Thursday, May 8, 2014

Lapis Jongkong Surabaya


Bersih2 kulkas..eh ternyata di salah satu sudut kulkasku aku nemuin masih ada sisa sedikit abu merang. Oh kirain udah habis..ya udah..segera aku buat lapis jongkong Surabaya lagi..hihi..lagi pengen. Wah..ngomongin abu merang jadi kangen Yogya nich..pengen pulang nggak jadi2 terus. Maaf ya teman2..yang pada email pesen abu merang..belum sempat ambil nich..padahal di Yogya udah di buatin banyak banget..hihi. Lha ibuku sampai minta ke tetangga2 kalau panen jangan di buang batang merangnya dan nyuruh orang buat bikin stock banyak..gara2 aku bilang banyak yang butuh. Tapi memang bikin abu merang ini ya agak ribet sich..satu kotak sawah aja..kalau udah di panen..di bakar batang merangnya..jadinya juga nggak banyak..lha wong jadi abu..hihi..jadi nanti di bagi2 ya teman2..kalau yang butuh banyak buat jualan dawet atau jongkong dll..aku dahuluin yang pertama2 pesan. Banyak ya ternyata yang tertarik buat bikin usaha dawet ireng dll..ya dech semoga bisa jadi jalan rejeki ya teman2. Tapi sabar ya..tunggu aku pulang ke Yogya..hihi. Lha ini bulan Mei..banyak libur ya sebenernya..tapi Yodha malah mau final test di sekolahnya..jadi kok ya nggak tega ngajak pergi2 dulu..biar dia fokus belajar dulu. Moga2 abis ujian bisa dech segera pulang ke Yogya...lha kalau pulang ya harus satu paket sich bertiga..ndak boleh pergi sendiri..hihi.

Oh ya..sedikit tips memakai abu merang ini biat hasilnya oke. Kalau masih kurang halus, bisa di blender lagi ya abu merangnya pakai blender kering ya teman2. Terus di campur air dan di saring dengan saringan halus..kalau perlu pakai kain bersih..jadi yang di pakai bener2 air abu merangnya saja..nggak ada ampas2nya ya..supaya nggak ngeres hasilnya. Pemakaian sich sesuai selera saja..mau sehitam apa..nggak harus terpaku pada resep ya. Kalau kurang hitam warnanya..tambahin aja lagi takaran abu merangnya.

Nah..lapis jongkongnya kali ini aku buat yang versi di iris..dulu pernah buat versi di cetak kecil2 di cetakan talam. Sama aja sich rasanya..enak dan legit..cuma beda bentuk aja. Mau coba teman2..yukk aku share resepnya ya..kalau susah cari abu merangnya..ya..ganti pasta coklat saja..atau pewarna hitam ya..cuma memang aroma dan rasa khas abu merangnya ya nggak ada..hihi. Colek mba Susy yang di Amerika yang lagi rindu lapis jongkong..karena katanya pas bawa abu merang dari Indo..di cekal dan di buang petugas pabean luar..hihi..ini mba..aku buatin ya..hihi..tapi cuma bisa kirim fotonya..^^
Lapis Jongkong Surabaya

Bahan taburan:
100 gram kelapa parut kasar
1/4 sendok teh garam

Bahan Lapis:
300 gram tepung beras
75 gram tepung sagu
300 gram gula pasir
1 1/2 sendok teh garam
1.300 ml santan dari 2 butir kelapa ( aku pakai bumas aja..1 bungkus yang besar tggl di encerin jadi 1300 ml)
100 ml air abu merang (dari 5 sendok abu merang dan 100 ml air, disaring)
100 ml air suji (dari 30 daun suji dan 2 lembar daun pandan) ( aku pakai pasta pandan aja )

Cara membuat :
Taburan,  aduk rata kelapa parut dan garam. Kukus 15 menit.
Lapis,  aduk rata tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam. Tuang santan. Aduk sampai licin.
Bagi 2 adonan. Satu bagian tambahkan 100 ml air abu merang. Sisanya tambahkan 100 ml air suji. Aduk masing-masing adonan.
Tuang 125 ml adonan hijau di loyang 20x20x7 cm yang dioles minyak dan dialas plastik. Kukus 10 menit.
Tuang 125 ml adonan hitam. Kukus 10 menit. Tuang 100 ml adonan hijau. Kukus 10 menit. Lakukan secara bergantian sampai adonan habis. Terakhir kukus 20 menit sampai matang.
Potong-potong setelah dingin. Sajikan dengan kelapa parut.
Tips agar kue lapis jongkongnya mulus dan tidak bergelombang lapisannya..api untuk mengukus jangan terlalu besar ya..^_^..selamat mencoba.

