Sunday, May 18, 2014

Nagasari Pisang Cetak

 
Masih dalam rangka ngabisin pisang beberapa waktu lalu..aku bikin buat nagasari. Tapi..karena aku lagi nggak punya daun pisang..aku cetak saja di kue nagasari tepung beras ini pakai cetakan kue sakura. Jadi lucu juga ternyat bentuknya...hihi. Dan pisangnya juga bisa di kasih banyak2..nggak cuma hiasan atasnya aja..caranya satu pisag di potong jadi 3 bagian, letakkan di tengah2 cetekan..terus kiri kanannya di isi adonan tepungnya..terus di ratakan. jadinya pisangnya makin terasa. Untuk nagasari cetak ini aku agak kurang jumlah cairannya biar bisa di padatkan di cetakan. Biasanya pakai 500 ml santan aku cuma pakai 400 ml. Tapi jika mau tetep lembut hasilnya ya..bisa pakai tetep 500 ml. Sesuaikan selera saja ya teman2..mau agak padat atau lembut nagasarinya jika mau coba..^^

Pisang yang paling enak buat kue nagasari menurutu adalah pisang raja yang udah matang dan harum ..agar tidak sepert rasa pisangnya. Tapi kalau mua aman yang pakia pisang kepok saja..itu nggak akan sepet rasanya..tapi aromanya memang tidak seharum pisang raja...kecuai pisang kepoknya benar2 matang dan manis juga. Memang paling enak ya di bungkus daun pisang..tambah harum aromanya..tapi jika pas tidak punya..di cetak begini ya cantik juga kan teman2..semoga menjadi solusi juga ya..buat teman2 yang tinggal di luar..yang susah cari daun pisang..bisa di cetak kok..nagasarinya. Dan ini pas motret aku lagi iseng juga..makan nagasari pakai kelapa parut..hihi.
Nogosari / Nagasari / Utri

Bahan :
Tepung beras 100 gram
Tepung tapioka 1 sendok makan
Santan 400 - 500 ml ( kalau mau agak padat 400, kalau mau lembut banget 500 )
Gula pasir 50 - 75  gram ( sesuaikan selera manisnya )
Garam 1/2 sendok teh
Daun pandan 2 lembar
Daun pisang 
Pisang kepok seckupnya, iris serong.

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata sampai halus dan jangan ada yang bergerindil. Masukkan daun pandan, lalu masak sambil di aduk hingga matang dan kental, serta licin. 
Olesi cetakan sakura dengan minyak, beri sepotong pisang di tengah2..lalu isi sekelilingnya dengan adonan nagasari hingga penuh, ratakan. Kukus 20 - 30 menit hingga matang dengan api kecil di dandang yang sudah di pansakan hingga mendidih. Olesi permukaannya dengan sedikit minyak goreng agar mengkilat dan tidak kering.

6 comments :

  1. aku menyebutnya putri noong (putri ngintip)

    ReplyDelete
  2. hihi nagasari...mauuu mbk..kreatif bgt ya mbk didi ini.... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..kepepet ndak punya daun Mak ..:)

      Delete
  3. ga ada daun, tetep kuenya bisa jadi ya, saluuttt...kayaknya enaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..soalnya kalau nunggu punya daun..keburu kematengen pisangnya..*pdhl aslinya cuma males pergi ke pasar..*

      Delete