Tuesday, May 6, 2014

Ase Cabe Hejo Tahu & Soun



Dari judulnya..sudah tau kan pasti teman2 ya..kalau yang mau aku posting adalah masakan Sunda. Masakan Sunda..adalah jenis masakan yang mudah di terima lidah kita ya teman2..terutama ya yang lidah sama2 Jawa..kan masih masuk Jawa juga..Jawa barat..hihi. Dan sebenernya masakannya ya mirip2 masakan Jawa Tengah ya..cuma beda2 dikit di bahan atau bumbu. Kayak Ase cabe hejo ini..kalau di Yogya ada juga masakan dari bahan soun kayak gini..tapi nggak pakai cabai hijau..jadi di sebutnya semur soun. Biasa di campur kentang goreng atau telur. Sering sich aku posting resep semur soun khas Yogya dengan berbagai variasi..salah satunya di SINI

Nah..sekarang buat variasi..mari kita cicipi menu ase cabe hejo khas Sunda ini ya teman2..rasanya sich sama enak dengan semur soun,..bumbu2nya  juga mirip ternyata..cuma beda pakai cabe hejo aja. Aku memang suka sich semur soun ini dari dulu. Kalau di tempatku di Yogya..salah satu menu wajib jika ada hajatan. Di Semarang sini juga sering ketemu dalam bentuk semur tumisan soun gini. Cuma di Semarang biasa di campur jamur kuping yang kering yang kenyil2 gitu..wah itu enak juga. 

Jadi..memang masakan Indonesia..yang pada dasarnya sama..bisa beragam variasi ya teman2..sungguh..kita harus sangat bangga lho..olahan soun kita banyak variasinya..cuma belum ada yang nge top kayak Japchae Korea ya..hihi. Kalau nonton drama Korea..tau kan salah satu masakan khas Korea..yang sering banget ada adegan makan masakan dari mie kayak soun yang di sebut Japchae itu..mereka bener2 bangga degan masakan tersebut kayaknya..hihi. Padahal ya cuma tumis soun biasa lho teman2..di campur aneka sayuran atau daging kalau ala Korea ini..bumbunya juga cuma bawang putih, kecap..minyak wijen dan merica..so biasa aja kan..tapi betapa mereka bangga ya dengan masakan tradisional mereka ini..sampai2 di banyak drama2 Korea tuch banyak adegan makan atau masak Japchae ini..hihi...dan jadi nge top dech masakan ini. Beberapa waktu lalu nonton acara K Battle Chef..yang pesertanya katanya top chef dari seluruh daerah Korea,..eh salah satu yang di lombakan juga..masak soun   tumis begini..wah..keren ya rasa cinta mereka terhadap hidangan tradisi. 

So..sebagai warga Indonesia..aku juga bangga dengan masakan semur soun atau ase cabe hejo ini..nah..bagamana dengan teman2..??..* mulai dech nge latur ya ceritanya teman2..hihi..sorry..! Oke..yukk cobain aja ase cabe hejo ala aku ini ya..^^
Ase Cabe Hejo Tahu & Soun

Bahan :
1 bungkus soun yang gede2 panjang2..soun lokal ya..buka yang RRT
2 buah tahu putih, potong kecil2, goreng
2 sendok makan kecap manis atau sesuai selera aja ya
1/4 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kaldu ayam atau sapi bubuk, jika tidak suka..abaikan, ganti garam sesuai selera
Air 200 ml
8 buah cabai hijau, potong serong 

Bumbu halus :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Masukkan soun di air mendidih, biarkan hingga lemas dan bening. Tiriskan.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan cabai hijau, air dan semua bumbu lain. Masukkan tahu, tutup dan masak hingga meresap dan kuah menyusut setengahnya. Terakhir masukkan soun, aduk rata hingga kuah terserap di soun dan bumbu merata. Koreksi rasa. Angkat. Sajikan hangat.


11 comments :

  1. Salam kenal mba Didi, sy Yanthi...
    Aslinya ase cabe hejo itu ga pake bihun mba, cm cabe hejo aja...setau saya sih begitu..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mba Yanti..mksh infonya..kalau yang aku masak ini pake mba..atau di tambahin aja ya namanya jadi ase cabe hejo soun..hihi...soalnya aku liat pakai soun tuch kalau di postingan ase cabe hejo blog2 teman Mba..tapi aku sesuaikan sdr takaran bumbu2nya..nich coba liat di sini : http://shinta-littlekitchen.blogspot.com/2008/04/ase-cabe-ijo.html
      Di sini juga pakai : http://keluargafathonah.wordpress.com/2012/08/31/resep-ase-cabe-hejo/
      Di sini monggo blog walking..hihi http://kitchenfun.withti.com/2008/04/ase-cabe-hejo-sundanese-style-glass.html

      Delete
  2. Ini makanan yg selalu ada kalau lagi arisan keluarga ku nih mbak Di:) maklum lidah sunda semua hehehe, kalau uwa aku masak ace soun ini di pedesin jadi warnanya merah. kalau mamah aku persis kaya mbak diah gini, coklat karena pakai kecap, cuma pakai kecap yang gak terlalu manis lebih ke gurih dan pedes enakkk dua-duanya:):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih infonya Mba Intan..berarti memang ada ya di Sunda masakan begini...hihi..takut aku aja yang ngarang atau salah..coz daku kan bukan orang Sunda. Wah..kpn2 boleh di coba jug atuch yang cabe di ulek..pasti makin manteb ya Mba..hihi

      Delete
    2. yup, top markotob. walau bukan orang sunda tapi kebukti mbak diah sukses bikin ase cabe hejo ini :) . aku suka warna sounnya mbak diah, pas coklatnya:) cuma sayang nda bisa icip jauhh soalnya hehehe.. pengen bgt ketemu mbak diah icip2 masakannya hehehe :)

      Delete
  3. Permisi, maaf mengganggu. Mba Diah Didi,saya izin ambil resep ini ya buat di simpan, di praktekkan, dan di bagi ke teman teman saya? Izin simpan link nya di ms.word dan bookmark halaman ini. Plus izin juga ambil resep resep lain yang ada di blog Mba ini. Boleh ya? Terimakasih ^^
    Khusnul, Kal-tim

    ReplyDelete
  4. salam kena.
    info yang berguna dan bermanfaat.
    kunjungi balik kami di wisata kuliner sumatra barat
    terima kasih

    ReplyDelete