Tuesday, May 20, 2014

Lotek Yogya



Mungkin buat teman2 yang belum tau..mengira lotek itu sama dengan pecel ya..padahal; beda lho. Kalau pecel..itu bumbunya kan sudah di buat dulu..makanya ada bumbu pecel kemasan..tinggal di encerkan sama air panas. Berebda dengan pecel..lotek selalu di bumbuin fresh from the cobek...hihihi. Jadi..kalau beli lotek..kita pasti akan melihat aksi penjualnya mengulek bumbu2 langsung di cobek setiap satu atau dua porsi..semua bumbunya yaitu cabe, bawang putih, kencur dan daun jeruk semuanya mentah, kecuali kacang tentu saja..bisa di goreng atau di sangrai. Setelah bumbu2 di ulek..makan penjual akan segera meramu bahan2 lain dari lotek..antara lain..karbonya..bisa lontong atau ketupat, tahu goreng, tempe goreng juga bisa, sayura matang antara lain bayam atau kangkung , kacang panjang, taoge dan wortel, sedang sayur mentahnya kol, ketimun. Semua bahan  lalu di aduk2 di cobek..baru setelah itu di pindah ke piring dan di sajikan. Jadi..setiap porsi lotek itu..pasti akan bau cobek..hihi.

Karena bumbu2nya mentah makan rasa lotek ini lebih fresh dan nendang..aromanya di bandingkan pecel. Pokoknya beda dech citasanya..di tambah bahan2 pelengkapnya beda..ya tetep beda..pecel..dan lotek itu. Lotek paling enak juga di makan pakai bakwan sayur..wah itu enak sekali..rasa bakwan yang gurih ketika bercampur sambel kacang dan bahan2 lain..rasanya sungguh aduhai..* lebay.....hihi *

Dan..ini salah satu menu Jawa favoritku,..apalagi kalau lagi pengen diet nich bisa jadi salah satu menu sehat teman2..kacangnya bisa di oven atau di sangrai aja..jadi tanpa minyak dech..tapi ya kalau mau buat diet ya di ilangin ya..karbonya..tahu gorengnya..apalagi bakwannya..hihi. Ok..selamat mencoba..^^

Lotek Yogya
Bahan:
Sayur matang  : bayam, wortel dan kacang panjang, taoge, di rebus
Sayur mentah  : kol, ketimun dan tomat jika suka

Pelengkap :
Lontong / ketupat, tahu atau tempe goreng, bakwan goreng, kerupuk sagu kecil2

Bumbu kacang per porsi :
Kacang tanah 50 gram , cabe  rawit merah  3 buah / sesuai selera, 1 cm kencur, 1 siung bawang putih ,1 lembar daun jeruk, 30 gram gula merah dan garam sedikit

Cara membuat :
Haluskan bumbu dengan cara di uleg dan di campur dengan air panas, cicipi dulu sampai pas..perpaduan gula dan garamnya, lalu masukkan semua sayuran dan pelengkapnya, aduk rata, sajikan dengan kerupuk kanji.
  •  Lotek..lauk yang paling cocok adalah bakwan..wah..beneran klop dech keduanya..^^

23 comments :

  1. q bru tau lotek ya pas di batam....eh beneran baru tau dr sini bedanya lotek sm pecel hehehe....pantesan coweknya lebaaaaarrr bgt.. ;)

    ReplyDelete
  2. Oh...di Batam ada lotek juga ya Mak Hanna..hihi..pasti tuch penjualnya dari Jawa..:D
    Iya..biar lebih cepat Mak..ajdi sekali ulek bumbu bisa buat beberapa porsi gt kalau di jual..:)

    ReplyDelete
  3. Ehm...lotek ya..emang sedap betul..tp yang aku tau lotek itu makanan khas sunda kan? di jogya jg ada ya, di batam juga...hebat udah jd kuliner nusantara. Kalo bikin lotek lagi di tambahain kacangnya mba, biar tambah aduhai..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di atas versi Yogya Mba Sri..hihi. Kalu di Yogya banyak lotek2 legendaris yang udah terkenal dari dulu Mba..:)
      Kalau di Bandung kayaknya di tambah ubi atau kentang ya Mba..bumbunya..kalau Yogya..nggak..jadi masih kerasa ulekan kacangnya gt lho..dan itu takaran satu porsi kecil aja..ya secobek itu..buat aku sdr..hihi

