Sunday, May 11, 2014

Sambel Gepeng Jodohnya Ya Gereh Pethek


Perkenalkan..buat yang belum tahu..ini adalah sambel gepeng teman2..hihi..sambel..yang jadi lauk utama sego wiwitan..atau nasi wiwitan..salah satu makanan yang ku rindukan dari Yogya..tepatnya di Yogya selatan tempat aku di lahirkan..*lebay..*..daerah yang masih banyak sawah2 yang indah dan subur. Karena...nasi wiwitan ini..ya cuma bisa di jumpai kala musim panen tiba. Dulu kala..ketika aku masih kecil..nasi wiwitan ini..adalah nasi favorit yang di buru anak2 ketika musim panen tiba..karena..ya enak dan gratis..hihi. Jadi..sebelum mulai panen padi di daerah tempatku di adakan dulu upacara wiwitan..yaitu upacara pembukaan panen perdana..nasi yang di pake dan di liwet juga dari padi perdana di sawah yang mau di panen itu..jadi rasanya ya enak sekali. 

Setiap ada upacara wiwitan..pemilik sawah biasa ibu2 akan membawa sebakul nasi liwet pulen hangat..beserta lauk pauk. Lauk pauknya pun ya sederhana saja sich..cuma sambel gepeng ini..gereh pethek goreng..telur rebus..sama urapan dan buah2 an seadanya..biasanya sich pisang dari kebun..^^ Setelah di beri doa2..lalu nasi ini akan di bagi2 kan ke anak2..yang memang sudah *ngintil ( ngikutin ) pemilik sawah yang mau wiwitan itu atau anak2 lain yang sedang bermain di sawah. Nasi wiwitan lalu di bagi2 di atas daun pisang dan di makan rame2 sambil duduk di galengan ( pematang ) sawah atau di pinggir kalen ( kali kecil untuk ngairi sawah..) sambil kakinya ngadem..angkung2 di air kalen yang bening dan sejuk hihi..wah..rasanya ya enak sekali..nasi anget pulen ngepul dengan lauk pauk sederhana tapi nikmat. 

Kalau aku dulu seringnya sich ikut ibuku kalau lagi wiwitan buat bantu2 bagi2 in nasi wiwitan itu ke anak2. Liat wajah anak2 yang sumringah menerima nasi wiwit itu pun jadi ikut gembira..hihi. Tapi memang jaman dulu tempat bermain anak2, terutama anak2 laki2 ya di sawah..hihi...anak2 bisa bermain layangan dll...seharian di sawah atau kebon..pulang kandang..eh rumah ding..kalau udah sore..hihi. Jadi anak2 dulu ya malah kuat..sehat2 dan mandiri ya teman2..karena di umbar aja main sepuasnya. Tapi sekarang kalau aku pulang ke Yogya..kalau lewat persawahan ya memang udah nggak ada sich anak2 bermain..yach..udah sibuk dengan ps atau main game di warnet kali yach..anak2 sekarang..hihi. Jadi mau ngajak Yodha ke sawah..kok ya kurang seru..lha ndak ada temannya..hihi. Paling2 kalau lewat sawah..ya cuma buka kaca mobil..nunjukin ke Yodha..itu tuch..sawah punya Eyang..lagi di tanami padi dll..hihi. Ya..yang penting masih bisa liat & punya sawah..kalau di Yogya..nggak kayak di Semarang sini..liatnya sawah perumahan..hihi..lha sawah2 udah di sulap jadi perumahan semua. Jadi ..kalau aku butuh abu merang buat bikin jongkong atau dawet ireng..ya banyak di Yogya dari sawah sendiri..hihi..walau sudah di kerjaan orang lain sekarang ini...karena lebih pada suka di buruhkan gitu sekarang kalau sawah di tempatku..dari nanem sampai panen...tinggal bayar orang atau bagi hasil..beres..daripada repot ngurusin sawah sendiri. Jadi ya taunya hasilnya aja..dan tidak ada lagi tradisi2 nanem padi atau panen kayak jaman kecil dulu..hihi.

