Tuesday, May 13, 2014

Bubur Sumsum Pandan


Bersih2 rak dapur..masih ada 100 gram tepung beras sisa bikin putu mayang kemaren..segera di manfaatkan saja daripada berceceran. akhirnya aku buat bubur sumsum aja..yang paling mudah dan nggak butuh banyak bahan..yapp...ya cuma tepung beras 100 gram itu, santan dan garam. Udah..di makan hangat2 di sore yang mendung ini dengan kuah kinco yang legit..kok ya enak..hihi.

So..reportase langsung nich dari dapurku..masih anget buburnya..sapa yang mau ?...hihi. Udah ku taruh mangkuk2 kecil ya..kuahnya ambil sendiri sesukanya..^^


Bubur sumsum..aslinya putih bersih..cuma biar ndak bosan aku kasih saja pewarna makanan hijau sedikit..atau bisa juga pakai pasta pandan ya teman2..jika suka wangi. Untuk menghasilkan bubur sumsum yang lembut..aduk terus ya teman2..selama proses memasaknya agar tidak bergumpal. Sebenernya paling enak sich pakai tepung beras baru numbuk / giling ya..tapi hari gini cari di mana tepung beras baru..hihi..kalau di Yogya ada sich tempat penggilingan tepung di pasar..jadi ibuku dulu kalau buat bubur sumsum selalu pakai tepung yang fresh..tapi di Semarang ini nggak ada. Jadi ya pakai tepung kemasan aja. Asal masaknya sampai tanak ( lama ) ya enak juga kok..nggak bau tepung pabrik..^^
Bubur Sumsum Pandan

Bahan :
100 gram tepung beras 
600 ml santan sedang kentalnya
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
1 tetes pewarna hijau

Kuah, rebus hingga kental dan saring :
100 gram gula merah
200 ml air
1 lembar daun pandan

Cara membuat :
Campur tepung, garam dan santan, aduk rata hingga halus. Masak dengan daun pandan sambil di aduk terus hingga menjadi bubur yang kental dan lembut serta meletup2. terus aduk hingga aroma tepung mentah hilang dan berganti aroma gurih buburnya.
Sajikan dengan kuah kinco secukupnya

28 comments :

  1. Please deh mba...gimana nih berat badnku dah nambah 2kg gara2 belakangan eksperimen terus(hiks..)padahal olahrg juga tetep.. abis gimana aku suka sih anak2 jg suka^.^
    Bubur ini jg aku suka...dilema nih...hihihi
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wah..kalau aku nggak nambah sich mba..cuma nggak berkurang2..hahaha..sama aja ya..yukk diet yukkk..*cuma niat terus..*..kalau aku..hihihi

      Delete
  2. mbk diah ki aneh2 wae,,,,, buburnya ijo,,, kalo dibikin pelangi gmna ya mbk?? satu mangkok buburnya merah, kuning ijo gitu,,,,,,hahaha malah ngelantur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..biar nggak ngantuk Mba..liat yang ijo..ijo..:D..

      Delete
  3. Wuaaa.. cantik warnanya:) kalau di sekolahku dulu ada jajanan bubur sumsum hijau gini, di sajikan di mangkuk kecil tambah mutiara, dan kacang merah. pakai es batu disiram kuah kinco dinikmati siang-siang saat udara panas haduhh amboii segarnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh yang di sebut es pocong itu ya mba ..dulu pernah baca liputannya..es bubur sumsum juga...wah namanya serem banget gt..hihihi

      Delete
    2. Kalau es pocong, bubur sumsumnya tetep warna putih ( seputih bodynya pocong qiqiqi) , tambah potongan pisang raja siram sirup merah coco pandan(ceritanya darahnya hihihi). Kalau yang aku ceritain diatas jajanan jama sd, sekarang udah jarang liat yang jualan es kaya gitu, abangnya jualan manggul bakul es keliling jalan kaki gitu biasanya,, duh jadi kangen es itu:) slurppps

      Delete
    3. Hihi...oh gt..makane kok namanya pocong ya Mba..yukk buat mba..bentar lagi puasa..bisa jadi alternatif hidangan buka itu ya..kpn2 tak cobanya..:)

      Delete
    4. Btw, mbak Di mau tanya deh, itu kan tepung berasnya 100 gram, santannya 600 ml. itu jadinya berapa mangkuk? kalau aku buat setengah resep, 50 gram tepung beras, maka santannya 300 ml? nah kalau pakai santan instan gimana ngukur santannya? berapa ml air yang ditambahkan untuk mencarikan santan instannya?

