Friday, May 2, 2014

Sambel Goreng Kreni & Kentang


Sambel goreng Kreni..kalau jaman dulu pas kecil..ini udah termasuk makanan mewah di rumah..hihi. Biasa di masak kalau ada acara2 khusus saja..di hari Lebaran atau lagi ada acara hajatan dll..jadi ya so spesial...dan terasa enak banget. Sekarang ..bisa masak sesering mungkin..tapi ya malah jarang2..hihi..paling sesekali jika pas ke toko daging beli daging cincang. Soalnya males cincang2 daging kalau beli di pasar. Sambel goreng kreni ini memang lebih enak pakai daging cincang atau giling..tapi  yang nggak terlalu halus..jadi nggak kayak di haluskan pakai food processor lho ya tekturenya. Serat2 dagingnya masih terasa gitu.

Kalau Yodha sich biasa suka di semur bola bola daging kreni gini..kalau suami sukanya di sambel goreng. Biasanya di campur krecek atau rambak yang khusus sayur. Tapi biar ndak bosan tadi aku pakai kentang aja..sama kapri buat ijo2nya. Kalau biasanya aku buat versi kering khas Yogya yang merah menyala karena banyak cabenya..kali ini aku bikin sambel goreng kreni ala Semarang saja yang berkuah dan berwarna orange. rasanya..sama2 enak..tapi kalau mau buat acara atau isian nasi dos..lebih cocok aklau yang versi Yogya..yang pakai krecek, agak kering dan berwarna kemerahan. Tapi kalau untuk menu sehari2..versi berkuah ini juga enak juga..kentang dan bola bola daging kreni..cocok dech..apalagi kalau pake pete kata suamiku..tambah mantap..but sorry dear..lagi nggak punya pete di rumah..hihi.
Sambel Goreng Kreni & Kentang

Bahan kreni :
150 gram daging cincang / daging giling ( bukan di blender atau pakai food processor ya )
1 putih telur
Garam 1/4 sendok teh
Aduk semua bahan, bentuk bulat2, lalu rebus di air mendidih hingga terapung.

Bahan sambel goreng :
Santan 500 ml
2 buah kentang ( 250 gram ), potong kotak, goreng hingga matang
50 gram kapri, buang ujung2nya
8 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis, 
10 buah cabai merah keriting, haluskan
 1/2 sendok makan gula merah ( sesuai selera )
1 sendok teh kaldu sapi bubuk ( optional )
Garam secukupnya
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan cabai merah halus, aduk rata hingga matang, masukkan santan dan bumbu2 lain. Biarkan hingga mendidih, masukkan kreni dan kentang. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Sajikan.


2 comments :

  1. Replies
    1. Nggak suka Mak..dia sukanya di semur..kalau daging begini..:)

      Delete