Oke..lanjut cerita soal wiwitan ini ya teman2..maksud dari wiwitan ini..adalah penghargaan kepada Dewi Sri..Dewi Kesuburan yang di percaya oleh masyarakat Jawa dulu sebelum menganut Agama Islam. Dewi Sri di sebut sebagai Dewi Padi. Upacara wiwitan ini juga sebagai wujud rasa syukur atas melimpahnya panen padi. Tapi sekarang jarang sich kayaknya ya di lakukan..paling2 jika ada kegiatan budaya, kunjungan pejabat  atau acara festival budaya tertentu...cuma sebagai pertunjukan budaya sich. Tapi kalau mau makan nasi wiwitan..malah ada yang jual juga lho di Yogya baru2 ini..hihi..ada warung nasi wiwitan Pak Kenthus di Manding..jalan Parangtritis..atau di resto nasi wiwitan di daerah Yogya timur..lupa alamatnya aku tapi.

Tapi kalau mau buat sendiri di rumah ya mudah kok teman2..nasi ala nasi wiwitan ini. Cuma tinggal masak nasi liwet yang pulen..lauknya sambel gepeng ini..sama gereh pethek goreng, telur rebus dan urap sayur. Wis..enak banget dech..walau ndak senikmat aslinya kalau di makan di sawah yang semilir sejuk anginya di sore hari..hihi..ya lumayan lah buat tombo kangen..makan nasi wiwitan di Semarang yang cukup gerah dan panas udaranya sekarang ini..huhu. 

Ya oke dech..sekian dulu yach..cerita tentang makanan ndeso ini teman2..hihi....ndak tau ada yang pernah makan apa tidak ya..tapi aku posting saja ya resepnya..sambel gepeng nasi wiwitan ala ibuku...itung2 melestarikan kuliner jadul dan ndeso..hihihi..* Sambel gepeng ini terbuat dari kedelai goreng..rasanya enak, khas dan unik sekali. Cocok di taburkan ke urapan sayuran..atau buat makan nasi anget aja sama gereh pethek..udah enak dech. Walah..makanan ndeso aja kok bangga ya teman2..biarin aja..memang bangga kok jadi wong ndeso..yang penting..rejekinya kota...hihihi..* kata Thukul Arwana sich..lol *
Sambal Gepeng
Bahan :
100 gr kedelai, goreng
5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit merah
4 siung bawang putih
1/4 sdt ketumbar sangrai
3 lbr daun jeruk purut
3 cm kencur
1/2 sendok teh  garam

Cara Membuat :
Goreng cabai dan bawang putih utuh hingga matang dan cabai kering, haluskan dengan menambah ketumbar daun jeruk purut, kencur dan garam.
Setelah semua bumbu halus, masukkan kedelai goreng, uleg lagi, tapi jangan sampai kedelainya jadi halus.
Sajikan sambel gepeng dengan gereh ( ikan asin ) pethek goreng dan telur rebus, serta gudangan ( urap )

Urap atau Gudangan

Bahan-bahan :
3 lonjor kacang panjang, dipotong 2 cm
3 lembar kol, dipotong lebar 1/2 cm
1/2 ikat bayam
25 gram taoge
50 gram daun pepaya segar yang di rebus, potong2

Bahan sambal kelapa:
150  gram kelapa parut agak muda di parut kasar

Bumbu halus:
4 buah cabai merah keriting dan 3 rawit merah
2 siung bawang putih
1 cm kencur
2 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1  sendok teh garam
3 sendok teh gula merah sisir ( sesuai selera manisnya )

Cara Membuat  :
1. Rebus masing-masing sayuran di dalam air yang di tambah sedikit garam
2. Sambal kelapa: aduk rata kelapa parut dan bumbu halus.
3. Kukus 25 menit sampai matang. Angkat.
4. Campur sambal kelapa dan sayuran. Aduk rata. 


