Wednesday, May 7, 2014

Gethuk Putih


Lagi pengen gethuk yang sederhana..yaitu gethuk yang putih..manisnya lamat2 dan gurih..ya ..itu gethuk kethek banget..hihi. Apa itu gethuk kethek..liat postinganku di SINI ya teman2..tentang gethuk manis yang terkenal di Salatiga ini. Cuma..apa harus ke Salatiga..kalau mau makan gethuk..nggak kan..bisa bikin sendiri di rumah. Nggak suah kok. Kuncinya biar genthuk itu enak..ya pilih singkong yang berkualitas..mempur dan nggak pahit. Tandanya..yang bagian dalam berwarna pink..di ulang2 terus tipsnya ya teman2..biar nggak ada yang protes lagi..kalau aku posting olahan singkong..masih sering ada yang komen..kok pahit ya Mba..hihi. ya kalau pahit itu..bukan salah resepnya..tapi salah pakai singkongnya. Memang ada beberapa jenis singkong yang langu atau bahkan pahit kalau di masak. Jadi..pilih dulu bahan yang bagus ya teman2..kalau mau mengolah aneka jajanan dari singkong.

Oke dech kali ini aku bikin gethuk yang sederhana saja..gethuk putih..ala gethuk kethek..atau niru2 tepatnya..hihi. Hasilnya sich..woke..ndak kalah enak kok sama gethuk kethek Salatiga..cuma beda bentuk aja. Kalau gethuk kethek Salatiga..itu di bentuk persegi kecil2..karena di cetak pakai cetakan khusus. Kalau aku ya ku cetak saja pakai cetakan plastik bentuk bunga..jadinya malah cantik kok...hihi. Ciri khas gethuk kethek Salatiga..adalah kelapanya di campur sekalian ke adonan gethuknya..jadi terasa lebih gurih gethuknya. Beda sama gethuk biasa yang kelapanya di buat cocolan ya teman2. Mau coba sendiri di rumah..yuk..cari singkong yang bagus dulu ya di pasar..^^
Gethuk Putih

Bahan :
500 gram singkong kukus,tumbuk halus
100 gram kelapa parut segar
100 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/4 sedok teh vanili
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Aduk rata semua bahan hingga gethuk halus, cetak sesuai selera

12 comments :

  1. lam kenal mbak Di, namaku eka dari lampung, semua resepnya menggiurkan, aku suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Eka..salam kenal juga ya..:)

      Delete
  2. Hai mba D ..ga mampir bbrphr aja dah byk ketinggalan nih...,
    Ni resep paling simpel, dr semua resep py mbaDD.. Patut dicoba jg..pingin tau sensasi mkn gethuk puti ini..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih ada stock singkongnya Mba Sri..yuuk bikin..sederhana tapi enak lho..:)

      Delete
    2. Iya mba masih..lagian pasarnya jg dekat mba, kalo abis ya mborong lg hihihi...sekalian bikin opak, yg kemarin 4kg dah lunas je ;)

      Delete
    3. Wah..4 kg di buat opak semua..manteppp..aku juga mau bikin ahh..udah rada panas2 sekarang tiap hari di sini juga Mba..:)

      Delete
  3. Mgk kalau dicetak bentuk gitu orang kira itu bukan gethuk mb..; ), mb, biasanya getuknya cuma enak dimakan 1 hari aja ya.....?kalau kelapa parutnya dikukus dulu apa akan mempengaruhi rasanya? 1N4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..eh memang itu kelapanya di kukus Mba..lupa nulis..:)
      Bikinnya sedikit saja biar bisa habis sehari..:D

      Delete
  4. gethuknya di cetak ya mbak kalau ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak ..biar tambah cakep..hihi

      Delete
  5. Mba ini makannya pas masih anget2 enak....klo d toel ampe gethuknya kaya mulur aduch.....ngeces.resepnya mirip kaya yg sering mamak ku buat....aduch jadi kangen emak yg d wonosari yogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul banget Mba Nur..makan gethuk yang masih anget..memang enak..nggak kalah enak ya sama cake yang baru keluar dari oven..hihi

      Delete