Tuesday, May 20, 2014

Usus Goreng Krispi


Biasanya bikin keripik usus pakai tepung beras aja..langsung di awur2 ke usus yang sudah di cuci bersih dan di beri bumbu..nah..kali ini aku pengen coba versi yang ala ayam goreng tepung krispi gitu..jadi lapisan tepungnya lebih tebel dan banyak...karena memakai tehnik pelapisan yang di celup adonan basah dulu..baru di gulingkan ke adonan kering sambil di cubit2. Enak ternyata..jadi keingat usus goreng krispi yang di jual di abang2 pedagang kfc pinggir jalan tuch..kadang kan..selain ayam..ada juga ceker dan usus krispinya..hihi.

Kalau aku suka sich..karena jadi lebih banyak lapisan tepungnya. Beda sama keripik usus yang cuma di awur2 tepung bwras itu kan tepungnya cuma tipis banget ya yang nempel..nggak terasa. Kalau ini jadi kriuk2 renyah banyak tepungnya. Makanya aku sebut saja usus goreng krispi ya..bukan keripik usus..walau aku buat kemaren..dan aku taruh toples..sampai pagi ini ya tetep masih renyah sich. Jadi bisa di sebut juga keripik usus kali ya..tapi beda versi..karena ini lapisan tepungnya lebih banyak.

Resep tepung pelapisnya sama kayak kalau bikin ayam goreng krispi..cuma bahannya aja di ganti usus. Mau coba teman2..yukk mari..simak caranya ya..mudah kok..dan tentu saja enak..buat yang suka usus sich..^^

Usus Ayam Krispi

Bahan :
250 gram usus ayam, cuci berulang2 hingga bersih, potong2, rendam di air berbumbu garam dan 2 bawang putih yang di haluskan.
150 gram tepung terigu
2 sendok makan tepung maizena
1 sendok teh baking powder
1 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam ( jika suka )
Garam secukupnya
1/4 sendok teh merica bubuk
Cara membuat :
Campur tepung terigu, tepung maizena , baking powder, dan semua bumbu kering lain..ayak dan aduk rata.
Ambil 25 gram adona tepung, campur dengan 100 ml air, aduk sampai licin.
Ambil potongan usus, celup ke larutan tepung cair, lalu gulingkan ke tepung bumbu kering sambil di angkat2 dan di cubit biar keriting. Ketok ketokan usus yang sudah bertepung..agar tepung yang menempel berlebihan jatuh kembali dan hasilnya bisa jadi keriting. Goreng hingga matang . Simpan di toples ketika sudah dingin

16 comments :

  1. simpan di toples buat camilan ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..tapi ndak pake lama nyimpennya..hihi..udah habis..:)

      Delete
  2. Buat temen nonton tipi, setoples bisa kurang ini, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul Mba Rina..nggorengnya tapi ndak ada setoples..hihi

      Delete
  3. nyemmmm......g bkl tahan lma nih mbk hehe

    ReplyDelete
  4. wahhh mauu....sayang di tempat sekarang tidak ada yang menjual usus ayam kayak di indo, cukup menikmati nih bund....kresss kresss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.iya..kalau di luar nggak ada yang jual ya Mba..duch enak banget padahal..hihihi..*malah tambah ngiming2 i ya Mba..:D *

      Delete
  5. izin nyoba resepnya mba, soalnya saya pernah bikin tapi nggk kriuk -kriuk tapi malah melempem :)

    ReplyDelete
  6. Mbk mau tanya.td q nyoba resep ini tp kok ususx kenyal2 ya mbk rasanya.apa emang gitu rasa usus krispi ini.mohon pencerahannya.makasih.

    ReplyDelete
  7. Mbk mau tanya.td q nyoba resep ini tp kok ususx kenyal2 ya mbk rasanya.apa emang gitu rasa usus krispi ini.mohon pencerahannya.makasih.

    ReplyDelete