20 comments :

  1. Mba Didi...
    aku ngiler sm sambel dan urapnya yg ada daun pepayanya..hmm enak kayaknya ya..aku belum pernah makan sambel gepeng mba...
    kapan-kapan mau kucoba buat...thanks resepnya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Monica..ayukk di coba..ini makanan kampung kalau di Jawa..:)..tapi enak Mba..:)

      Delete
  2. Mbak D sukses bikin aq ngiler truz2an.. Aq cocok bngt ama resep2nya mbak, pas semua.. Barusan jg selesai bikin kentang mustofa.. Udah tinggal dikit gara2 d'cemil suamiku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..mksh Mba Johanna..wah..sama dech kayak di rumah..suka nya pada di gado kentang mustofa...buat lagi besok Mba..:)

      Delete
  3. Gereh pethek. Seumur umur aku tau gereh ini setelah tinggal di Bawen. Soalnya orang sana yang notabene masih pedesaaan akrab banget sama gereh pethek ini. Kalo dapat bancak'an anak-anak (biasanya pas jatuh wetonnya si anak) dari tetangga, selalu lahap makan nasi bancak'an plus lauk gereh pethek, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini di Semarang juga memang wajib ada mba Rina..gereh pethek kalau ada acara2 tertentu..salah satunya ya weton itu memang..:)..Kadang ku goreng tepung garing gt enak juga.

      Delete
  4. gerehnya enak.. saya suka makan gereh itu waktu di semarang, bareng2 sama nasi gudangan.. ini kalo disatuin campur sama nasi jadinya nasi gudangan kan ya Mak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo Mak Riski..di sini..kalau ada acara bancakan harus ada gudangan dan gereh pethek ini..hihi. Di t4 Mak skrg ndak ada ya..:)

      Delete
  5. kalau suamiku yg org rembang iwak pethek ini biasanya beli segar di pasar rembang trus disayur kelo mrico, Mbak:) aku jg baru tau iwak pethek ini stelah dikenalin sm suamiku yg udh biasa mkn :p btw itu sambel gepengnyaa bkin lapeeer mlm2...pengen bikin besok :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya Mba Ayie..kmrn ndak sengaja juga baca2 tentang sayur mrico itu..kayak sup kuah asam ikan ya..perlu di cob aitu kalau punya ikan segar..:) Yukk di coba sambelnya Mba..:)

      Delete
    2. Mbak kalo mau coba kelo mrico di Semarang ada yg jual tuh di jl. Imam Bonjol dpn toko Excelent. ( Emma )

      Delete
    3. Toko Excelent di mana Mba Emma alamatnya..di bawah ya ?..Di bungkus kayak garang asem gitu kha mba?..Kan masakan kuah ini ya..?

      Delete
  6. ya ampun mbak diaah..ini favoritku banget dulu waktu masih kinyis kinyis..hihi..kangeen iih..baru tahu kalau namanya sambel gepeng..kapan2 pengen nyoba bikin aah, buat nostalgiaan..tapi dapet gereh petheknya dimana yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..berarti makanan favorit kita pas kinyis2 sama ya Mba..:D
      Lho..di sana ndak ada yang jual tho Mba gereh pethek..wah..sayang sekali..ya udah..pakai gereh lain aja..:)

      Delete
  7. Gereh ini emang mak nyoss,,dicocol sambel petis jg enak mba.. Pulang mudik pasti aq di bawain sekardus gereh dr berbagai jenis ikan, secara bpk mertuaku nelayan gitu loh..hihihi.. Bentar lg mudik nih..mba mau ngga tak bagi gereh...nanti "ngadang" di semarang ya...:D
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap2 menghadang kardus Mba Sri..hahaha..tuker sama lumpia..:D

      Delete
  8. siip, cuma di bantul da sambel kayak gini

    ReplyDelete
  9. Yang namanya sambel gepeng aku baru denger lho mbak Di....Makanya aku tuh jatuh cintaaa banget sama blognya mbak Diah...selain bisa mraktekin resep2 unik jaman kecil dulu juga wawasan literaturku tentang adat dan budaya makanan semakin bertambah. Asyik deh pokoknya jalan2 di blognya mbak Di...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi, iya mba..sambel ndesoku ini..enak lho..unik..cobain dech..:)

      Delete