Thursday, January 23, 2014

Tahu Pletok



Tahu petok petok...?..Bukan teman2..kalau petok petok tuch ayam..yang ini tahu pletok...hihi. Kalau daerah Jawa Barat punya cireng..Jawa Tengah khususnya daerah Tegal juga punya cemilan gurih enak berbahan dasar aci..yaitu tahu aci dan tahu pletok. Kalau tahu aci..bentuknya mirip tahu bakso..tahu di potong serong ..lalu di isi adonan aci..sedang tahu pletok..tahunya di belah memanjang , terus adonan acinya di oleskan di atasnya. Kedua jenis cemilan ini merupakan salah satu oleh2 terkenal dari Tegal.

Tahua aci dan tahu pletok..aku suka semua..tapi paling suka kok tau pletok ya..karena adonan acinya terbuka..jadi bisa kering dan renyah hasilnya. Panas2...di nikmati pakai sambal kecap ..wah..bener2 enak. Ini makanan terenak yang aku rasakan sejak lidahku pahit beberapa hari ini..hihi..*lebay..*. Tapi beneran enak lho..tadi pulang dari pasar kehujanan..naik mobil sich..tapi turun dari mobil..buka pager angkut belanjaan dll..sendiri...ya tetep aja kena hujan..deres banget..hihi..soalnya *pak Bos*..udah dadan rapi mau ngantor..nganter ke pasarnya..jadinya duduk manis aja nunggu di mobil..hihi. Nggak pa2 dech..daripada nggak punya stock lauk buat Yodha. Dan bener juga sich..tukang sayur ndak ada yang lewat..karena dari malam hujan deras, mungkin ndak pada jualan. Sampai rumah kok pengen makan yang anget2 dan gurih2...soalnya belum sarapan..cuma sempat ngabisin sisa sarapan Yodha di piring beberapa suap..hihi..*emak2 memang tukang sapu ya....tukang sapu piring anak..*


Tahu pletok ini aslinya adalah daur ulang dari tahu aci. Tahu aci di pedagang yang tidak terjual..kemudian di belah jadi tipis..kemudian di goreng lagi hingga kering. Nah..karena rasanya jadi garing dan renyah..akhirnya tahu pletok pun di sukai pembeli..sehingga di jadikan varian baru dari tahu aci. Mengapa di sebut tahu pletok..karena ketika di goreng bunyi..pletok..pletok..gitu adonan acinya..terkena minyak panas. begitu sich..sejarah tahu pletok dari yang aku baca ya. Jika ada teman2 yang asli Tegal..maaf ya..jika salah..hihi.

Tahu pletok ini paling enak jika pakai tahu khusus dari Tegal..tahunya berwarna kuning dan padat serta kenyal..enak dech pokoknya...di toko daging langgananku selalu ada. Tapi karena tadi cuma di pasar ya..nggak ada..adanya yang agak padat adalah tahu Surabaya..jadi aku pakai aja itu..dan hasilnya tetep enak kok. Alhamdulilah..lidah mulai normal kembali..di kasih makan cemilan yang murah meriah aja kok ya ngerasain nikmat..hihi. Beneran murah meriah lho ini teman..modalnya cuma tahu sama aci atau tepung tapioka aja..tapi bisa jadi cemilan yang enak banget. Tapi memang tahu pletok ini harus di makan langsung ya..begitu matang..dalam kondisi hangat..jadi rasa acinya masih kriuk2 renyah..di cocol sambal kecap..sedap..! Kalau udah dingin ya bakalan jadi kenyal kenyal lagi acinya..alias melempem..hihi..tapi jika masih sisa..bisa di panasin lagi sich kalau mau makan..supaya tetep enak tahu pletoknya. Oke..selamat mencoba ya teman2..jika mau cemilan gurih2 dan hangat buat teman minum teh hujan2 gini...ini dia resepnya ya..^^
Tahu Pletok

Bahan :
5 buah tahu padat, masing2 belah jadi 3 bagian tipis ( aslinya sich tahu di belah dan di lebarkan saja..tidak sampai putus...tapi aku suka lebih tipis..supaya tahunya juga jadi garing..karena tadi nggak pake tahu Tegal..)
100 gram tapioka
25 gram tepung terigu
80 ml air
2 buah bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam bubuk / garam sesuai selera
2 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali daun bawang, tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan rata.
Masukkan daun bawang, aduk rata.
Ambil satu potong tahu, olesi dengan adonan aci secukupnya..lalu goreng hingga matang dan kering adonan acinya.  Sajikan segera panas2 dengan sambal kecap.

