Wednesday, May 28, 2014

Kacang Bawang Empuk, Gurih & Renyah


Wah..kangen aku makan kacang bawang..jadi pas punya sedikit kacang tadi langsung bikin dech..gara2 kalau Rabu pagi kan jadwal nonton dra kor Emergency couple di channel M, sebelumnya I need romance..jadi berasa waktu terbuang sia2 kalau duduk manis saja di depan tivi pagi2..akhirnya..merendam kacang tanah sebentar di air panas, sambil nonton sambil ngupas kacang..hihi..selesai dramanya...selesai juga ngupas kacangnya..siap dech di goreng..jadi kacang bawang yang gurih dan renyah. Memang sich di pasaran banyak ya kacang yag udah kupasan teman2..gede2 pula..tapi kok kalau aku lebih suka mengupas sendiri kacang tanah lokal yang beli di pasar tuch..rasanya lebih enak..kecil2 tapi manis..dan kalau ibuku ngajarin..dari dulu ya memang musti bersusah2 dulu ngupas kacang..kalau mau bikin kacang bawang buat lebaran..di kerjakan rame2 sama kakak2 kok ya cepet selesai dulu. Mungkin biar ada kebersamaan kali ya..seru..di dapur bareng keluarga. Tapi kalau males..ya udah..pakai kacang kupasan saja teman2..lebih praktis..^^

Kacang bawang yang aku buat ini empuk dan gurih..karena aku merendamnya pakai santan. Kata orang sich biar mirip2 sama mete rasanya kalau di rendam santan..ya memang ada mirip2nya dikit sich..tapi tetep rasa kacang bawangya juga yang menonjol kok..cuma lebih empuk dan gurih aja bedanya. Untuk menggoreng kacang bawah agar lebih renyah..bisa juga dengan merendamnya di sedikit air kapur sirih, setelah itu baru di rendam dengan garam dan bawang putih. Aku suka kacang bawang yang banyak bawang putihnya..ya..namanya kan kacang bawang..jadi menurutku lebih enak kalau bawang putihnya terasa. Jadi selain buat rendaman bumbu..aku juga tambahkan bawang putih iris ketika menggoreng kacang bawang, jadi ada taburan kriuk2 bawang putih gorengnya juga..enak sekali rasanya..susah dech untuk berhenti cemal cemil..kalau bikin kacang bawang sendiri. Untung cuma bikin dikit..hihi..aku memang kalau bikin kue2 gini suka dikit2 aja sich..selain karena warga di rumah cuma dikit..juga biar cepet habis..dan ganti bikin snack lain. 

Oh ya..sedikit tips..buat teman2 yang baru belajar masak..kalau goreng klethikan gini..jangan pakai wajan alumunium tipis ya..itu sangat menghantar panas..jadi mudah gosong tapi belum matang sempurna bahan yang di goreng. Selamat mencoba ya teman2..jika suka kacang bawang...^^
Kacang Bawang Gurih & Renyah

Bahan :
250 gram kacang tanah, rendam di air mendidih, kupas kulitnya ( atau pakai yang udah kupasan kalau mau praktis, rendam di air mendidih juga biar agak mekar )
3 buang bawang putih untuk bumbu rendaman
4 siung bawang putih untuk di iris2 tipis
Santan kental 100 ml ( secukupnya )
Garam & gula pasir sesuai selera ( gula dikit aja cuma *colokan* gurih aja..)
Kapur sirih secukupnya ( optional )

Cara membuat :
Ambil 1/4 sendok teh kapur sirih, larutkan dengan air secukupnya sampai kacang terendam, rendam hingga 30 menit. Tiriskan kacang, rendam di santan yang sudah di beri bumbu  bawang putih halus, 1/2 sendok teh gula pasir, dan garam sesuai selera, sampai kacang terendam / terselimuti santan. Diamkan 30 menit.
Goreng kacang di minyak yang sudah di panaskan di api sedang bersama bawang putih iris, jika bawang putihnya sudah renyah duluan, bisa di angkat dahulu. Jika warna kacang sudah keemasan..segera angkat, karena proses pematangan masih akan terus berlangsung. Jika di biarkan sampai coklat tua di minyak panas, ketika sudah di angkat bisa nampak gosong.



55 comments :

  1. aq klo bikin cemilan kacang awet mbk,,, krna dirumah cuma aq yg doyan,,, minggu kmarin bikin kcang telur resepnya mbk diah masih smpe skrg,,,, hihihi,,,
    padal cuma 200 gr bikinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kebalikan di rumahku Mba..kalu kacang2 suami doyan banget..cuma di goreng kasih garam aja suka..hihihi..apalagi di bikin kacang bawang gini..cepet habisnya..:)

      Delete
  2. Mbak.. kalau di rendam terlebih dahulu, apakah kacangnya bisa kriuk.. kriuk? Soalnya kalau aku buat terkena air dikit aja kagak renyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa itu Mba Mira..kalau khusus untuk kacang bawang..kalau aku memang selalu aku rendam dulu hingga kacangnya mekar Mba..bumbu lebih terserap ke kacang dan jadi empuk..asal di goreng hingga kering...tetep kriuk2 kok Mba..:)

