Thursday, May 22, 2014

Donat Pong


Masih..dalam rangka mengekplorasi snack2 jadul..kemaren pas ada waktu sempat bongkar2 koleksi tabloid lama..dan aku nemuin salah satu snack jadul yang menarik perhatianku untuk di coba...yaitu donat pong..atau ada yang nyebut juga kerupuk donat pong. Ini adalah snack jadul banget..nggak tau sekarang masih ada nggak ya..yang jual. Karena penasaran..aku sempat browsing2 juga..dan ternyata masih ada sich beberapa yang jual online..tapi kalau yang mengulas resepnya belum ada sama sekali. Baiklah..jadi daku yang pertama menulis resep dan melestraikan jajanan kuno ini di blog...hihi. Walau juga nyotek dari tabloid koki edisi lama sich resepnya..karena aku belum pernah bikin sendiri sebelumnya.

Kerupuk donat pong ini..sebenernya mirip2 widaran..terbuat dari tepung ketan dan di goreng hingga kering dan renyah, kemudian di balut besta gula pasir. Bedanya dengan widaran..kalau widaran kan memakai telur utuh..sedang kerupuk donat pong ini..memakai putih telurnya saja..jadi hasilnya lebih ringan dan renyah..bisa kopong gitu dalamnya. Mungkin itu juga kenapa di namain donat pong ya teman2..karena kuenya berbentuk donat dan kopong bagian dalamnya. Nah..dulu sich jaman kecil aku suka kue ini..ya namanya anak2..siapa sich yang nggak tertarik dengan kue warna warni dan bercitarasa manis. Untuk dech nemu resepnya..jadi bisa buat sendiri sekarang.

Oke..buat teman2 yang suka kue2 jadul..semoga bisa nambah wawasan ya..tentang kue2 jadul Indonesia..atau jika nggak malas..silahkan di coba juga. Soalnya memang bikin kue ini musti sabar gorengnya..lama..hihi..dari minyak dingin dulu..baru di panaskan dan di goreng dengan api kecil hingga benar2 kering dan renyah. Aku hitung2..sekali goreng itu bisa sekitar 15 menit sendiri kemaren..hihi. ya memang..jajanan jadul dulu memang unik2 ya teman2..salut dech sama orang2 dulu yang sabar dan telaten mbikinnya. Maknay sekarang jarang yang buat lagi kali ya..karena prosesnya yang musti telaten dan sabar. aku kemaren iseng di proses menggoreng ke berapa gitu..langsung tak masukin ke minyak panas adonannya..hasilnya memang berbeda...nggak bisa mulus..nggak mau ngembang dan mledos kalau langsung minyak panas. Tapi kalau dari minyak dingin dulu itu hasilnya jadi mulus..mengembang bagus dan nggak mbledos..unik banget ya teman2..^^

Oke dech..aku tetep tulis saja ya resepnya buat di simpan di sini..itung2 buat melestarikan jajanan jadul favoritku dulu..dan udah kesampaian nyoba sendiri..hihi. Jadi kalau sekali waktu kepengen lagi ya tinggal bikin lagi aja..^^

Donat Pong 

Bahan :
Putih telur 300 ml
Tepung ketan 375 gram
Tepung tapioka 6 sendok teh
Air kapur sirih 6 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Gula halus 3 sendok teh
Pewarna makanan merah, kuning , hijau secukupnya

Bahan besta :
Gula pasir 150 gram
Air 60 ml

Cara membuat :
Kocok putih telur hingga kaku dan mengembang
Masukkan tepung ketan , tepung tapioka, dan bahan lain. Aduk rata hingga jadi adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika perlu misal adonan masih kering boleh di tambah sedikit air.
Bagi adonan jadi 3 bagian, beri pewarna berbeda. 
Ambil sedikit adonan, tekan bagian tengah hingga berbentuk seperti donat.
Masukkan ke dalam minyak dingin secukupnya sesuaikan ukuran wajan dan minyak yang di pakai ya..pokoknya harus terendam minyak menggorengnya. 
Panaskan wajan berisi adonan dan minyak dingin, dengan api kecil, diamkan hingga adonan mengapung. Jika sudah mengapung sesekali putar2 donatnya agar matang merata hingga kering.
Dinginkan.
Panaskan bahan besta dengan api kecil hingga berambut dan kental, masukkan donat pongnya..lalu aduk cepat dan matikan api.
Simpan di toples ketika sudah dingin




27 comments :

  1. air kapur sirihnya masuk bareng tepung ya mbak di?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Nouru..biar renyah kerupuknya..:)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. jadi inget, dulu suka ngemutin gulanya aja, mau laporan mbak Di kemaren aku bikin cake kukus labu kuning, enak ya menul2, kirim ke morotuo ktnya uenak, kyknya mau bikin lagi buat acara mendak dua tahunan ibuku... trims mbak Di.., krna blog ini, aku jd rajin masak and bkn kue (tak pinjem semua jempol tetanggaku) mbak Di jempoooolllllllll.....
    Eka - Lampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya ya Mba..kalau kecil suka apa2 di ambil yang manisnya aja..kadang..:D
      Sippp Mba..syukrlah jika suka cakenya..wah makasih banyak jempolnya ya..tak itung dulu ya jempol tetagganya ...hihihi

