Friday, May 9, 2014

Kue Biji Ketapang



Kue apa kemiri tuch ?..Hihi..kali gitu ya..jika ada yang belum tau tentang kue jadul khas lebaran ini. Sepintas memang mirip kemiri ya..atau mirip ketapang ?..Makanya di namakan biji ketapang..ketapang itu buah apa..aku ya malah ndak tau..hihihi. Yang jelas kue ini katanya sich aslinya Betawi ya..tapi ibuku dulu ya sering bikin di rumah..terutama kalau menjelang Lebaran. Nah..mumpung Lebaran masih rada jauh nich..aku lagi suka coba kue2 jadul gini selain kue kering..jadi ada sesuatu yang baru gitu buat suguhan lebaran..soalnya..ibuku jarang bikin kue2 jadul gini lagi je kalau Lebaran..lah..kiriman kue2 modern dari anak2nya udah banyak biasanya..hihi. Jadi..buat membangkitkan kenangan masa kecil yang indah menjelang lebaran..yang mau ngulik resep2 klethikan2 jadul gini dech..yukk..sama2 bikin ya teman2 jika suka kue2 jadul gini..jadi stay tune di sini ya..nanti tak ulik resepnya satu persatu..kue2 jadul..kayak kue kuping gajah..untir2..kue bawang..telur gabus, keciput, widaran dll..ada apa lagi ya..ada yang ingat ?..

Nah..kue resep klethikan jadul khas Lebaran yang pertama nich..Kue Biji Ketapang..ada dua macam juga ya..gurih dan manis..kali ini aku buat yang mansi dulu. Buatnya sangat2 gampang. Jadi..ayukk di coba ya..jika suka kue2 jadul..kayak aku. Rasanya yang sederhana saja..cuma sedikit manis dan gurih..justru kadang bikin kangen ya teman2. Aku lebih suka ngemil klethikan gini sich memang di banding kue2 kering atau cake. Makanya jarang bikin cake..kalau nggak lagi ada acara atau memang spesial banget resepnya..sampai aku penasaran pengen coba. Bukan apa2 sich..nggak ada yang makan di rumah..kalau cake2 gitu..hihi. Beda sama klethikan2 pengisi toples gini..aku suka..suami juga suka..dan juga lebih awet..bisa buat iseng2 kalau lagi pengen ngemil. Yang jelas..walau banyak yang jual di luar..lebih enak lah..kalau bikin sendiri. 


Memang sich kadang pada males bikin klethikan gini karena di kira ribet ya teman2..padahal nggak lho..cepet dan asyik2 aja bikinnya. Paling2 harus sabar gorengnya ya..kalau bikin biji ketapang ini..pakai api kecil supaya hasilnaya renyah dan nggak cepat gosong karena kan kue manis. Kalau aku sich santai..nggak harus di tungguin di depan kompor kok..kalau goreng2 yang lama gini..bisa di sambi..sambil nonton tivi atau online..di sambi racik2 masakan lain. Nggak usah merasa terbelenggu di dapur gara2 masak..hihi..soalnya ada juga temen yang sms..katanya : " aku kalau masak kok ngabisin waktu seharian di dapur "..walah..masak apa aja tho..hihihi...aku tanya gitu..dan katanya cuma bikin satu cemilan..woalah..^^

Tapi jangan di tiru ya kebiasaan ku masak sambil nonton tivi dll..teman2..hihi..buat yang belum pengalaman bisa2 malah gosong...apalagi kalau acaranya seru ya..hihi...bisa lupa nanti kalau lagi masak. Tapi aku kok ya ndak pernah gosong sich kalau cuma di sambi nonton tivi..udah reflek aja..wanita kan sebenernya punya talenta tetep fokus dalam beberapa hal dalam waktu bersamaan. Aku kalau siang tuch masak suka sambil nonton afc atau film2 / acara2 di Diva universal...bagus2..banyak acara tentang wanita juga..jadi bisa stay update yang lagi tren buat wanita..hihi..tayangan ulang malem sich.....kan malem ndak sempat nonton tv..jadi sempatnya siang aja..sambil masak..racik2 dll. Pokoknya..kerjaan beres..hati juga riang dapet hiburan..hihi 

Jadi..siapa bilang jadi ibu rumah tangga membosankan..bagiku tidak..banyak hal yang bisa di lakukan seharian..tau2 anak dan suami udah pulang aja..sore..jadi..enjoy aja Bunda2 di rumah..hihihi. Yukk bikin kue biji ketapang...murah meriah..mudah dan enak..kriuk2 manis gurih. Resep karena baru uji coba jadi sedikit aja aku buat kemaren..hihi..kalau mau bikin banyak di kalikan sendiri ya bahan2nya..^^
Kue Biji Ketapang

