Wednesday, May 7, 2014

Bakpao Pandan Isi Unti Kelapa


Bakpao ini ku buat beberapa waktu lalu pas masih punya unti kelapa..iseng bereksperimen buat isian bakpao. Tapi ya cuma buat sedikit..soalnya suami dan anak mana mau isi kelapa..hihi. Suami sukanya isi ayam..Yodha suka yang isi coklat..jadi yang isi kelapa ini ya jatahku sama mba art ku..hihi. Ternyata enak juga. Atau aku yang memang suka unti kelapa ya..jadi di baut isian apa ja juga suka..hihi. Biar lebih cantik..bakpaonya coba aku kasih pasta pandan..ajdi biar cocok gitu sama isiannya..dan memang lebih cantik hasilnya.

Bakpao ini..bisa di simpan kalau nggak habis teman2..simpan di wadah  tertutup..taruh freezer. Jika mau makan lagi..tinggal diamkan sampai suhu ruang, lalu kukus kembali sebentar. Mudah kan..jadi bakpao hangat bisa tersaji cepat. Kayak di supermarket sekarang ini banyak juga di jual frozen pao ya teman2. Bikin sendiri saja yukk..mudah kok..daripada mahal2 beli. Oh ya..sedikit tips jika keluarga kita suka isian bakpao beda2..bisa buat satu resep di isi macam2 teman2. Biar ada tandanya isinya apa..di kasih titik warna2 beda ya di atasnya..atau di kasih pewarna makanan sekalian kayak gini juga tambah cantik kan..bisa pink dll juga. Atau bisa juga di bentuk beda2 jika isiannya beda. Daripada pada salah ambil bakpao favorit masing2..hihi..ujung2nya malah kebelah semua bakpaonya buat nengokin apa isinya..^^
Bakpao Pandan Isi Unti Kelapa

Bahan isi :
Unti Kelapa secukupnya..liat di SINI cara buatnya
Adonan kulit bakpao :
250 gram tepung terigu protein rendah
65 gram tepung tang mien
3 sendok makan gula pasir halus
1 sachet kecil susu bubuk
1 1/2 sendok teh ragi instan
1 putih telur
150 ml air es
30 gram mentega putih
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung tang mien, gula, susu bubuk, ragi instan. Aduk rata.
Masukkan putih telur dan air es sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan mentega putih dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit.
Kempiskan adonan. Timbang masing – masing 25 gram bentuk bulat. Diamkan 10 menit.
Pipihkan adonan. Beri isi secukupnya. Bentuk sesuai selera. Letakkan di atas kertas. Diamkan 40 menit sampai mengembang ( boleh kurang jika bakpao sudah mengembang ) Kukus selama 10 menit dengan api sedang.

16 comments :

  1. Cantik banget mbak bakpaonya....tepung tang mien itu khusus untuk bikin bakpao ya mbak? Kalo mau diisi coklat pake coklat batangan gitu ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Dian..iya mba..bikin bakpao jadi lebih lembut..dan kalau nggak di beri warna..bakpaonya bsia putih bersih.

      Delete
    2. Oh iya..betul Mba..kalau isi coklat pakai coklat blok yang di serut..:)

      Delete
  2. wah sama lagi,,,, daku tdi pagi jga bikin bakpao,, warnanya jga ijo tpi isi coklat,,,,, xixixi

    ReplyDelete
  3. Ijo ijo...seger banget ijo nya.. Jadi pingin bikin lg. Kemarin aku bikin yg pake kentang itu mba.. Enak jg..eits tp yang paling sering mah bkn olahan singkong, yg mudah hihihi..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..biar tambah seneng ya anak2..kalau di kasih warna menarik gini..:)..Wah iya..singkong memang luwes di buat apa aja..:)

      Delete
  4. Mulus banget mba diah bakpaonya, kl deket aku minta heheheee

    Fitri - Jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mskh Mba Fitri..
      Wah ya boleh Mba..mari mampir..hihi..

      Delete
  5. waduh menggoda...,tepung tang mien klo g ada diganti apa mba?maizena bisa?

    ReplyDelete
  6. salam kenal mak.. aku dah coba beberapa resepnya mak dian. diantaranya donat praktis dan mpek2 dos krispi. berhasil ! berhasil ! horee!! xixixi.... nex aku mau coba yg ini mak. tapi aku sukanya unti kelapa pake jagung. itu nambahnya gimana mak..? oya.. makasih buat resep2 nya, mudah dimengerti buat pemula kayak aku. soalnya baru beberapa bulan ini anten di rumah n bisa berkreasi buat keluarga. hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mak..salam kenal juga ya..:)
      Pakai jagung mansi yang di rebus dulu sampai empuk Mak Rani..masuk pas bikin enten2nya.
      Sippp selamat memasak ya..:)

      Delete
  7. Tp kan kayaky kalo kt pake yeast hrus pake air hangat ya jd supaya yeast y benar benar aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak harus Mba..:)..pakai air dingin atau biasa juga bisa ngembang..tergantung kebutuhan aja..mau ngembang cepat atau pelan2..:)

      Delete
  8. salam kenal ya mba diah
    saya ingin bertanya mba ada beberapa nih mba yamng pertama :
    1. untuk tepung tang mien nya bisa diganti dengan tepung yang lainnya tidak mba, kalau bisa pakai apa ya mba?
    2. apakah harus menggunakan mentega putih ?contoh dari mentega putihnya apa ya ba? bisa kah memakai blue band yg warna kuning itu?
    dan terakhir 3. ragi yang digunakan yg masih bulat ya mba?

    mohon maaf jika kebanyakan bertanya, karena saya baru mulai mencoba membuat masakan atau keu..

    terimaksih mba sebelumnya :-)

    ReplyDelete
  9. Sukak dey semua resepnya mba didi ��
    Btw, tanya dunks mba, klo mau disimpen di frezer, itu posisi bakpao sudah kukusan ato pas masih mentah (sebelum d kukus) ?

    ReplyDelete