      Delete
    5. Jadi dua mangkuk aja Mba..hihi..dari santan instan 100 ml di encerin aja jd 600 ml kalau satu resep..:)

      Delete
    6. Hoo oks oks Makasih Mbak Diah:) jadi tetep perbandingannya 1: 6 ya oke deh gak sabar pengen cepet pulang kerja mau praktekin bubur sumsum hijau ini, Slruppp:):)

      Delete
  4. ooh pakai pandan ya mbak warnanya, aku pikir pakai daun suji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Mak Lydia..pandannya itu di utuhin saja buat aroma..bukan buat pewarna..iya kalau mau alami pakai daun suji..:)

      Delete
  5. mbk pernah makan bubur sumsum juga yg dikasi es sama mutiara gt tapi kok sumsunya bisa kaku gt ya kaya ager tapi lembut diksi apa ya mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin di tambahin tepung tapioka Mba..jadinya lebih set memang..:)

      Delete
  6. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
  7. mbak Diah, kalo santannya diganti susu, takarannya jg sama 600ml ga?? thanks :)
    Reno Ayuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Reno..iya mba..sama aja..tapi jadi nggak tradisional ya Mba..hihi..tapi kalau lebih suka susu ya nggak pa2 dech..jadi bubur susu kali ya..:)

      Delete
    2. sebenernya bukan lbh suka susu mbak, tp pengen ngurangin konsumsi santan hehehe..
      btw, aq dah lama pengen comment n tnya2 di bbrp resep mbak Diah tp comment-q ga msk2 (mungkin sinyal lemot).
      aq dah cb bbrp resep mbak Diah (slain mi ayam yg pernah aq tnya2 dlu) n sebagian besar cocok n disukai suami n anak-q ^^
      thanks ya mbak (br bs say thanks skrg n ijin nyoba resep2 lainnya ya) :D
      Reno Ayuni

      Delete
    3. Iya Mba Reno...sama2..silahkan di coba resep2 lainnya ya..:)

      Delete
  8. Wah kesukaanku banget nih, pingin bikin ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bun..silahkan di coba ya..suka bubur manis ya..kayak aku dech..:)

      Delete
  9. Ini mah fav q bngt. D jkrt kangen ma jajanan tradisional, soalnya kl dsini maaf udah pada k-w rasanya pd ilang gurihnya ntah kmana hihi. D kampungq Jember, bubur sumsum, lupis, ketan enak bngt. Saus gula merah yg biasa disebut 'juroh' kentel bngt beda dg dsini. Q suka liatin mbah2 wkt ngasi juroh di atas lupis, di-wer2 gt. Dan q dah bikin sesuai resepnya mb Diah, yg ijo biar anakku tertarik makan. Alhamdulillah dy doyan. Hanya saja tdk bisa nyajikan dg sausnya karena setelah dingin jurohku jadi mengeras ky permen gulali hihi...

    ReplyDelete
  10. Udah kw..kadang pak epemanis dll ya mba..hihi. Bikin sdr aja Mba..:) Itu gulanya terlalu lama masaknya..jadi karamel. Di panasi lagi tambahin air panas mba..:)

    ReplyDelete
  11. Iy mb, wih dicampurin sgl macem deh. Lupisnya jg hambar g punel gurih. Tp q blm coba bikin lupis yg segitiga itu. Blm pede hihi. He em mb gulanya ditambahin air lg biar encer, sipp. Hr ini q mau bikin roti, ...nyontek resep roti gorengnya mb Diah tp ndak digoreng tp q oven aj hee..

    ReplyDelete
  12. Hai mba Diah ^^, visitor baru nih! Pertama kali berkunjung langsung terpesona sama blognya mba Diah ^^
    Mau tanya nih mba,
    Kalo membuat bubur sumsum 9 porsi, takaran bahan dan buburnya jadi seberapa ya?? Mau nyoba nakar sendiri takut kalo ga jadi xD

    Annida ^^ *nyoba sign in ga bisa-bisa :v

    ReplyDelete