Thursday, May 1, 2014

Pagi Pagi Sarapan Nasi Timbel Komplit


Hari libur..rada santai nich bikin sarapannya ya teman2..nggak perlu pagi2 dan buru2..jadi sempat dech bikin nasi timbel komplit. Eh..nggak komplit banget sich..kurang sayur asem..tapi ya udah lumayan lah buat sarapan. Ada ikan Nila bakar..tempe tahu goreng , lalapan, rempeyek kacang dan tak ketinggalan sambal. Lauk nasi timbel ini sebenernya bebas ya teman..bisa ikan atau ayam bakar..atau digoreng..daging gepuk dll..sesuai selera. Tapi karena Yodhaku lagi suka ikan bakar..ya aku pakai ikan bakar aja. Ndak usah membayangkan ribet pagi2 buat ikan bakar ya teman2..hihi..soalnya aku bikin ikan bakar versi praktis..di goreng dulu sampai matang, di oles bumbu ikan bakar..yang udah di tumis dulu juga..udah dech tinggal di bakar di pan anti lengket bentar..jadi dech ikan bakar..rasanya..sama aja kok kayak ikan di bakar beneran..tuch buktinya Yodha nggak protes..yang penting ada aroma gosong2 kecapnya..buat dia mah udah ikan bakar..hihi. Tapi enak kok ikan bakar praktis ini..yang jelas buatnya lebih cepat..ndak perlu nyalain arang dll.

Oh ya..teman2..udah tau nasi timbel kan..itu lho..menu nasi yang di bungkus daun pisang bentuk lonjong, biasanya udah satu paket komplet lauk pauk, sambal dan lalapannya..biasa sich aku makan nasi timbel di food court di mall2 gitu pasti banyak yang jual. Tapi herannya..aku cari2 resepnya di internet..kok nggak banyak yang ngulas ya..yang banyak resep yang asal2..copi paste gitu..soale resepnya sama aja..di satu blog dengan blog lain..hihi. Akhirnya tetep cari2 di wikibuku ada..tapi tak liat ya cuma nasi biasa gitu yang di bungkus daun pisang ya..terus di sajikan dengan lauk..lalapan dan sambal..ya sudah dech..ngarang saja resepnya. Yang penting intinya nasi timbel itu nasi pulen yang di bungkus daun pisang. Dulu katanya nasi ini adalah bekal para petani..di bungkus daun pisang supaya nasi ini tetap awet pulen biarpun di makan di siang hari dan aroma daun pisangnya membuat aroma nasi tambah sedep. Oke dech..yang penting ikutin aturan dasar nasi timbel ini ya..ada nasi bungkus daun..lauk..lalapan dan sambal. Yang kurang..cuma sayur asem dan ikan asinnya..hihi. Pagi2 males bikin sayur asem tadi. 

Nah oke dech mari kita masak nasi timbel di rumah teman2..lauk pauk sesuaikan selera saja ya..sambal juga..kalau aku lebih suka sambel terasi matang gini. Mau sambal bajak juga boleh..atau sambel mentah dll..yukk mari sarapan..^^
Nasi Timbel Ikan Nila Bakar

Bahan Nasi:
300 gram beras
500 ml air
Daun pisang untuk membungkus
4 buah ikan Nila, siangi, kerat-kerat badannya
4 buah tahu kuning 
4 potong tempe

Bumbu halus tempe tahu : 
2 siung bawang putih
1 /2 sendok teh ketumbar 
1 sendok kaldu ayam
Garam dan air secukupnya

Bahan Sambal, ulek semua bahan , lalu tumis dengan sedikit minyak :
8 buah cabai merah keriting, goreng
4 buah butir bawang merah, goreng
1 siung bawang putih, goreng
6 buah cabai rawit merah, goreng
1 buah tomat, goreng
1 sendok teh terasi goreng
1 sendok teh gula merah
Garam secukupnya
Sedikit kaldu bubuk jika suka

Lalapan :
1 buah tomat, potong2
1 buah mentimun, potong-potong
1 ikat daun kemangi, petiki daunnya

Cara membuat:
Ikan Nila bakar, rendam ikan di air dan sedikit garam  selama 15 menit, goreng hingga matang tapi tidak terlalu kering. Selanjutnya..olesi bumbu ikan bakar yang sudah di tumis..resepnya liat di sini ya. Lalu bakar di pan anti lengket yang sudah di oles margarin hingga harum.
Nasi: Masak beras dan air hingga setengah matag dan air habis. Angkat. Kukus dalam dandang  panas selama 30 menit sampai matang. Angkat.
Ambil selembar daun pisang. Taruh 5 sendok makan nasi. Gulung. Puntir ujung  daun kanan dan kiri. Masukkan ke bagian tengah sambil didorong ke dalam. Sisihkan. 
Rendam tahu dan tempe dalam campuran bumbu halus. Diamkan 15 menit. Sisihkan.
Panaskan minyak, goreng tahu, dan tempe hingga matang. Angkat, tiriskan.
Sajikan nasi timbel dengan ikan, tahu, tempe, sambal, lalapan dan rempeyek kacang.


6 comments :

  1. Iya betul, ciri khas nya ada sayur asem dan ikan asin nya... Btw asal nya nasi timbel dari daerah mana ya mbak Diah? :) fany...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..cuma kok males tadi pagi nyayur asem..hihi..:)
      Dari Sunda Mba Fany..:)

      Delete
  2. Mbak Di....
    Bbrp hari nggak ngintip blog mbak, lha kok begitu tadi lihat...alamaaak mbak sdh posting buanyak bngt resep yg nampol..dr lombok kethok, sambel bawang, cenil, singkong thai sampai rempeyek...asli bikin ngiler....semuaa aku suka...hahaha. Makasih mb Di, semua harus dicoba nih...

    ~sri han~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sri..hayuukk di coba semua ya..hihi..besok ganti menu lagi soalnya..:)

      Delete
  3. Aih mba Diah... sarapannya enak banget!!!
    Bikin ikan bakarnya kreatif! :)

    Ida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ida..lagi niat bikin sarapan yang rada komplit di hari libur kemaren..:)

      Delete