      Delete
    2. Besok besok kalo main ke YK tak cari lotek ahh.. cobain versi YK :-D

      Delete
    3. Iya Mba Sri..kalau mau coba yang legendaris..ada 3 warung lotek yang paling legendaris dan terkeal di Yogya ..cobain dech biar nyicip lotek Yogya..hihi.. Ada Warung lotek Bu NIng di jl. Taman Siswa..ada Lotek Colombo di Jl. Kolombo..ada lagi yang paling terkenal..lotek Teteg Mba..di bawah Jembatan layang lempuayan..wah itu super rame..sudah jadi kayak tujuan wisata kuliner juga kalau di Yogya..:D..Tapi rasanya lotek ibuku yang paling aku suka..hihihi

      Delete
  4. Hai mba diah..kl sy bikin lotek pk terasi dikit jd lebh sedep rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..aku pernah coba juga pakai terasi dikit..enak juga..:)

      Delete
  5. Replies
    1. Banyak Mak Lydia..hihi..dari jaman aku kecil ibu udah sering bikin lotek ini..warung2 lotek juga banyak di sekitar rumah..sekolah..sampai pas kerja pun dulu ya sering jajan lotek buat mak si di Yogya..:)

      Delete
  6. Laperrrrrrrr.. Minta seporsi mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabenya berapa mba Johanna..sgr di kirm ya..hihihi

      Delete
  7. istilahe wong semarang janganan tp g pake kerupuk, di ngesrep timur 5 ada yg jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ada yang jual ya Mba Nawanti..yang jual pecel ulek sama rujak buah itu ya Mba..?

      Delete
  8. Salam kenal mbak didi,
    Lotek ini mknan yg paling super menurutku :) dulu saat kuliah, kos2an ku di daerah mrican baru, persis diblkg kampus Atma Jaya, yg notabene tetanggaan sm warung lotek colombo. Bnr kata mbak didi, rasanya juara deh, n warung ini sll rame, bela2in antri demi seporsi lotek (jaman aku dl hargae cuma 1200 perak). Wuaah...jd kangen jogja nih T.T. ~selfi, sby~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Selfi...salam kenal juga..iya Mba..bener..makanan enak dan mur mer ya..kalau buat mahasiswa di Yogya..hihi..kan udah lengkap..karbo...sayur dan protein..dari tahu nya..:D
      Di Yogy aselain yang legendaris gt memang byk lagi warung2 kecil yang enak juga ya Mba..loteknya..aku suka beli yang di Jalan Kaliurang juga..enak..atau dulu pas kerja..aku malah nge kost di tempat temen..di Waringin Sari Condong Catur..belakang Kampus UPN Veteran..nah di jalan2 situ juga ada lotek yang enak..dan murah..hihi

      Delete
  9. Mbak..aku ada bumbu pecal kiriman teman..tinggal dikasih air hangat saja langsung bisa pakai.yg mau aku tanya, kalau pakai bumbu pecalku ini apa perlu bumbu tambahan seperti bumbu lotek di atas..mau coba buat loteknya ini krn sht..��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shyswy..kalau udah jadi bumbu pecelnya..ndak perlu di tambah2 bumbu lagi Mba..paling2 kalau kurang garam atau gula dikit bisa di tambahin sesuai selera..atau pedasnya. ..Iya cobain dech versi lotek..seger..:)

      Delete
  10. aku suka lotek jugaaa..kalau pulang ke cilacap aku suka beli lotek yang fresh from the ulegaaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..enak ya Mak Asti..seger dan bau cobek batu..:)

      Delete
  11. Tengkiu resepnya 😁 ngobatin kangen banget, khas lotek banget ya pake gorengan

    ReplyDelete
  12. Jadi kangen lotek depan kampus UAD 1, dulu setiap jeda kuliah sering makan disitu, request cabenya 10 😀 kapan bisa ke jogja lagi ya? Di jogja afa 3 tempat jualan lotek favorite aku..

    ReplyDelete
  13. Jadi kangen lotek depan kampus UAD 1, dulu setiap jeda kuliah sering makan disitu, request cabenya 10 😀 kapan bisa ke jogja lagi ya? Di jogja afa 3 tempat jualan lotek favorite aku..

    ReplyDelete