      Delete
  3. Kalo aku bikin cuma 1 toples itu ya ndak ada 15 menit udah hbs mbak....hihi maklum keluarga besar kalo bikin cemilan harus buanyaak..... Nah itu mbak aku kalo goreng kacang suka lupa kalo hbs diserok msh bisa matang jd suka gosong karena ngangkatnya udah terlanjur kecoklatan...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..memang enak di cemal cemil..aku malah pengen keluarga besar Mba..seru kalau bikin apa2 cepet habis..^^
      Iya mba..kacang tuch cepet matengnya kok..^^

      Delete
  4. mba Diah .. itu maksud nya setelah rendam sebentar trus di buang air nya dan mulai di kupas ? ato di rendam sepanjang waktu mengupas sampai selesai .. ? Kangen kacang bawang memang ...hehehe.. dimana ada yang jual disini coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..sambil di kupas mba..hihi..kan lama ngupasnya..:)
      Tapi kalau pakai yang udah kupasan..di rendam aja sampai ngembang gt..terus di rendam bumbu..:)..kalau mau meresap..tapi kalau mau buru2 langsung di goreng ya ndak pa2..:)

      Delete
  5. mbak sy mau nanya soal pemakaian airkapur sirih.. ada salah satu resep menulisx pake air kapur sirih 1 sdm... jd maksudx kita melarutx 1 sdm bubuk kapur kedlm gelas lalu airx diambil dg sendok begitu ya mbak... atau 1 sdm kapur di masukkan kedlm bahan yg akan direndam.. thx atas jawabanx mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jumlah kacangnya berapa Mba Andriany di resep tersebut..kalau kacangnya berkilo2 mungkin ya bisa juga satu sendok makan kapur sirihnya..yang di larutkan..dengan air secukupnya..tapi kalau kacangnya dikit kayak punyaku yang cuma 250 gram..tak kira ya 1 sendok makan airnya saja itu Mba..:)

      Delete
  6. menggoda.... Ksukaanku bgt nih kacang bwg, ga peduli kolestrl hihihi... Lebaran kemarin aja waktu pulkam k t4 suami, bikin banyak banget sampe jari2 tangan pada keriput gara2kupas kacang, pas udah jadi ya ga bisa brenti ngemil hihihi...
    Btw, di t4 ibuku ada wajan yang tebal n berat, katanya nyimpen panas bgt, yang dimaksud mbaDD wajan kaya gitu bukan ya.. Ntar deh aku kirim gambarnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss dulu Mba..suka sama kacang bawang yang ngupas sdr..hihi..biar tangan keriput tapi hasilnya lebih enak drpd pakai kacang kupasan impor yang sepo gt ya mba..:)

      Delete
  7. jd ampas kapurnya tdk ikut dimasukkan ke dalam kacang ya? hanya larutan air kapurnya sj.. begitu ya mbak.. contoh resepx mbak pake 1 sdt air kapur jd yg diambil airx sj... ampas dr kpur sirih tdk ikut di msukkan k dlm kacang.... sori mbak sy belum mengerti soal penggunaan air kapur... pikir sy hanya airx sj ampas kapur g dipake... thx jawabannya mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..kalau kapur sirihnya byk..airnya saja..klu cuma dikit kayak punyaku di larutkan sj di campur ndak masalah..gak pengaruh ke rasa..kan cuma dikit..:)

      Delete
  8. aku udah mipil jemur kacang ni mbaa, soalnya males ngupas yang udah di rendam, kelamaan, nanti kan ngelupas sendiri kulitnya, kalo mau di goreng baru rendam dulu ma air panas, trus biasanya kalo abis di goreng aku uwel-uwel pake tisu biar kesed tidak berminyak hehehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya..kalau byk ya memang males klu sdr ya Mba Esti..ngupas kacang.mknya aku klu bikin dikit2 aja..tp ki lebih cpt maemnya memag drpd ngupasnya..haha

      Delete
  9. Saya sih sering makan kacang bawang kalau lebaran aja.. hari biasa jarang banget bikin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Arifah..makanya nich udah deket puasa.di posting resepnya..sapa tau ada yang suka teman2 bikin sdr..:)

      Delete
  10. mbak diah aku dah nyoba resepnya mbak...alhamdulillah enak dan renyah...tapi punyaku kurang asin dan kurang gurih...hehehe...soalnya kurang garam...kalo kurang gurihnya apa karena aku make santan instan ya mbak?...maturnuwun mbak diah resepnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak masalah sich Mba Lupna..pakai santan instan sebenernya. kalau mau lebih gurih..bisa di tambah sdkt kaldu bubuk rasa ayam di rendaman bumbunya..:)

