Monday, May 12, 2014

Petulo Samakah Dengan Putu Mayang ?



Petulo..dan putu mayang..banyak yang mengganggap sama kedua jajanan tersebut ya. Nggak salah juga sich..karena adonan dan cara pembuatannya memang mirip. Tetapi setelah sering aku baca2 di majalah sedap..itu memang sedikit berbeda. Petulo..yang merupakan jajanan khas Malang ini..biasa di bentuk bulat keriting..kayak empek2 keriting, kemudian di nikmati dengan kuah kocor atau santan dan gula merah cair ( kinco ) Kalau putu mayang di Jawa..yang sering aku makan dulu..biasa di hidangkan kering atau berkuah..bentuknya seperti gethuk lindri yang di gulung pipih..sering di jual barengan sama ketan lopis..cenil..klepon dll. Sayangnya sekarang di pasar2 tradisional..putu mayangnya udah nggak asli di cetak dan di bentuk pakai alat putu mayang dan dari adonan tepung beras...tapi para pedagang jajanan..lebih suka versi praktis..pakai bihun yag di kukus dan di beri warna warni..rasanya tentu saja ya berbeda.

Aku lagi mau rajin bikin petulo atau putu mayang nich teman2..gara2 udah punya cetakan yang bagus banget..hihi..alhamdulillah minggu kemaren dapat kiriman cetakan putu mayang impor dari Malaysia..yang keren dari mba Sari di Bandung..makasih banyak ya Mba atas perhatian dan hadiahnya..GBU. Suka banget dech..soalnya cetakan putu mayangnya modern..dari plastik..enak banget di pakai..mudah dan aneka bentuk lubangnya  banyak tersedia..ada yang lubang untuk bikin kue akar kelapa juga kayaknya ya..nanti aku coba juga. Yodha aja suka..sampai request mau bantuin kalau bikin kue pakai alat ini..katanya..hihihi.

Ini uji coba pertama pakai cetakan baru..wah tadi sebelum di kukus itu cakep banget hasilnya..mulus dan bentuknya cantik2..eh pas ngukus kok aku kelamaan..jadi rada melebar bentuknya..hihi.memang seharusnya ngukusnya cukup sebentar saja..karena sebenernya kan udah adonan setengah matang. Petulo atau putu mayang ini aku pakai adonan sama..cuma aku buat dua bentuk dan beda cara makannya,..yang petulo aku pakai kuah santan..sedang yang putu mayang pakai kelapa parut aja .Tapi tadi ki aku ngukus sambil nonton vampire procecutor 2 di channel M..lagi seru2nya..omg..lupa dech kalau ngukus putu mayang..hihihi. Jangan di tiru ya teman2..kalau ngukus yang sebentar waktunya lebih baik di tunggu saja..hihi. Ya nggak pa2 dech putu mayang perdana dengan cetakan baru nich..tetep di posting..biar besok2 kalau bikin ingat ngukusnya nggak boleh lama2..hihi. Kali ini aku coba petulo resep dari majalah sedap. Hasilnya lumayan lembut  dan mudah di bentuk..cuma rasa meleber..karena aku kelamaan ngukusnya..^^

 Petulo / Putu Mayang

 Bahan Petulo:
150 gram tepung beras
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
50 gram tepung sagu
2 tetes pewarna hijau muda
3 tetes pewarna merah muda , plus kuning kalau aku..^^

Bahan Saus:
1.000 ml santan dari 1/2 butir kelapa ( aku cuma buat separonya )
1/4 sendok teh garam
10 lembar daun pandan, dipotong-potong

Bahan Sirup Gula Merah: ( aku buat separonya )
250 gram gula merah, disisir
100 ml air
1 lembar daun pandan

Cara membuat:
Petulo: larutkan tepung beras, gula pasir, garam, dan santan.
Masak diatas api kecil sambil diaduk sampai bergumpal. Angkat.
Pindahkan ke mangkuk. Tambahkan tepung sagu sedikit-sedikit sambil diuleni sampai rata.
Bagi 2 adonan. Satu bagian tambahkan pewarna hijau muda. Uleni rata. Satu bagian tambahkan pewarna merah muda. Uleni rata.
Masukkan dalam cetakan petulo.Tekan dan bentuk bulat.
Letakkkan di atas daun pisang yang diolesi sedikit minyak.
Kukus 15 menit diatas api sedang sampai matang. Angkat dan sisihkan.
Saus: rebus santan, garam, dan daun pandan diatas api kecil sambil diaduk sampai mendidih dan harum pandan. Angkat dan sisihkan.
Sirup gula: rebus gula merah, air, dan daun pandan sampai kental. Angkat dan sisihkan.
Sajikan petulo dan ketan dalam mangkuk. Masukkan sausnya dan tambahkan dengan sirup gula.

Nah..kalau putu mayang yang aku tau dan sering makan bentuknya seperti ini nich..seperti gethuk lindri..cuma ini ya rada melebar tadi.karena kelamaan ngukus bareng petulonya..hihi.

17 comments :

  1. Mbak kapan-kapan difotoin cetakan putu mayangnya yaa.....hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Mba..besok ya...aku mau buat akar kelapa..pakai cetakan ini juga..:)

      Delete
  2. mbak, cetakannya beli dimanaa ? model plototan atau gimana ? hehehee...
    saya nyari belum ketemu yg plototan mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku di kirimi teman Mba dari Bandung..katanya belinya di Ny Liem..:) Modelnya di putar2 sich..lebih mudah makenya..:)

      Delete
  3. Deu..yang punya cetakan baru..bikin iri aja, jauh lagi belinya :D aku suka banget putu mayang yg pake klapa parut..baru tau kalo ada versi pake kinco..boleh tau dong cetakannya, sapa tau di sini ada...(lagi lancar nih mba, ga lelet lg..*-*)
    -srimakin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..dapet gratis dari temen nich..:D
      Yang pake kuah kinco di sebut Petulo Mba..sama kalau putu mayang ya pake klp parut di sini maemnya..:)..Bentar ku upload nanti ya mba..:)

      Delete
  4. Postingan mbak diah selalu bermanfaat...pengetahuanku tentang kuliner Indonesia jadi bertambah nih. Aku pikir petulo dan putu mayang itu sama saja, ternyata beda to. Selama ini hanya yg pake kuah yang biasa aku beli, yg pake kelapa parut malah belum pernah nemuin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sama2..kalau di sini yang berkuah malah jarang yang jual mba..hihi

      Delete
  5. idem dgn mbak ertianna...iya mbak aku pikir sama...soalnya dulu pas tinggal di malang memang banyak yang jualan yg pake kuah mbak...jadi malah yg pake kelapa parut yg aku belum pernah makan....hehehe...terimakasih sharingnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Lupna..kalau di sini byk yang di jual pake parutan kelapa Mba..yukk cobain..enak juga..:)

      Delete
  6. Mbak diah.. minta resep cendol yang dari tepung beras dong. Aku buat kok gagal terus ya.. tak bagus bentuknya, hancur atau patah-patah. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Emilda..sgr ya ntar tak buatin..:)

      Delete
  7. sy pernah liat di tbk mbak cuma rada bingung kegunaan alat ini untuk apa hehe .. skrg baru tau... thx mbak diah atas infox

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba ..jangan ragu di beli..hihi

      Delete
  8. Mbaaaa..aku udah bikin...pewarnanya aku ganti puree buah naga merah...Masya Allah enaknyaaaa...puaaas banget sama rasanya..tapi ga puas sama porsinya...hihihi....

    Faya aja ga brenti2 ngambil..besok bikin lagi aaahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Milla..wah senengnya Dedek juga suka ya..:)

      Delete
  9. Mba diah, tepung berasnya pake yg kemasan atau yg baru digiling??

    ReplyDelete