      Delete
  3. Hai mba diah..mba di kamu rajin bgtttt Чα"̮,resepnya juga oke2.hehehe.btw mba punya resep pilus tegal ga?Ά̲̣̣̣̥k̶̲̥̅̊υ̲̣̥. Browsing kok ga nemu Чα"̮? O Чα"̮ mba sm resep gadon ayam. Hehehe ngarepnya byk nich mba :). Thx -inge-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..lagi punya tepung ketan nganggur..harus sgr di olah..hihi.
      Coba nanti tak liat dulu ya Mba..kaalu aku punya tak cobanya..aku suka snack jadul2 gt soalnya..:)

      Delete
  4. mba di..tny donk...
    minyak dingin tu piye ya?? minyak goreng yang dah d atas kompor cuma lom panas gt ya?? hehehehe.... maklum saya amatir mba.... ^^
    vero ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minyak yang belum di panasakan Mba Ver..jadi caranya..tuang minyak dulu di wajan secukupnya..jangan langsung di panaskan ya..diamkan dulu. Masukkan adonan yang sudah di bentuk..secukupnya sesuai ukuran wajannya...yang penting semua adonan harus terendam. Lalu panaskan kompor api kecil..udah di tunggu dulu sampai mengapung itu kuenya, baru di aduk2 dan di goreng hingga renyah.:)

      Delete
  5. Mba Diah, kira" ukuran diameter sblm digoreng brp ya ? Soalnya aku blm pernah liat kue kaya gini sebelumnya..hehehe..jd gak tau ini besar kayak donat beneran ato kecil" kayak cincin gitu. Thanks ya sblmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kecil mba Irma..pertama di bulatkan dulu sebesar kelereng..terus lubangin tengahnya..nanti akan mengembang..kayak kerupuk..:)

      Delete
  6. Mbak D putih telurnya kira2 dari berapa butir telur..??

    ReplyDelete
  7. pengen bisa masak tp nama bhn dan nyarinya dmn juga ga ngerti :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mana yang nggak ngerti mba..bahannya..aku jelasin..hihi

      Delete
  8. waah~ udah lama gk mampir sini, tau2 udah banyak aja postingan resepnya.. jd makin banyak deh PR dapurnya.. hihi
    eh mba di, kmrn pas d rmh baru panen singkong, aq sempet nyoba lapis singkong sama risol resep dr mba di, & simbahku sampai terheran2 "iki jendal mau kae nduk? kok dadi enak?" *tau kan mba maksutnya* hihih
    jd seneng deh nyoba2in resep mba di..
    & donat pong ini jg hrs msk dftr yg hrs dcoba, menggoda bgt spertinya... :D
    -rima-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rima..wah asyik tuch panen singkong..bsia di olah macam2..masih byk resep singkong lain Mba..ayukk di coba semua..biar Eyangnya tambah seneng..:)

      Delete
  9. mbak di kalau g' pake kapur sirih gmna??zahra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba Zahra..tapi kurang renyah ya..jadinya nanti kayak widaran..:)

      Delete
  10. kalau dikampungku kuex dibentuk angka 8 dan dibalut dg gula jg mbak... tp kuex rada bau telur tp teksturx ringan... emang kue ini hasil akhirx ringan ya mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Andriany..ringan..kopong..tapi ndak bau telur banget kok ini..soalnya kan cuma pakai putelnya aja..:)

      Delete
  11. Mbak didi kalau gak pakai air kapur sirih dan di ganti air biasa bisa gak mbak?

    ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pake mba..klu bisa..biar bs renyah dan kopong..:)

      Delete
  12. Mbak, mhn pencerahannya :
    1. Kl tepung ketannya stgh kg, air kapur kapur sirih ditambah atau ttp?
    2. Gorengan kedua minyak hrs kondisi dingin lg spt gorengan pertama atau nerusin gorenga pertama? Jd dimatiin lg smp minyak jd dingin atau g?
    3. Mengaduk donat k dlm besta harus semua sekali masuk atau boleh bbrp x?
    Ayu, jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba ayu..air kapur siirihnya di sesuaikan ya..misal mau bikin 2 kali resep ya dua kali juga jmlhnya..:)
      Harus dingin lagi mba..biar bisa ngembang dan kopong..jadi paling bgs pakai 2 wajan dech ..jd ketika yang satu matang..minyak satunya udah dingin gt myknya..:)
      Harus sekali masuk mba..jika mau dua kali berbarti dua kali bikin besta biar nggak keburu kering.

      Delete