Bahan :
150 gram tepung terigu
1 butir telur
50 gram gula pasir
1 sendok makan santan instan
1/4 sendok teh garam
1 bungkus kecil vanili

Cara membuat :
Kocok lepas telur dan gula hingga gula larut, masukkan garam dan vanili serta terigu, aduk rata dan uleni ringan hingga jadi adonan kalis dan bisa di pulung. Pulung dan pelintir memanjang dengan kedua tangan. Potong2 serong dengan gunting. Lakukan hingga adonan habis, taburi sedikit tepung agar tidak saling menempel. Goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api kecil hingga kering dan renyah. Simpan di toples ketika sudah dingin. Mudah banget kan  teman2..^^

33 comments :

  1. hoo kl sodaraku suka bikinnya dalemnya dikasih coklat mbak di :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu Mba Dian..gmn caranya itu?..terus apa nggak meleber keluar coklatnya..hihi..

      Delete
    2. gatau mbak,, saya mah tinggal makan,, hehe ^^v

      Delete
  2. Ertianna nugrahaniMay 9, 2014 at 9:12 AM

    Betul mbak Diah...kerjaan masak bisa selesai cepet atau nggaknya tergantung kita bagaimana mengaturnya, apalagi kalau udah jadi hobby...wis pokoke bisa disambi-sambi karena dengan sendirinya feeling kita yang main ya mbak.... Aku suka nih mbak biji ketapang tapi takut mbak mau bikin sendiri...takut kalo nanti udh jadi mulutnya ga mau berhenti nyemil terus...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Ertianna..maklum kan kerjaan emak3 banyak banget ya di rumah nich..kalau cuma fokus masak aja..bisa2 yang lain nggak kepegang..pokoke kalau jadi art itu harus bisa jadi superwoman dech ngalahin wonderwoman...hihi

      Weh lha kok sama Mba ..aku sambil nggoreng yo cemal cemil iki kmrn..hihi.

      Delete
  3. helllo mb.Diah....kue ini hampir sama kayak kue adas ya...suka tuh buat cemilan, oiya...tepung yang digunakan jenis apa ya, protein rendah apa protein sedang...hehehe , TQ Thera ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa mb.Diah, mau nanya tepung yang kiloan jika beli diwarung itu, tepung jenis apa ya...protein rendah atau tinggi atau sedang, maaf ya mb.Diah...maklum pemula hehehe supaya tidak salah menggunakan tepungnya...terima kasih atas responnya...hehehe

      Delete
    2. Wah..malah kurang tau Mba..nama lainnya ke Adas ya..hihi..itu pake protein rendah atau sedang boleh Mba Thera..:)
      Kalau yang di warung2 tuch biasanya terigu protein rendah..:)

      Delete
  4. Belum pernah makan sama sekali nih biji ketapang. Jaman kecil dulu makannya kue-kue terus, jarang makan klethisan tradisional gini. Enak ya mbak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang suka ya enak Mba Rina..hihi..rasanya itu..keras..tapi renyah..khas..unik dech ..apalagi di bumbuin kenangan memori jaman kecil..wah tambah enak ..hihi

      Delete
  5. Mbak Di...
    Duluuu skali pernah makan kue ini, menurutku sih enak2 saja. Makasih resepnya ya mbak, ditunggu utk resep widarannya...sukses selalu mbak Di..
    ~sri han~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Sri Han..menurutku juga enak..karena aku suka jajanan jadul begini..hihi

      Delete
  6. Maaaak, resepnya mudah di dapat dan kudu di coba di rumah niiih, secara ada semua bahan-bahannya, print boleh ya Mak, biar gak lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mak Astin..silahkan..ayukk di coba..santan secukupnya ya..sampai adonan bisa di pulung. Di aduk rata saja ya jangan di uleni keras2 Mak.,biar ndak keras..:)

      Delete
  7. Dear mb.Didi, mau nanya donk, kalo aku mau buat kue Nastar bisa ga pake susu bubuknya susu Dancow (putih) dan bukan Susu full creamatau susu bubuk apapun kecuali coklat bisa juga ya....makasih atas jawabannya...maaf ya diluar resep kue ketapang neh...hehehe

    == Ara ==

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa Mba Ara...aku kadang suka pakai susu bubuk dancow putih juga..:)

      Delete
    2. makasih mb.Didi, lupa lagi neh, untuk resep kue Nastar maksud gula halus, itu gula putih yg dihaluskan dgn diblender apa gula tepung yang manis buat taburan kue donat ? duuh mb.Di maaf ya nanya teruss...hehehe makasih...