16 comments :

  1. Selamat pagi mb.Diah...apa kabar, saya Thera ...waaah pagi pagi sudah mengudara lapis jongkong Surabaya neh, uenak tenan ya..ada yang mau saya tanyakan , maksud dari : untuk Lapis, aduk rata tepung beras, tepung sagu, gula pasir, dan garam. Tuang santan. Aduk sampai licin (licin yang gimana ya...)
    selama proses pengukusan, apakah menunggu lapis pertama (nunggu 10 menit itu matang ya maksudnya) atau langsung tuang adonan lain (warna hijau)... maaf mb.Diah banyak banget pertanyaannya....Terima kasih atas jawabannya...hehe
    BTW...saya mau donk mb.Diah abu merangnya..hehe


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Thera..siang..*jawabnya udah siang..*..hihi
      Licin itu adonan halus dan tidak ada yang menggumpal atau menggerindil Mba..:)
      10 menit itu biasanay adonan udah set mba..belum amtang banget sich..kalau terlalu matang nanti malah lapisannya mudah terkelupas..:)

      Boleh nnati kalau masih ada stock ya..soalnya masih hutang pesanan teman2 yang pada mau di buat bisnis dawet dlm jmlh byk butuhnya mrk Mba..hihi..tgglkan saja alamat email di bundadidi@gmail.com..nanti aku email.

      Delete
  2. ooh ini jongkong namanya mbak,kalau aku beda kue

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ada juga kue lain nama jongkong ya Mak..tapi kalau lapis Surabaya ini namanya memang juga Jongkong ..karena khasnya pakai abu merang dan makannya pakai kelapa parut..:)

      Delete
  3. klo di palembang biasanya disebut kue lapis itu mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kue lapis itu juga ada Mba Ri di sini..kue lapis beras..kue lapis pepe / sagu..kue lapis singkong..hihi..dll. tapi khusus kue lapis dari Surabaya ini memang namanya lapis jongkong..karena ciri khasnya pakai pewarna abu merang dan di makan pakai cocolan kelapa parut..:)

      Delete
  4. Wah kebetulan nih mba, persawahan sebelah rumah baru selesai panen, trus tiap sore suka bakar2an, yg dipake itu abu dr sisa pembakarannya ta..atau bagian apanya ya. Aku mau kasih resep inike adikku, dia suka banget bikin penganan serba lapis, kayanya kalo jongkong ini blm pernah bikin(soalnya kirimannya blm pernah ada jongkong hehehe..), biar ada varian baru gitu.. Thanks mbaDD.
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Sri..ini lapis khas dari Surabaya..biasa di makan pakai kelapa parut..enak lho..ada aroma khas dari merang dan bikin rasanya kenyil2 enak. Yang di pakai batang padi sama merangnya Mba..di bakar terus di ambil abunya ya.

      Delete
    2. ibu mertuaku pernah bikin tp warna itemnya dari klaras yg di bakar mba.. kalo sekarang bisa bikin merang ndiri, kalo tunggu di kirimi mba DD kan lama, waiting listnya pasti panjang bgt :)
      Thanks ya mba..

      Delete
    3. Hihi..iya Mba. Eh bisa ya ternyata klaras di buat pewarna makanan..mksh infonya mba..:)

      Delete
  5. Mak.. kalau mau kasih pewarna biru/ungu yang alami itu pakainya apa Mak? boleh bagi2 caranya Mak>>> saya penasaran banget.. terimakasih... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau warna ungu pakai ubi ungu Mak Riski..aklau biru..ada kayak rempah gitu ntar ku cariin dulu ya..namannya aku lupa..hihi

      Delete
  6. Kalo biru dari bunga telang ...bener ga ya mbak @diah didi...hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mba Venny..jadi inget ..hihi

      Delete
  7. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
  8. Pas banget resepnya,izin nyontek mbg diah.
    sya rencana mau buatin nenek kalau ke mjokerto,ini kue kesukaannya.
    Oia mba.. benar kata mba anonymous,klaras dibakar dibuat pewarna,rasanya unik sih.klo disini adonan hitam,dibungkus pkek daun pisang,kyak lontong, menyajikannya di iris2 ditaburi kelapa.

    ReplyDelete