Monday, May 12, 2014

Cetakan Putu Mayang / Petulo Plastik


Memenuhi janji buat mba Diah Prihatini dan mba Sri makin..ini ya..aku fotoin cetakan putu mayang atau petulo yang dari plastik yang aku ceritain tadi. Kalau dulu pakai cetakan yang dari alumunium kecil sering jebol..kayaknya nggak akan terjadi lagi kalau pakai cetakan plastik ini. Karena bahannya bagus..tebel dan ruang adonanya cukup luas..jadi bisa masuk lumayan adonannya. Makenya juga gampang banget..tinggal di putar2 atau di tekan lurus..cepet banget keluar adonannya.

Cetakan jenis ini produksi Malaysia..dari tulisan di kemasannya sich..dan ini aku di kirimi teman dari Bandung..Mba Sari yang katanya beli cetakan ini di TBK Ny Liem. Jadi..buat teman2 yang mau beli..silahkan di cari di sana ya..atau di TBK2 besar lain seperti di Jakarta mungkin ada juga. Cetakan ini bongkar pasang ya ujungnya teman2 kayak cetakan cookies tuch lho..jadi lubang untuk mencetak adonan bisa di ganti2..karena di lengkapi ada 8 bentuk lubang cetakan..yang bulat2 paling besar itu tadi yang aku pakai buat bikin petulonya. Hasilnya pas..cantik jadinya..nggak terlalu besar dan nggak terlalu kecil hasil spiralnya..just perfect..! ^^ Sedang yang bintang2 itu kayaknya buat nyetak kue akar kelapa..besok ku coba dulu ya..hasilnya gimana. Nah..yang aku nggak tahu..yang bentuk lurus2 atau garis2 itu buat nyetak kue apa ya..hihi..adakah teman2 yang tau..?..Please let me know ..^^

Oke dech ini aku fotoin detailnya ya teman2..biar lebih jelas bagian2 cetakan ini..^^
  • Model lubang yang mau di pakai sesuai jenis kue yang akan di buat..tinggal di pasang di ujung cetakan.
  • Bagian ujung keluarnya adonan..setelah di pasang model lubangnya..lalu di kunci dengan cara di putar2 hingga kencang dan nggak lepas ketika terdorong adonan.
  • Lubang dalem tempat adonan cukup besar dan mudah di bersihkan
  • Nah..ini dia hasilnya..Petulo yang aku buat tadi..lumayan kan teman2..walau sedikit melebar bentuknya..gara2 aku kelamaan ngukusnya..hihi. Pas di cetak belum di kukus sich lebih cantik lagi..hasilnya tadi...^^
  • Kata Yodha yang sok tau..gini nich cara pakenya cetakan ini..tante2..hihihi..seneng banget dia.." Besok pinjam ya Mi..buat nyetak kue pakai *playdough* katanya..! " ..di kira mainan dech sama dia..:D

15 comments :

  1. selama ini cuma tau makan aja mbak aku ini, ternyata cetakannya seperti itu ya

    ReplyDelete
  2. Iya Mak..macam2 sich cetakannya..salah satunya ini,..:)

    ReplyDelete
  3. Makasih mbak DD...jadi tau dan jelas banget...tadinya gak ada gambaran sama sekali bentuk cetakannya.... Cuma kalo mau nyari jauuh....hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,...iya Mba...coba liat di toko fortune Mba..sapa tau ada..:)

      Delete
  4. Pas awal liat kayanya kok rumit ya..untunglah mba jelasin satu2.. Kayanya bisa deh kalo bikin, cuma blm tau jg beli dimana?? :( makasih ya mba.
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Sri..pastinya..:)..Kalau yang alumunium kecil ada nggak mba di t4 mba ?

      Delete
  5. hmmm...jadi tau cetakan petulo...makasih mbak diah...kayaknya petulo enakkkk mbak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Lupna..iya enak lho..ayukk buat..pakai cetakan yang alumunium juga bisa lho..:)

      Delete
  6. Dulu mama kuu juga punya mba cetakan putu mayang,tapi yg terbuat dari kayu,dan make nya mesti di tekan2 gtuu..sekarang udah g tau kmana cetakannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ada yang dari kayu juga mba..memang..:)

      Delete
  7. Hai mba Diah...kalau boleh bantu nih piringan cetakan yg lain itu bisa bikin kue semprit mba..sy jg punya piringannya persis sama hanya modelnya bentuk tabung plastik makenya ditekan2 gitu...kebetulan sy sdh coba bikin. Yg garis gerigi satu itu bentuknya kyk biskuit; yg garis empat itu mirip bunga; yg bintang 3 itu kyk kue semprit bintang 3 yg nempel jd satu; yg bintang satu jdnya kue semprit bentuk bintang (yg ini nurut sy agak susah); selain buat putu mayang jg bisa buat bikin mie katanya (sy blm pernah coba heheh...) semoga membantu ya..

    ReplyDelete
  8. Mbak mau tanya dimana beli nya ini?

    ReplyDelete
  9. Saya mau cetakan putu mayang yg plestik belinya dimana ya?

    ReplyDelete
  10. Saya mau cetakan putu mayang yg plestik belinya dimana ya?

    ReplyDelete