Friday, May 23, 2014

Grubi / Carang Mas Homamade


Kemaren pas ke pasar..di tukang jualan sayur langganan..kok ada ubi sekarung...bagus2..besar2 dan mulus..nggak boleng2..ubi kuning yang keset pula..ya udah..langsung beli dech. Beli sekarung ??..Oh nggak teman2..cukup sekilo aja..hihihi..cuma 3 ribu rupiah..sudah dapat banyak 4 biji gede2..eh kok banyak amat ya dapetnya..hihi. Tapi Mase penjual sayur langgananku di pasar nich emang baik..suka bermurah hati..makanya laris manis..di kerubuti ibu2 tiap hari..hihihi. Nah..kemaren sich belum punya ide mau bikin apa..niatnya ya cuma beli dulu aja dech..toh ubi..makin di simpan..juga makin manis dan enak rasanya. Tapi..pagi2 tadi liat ubi nganggur kok ya ngawe ngawe..minta segera di olah..hihi..ya oke lah..akhirnya aku buat Grubi ini..dalam rangka..mengekpos aneka jajanan tradisional jadul lagi ya. Nah..grubi nich kan pas banget..masuk kategori jajanan jadoel juga...walau sekarang masih banyak yang jual sich..tapi kan sedari kita kecil udah ada ya jajanan ini.

Grubi..ada yang nyebut juga carang mas..atau apalagi nama lainnya..mungkin di daerah teman2..beda lagi ya. Grubi ada yang terbuat dari ubi kayak yang aku buat kali ini..tapi ada juga yang dari singkong. Proses pembuatannya mudah banget..ubi atau singkong kupas..di serut pakai serutan keju atau serutan lain yang berlubang kecil, serut panjang2..terus di goreng hingga renyah dan kering..kayak mau goreng kentang Mustofa itu lho teman2. Setelah kering..segera masukkan gula merah sisir ke dalam wajan..aduk2 biar rata dengan ubi atau singkongnya..lalu angkat dan tirikan di serok. Nah..yang menantang adalah proses membentuknya..karena harus di lakukan..dalam keadaan ubi atau singkong goreng bergula tadi dalam keadaan masih panas..uji nyali nich teman2..hihi. Kalau aku..aku diamkan dulu sejenak sampai uap panasnya hilang..lalu cepet dech di bentuk. Kalau nunggu dingin..ya..jadi ambyar..jadinya ubi Mustofa..manis..hihihi.

Kalau grubi yang dari singkong..aku pernah liat langsung proses pembuatannya pas liat acara Jejak si Gundul di Trans tv..eh masih ada nggak ya acara itu..lama nggak nonton tivi lokal soalnya..^^ Dulu itu salah satu acara favoritku..karena si Mas Gundul itu..selalu keliling Indonesia dan daerah2 untuk belajar langsung di sentra2 pengrajin atau temapt2 pembuatan snack atau makanan tradisional di daerah2. Jadi pemirsa juga bisa belajar langsung ke ahlinya. Bisa dapet ilmu banyak. Hemm..mustinya di banyakin ya acara 2 gitu di tivi2..jadi bisa nambah ilmu buat pemirsanya..bukan sekedar acara2 hiburan yang kurang bermutu..hihi. Nah..pas di salah satu episode..Mas Gundul ini berguru ke pengrajin grubi..dan aku liat ternyata bahannya dari singkong. Singkongnya setelah di serut..di jemur dulu sebentar di bawah sinar mahatari sampai singkong layu..mungkin biar cepat kering kali ya nggorengnya. Nah..berbekal ilmu itulah aku coba tadi bikin grubi sendiri..tapi pakai ubi..dan ternyata..mudah..berhasil..jadi cantik grubinya,..dan rasanya..juga enak..tak kalah sama grubi2 yang di jual2 gitu. Suka dech..kriuk2 manis..gurih..di makan sambil nyeruput teh pahit kental..yummy dech..^^

Oke..mau coba teman2..yukk cari ubi atau singkong dulu ya...^^

Grubi

Bahan :
250 gram ubi kuning yang mempur dan kesat , serut kecil2 panjang
Gula merah 200 gram , sisir halus
Garam secukupnya
Kapur sirih 1 sendok teh, larutkan dengan air secukupnya sampai ubi terendam

Cara membuat :
Rendam serutan ubi di air kapur sirih dan garam secukupnya selama 15 menit.
Panaskan minyak goreng agak banyak di wajan besar kalau ada..supaya sekalian banyak gorengnya.
Jika minyak sudah benar2 panas, segera masukkan serutan ubi secukupnya..sampai terendam semua. Goreng dengan api sedang hingga kering dan renyah. Kecilkan api, segera masukkan serutan gula merah secukupnya sesuai tingkat kemanisan yang di inginkan, biarkan hingga meleleh, lalu aduk2 agar melekat di ubi gorengnya. Segera angkat dengan serok. Aduk rata kembali..biarkan uap panasnya hilang, segera bentuk bulat pipih atau sesuai selera. Jika takut panas..bisa pakai dua buah sendok..tapi tidak bisa rapi..lebih bagus kalau pakai kedua tangan sambil di kepal2..^^
Kemas grubi di toples jika sudah dingin.

