Friday, May 16, 2014

Kue Siput Vs Kue Garpu



Lanjut ya teman2..edisi mencoba resep2 jajanan tradisional untuk pengisi toples buat Lebaran...^^
Selain blog walking di blog temen2 blogger Indonesia..aku sering juga bw ke blog2 blogger luar untuk nambah2 wawasan dan ilmu perdapuran. Nah..biasanya aku paling penasaran jika ada kue2 unik ataupun baru dan jarang di Indonesia..jadi aku suka penasaran ingin mencobanya. Salah satu kue incaranku yang ingin aku coba adalah kue tradisisonal yang sering di buat ketika hari Raya dari Malaysia ini..yang di sebut kue siput. Bentuknya bener2 unik dan cute..beneran kayak siput..hihi. Seneng aja liatnya. Jadi aku langsung bookmark resep dari salah satu blog di SINI..karena kue siputnya bagus dan lucu bentuknya. Tapi niat itu terlupakan..karena kendala..tidak punya cetakan atau acuannya. Nah..pas kemaren beli peralatan kue di mba Rima..ternyata ada cetakan / acuan kue siput ini..wah langsung beli dech..dan akhirnya baru coba cetakan ini kemaren. Tapi pas mau bikin kue siput yang ala Malaysia..di rumah kok pas nggak ada stock rempah2 karinya..wah ya nggak otentik kue siput dong ya...jadi di tunda dulu dech.

Akhirnya ingat2..kalau di Indonesia..ada sejenis kue yang di sebut kue garpu. Aku ingat dulu teman fb ku mba Tri Yunianti pernah posting kue ini di blognya di SINI , jadi mirip2 kue siput..tapi di cetak dengan garpu. Eh tetapi setelah aku liat..resepnya tidak menggunakan rempah2 sich kalau punya mba Tri..akhirnya aku coba buat kue siput..tapi dengan resep kue garpu..hihi..kacau ya..teman2..hihi..biarin dech..abis udah ngebet pengen coba pakai cetakan kue siput ini..tapi bahan2nya kurang lengkap..jadi coba2 dulu pakai resep kue garpu yang lebih simple. Kalau kue garpu di Indonesia..setelah aku browsing2 itu resepnya mirip2 sama kue bawang. Tapi nggak pakai bawang bumbunya. Aku coba resep mba Tri..tapi cuma seperempat resep aja..lha kebanyakan kalau full resep..bikin sedikit aja aja udah pegel cetaknya di cetakan kue siput..akhirnya sisa adonan aku giling aja..dan jadiin pangsit..hihi. Rasanya enak kue garpu mba Tri ini..renyah dan gurih,..cuma next time aku mau tambahin bawang merah kalau bikin lagi..pasti lebih gurih..dan rasanya jadi lebih enak lagi..jadi kue bawang..bentuk siput...hihi. 

Ternyata tidak semudah yang ku bayangkan mencetak kue siput ini. Belum bisa mirip siput..hihi. Lha..pas masih mentah..malah kayak ulat..bukan siput..dan begitu di goreng..malah jadi mekar dan nggak mingkup kayak rumah siput..hihi. Tapi lumayan lah ya..karya perdana kue siput ku..walau belum beneran mirip kayak rumah siput..hihi. Coba lagi next time...versi yang pakai rempah2. Ini bentuk kue siputku sebelum di goreng..malah kayak ulat ya teman2..hihi. Tapi setelah di goreng jadi mekar..ya walau belum persis kayak siput..tapi lumayan lah..yang penting rasanya enak..gurih..renyah dan empuk...^^


Oke dech biar nggak lupa resepnya aku tulis resep kue siputnya ya teman2..yang versi ala Malaysia..aku mau coba nanti dari Dapurmamasya..karena bentuknya bener2 cantik mirip siput..tapi nanti cobanya..kalau aku sudah punya rempah2nya. Ini dia resepnya..aku catet dulu di sini...ijin coba ya Sis..^^

Kuih Siput
Sumber ; Syahmi@MYR
Olehan ; Dapurmamasya

Bahan-bahan ( 1 balang sederhana ) = satu toples
5 cawan tepung gandum = 5 cup terigu
1 biji telur = 1 butir telur
50gm margerine - letak 70 gm utk lebih rangup (potong kecil2)= 50 gram margarin..kalau mau lebih renyah 70 gram.
1 s.kecil serbuk jintan manis - 1 1/2 sb jintan manis = 1 sdk teh jintan
1 s.kecil serbuk jintan putih - tak letak = tak letak artinya nggak pake
2 sudu kecil serbuk udang kering - ganti 1 kiub ayam = kaldu ayam bubuk
1 sudu kecil garam (ikut rasa) = garam
Sedikit serbuk perasa = penyedap
3 sudu besar cili boh/serbuk cili- ganti 2 1/2 sb serbuk kari = 3 sendok makan cabe bubuk
Daun bawang /daun sup (dihiris )- x letak tp goreng dg daun kari = daun bawang
Santan secukupnya untuk menguli = santan untuk menguleni adonan

Cara-cara
Gaul semua bahan ( kecuali santan ) hingga bercampur semuanya. = campur semua bahan hgg rata
Uli dengan santan hingga menjadi doh. = Uleni hingga jadi adonan yang kalis
Cubit sedikit adunan, gentel bg bulat dan tenyeh atas papan kuih siput.= ambil sedikit adonan, tekan dan gulung di atas papan cetakan kue siput
Bila semua dah digentel, boleh lah goreng hingga garing.= Jika sudah di tekan dan di gulungalu goreng hingga kering.

