Monday, May 12, 2014

Lontong Tahu Kuah


Pagi2 mau sarapan apa ya..lagi2 mikir2 pengen yang seger2..kebayang dech tahu kupat Magelang yang seger berkuah banyak gitu. Tapi kalau nggak deket2 lebaran ya mana ada yang jual kupat ya..akhirnya pakai lontong saja. Sama enaknya..hihi. yang penting kuahnya seger..banyak sayurnya..banyakin bakwannya..jadi dech lontong tahu kuah sederhana yang seger buat sarapan. Kalau mau spesial..tinggal tambah telor ceplok atau dadar...dah komplet gizinya dech.

Kalau membuat tahu kuah seperti ini..ada dua cara ya teman2..ada yang versi kuahnya di masak dahulu...silahkan liat resepnya di sini. Ada juga yang versi praktis..yang bumbunya dadakan aja..dan langsung di tuang air panas. Ini sangat praktis kalau sekedar buat satu atau dua porsi. Dan rasanya..sama2 enak sich menurutku. Cuman kalau mau buat dalam jumlah banyak atau buat jualan..ya lebih enak..kalau kuahnya di buat dulu....jadi lebih cepat penyajiannya. Kuah bisa di buat tanpa pedas semua terlebih dahulu..lalu bisa di sediakan sambal cabai rawit rebus biar bisa di tambahkan sesuai selera..atau jika suka cabai fresh mentah..bisa di ulek di piring masing2 terlebih dahulu, baru di tuang kuah matangnya. Kalau versi praktis kayak yang aku buat ini..bumbu mentah semua di ulek di cobek..tambah garam dan gula serta kecap sesuai selera..tuang air panas..beres dech. Rasanya malah seger..karena bumbu2ya fresh mentah semua.

Mau coba..yukk bikin sendiri di rumah teman2..mudah sekali kok..dan bahan2nya mudah serta murah meriah..cocok buat sarapan atau makan siang..^^

Lontong Tahu Kuah

Bahan :
2 buah lontong
Tahu putih 2 buah, goreng
Kol mentah, taoge yang di seduh air panas, daun sledri cincang, bawang goreng secukupnya.
Bakwan sayuran 2 buah, potong2
Bumbu kuah per porsi ya :
1 - 2 buah cabe rawit
1 siung bawang putih
1 daun jeruk
Gula merah 1/2 ( sesuai selera ), garam sedikit , kecap manis 1 sendok makan ( sesuai selera saja dech, di cicipin dulu..kalau kurang apa2 tinggal di tambahin sdr )
Kacang tanah 1 sendok makan
Air panas secukupnya ( kira2 aja..sekitar 150 ml atau lebih )


Cara Membuat :
Potong2 tahu dan lontong, tambahkan irisan kol dan pelengkap lain.
Ulek semua bahan bumbu, lalu tuangi air panas secukupnya. Koreksi rasa. Sajikan dengan pelengkap dan bahan2 lain.




16 comments :

  1. Wah, kalo yang ini mo untuk pagi, siang ato malem jg tetep pas, mb Di, hihihi.... Memang aku wong Magelang penggemar tahu kupat, hehehe...
    -ida-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ya iya..di Magelang enak ya Mba Ida..pasti selalu ada kupat di pasar..kalau di sini..kalau nggak deket2 Lebaran..ndak ada kupat...hihihi

      Delete
  2. Replies
    1. Iya Mba Diah..suamiku suka yang banyak kuah dan seger gini..enak di sruput kuahnya..hihi

      Delete
  3. Replies
    1. Ndak dong mak Lydia..hihi..tggl ambil di tukang sayur..hihi

      Delete
  4. Hmm....sueger yo mbak. Besok pas libur tak bikin ah... Kalo kupat atau lontong di Jakarta mudah di temukan tiap hari. Kalo ditambah perasan jeruk nipis atau cuka tambah seger kali ya mbak...?
    Oh ya mbak gara2 selalu liat mangut ndas manyung di blognya mbak Diah aku kemecer terus dan pengen bikin. Kebetulan pas ke pasar nemu iwak pe...yasud aku bikin deh mangut iwak pe. Tapi begitu masak yg makan kok aku sendiri, suami gak doyan. Katanya rasa ikannya aneh...Yo wis mbak akhirnya sampe mblenger ngabisin itu mangut sendirian....hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tambah cuka..itu jadinya nanti kayak tahu acar Solo Mba Ertiana ya..resepnya juga sudah ada di sini :

      Wah..mungkin suami belum biasa makan ikan panggang ya Mba...dulu awal2 aku tiba terdampar di Semarang..LOL..juga belum begitu suka lho Mba..kayak aneh gt aromanya..tapi lama2 kok ya malah ketagihan sekerang ya..hihihi.

      Delete
    2. Eh ini .lupa..resep tahu acar solo yang pakai cuka di sini Mba :http://www.diahdidi.com/2014/01/tahu-acar-solokuahnya-asem-segerrr.html

      Delete
    3. Wah aku baru tahu kalau ada tahu acar solo.... suwun resepnya ya mbak. Di Madiun lontong/kupat tahu hampir sama seperti tepo tahu cuma bedanya ga pake bakwan.

      Delete
    4. Yang pake bakwan tuch ala2 Magelang mba..sama Yogya..hihi

      Delete
  5. Kupat Tahu Solo mbak..enak2..jadi pengen beli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..tahu acara ya namanya Mas..:)

      Delete
  6. ngileeeeeeeeeeeerrrrrrrrrr....... pengen bikin ah. mbak, bagi resepnya ya :D

    ReplyDelete
  7. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete