Saturday, May 10, 2014

Ketan Tholo


Sore2 gini di rumah saja nemani Yodha main..kok ya pengen nge teh sambil makan sesuatu. Walau di rumah banyak klethikan dan cemilan oleh2 suami kemaren dari Wonosobo..eh kok ya tetep pengen sesuatu yang beda gitu...yang mengenyangkan..biar sekalian ndak usah masak nanti malam..lha suami ada kerjaan di luar..Yodha minta nasi goreng aja buat makan malam. Tengok di dapur masih ada sedikit beras ketan dan kacang tholo..hemmm jadi pengen bikin ketan kukus campur kacang tholo / tolo...seperti yang dulu sering di buat ibuku. Jadilah nemenin Yodha..di sambi buat ketan kukus ini..^^

Di beberapa daerah ada ya jajanan ketan kukus campur tholo ini teman2. Kalau di Banten..kalau nggak salah ada *ketan bintul* gitu ya namanya..tapi di makan sama serundeng. Di Gunungkidul juga ada jajanan langka ini..tapi namanya..super aneh bin ajaib....hihi..jadi ndak bakalan ku sebut. Sama juga sich nama akhirannya bintul kayak di Banten..cuma depannya itu lho yang nggak nguatin..dan nggak sopan di jadiin nama jajanan menurutku..hihihi..jadi nggak akan ku tulis. Cukup warga Gunungkidul dan aku aja yang tau teman2...hihi...pokoknya *something bintul *..gitu dech..^^ Jadilah aku pakai nama ala ibuku saja ya..untuk jajanan ini..ketan tholo..hihi..yang artinya ya ketan yang di campur kacang tholo sama kelapa. Enak dan gurih rasanya..yach rasa sederhana saja sich..tapi aku suka..^^

Memang kok..*tiyang Jawi* dulu itu kalau kasih nama jajanan suka unik2 ya teman2..kalau cuma *rondo royal*..*prawan kenes*..*rondo kemul* dll..masih seru2 aja ya di ucapkan..tapi kalau yang ketan kukus campur tholo ini beneran dech..aku nggak mau tulis namanya..hihi. * jangan pada penasaran ya teman2..lol..* Masih banyak lagi sich..nama2 jajanan unik dari berbagai daerah di Jawa tengah..kayak di temanggung juga ya..macam2 nama jajan pasarnya..ada..ndas bo***..balung kethek..balung krowak..dll...ada2 aja ya.

Tapi apapun namanya ya itulah kekayaan budaya dan kuliner kita ya teman2..moga tetep ada dan selalu lestari ya jajanan2 tersebut. Jadilah aku pengen ngulik juga resep2 berbagai jajanan langka tersebut nanti satu persatu..kalau sudah nyicip atau ketemu resepnya tentunya. Apalagi ya jajanan yang unik2 namanya dan langka..di daerah teman2 ada nggak ?.Share yukk biar aku buat kapan2..kalau ada resepnya..^^
Ketan Tholo

Bahan :
100 gram beras ketan, rendam 1 jam
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa / 50 santan instan yang di encerkan jadi 100 ml.
Segenggam kacang tholo, rendam 1 jam, lalu rebus hingga empuk
1/8 butir kelapa, parut panjang
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan

Cara membuat :
Campur ketan, santan, garam dan kelapa serta daun pandan, masak hingga santan terserap. Campur ketan aron dengan kelapa parut dan kacang tholo, lalu kukus 30 menit hingga matang. Sajikan.

14 comments :

  1. Hai mbak diah,enak lho ketan campur tholo itu, punya kita thoh namanya umi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Umi..wah mba tau juga ya..jajanan ini..:D

      Delete
  2. bunganya bbrp hari terakhir lg ikut ke foto trs jd background... hihihii... aku punya ketan, tp blm di apa2in...pdhl seringnya kelembekan masak ketannya...mba diah setiap hari punya stok kelapa ya mba? kelapa utuh atau parut mba? simpennya di freezer ya? maaf ya banyak tanya2...

    Ririn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hia Mba Ririn..no worry Mba..mari aku jawab..hihi..eh iya..itu bunga sakura Jepangnya tinggal satu..hihihi..kemaren ada tiga..lha dari pada rontok kan di abadikan keindahannya ya Mba..lumayan buat warna2 seger..:D
      Iya mba..aku selalu beli kelapa..kalau ke pasar..beli yang parutan..tapi minta yang fres ya..utuh dulu..kemudian di parutkan..bukan yang udah di parut dr pagi dll. Terus di simpan di freezer. Kalau mau di pakai tinggal di thawing..diamkan di suhu ruang dulu.
      Ngukus ketan biar nggak lembek jangan lama2 Mba..:)..Yukk semangat..coba lagi ya...:)

      Delete
  3. Mbak D apa khabar..?? Aq td bikin putu ayu resep mbak D lho, gak tanggung2 bikin 4x lipat resepnya.. Yg pake tepung ketan, enakkkk bngt & langsung ludes d'rmh, pas lg kumpul2 keluarga.. Tapi knapa ya adonan matengnya agak basah..?? Padahal tutupnya dah aq lapisin kain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Johanna..wah mantep..same 4 resep..syukurlah jika suka ya mba..emang legit dan nggak mbosenin ya Mba..:)

      Mungkin airnya untuk ngukus kebanyakan ya Mba..jadi uap airnya berlebihan..naik ke atas kuenya atau apinya kebesaran?

      Delete
    2. Hiks.. Iya mbak aq ngukusnya pke banyak air & dengan api besar.. Salahku berarti.. Huhu.. Untung aja kuenya enak.. Makasih ya pencerahannya..

      Delete
    3. Iya mba..kalau ngukus cake atau kue2..airnya setinggi separo angsangnya saja..terus apinya sedang aja ya..:)

      Delete
  4. Haha ......sebagai wong gunungkidul....aq jg bingung knapa mbah2 jaman dulu namainya kok ya saru ya.....tapi enak ketan kesukaan bapaku...dulu banyak yg jual di pasar tapi sekarang kayanya dah ga ad mba.... kalah ma puli tempe....jadi klo mau hrus buat sendiri makasih resepnya mba dee cantik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...wah iya..Mba Nur asli Gunungkidul ya..wah..pasti..pasti senyum2 lebar ya Mba kalau ingat jajanan ini..:D
      Tapi yo..ndak cuma di Gunung Kidul kok Mba..banyak yang di daerah lain ya yang kasih nama makanan nyleneh bin ajaib..hihihi. Oh ya mba..karena mba..krn asli GK nich sekalian tanya..kalau yang..jajanan pake nama gaplek di kepeli itu beneran dari tepung gaplek kah atau tapioka ?..Penasaran..soalnya ingat2 jaman kecil dulu pernha makan juga..hihi..jadi pengen bikin juga..eh itu nama singkatannya aneh juga ya..hahaha

      Delete
  5. ketan tholo ini aku pernah dengar nama aliasnya tapi asli saru, hihi....aku taunya dari kakak ipar. Begitu dengar langsung ketawa keras deh, habis saru banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi..bener Mba..namanya memang bikin ngekeh sekaligus terheran2..kok ya iseng banget ya orang dulu kasih nama jajanan..jan beneran nyleneh..mungkin mbah2 kakung dulu pasti yang kasih nama..lol.

      Delete
  6. Jadi penasaran nih apa sebenernya nama aslinya ketan tholo...hehehe. Kalo ditempatku namanya "lepet" mbak...Dilafalkan seperti kata "sempet". Tapi lepet cuma bisa ditemui pas "bodo kupat"/lebaran ketupat. Biasanya tetanngga/saudara suka saling "ter-teran" ketupat lengkap dengan sayur labu siam, opor ayam dan lepet. Tapi kalo lepet dibungkus dengan janur dan diikat dg merang baru deh dikukus... Jadi inget jaman kecil dulu deh mbak. Suenenge pol kalo dapet ter-teran...heheh

    ReplyDelete
    Replies

    1. Oh iya..kalau lepet yang di bungkus ada mba di sini..tp nggak pake tholo..:)

      Hihihi..pokoknya *something* bintul Mba...kalau bintul sendiri artinya..bentol2..kayak kalau kita di gigit nyamuk tuch lho ya..aduch aku senyum2 sdr..wis ndak usah penasaran yo Mba...saruuu..hihihi..Kabuuuur..nanti ndak mba Ertina tambah penasaran...:D

      Delete