      Delete
  11. Ertianna nugrahaniJune 24, 2014 at 2:01 PM

    Lha kok sama yo mbak jaman kecil kita dulu, ngupas kacang bareng kakak adik, gak tanggung2..sepanci penuh sampe tangan keriput...hehehe. Sayang aku tuh gak suka makan kacangnya...yg aku cari bawang gorengnya, baru pas kalau kacangnya tinggal seuprit di toples baru pengen deh...hehehe. Aku baru tahu lho mbak Di kalau kacang bawang pakai direndam santan supaya gurih... mau tak coba deh mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senagkatan ya Mba..kita berarti..hihi. Seru dech kalau keluarga besar memang..jadi ada kenangan2 masa kecil..bekerja bersm2..berbagi atau malah berebut makanan ya Mba..hihi
      Iya..lebih gurih dan empuk pk santan Mba..:)

      Delete
  12. mba mau tanya kalo merendam kacang yang belinya udah kupasan ke dalam air campuran kapur sirih brp lama ya kira2 ?
    Harsini

    ReplyDelete
  13. Di rendam air panas dulu tetep mba..biar mekar..baru air kapur sirih 15 - 30 mnt..:)

    ReplyDelete
  14. Kl bikin kacang 1 kg trus brapa banyak banwang n santan'a?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalikan 4 saja ya..resep di atas..:)

      Delete
  15. Jadi rendamnya 3 tahap ya mba..? Rendam kcg spy mekar, rendam dgn kpur sirih, lalu rendam lgi dgn bumbu..maaf ya..takut salah tafsir aqnya..hehe..biar smpurna hasilnya ky buatanmu mba...tks b4 ya.. :D

    ReplyDelete
  16. Mbak Diah, kalau tidak pakai kapur sirih bisa ndak yaaa....

    ReplyDelete
  17. Mbak ibuku bingung,kalau mau bikin kacang bawang yang agak keras dan kriuk-kriuk gmna ya caranya .thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di goreng sampai kering aja..nanti kan kriuk2 keras..:)

      Delete
  18. Kacang bawang memang paling enak yang kupas sendiri, berasa manisnya dari kacang. Eh Mbak Diah suka drakor?? sama dong.

    ReplyDelete
  19. Betul sekali mba Ida....suka bnget mba..hihi..

    ReplyDelete
  20. Kacanh bawang...mmmmmh yummy. Ini kesukaanku mba. Wkt kecil sering bantuin ibu ngupas kulit kacang. Kacangnya dijemur dl, ga direndam. Kt ibuku biar lebih gampang ngupasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba..mskh tips nya..kpn2 aku coba juga biar tau bedanya ya..:)

      Delete
  21. Mba, untuk menghilangkan minyaknya setelah digoreng gimana mbak, ada yang nyaranin pake koran tapi kan gak bagus buat kesehatanPengenyya kering gitu. Apa tisue, kertas? Tks ya.

    ReplyDelete
  22. Idealnya pakai peniris minyak kalau mau buat usaha..tapi kalau cuma buat sendiri ya..pakai tissue dapur aja :)

    ReplyDelete
  23. Mba..nanya dong. Direndam 3 tahap maksdnya gmn ya....Apakah 3 kali ganti air ato gmn mba.. :)
    Trs sy pernh goreng kacang tp ada yg kriuk ada yg engga...saya salah dimana ya mba kl hasilnya spt itu.
    makasih byk mba Diah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikuti step resepnya ya mba..akalu belum renyah itu kemungkinan gorengnya belum garing..udah di angkat :)

      Delete
  24. mbak DD , santannnya harus di rebus dulu ataukah mentah aj.....ndak basikah kalo kelamaan ngerendamnya, karena pake santan mentah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak mba..kan nanti di goreng kering..:)

      Delete
  25. mbk, santanya boleh santan instan gk ??

    ReplyDelete
  26. Santan sisa rendaman dibuang ya mbak?

    ReplyDelete
  27. Mbak sy pernah liat org goreng kacang bawang itu pk 2 wajan...maksudnya apa yh? Trs gmn cara kacang keliatan putih bersih g merah...trmksh...

    ReplyDelete
  28. Mbak.. Boleh minta tips nya untuk membuat santen kental dari parutan kelapa? Berapa perbandingan antara kelapa dengan air. Kemudian gimana caranya membuat santan kental yg berminyak mbak? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 kelapa besar + 250 ml air ---> perasan pertama : santan kani

      Delete
  29. Terimakasih resepnya mbak, saya suka banget sama Kacang Bawang Empuk, Gurih & Renyah ??

    ReplyDelete
  30. Lagi pengen buat kacang goreng trus ketemu dapurnya mbak Diah... Resepnya langsung dicoba! :D

    ReplyDelete
  31. Mba mau tnya, misal step prtma itu kcangnya direndam pke air anget, trs step kedua lgsg drendam pke air santannya g apa?tnp mlalui drendam air kapur sirih gt?

    ReplyDelete
  32. Mbak aku pernah beli yang jadi kan yakk.. yang tinggal goreng itu... tapi kok rasanya tengik ya... apa aku kurang bersih nek cuci atau apa ya..

    ReplyDelete