Nah..kalau yang aku udah buat kemaren..aku coba dari resep kue garpu mba Tri..temen fb ku..kalau nggak punya cetakan kue siput..bisa pakai garpu juga lho teman2..kayak yang di buat mba Tri ini...mau liat step bay step cara membuat kue garpunya..ada di blognya lho..di SINI. aku cuma 1/4 resepnya sich..karena kebanyakan kalau satu resep dan sedikit aku modif dengan aku tambahin margarin cair dari jumlah santannya. Ini dia resepnya ya teman2 jika mau coba..rasanya enak dan gurih..di buat pangsit juga enak. Makasih mba Tri..resepnya ya..^^

Nah mau coba teman2..silahkan..aku copiin resep dari temanku ya..dengan sedikit modif dari aku..^^

Kue Garpu Mba Tri

Bahan :
1 kg tepung terigu protein rendah sangrai  dinginkan ( Aku 250 gram )
250 gr tepung tapioka ( Aku 50 gram )
2 btr telur kocok asal rata ( Aku 1 butir telur )
350 cc santan kental matang ( Aku kurang lebih 50 ml santan, 50 ml margarin cair , jika adonan belum kalis, boleh di tambah )
2 sdm kaldu ayam bubuk ( Aku 1 sendok teh )
1 sdm gula ( Aku 1 sendok teh )
garam secukupnya ( idem )

Cara membuat :
Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis ( tapi jangan di uleni terlalu kuat ya teman2 )
Ambil sedikit adonan, tekan2 di cetakan kue siput atau bisa juga pakai garpu, lalu gulung. Lakukan hingga adonan habis.
Goreng di minyak panas dan terendam hingga matang dan renyah. Dinginkan dahulu sebelum di simpan di toples ya.

14 comments :

  1. kalau kue garpu aku sering bikin Mba, kalau lebaran, itu ngelintingnya dari pinggir, enggak dari tengah, tapi memang sih alah bisa karna biasa :)
    Pakai bawang goreng juga enak mba jadinya gurih.. di aku warnanya agak lebih coklat ya.. hmm.. jadi kangen pengen bikin deh... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayukk bikin Mak Riski..:)...Iya itu punyaku putih mba..tapi udah renyah banget..enak..cuma memang kurang wangi aroma bawang merahnya dan aku mbentuknya juga kurang panjang kayaknya ya Mak..jadinya kebuka gulunggannya pas di goreng..kalau kue garpu yang di buat temanku emang gulungannya panjang. Aku pgn yang kue siput..jadi hasilnya bener2 kayak keong gt Mak..liat di blog temen2 Malaysia..lucu gt dech bentuknya..hihi

      Delete
  2. Wuiww ini mah kue yang selalu ada di toples rumah nenek ku kalau lebaran. Mama juga suka bikin:0 mamaku suka tambahin keju parut diandonannya jadi tambah gurih dan ngelintingnya pakai garpu, asik ngelinting kue ini sambil nunggu bedug magrib hihihihi:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai cetakan ini asyik lagi Mba..tggl di tekan2..cuma bener..harus di sambi ngapa gt ya..biar nggak kerasa :)
      Wah..kalau aku next time besok kalau bikin lagi mau sambil nonton drama Korea aja kali ya Mba Intan...hihihi..

      Delete
    2. Mbak yg resep dr Malay aq gak ngerti bahasanya.. Hehe..

      Delete
    3. Iya mbak Di, tul... sambil nonton drakor seruu..:) aku belum beres-beres ini nonton innocent man:) dulu aku pernah punya cetakannya yang kecil tapinya, tapi ilang, jadi back to garpu hehhehe. btw warna kue siput nya Mbak Di cantik, kuning bersih gitu, pasti minyaknya bagus deh dan sabar gorengnya:) kalau aku suka terllau coklat karena goreng disambi ngenet, disambil nyuci piring, disambi nonton drakor sering juga gosong hahahhaa:)

      Delete
    4. Hihi..iya Mba Johanna..kpn2 kala aku udah coba tak terjemahin..itu cuma biar aku ndak lupa aja resepnya..:)

      Delete
    5. Hihi..iya mba Intan..aku pakai minyak baru dan banyak terendam kalau buat cemilan..:)
      Kalau cuma gosong sich biasa..aku seringnya pas ungkep ayam atau apa..kalau keasyikan di dpn komp ..kadang upa..sampai asat..hihi

      Delete
  3. Replies
    1. Iya Mak Lidya..aslinya lebih lucu lagi..kayak keong gt harusnya..hihi

      Delete
  4. mba,,beli dimana cetakannya??mauuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli online Mba Husnul..di cetakankue dot com..:)

      Delete
  5. lucu bentuknya, cetakannya bagus ya,saya biasa bikin kue garpu mba!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..itu bisa buat bikin nastar gulung juga lho..cetekannya..:)

      Delete