      == Ara ==

      Delete
    3. gula halus khusus buat kue kering Mba,,bisa di beli di TBK..tapi kalau mau mblender sdr ya ndak pa2..asal jgn pakai gula donat ya..tuch kurang manis kalau buat campuran ku ker,...:)

      Delete
  8. ooo,,, bentuknya memang mirip biji ketapang ya,,, kebetulan didepan rumahku ada pohon ketapang mbak,,,,
    ditunggu resep yg versi gurih aja mbak,,, soalnya kalo bikin cemilan manis gk kemakan udah banyak biskuit manis dirumah,,,, mblenger mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..aku malah belum pernah liat aslinya biji ketapang Mba Dewi..gr2 Mba bilang beneran mirip./.langsung googling..oh jadi tau dech bentuk bj ketapang..:D
      Kalau gurih tggl di ilangin gulanya mba..tambahin garam sama keju..atau kaldu bubuk..:)

      Delete
  9. Emang kue jadul nih..namanya apa ya di tempatku...?*lupa nih* rasanya jg enak biarpun rada alot.. Mba, kalo mau yg asin gurih gitu bisa tambahin keju ngga ya..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba Sri..eh tapi ndak alot sich..asal adonan jangan di uleni terlalu kuat Mba..kalau di uleni ya jadi alot,..kalau gurih biasa tggl tambah keju atau garam atau kaldu bubuk Mba..:)

      Delete
  10. hallo mba,aku suka bikin kue ini mba,tapi adonannya dicampur kelapa parut yg disangrai sebentar,kelapanya dikit aja ntar kuenya agak empuk gak terlalu keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Wilda..mksh tipsnya ya..wah jadi pengen coba versi yang pakai kelapa parut sangrai..pasti lebih gurih ya..kalau resepku tuch ala2 ibuku...hihi.

      Delete
  11. aku juga boleh dikasihtau sama orang yg bantu2 tetanggaku mba,ditambah margarin dikit makin mantap,mba pernah posting resep kue ulang tahun g?klo belum boleh dong aku minta resepnya,aku mo bikin nih buat ultah anakku bulan juli nanti,soalnya klo coba resep dari mba alhamdulillah selalu sukes tuh,makasih ya mba

    ReplyDelete
  12. Ada beberapa cake yang bisa jadi dasar kue ultah Mba Wilda..di blog ini..mau hias butter cream atau fondan ?

    ReplyDelete
  13. yg hias buttercream aj,maklum msih belajar,pake resep cake yg mana ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Wilda..wah maaf kelewat komennya ini..oke ntar ku cariin filenya dulu ya Mba..aku jarang posting cake hias memang..paling setaun sekali klu Yoda ultah..hihi

      Delete
  14. Mba DD.., Aku udah nyoba kue biji ketapang ini.. Makasi ya mba hasilnya enak, memuaskan suami dan anak saya yg umur 2,5 thn doyan banget. pas lg mba DD kasi resepnya jg ga terlalu banyak jadi pas buat pemula yg baru nyoba hehe.. Btw, pas lg buat aku sempat bingug sih mba.. coz sepertinya mba DD kelewat untuk memberitahu santannya dikasi kapan. jadi aku campur santannya bebareng dgn garam n vanili, jadi tepung tetep belakangan.. bener ga mba gitu? oh ya.. aku komen disini sambil ngemil kue biji ketapangnya mba hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Icha..sama2..sipp iya..kalau di kira kebanyakan suatu resep..di bagi dua..masih oke hasilnya sama kok mba..tapi kalau aku bikin ya dikit2 aja memang resepnya..soalnya warga di rumah cuma dikit juga..hihi.
      Itu santan boleh masuk dulu atau terakhir..bebas Mba..aku lupa nulis ya..hihi...intinya semua bahan jadi adonan yang kalis dan mudah di pulung gt..:)

      Delete
  15. Hahaha, lucu kok ada yang kue biji ketapang. Tapi pengen tahu deh cara membuat kue biji ketapang untuk lebaran nanti. Comot resepnya ya bunda diah...

    ReplyDelete
  16. Nice resep, cobain ah. Jangan lupa mampir di blog aku juga.

    ReplyDelete