Sambal kecap, aduk rata :
3 buah cabe rawit merah, iris tipis2
1 buah bawag putih ukuran kecil, haluskan
3 sendok makan kecap manis
1/8 sendok teh garam




21 comments :

  1. waduhhh ngiler tingkat akut mih qiqiqiq:) mbak Di, kalau pakai tahu putih cina tuh bisa gak? ditempatku gak ada tahu tegal atau surabaya soalnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya enak lho Mba Intan..di makan anget2 pas musim hujan gini.
      Bisa aj aMba..pokoknya asal pake tahu yang jenisnya padat ya..jangan tahu pasar yang miyur2 rapuh atau berair..:)

      Delete
    2. Pagii Mbak Diah..:) Mbak Di.. tadi pagi aku bikin ini utk camilan..ini yang di oles bagian atas tahunya aja atau keseluruhan tahu (kaya bikin tempe mendoan) ? trus seberapa kental adonan tepung acinya? apakah seperti adonan cireng? atau adonan mendoan?

      Delete
    3. Hai Mba Intan..pagiiii..:)
      Di oles di atas salah satu sisi tahu aja mba..biar bisa kering renyah gitu hasilnya..:) adonannya kayak adonan cireng Mba..tapi lebih lembut dikit..jadi kalau di aduk..kayak sedikit lari2 / goyang gt lho acinya.

      Delete
    4. Qiqiqi...kaya aku dunk mbak Di, kalau masak sambil goyang2 dengerin musik hahahhaa... oke deh ntar sore eksekusi yuu mariii:):)

      Delete
    5. SIppp Mba...sambil olahraga ya masak..hihi..:)

      Delete
  2. halo mbak...alhamdulillah mbak diah udah mulai sehat....liat fotonya jadi ngiler nih....dari kemarin2 udah nyimpen kucai buat tahu ini tapi ga jadi terus....kapan hari itu udah nyobain tahu aci resep mb diah....kalo pedagang tahu pletok malah kayaknya satu tahu diiris jadi puluhan kali mbak,soalnya tuipiiiiiiisss banget hahaha,tapi emang enak sih....gurih banget...oiya kata bakulnya tuh mbak,acinya pake aci khusus untuk tahu pletok/tahu aci...makanya bisa ngembang n kriting gitu.....kalo bikin sendiri kan masih dominan kenyalnya.atau mungkin karena mereka minyaknya banyak n panas ya,makanya suka bunyi pletak-pletok?hehehe.kalo aku buat ya mendingan ga panas2 amat,eman2 tangannya kecipratan minyakpanas hehehe.----emma----

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Emma..mksh Mba..:)
      Aci khususnya kayak apa ya Mba Emma..beda kah aci Tegal sama tapioka biasa?..Kalau gorengnya samapi kering dan di makan panas..lumyan bisa renyah kok Mba..tapi memang nggak bisa keriting..kayak kalau beli..hihi

      Delete
    2. kata bakulnya kayak aci biasa,cuma baunya kecut katanya.pas aku pit-pitan hehehe bahasa indonesianya apa ya,bersepeda....aku lewatin rumah yang ada plang "sedia tepung pati tahu aci" karena penasaran, aku samperin,tapi udah salam berkali2 n pakai teriak juga gak muncul2 orangnya,hehe.lain kali ya mbak,kalo udah dapet aku kabari mb diah.

