kemana2 sich dari pagi..cuma ke pasar..abis itu ya udah..nguplek masak di dapur. Tapi karena menunya pada request sendiri2 tadi..hihi..ya jam segini baru selesai semua..dan semua udah makan siang..beres dech tugas di dapur..hihi. Teman2..udah makan siang ?

Hari ini Yodha mintanya ayam bakar lagi..nggak ada bosan2nya dech..hampir tiap hari minta ayam bakar..hihi..ampe mblenger aku yang masak. Suami..request ndas manyung / atau kepala ikan manyung asap..biasa..di masak mangut kayak gini. Walau lupa beli pete gara2 di pasar tadi nanya pete..satu papan 5 ribu...gubrak..pengsan dech mahal kali harga petenya..hihi..biasanya juga cuma seribu sepapan..jadi malah kelupaan  beli. Padahal kalau mangut gini..suami paling suka kalau pake pete. Resep udah pernah ku share liat di SINI


Aku sendiri karena lagi pengen sambel hejo..ya sudah..bikin kepala ayam goreng aja..tapi versi gurih..bukan manis..yaitu kepala ayam gepuk. Wis..cuma bertiga aja..menunya sendiri2...hihi. Tadi tuch pas beli ayam buat Yodha di tukang  ayam langganan kok ada kepala pejantan lumayan banyak..wah jarang2 dech ketemu kepala ayam pejantan ya..langsung aku beli dech. Mau di bakar sekalian bareng ayamnya Yodha kok ya bosan aku..akhirnya aku ungkep sendiri versi bumbu gurih..soalnya aku lagi pengen kepala ayam gepuk..yang seperti di warung2 penyetan ala mahasiswa deket kampus Undip tuch..ada yang enak. Tapi ya cuma beberapa potong yang aku bikin ayam gepuk..sisanya..aku simpan di freezer juga buat stock ayam ungkepan..jadi sewaktu2 tinggal goreng..kan masih ada sambal terasi matang juga kemaren...^^

Ayam gepuk..sebenenrnya ayam goreng bumbu kuning biasa..yang versi gurih..bukan manis..kemudian..setelah di ungkep dengan bumbu2..sebelum di goreng..ayamnya di gepuk dulu, terus di celup larutan maizena berbumbu..lalu di goreng hingga kering. Bedanya apa sama ayam goreng biasa..ya unik aja sich..karena bagian luar ayamnya jadi krispi, tapi tetep lembut di dalem..karena bagian dalamnya di lapisi adonan tepung cair..jadi nggak kering pas di goreng. Adonan pencelupnya ini terbuat dari tepung maizena yang di larutkan dengan sisa bumbu rebusan ayam secukupnya..hingga jadi adonan yang encer..kayak bikin kremesan tuch lho teman2.

Mau coba..menu ala mahasiwa ini teman2..yukk mari..kalau di warung2 penyetan..satu porsi kepala ayam gepuk isi dua biji..dengan nasi, lalapan dan sambel hejo gini..cuma 6 ribuan..hihi..murah ya..pantesan laris manis..^^
Kepala Ayam Gepuk

Bahan :
1 kg kepala ayam / ayam bagian lain
200 ml air kelapa
1 ekor ayam kampung atau pejantan
800 ml air
Daun salam 2 lembar
Lengkaus 2 cm, memarkan

Bumbu halus :
5 cm kunyit bakar
7 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar
2 cm jahe
Kaldu ayam 1 sendok teh ( optional )
Garam sesuai selera
Gula pasir 1 sendok teh

Cara membuat :
Campur ayam dan bumbu serta air, ungkep di api kecil hingga air habis dan bumbu meresap. Tiriskan, lalu gepuk ayam dengan ulekan hingga pipih setulang2nya. Siapkan 2 sendok makan tepung maizena, beri sisa air rebusan ayam ,aduk hingga jadi adonan pencelup yang agak encer. Lalu goreng di minyak panas dan terendam hingga bagian luar kering. Sajikan dengan sambal hejo atau sambal lain sesuai selera serta lalapan jika suka.

Sambal Hejo ( porsi sedikit ya )

Bahan :
10 buah cabai hijau keriting
5 buah cabai rawit hijau
4 butir bawang merah
Tomat hijau kecil sebiji..jika suka..tapi aku pas nggak punya ..ya nggak pake..^^

Kukus atau rebus semua bahan sambal hingga layu , ulek kasar, tambahin garam dan gula pasir sedikit sesuai selera, koreksi rasa, lalu tumis dengan sedikit minyak sisa menggoreng ayam hingga matang.
Sajikan

4 comments :

  1. makanan yag paling sering aku makan ayam bakar nih mbak, tapi beli hehehe. Bingung ngebakarnya dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau males nyalain arang..aku suka bakar di tefleon tebal..misal happy call gt lho Mak..sehabis di ungkep bumbu2..rasanya..sama kok kayak ayam bakaran biasa..hihi

      Delete
  2. Mba , minta tips bersihin kepala ayam donk... Aq selalu merasa ga yakin bersih kalo mencuci kepala ayam... Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba..cuci aja kepala ayamnya di air mengalir..buka bagian mulut ayamnya..bersihkan dengan air mengalir dari kran, juga bagian leher yang bekas di potong itu biasa kan byk gumpalan darahnya.itu juga di cuci berulang2. Jika masih belum yakin juga..habis di cuci..di blansir dulu..masukin ke air mendidih..baru di olah..jadi udah steril dech..:)

      Delete