Saturday, May 24, 2014

Bubur Ubi Tapioka





Happy weekend teman2...semoga hari liburnya menyenangkan ya bersama keluarga..^^
Yang mau jalan2...selamat jalan2..ya mau di rumah saja ya selamat beristirahat ya..atau mau masak2 bareng keluarga..wah..pasti seru tuch. Kalau weekend gini tapi kegiatan di dapur di pagi hari lebih santai ya..nggak gubrak gubruk kalau seperti hari kerja..soalnya mesti nyiapin sarapan buat keluarga yang mau beraktifitas. Kalau weekend gini nich kalau kami biasanya kesempatan jajan di luar..beli sarapan yang unik2..yang nggak bias di masak di rumah..misal nasi kebuli..soto dll..walau sering masak soto..tapi memang beberapa soto legendaris di sini..belum bisa aku tiru rasanya..hihi..jadi ya..tetep suka..beli soto di luar.

Nah..buat variasi sarapan di hari libur..kita bikin bubur manis yukk..lumayan buat variasi sarapan teman2. Kali ini..dalam rangka memanfaatkan sisa ubi kemaren..aku bikin bubur ubi manis yang pakai tepung tapioka..kayak bubur biji salak gitu lho tapi ini lebih simple dan praktis..karena ubinya langsung di potong2 kotak kecil aja..dan di campur di bubur..nggak perlu ribet di buat biji salak dulu. Rasanya..tetep enak sekali..lembut dan unik bubur tapioka..di padu empuk dan original rasa alami ubi..wah..kok ya nikmat banget.

Aku kenal bubur ini..sejak tinggal di Semarang..dulu awal2 di Semarang di dekat rumah ada penjual bubur manis beraneka ragam..beliau orang Solo yang ngontrak di sini. Bubur jualannya itu komplet banget tiap pagi..ada bubur sumsum, bubur candil ketan, bubur rmutiara, bubur ketan hitam dan bubur ubi tapioka ini. Aku paling seneng bubur ubi sama bubur candilnya..enak banget. Sayangnya..tidak lama kemudian orangnya pindah kontrakan kayaknya ke Semarang bawah atau daerah gitu yang jauh..ya jadi nggak bisa beli lagi. akhirnya kalau pengen sarapan bubur manis ya harus bikin sendiri. Untung ya udah sering beli dan suka tanya2 cara bikinnya bubur ubi ini..jadi sekarang bikin sendiri aja..udah bisa...dan sama enaknya hasilnya sama yang di jual ibu penjual bubur manis langgananku dulu.

Mau coba teman2..silahkan..nyicil buat resep takjil puasa juga nich..cocok banget bubur ubi ini...ini resepnya ya..^^
Bubur Ubi Tapioka

Bahan :
1 buah ubi ukuran besar / kira2 250 - 300 gram yang warna kuning atau orange, lebih cantik sich kalau ada yang  orange ya, kupas, cuci bersih, potong kotak2 kecil.
50 gram tepung tapioka, encerkan dengan dua sendok air
150 gram gula merah
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam
700 ml air
Santan matang yang sudah di rebus dan di beri garam sedikit,  secukupnya untuk penyajian

Cara membuat :
Rebus air, gula merah, garam dan daun pandan hingga gula larut dan mendidih.
Saring dan didihkan kembali di panci, masukkan ubi potong, masak hingga ubi matang, tapi jangan terlalu empuk ya..biar tetep ada tekture ketika di gigit. Setelah ubi matang, masukkan tepung tapioka yang sudah encerkan. Aduk rata hingga jadi bubur yang kental.
Sajikan setelah dingin dengan kuah santan secukupnya.