29 comments :

  1. Iiih Bener2 jajanan tardisional jadul, suka banged (perasaan smua jg suka hehe) Jajanan waktu kecil dl,Alm mamaku enak banget kalo buat ini, kalo ga salah dibandung (dl ) namanya ubi kremes (lupa2 inget) hehehe.....masih adakah yg jual jajanan ini mba Di ? . sepertinya anak2 jaman sekarang sdh tdk banyak lg yg suka jajanan tradisional ya mba Di .... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mab Vivian..iya betul..Yodhaku juga nggak mau je kue2 jadul gini..hihi..akhirnya Emaknya yang makan sendiri..:)
      Masih ada mba yag jual..tapi ya di toko oleh2 biasanya..hihi

      Delete
  2. Mbak Diah salam kenal dari aku ya,,
    Mbak itu berarti masukan serutan gula merahnya diminyak yang masih banyak ( minyak untuk goreng ubinya ) . Betul ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Asti..salam kenal juga ya Mba..:)
      Iya mba..masuk langsung begitu ubinya kering, nanti pada nempel di ubinya..langsung di serok ya. Memang sedikit kotor sisa minyaknya..masih bisa di pake dan di saring lagi kok, kalau mau goreng lagi..jika perlu bisa di saring dulu minyaknya.:)

      Delete
  3. Makanan ini jaman aku masih kecil, masih SD.

    ReplyDelete
  4. Di Priok namanya kremes mba di...

    ReplyDelete
  5. TQ ya mb.Di resepnya....hebat banget neh tiap hari update terus resep resepnya...ga ada kata capek dan lelah....dua jempol buat mb.Di..hehehe

    ++ Ara ++

    ReplyDelete
  6. mb.Diah, nyambung lagi neh..ubi kuningnya di serut pakai apa ya...maklum belum paham....makasih

    ++ Ara ++

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai serutan keju aku mba Ara..tapi yang lubangnya tajam dan agak memanjang..bukan yang bulat2 kecil ya..:)

      Delete
  7. sama..ditempatku jg namanya kremes... tiap hari malah lewat di dpn pabriknya hihihi...rasanya jg manis bgt. btw, mba Di tahan panas jg ya hihihi.. katanya sih emang harus dalm keadaan panas biar bisa cantik hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..kalau udah dingin..ambyar..weh ada pabriknya ya ternyata..hihi. Makanya aku suka buatan sendiri ini Mba..karena manisnya bisa di sesuaikan..:)

      Delete
  8. Masih ada koq mbak jejak si gundul tiap sore d'trans7, jamnya aq lupa.. Inspiratif banget emank acaranya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya...kpn2 tak nonton lagi mba..mksh infonya..banyak cara bikin makanan jadul yang unik2 ya mba..jadi seneng bisa belajar..langsung prkatek gt dia..jadi kita da banyangan bikinnya gmn..:)

      Delete
  9. Waahh..bisa dicoba ni mbak.. kadang aku suka beli juga jajanan ni, cuma kadang suka keras... gimana klo aku minta yg buatan mbak didi aja... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba Diana..ayukk ambil..ndak keras kok ini..kriuk2 renyah..hihi

      Delete
  10. wiiihh..mucul juga yang di cari selama ini resep gerbi, tak coba deh besok-besok, suwun ya mbaaaaaa....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Esti..gerbi ya namanya di sana..met coba ya..awas hati2 panas mbentuknya..hihi

      Delete
  11. Mas gundul masih ada mbak..tiap kamis sore jam 3an gitu...malah skrg yg di ulas sering makanan2 jadul dr berbagai daerah... :D fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Fany..mksh infonya..wah kudu nonton lagi kalau gt..hihi..tak catetnya biar nggak lupa..:)

      Delete
  12. Jajanan pas kecil sekarang lama banget gak makannya,mba Diah bentuknya pas panas tangannya dilapisi apa mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai tangan aja mba Ika..biarin uap panasnya hilang..masih tahan kok tanganku..hihi..biasa kena uap panas kalau ngukus sesuatu..jadi udah tahan bating kali tangannya ya Mba..hihi

      Delete
  13. Mba diah....tanya nih...abis direndam pake air kapur dicuci lg gak biar bersih ubinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau airya nggak keruh, langsung do goreng aja mba..tapi kalau keruh..cuci lagi sebentar ndak pa2..:)

      Delete
  14. Mba diah, wah aku biasa nyebutnya ceker ayam garagara bentuknya berantakan gitu hihihi ini cemilan yg bikin nagih tapi susah dapetnya ya.
    Mba aku mau nanya itu gula merah masuk kedalem minyaknya juga?emang gak beleber? Hehe aku bingung. Makasih ya mba
    -cornelia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Cornelia..iya mba..enak dan gurih ya grubi ini..:)
      Memang mbleber mba..tapi kan mlebernya di atas gorengan ubi yang udah kering..jadi ketika gula udah mulai lumer..langsung dech cepat2 di serok bareng ubinya..nanti kan gulanya pada nempal2 di ubi gorengnya Mba..tggl di pulung2 dech selagi masih panas..kan bisa merekat krn ada lelehan gula merah itu..:)

      Delete
  15. Aq baru ja makan tu grubi mba,kl di pekalongan namanya rames mba

    ReplyDelete