      Delete
    3. Wah...ada yang jual tho di deket rumah Mba Emma...awet nggak mba..kalau awet aku nitip...hihi..pengen nyicip tepung aci yang khusus buat tahu aci..kalau tahu Tegalnya di sini ada yang jual..tapi acinya..aku pakai aci tepung tapioka kemasan aja..:)

      Delete
  3. mbak mau tanya dong :D kalau kadang dalemnya masih kayak ada putih2 itu kenapa ya ? minyaknya kurang panas ? kebanyakan adonan aci ? atau air panas buat nyampurnya kurang mendidih ? hehe :)

    ReplyDelete
  4. Bisa jad Mba Indahi..adonan acinya jgn terlalu padat Mba..harus agal lembek ya..kalau di sentuh adonan kayak bergeser gt dari wadahnya. Minyak juga harus banyak dan terendam..supaya matang semurna sampai dalam2nya. Adonan acinya juga tipis2 aja ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mbak terimakasih sarannya :D
      mbak,, sama tanya adakah tips untuk bikin cimol :D soalnya saya bikin kecil2,, pengen yg agak gedean kayak abang2 jualan itu tapi takut dalemnya gak mateng walaupun sudah pake air mendidih waktu ngaduk :D terimakasih

      Delete
    2. Pakai telur kalau aku Mba Indah..kalau bikin cimol..jadi adonan mengembang dan tetep mateng dalamnya..:)

      Delete
    3. oke mba,, saya coba praktekkan besok kl bikin cimol :D terimakasih banget :D hihihihi

      Delete
  5. Wah tahu plethok ini hampir setiap hari tersaji di meja makan rumahku mba diah, karena mamaku asli Tegal jadi suka banget bikin tahu plethok. Tapi karena di Boyolali jarang ada tahu Tegal mamaku pakainya tahu kempong yang tengahnya kopong itu mba, dibelah, terus ditempel pake adonan aci. Adonan acinya pakai campuran tepung kanji+tahu putih yang dilumatkan biar terksturnya mendekati 'aci kasar' kayak yang biasa dijual di Tegal, soalnya disini ga ada yang jual aci kasar. Makanya kalau pas pulang ke Tegal beli aci kasar sampai 5 kg buat stock bikin tahu plethok, hehehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh...berarti memang acinya beda ya Mba Amal...kalau di Tegal..wah..jadi makin penasaran aku pengen cobain..aci yang asli sana..kpn ya bisa ke Tegal ..hihi..soalnya aku dan suami ku suka banget tahu plethok ini..kpn2 tak cobanya kasih campuran tahu juga..mksh infonya mba..:).Kalau tahu Tegal..di tempatku malah ada mba..:)

      Delete
    2. Dulu banget di Boyolali pernah lihat tahu taqwa kediri mba Diah, itu mirip ga ya mba sama tahu tegal? belum pernah nyoba tahu taqwa mba ^^

      Iya mba Diah, acinya lain, jadi pas dipegang gitu agak kasar, beda sama tepung tapioka yang biasa kita beli di warung/sudah ber-merk yang halus. Kalau kata mamaku itu karena pas nyaring pati-nya, sebagian ampasnya juga ikut disertakan mba. Tapi saya belum pernah melihat langsung prosesnya sih mba, baru kata Mama saya yang asli sana, hehehe ^_^

      Saya beli aci kasarnya setahun sekali mba, tiap lebaran. Beli 5 kilo, ga sampai 3 bulan udah habis saking seringny dibikin tahu plethok mba ^_^

      Delete
    3. Wah..kayaknya itu aci basah ya Mba Amal..jadi kayak aci yang di buat untuk bikin geblek..olahan aci goreng dari purworejo..mungkin lho..wah jadi penasaran..pengen ke Tegal..beli aci sana..:D

      Delete
  6. Mba Diah, aku izin pakai resep tahu pletokmu di blogku (http://tenundanlapislegit.blogspot.com) yah. Aku suka bgt, mudah bikinnya pas bgt ama musim hujan begini. Aku modif dikit sesuai bahan yg ada di rumah he3.

    ReplyDelete
  7. Ga susah kok bikin tahu pletok, tapi ya kalau mau simpel saya bocorin rahasia. Datang aja ke resto Sate Tegal Marem, Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung Dikasih tahu pletok gratis disana.

    ReplyDelete