Tips :
Bubur ini enak juga di nikmati dalam keadaan dingin di kulkas..tapi jangan terlalu lama ya nyimpan di kulkasnya..nanti jadi mengeras..jadi kayak ongol2..hihi..kan dari tapioka bahannya.
Bubur ini jangan di nikmati ketika masih panas ya..soalnya jika masih panas di tambah santan dan di aduk2..nanti jadi nyampur santan dan buburnya..kurang seru dech..rasanya. Paling enak di nikmati ketika bubur sudah dingin, di tuang santan..sendok buburnya..dan santannya..nyam..nyam...rasakan perpaduan rasa ya indah..biar menyatu ketika di mulut aja..* lebay polll....hihi..*

23 comments :

  1. Enak tenan iku mbak,aku sering bikin,ubinya ganti pisang ato sukun juga enak lho....... Mbak bagi resep carang madu dong...

    Umi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..sukun Mba Umi..wah..kayaknya kok unik..kapan2 tak cobanya..tapi ki kok ya jarang nemu sukun di sini..harus impor dr Yogya juga...hihi

      Delete
  2. Happy weekend mbak D.. Buburnya bungkus 1 porsi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba..udah di delivery tadi..nyampe belum ya..hihihi

      Delete
  3. Kalau di bali biasanya pakai pisang mbak...:-) fany

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..belum pernah coba malah aku mba..kapan2 tak cobanya..kalau yang ubi aja ini versi Solo mba..:)..kata ibunya yang jual sich dulu..hihi..aslinya dari Solo.

      Delete
  4. Mbak diah...punya resep dg bahan tepung garut ? Sy bingung gmn ngolahnya....suwun mbak :) *andri*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Andri..aku ya udah pesan sama orang rumah di Yogya buat nyariin tepung garut ini..bsk aklau mudik..moga2 dapet ya..pengen bikin cookies garut lagi..:)

      Delete
    2. hehe sy beli tepung garut yg ga*** itu lho mbak,yg biasanya variannya byk buat bayi,tahu kan :) lha sy tinggal dbogor n ga tau jg bl yg tradisional dmn. ok mbak sy tunggu resepnya :)

      Delete
    3. Hihi..iya Mba..malah halsu ya tepungnya..kalau yang asli tuch rada kasar..musti di ayak sdr sampai halus..:)

      Delete
  5. wahh..enak bgt kelihatannya mbak, apalagi kalo dimakan dingin2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Murlina..dingin2 makin enak..hihi

      Delete
  6. Manisnya si Bubur Ubi. :)
    Met wiken, Mba.

    ReplyDelete
  7. mbak, tepung tapioka itu tepung kanji atau tepung sagu atau tepung tapioka juga ? * selalu bingung dengan tepung tapioka *

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Dwee..udah pernah ku ulas mBa..beda tepung tapioka sama sagu..liat ke sini ya :http://www.diahdidi.com/2013/12/tepung-sagu-versus-tepung-tapioka.html

      Delete
    2. berarti tepung tapioka itu sama dengan tepung kanji ya mbak ? soalnya aku terbiasa dengan sebutan tepung kanji, bukan tepung tapioka, heheheee.... * maklum *

      Delete
    3. Iya Mba..sama..di pasar2 byk mba..tepung tapoioka yang di jual kemasan..misal merk Rose brand..dan di tulis juga tepung tapioka..gt..:D

      Delete
  8. ada juga bengkoang yang dilapisi tapioka..namanya merah delima lebih enak pake es.. dah pernah coba belum mba...lebih kress karna pake bengkoang ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..pernah baca juga dulu..besok tak cobanya buat menu puasa ya..hihi

      Delete
  9. Mbak di,,bentuknya mirip2 bubur biji salak ya,punya resepnya yg bubur biji salak gak mbak?ato nama laennya ditempatku jenang grendul,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau biji salak di campur dulu jadi adonan ubinya Mba..ada aku resepnya nanti ya tak buat dulu..yang versi Betawi ya..:)

      Delete
  10. Wah maknyuss nih kayaknya coba aaahh.. :)
    Keep sharing..

    Salam dari www.ferry-at.blogspot.com

    ReplyDelete