Saturday, May 10, 2014

Arem Arem Sambel Goreng Kentang


Arem2..sering banget buat..karena memang praktis buat sarapan dll..suami juga suka kebetulan. Nah...kali ini versi yang pakai sambel goreng kentang tanpa santan kemaren itu lho teman2..pengen nguji beneran awet nggak gitu kalau di buat isian arem2. 

Oh ya..kalau untuk snack acara gitu sebenernya lebih manis sich kalau bentuk arem2 itu kecil2 ya..hihi. tapi kalau aku bikin kok ya selalu saja gede2..makan satu udah kenyang dech. Lha soalnya aku suka arem2 yang isinya banyak...jadi pasti hasilnay jadi agak gede2..hihi. Kalau beli itu kan isinya cuma dikit ya teman2. 

Oh ya..tips agar arem2 itu pulen..masak nasi aronanya sampai matang ya..kalau masih setengah matang nasi aronnya..ketika di kukus biasanya lama matengnya..dan ngabis2 sin gas..hihi. Kalau nasi udah matang..lebih cepat ngukusnya.

Arem2 ini sangat fleksibel lho teman2..bisa di isi apa aja..ayam..daging..kentang..tahu..tempe..enak semua. Oke..selamat berkreasi dengan arem2 ya teman..jika suka. Buat bekal piknik mugkin di weekend kali ini. Oke dech..have a nice weekend ..! ^^
Arem Arem Sambel Goreng Kentang

Bahan :
250 gram beras pulen
500 ml santan dari 1/2 butir kelapa
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun salam
Daun pisang secukupnya untuk membungkus

Bahan isi :
Sambel goreng kentang secukupnya, bisa di liat di  SINI resepnya ya , krecek bisa di hilangkan dan di tambah ati ayam atau sapi untuk variasi.
Cara membuat :
Masak beras dan santan, garam dan daun salam sampai santan terserap, aduk aduk hingga matang. Tutup panci, biarkan hingga nasi pulen. 

Penyelesaian :
Ambil 2 lembar daun pisang, ratakan nasi secukupnya, isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung. Bungkus seperti lemper. Semat kiri kanannya dengan lidi agar tidak terbuka sewaktu di kukus.
Kukus selama 1 jam

Note : Jika ingin arem arem yang pulen..masak nasi aron hingga nasi matang benar..caranya dengan api kecil atau di tambahin sedikit jumlah santannya.

13 comments :

  1. yang bikin gurih sebetulnya sambal gorengnya apa santan dari si arem-arem itu ya Mak

    ReplyDelete
  2. Wouw arem arem sukaaaa banged, kapan2 bikin ah kalo dah punya daun pisangnya, daun pisang disni harganya lumayan cihuui hehehe.....bytheway busway thanks resepnya ya Mba Di :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Vivian..ayukk bikin sendiri..lebih murah dan enak..wah kalau deket tak bagiin mba..daun pisang..ini tinggal metik banyk di kebun mertua..hihi

      Delete
  3. Mba Di ,kalo deket mah saya ga mau daun pisangnya , langsung aja arem2nya hihihihi......

    ReplyDelete
  4. Mba diah mo tanya klo masak nasinya pake rice cooker aja bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..tapi pakai santannya yang instan aja ya..di campur terakhir ketika nasi hampir matang,...:)

      Delete
  5. Mbaaa diah kalo pke rice cooker airny seperti kita masak nasi? Dan santanny brp ml? Makasih mbaaa pgn nyoba bikin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,...kayak bikin nasi biasa..cuma jangan terlalu lembek ya Mba..:)
      Pakai santan kental instan Mba ?..Di kasih aja pas udah mau mateng nasinya..berapa sendok aja gt sesuai selera gurihnya.

      Delete
  6. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete