Tuesday, May 27, 2014

Kuliner Semarang Yang Rekomended Untuk Di Coba




Semarang..kalau di tanya soal tempat wisata memang nggak begitu bayak yang menarik, tapi..kalau di tanya soal makanan atau kulinernya..memang banyak yang enak2. Ada begitu banyak tempat makan dari warung2 kecil yang nyepil2..sampai kelas warung..rumah makan dan resto besar dan mahal..semua punya pasar sendiri2. Apalagi sekarang ini bermunculan banyak sekali resto2 baru yang mewah..ataupun yang biasa2 aja..sering sich aku coba2..tapi kadang2 ya aku pikir kurang khas Semarangnya...walaupun enak dan tempatnya nyaman. Jadi ketika ada teman2 yang nanya kuliner apa yang khas dan enak di Semarang..ya tergantung ya..mau makan yang enak..nggak mikir tempat..atau yang tempatnya bagus , makanannya biasa..wah..banyak sekali pilihannya. Jadinya aku pengen nulis saja yang recomended untuk di coba yang memang benar khas Semarang ya teman2..tapi ini ya baru sebagian saja sich, karena masih banyak sekali yang lain..next aku sambung lagi ya..kalau udah ada waktu nulis tempat2 lain secara lebih komplet..dan di legkapi reviewnya tentu saja.. 

Oke..buat teman2 yang mau berwisata kuliner di Semarang..silahkan di coba ya..semoga suka..buat mba Sari yang mau main ke Semarang awal bulan Juni..welcome ya Mba..sayangnya daku malah mau ke Yogya..hihi. Ini beberapa tempat kuliner khas Semarangnya ya..^^

Tahu Gimbal


Lokasinya yang terkenal di taman KB, jalan Menteri Supeno.
Banyak penjual tahu gimbal khas ngumpul di sana..lesehan..di sekitar taman yang memang di pakai untuk relokasi sentra kuliner kaki lima khas Semarang yang dulu berlokasi di Simpang lima. Kalau malam rame sekali tempatnya. Kalau siang juga ..karena tempatnya enak dan adem , bersih juga. Rasa makanannya juga enak2. Resep tahu gimbal jug asudah pernah ku posting ya teman2.

Lumpia Gang Lombok 

Warungnya terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitaran Pasar Johar Semarang, berada di Gang Lombok N0.11 Kranggan, Semarang Tengah. Warung ini berada tepat di samping  Klenteng Tay Kak Sie. Memang lokasinya agak masuk..tapi tetap mudah di cari, dari arah pertokoan Jornatan, masuk ke Jalan Pekojan, sebelum ada jembatan belok kanan. Memang lokasinya di gang2 gitu..tapi ramenya minta ampun..terakhir ke situ nganter saudara ke situ agak kesiangan dikit aja udah habis..hihi.

Selain lumpia gang Lombok ini, ada juga lumpia Mba Lin, lumpia jalan Mataram, dan juga lumpia2 kaki lima yang di jajakan di Sepanjang jalan Pandanaran, pusatnya oleh2 Semarang..di sana komplet mau dari yang murah..sampai yang versi mahal sebiji 10 ribu juga ada..hihi.

Tahu Pong
Tahu pong terkenal ada di Jalan Gajah Mada no 63 B, berseberangan dengan Gereja Bethel.
Tahu Pong adalah salah satu makanan khas Kota Semarang. Bernama Pong karena kopong atau Kosong, sengaja dibuat kosong bagian dalamnya supaya terasa renyah atau krispi saat digigit. Tahu Pong ini disajikan bersama dengan acar mentimun dan bumbu kecap. Dulus ering makan di situ...tapi sekarang lebih suka bikin sendiri..hihi. Tahu Pong ini berdiri sejak tahun 70an. Resepnya tau pong juga sudah ada di blog ini..kalau mau buat sendiri ya teman2.

Bandeng Presto

Yang terkenal banyak dijajakan di deretan toko sepanjang jalan Pandanaran. Salah satu yang terkenal  yaitu toko oleh2  Bandeng Juwana. Bandeng presto ini aslinya sebenernya dari Juwana..tapi lebih terkenal di Semarang. Biasa di jual dalam kemasan siap saji dengan di lengkapi sambal yang sudah matang dan enak rasanya. Jadi cocok buat olah2 khas Semarang. Selain bandeng presto, ada lagi olahan bandeng lain, seperti otak atak bandeng , dll..serta berbagai macam oleh2 khas Jateng yang di jual di toko ini.

Wingko babat 


Wingko babat yang paling lama dan asli jadul..ada Jl. Jalan Cenderawasih dengan merek  ’Cap Kereta Api’, D Muljono. Daerah Jurnatan deket Gereja Blenduk Kota lama
Wingko babat memang beda dari yang di jaul di tempat lain di Semarang, karena di sini lebih legit dan enak. Ada 4 macam varian rasa di sini, coklat, nangka, pisang dan original. Aku paling suka yang pisang..enak banget. Wingko babat Kereta api ini harganya cukup lebih mahal di banding wingko babat lain, satu biji 4 ribu rupiah. Tapi cukup unik lah kalau buat oleh2 khas Semarang yang enak. Kalau mau buat wingko babat sendiri..resep juga sudah aku posting dulu di blog..di search aja ya..^^

Mie Kopyok Pak Dhuwur. terletak di Jalan Tanjung, di belakang kantor PLN
Mie kopyok adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas kota semarang.Terkadang orang menyebutnya dengan sebutan mie lontong, tapi yang lebih populer adalah Mie kopyok. Mie kopyok berisi potongan lontong, mie dan tauge yang dicelup air panas mendidih, irisan tahu (tahu pong) kemudian ditambahkan bumbu air bawang putih. Kemudian ditaburkan irisan seledri dan bawang merah goreng. Bahan terakhir adalah krupuk karak/gendar (krupuk dari beras) diremas dan ditaburkan merata. Lalu ditambahkan kecap dan bagi penyuka pedas tersedia pula sambal (sambalnya dibuat dari campuran cabe dan kacang tanah).
Mie kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung. Salah satu yang menjajakan mie kopyok adalah Pak Dhuwur (disebut Pak Dhuwur karena kata orang orangnya dhuwur alias tinggi). Bermula dari tahun 1970-an mendorong gerobak keluar masuk kampung mendatangi pelanggan, kini Pak Dhuwur sudah mempunyai warung tetap. Posisi warungnya ada di jalan Tanjung tepat berada di belakang kantor PLN Jalan Pemuda semarang.Warung Pak Dhuwur buka mulai pukul 8 pagi sampai  kira-kira pukul 4 sore.
( sumber info : miekopyokpakduwur@blogspot.com )
Aku sendiri cuma di ceritain suami tentang mie kopyok Pak Dhuwur ini..lha udah sering bikin sendiri..dan coba yang versi penjaja keliling..hihi. Resep mie kopyok ini udah pernah ku posting di blog ya teman..kapan2 tak cobanya dech Pak Dhuwur ini..padahal di deket rumah, di Jalan Setiabudi deket Carefour Srondol ya ada cabangnya..tapi kalau di ajak makan ke sana..suami mesti bilang..kasian Yodha..nggak ada lauknya soalnya..hihi..cuma makan mie doang..^^

Nasi Ayam 


Nasi ayam..mirip sebenernya dengan nasi liwet khas Solo, bedanya cuma di jenis  lauknya saja. Keduanya sama2 berbahan utama nasi gurih, pakai sambal goreng labu siam, kalau yang nasi ayam Semarang lebih merah dan kental sambel gorengnya, sedang nasi liwet Solo, sambel gorengnya lebih encer dan seger.  Lauknya berupa opor ayam kuning untuk nasi ayam Semarang, di campur dengan tahu dan telur, sedang nasi liwet Solo , telurnya di pindang tersendiri. Tapi ya walaupun mirip..citarasanya tetep berbeda.
Beberapa warung nasi ayam yang bisa dicoba di Semarang yang cukup terkenal yaitu, Nasi Ayam Bu Wido di Jalan Melati Selatan, Nasi Ayam Bu Nyoto di Jl MT Haryono (buka malam hari), serta Nasi Ayam Karangkojo di depan RS Telogorejo, Simpang Lima.
Mau masak sendiri..aku juga udah pernah bikin lho teman2..resepnya di blog ini juga  ^^
  
Soto Bangkong , Jl. MT. Haryono – perempatan Bangkong Semarang
Adalah soto khas Semarang yang paling legendaries, udah ada sejak dahulu, sebelum soto2 lain yang terkenal bermunculan di Semarang. Aku dulu pas awal2 nikah sering makan di sana..sekarang jarang..hihi..soalnya di atas udah ada cabangnya di deket toserba ADA Setiabudi..dan juga udah ada soto Semarang lain yang enak juga, yaitu soto Mas Boed..yang sudah pernah ku ulas juga reviewnya.

Soto Mba Lien, Jalan Mangunsarkoro Semarang
Ini soto favorit suamiku..beberapa kali makan di sana, tapi pas ke sana lupa terus bawa kamera..jadi belum aku ulas di blog sich reviewnya. Soto Kudus ini jenisnya Soto mirip Soto Kudus. Rasanya enak dan seger.

Kepiting Cak Gundul..Jalan Siliwangi Semarang
Kepiting Cak Gundul Semarang, udah pernah ku tulis juga reviewnya di sini..memang enak sekali olahan kepitingnya..apalagi yang asam manis dan saus lada hitam..bumbunya melimpah dan kuat..yummy...!

Masih banyak yang lain sich..nanti lain kali aku ulas lagi ya teman2..aneka mie Jowo..leker Paimo, babat gongso..nasi gandul, asem2..aneka pecel khas Semarang..dll. 

Kalau resto yang menunya khas Semarang ada beberapa yang aku suka, walau banyak resto2 lain sich , cuma biasanya menu2nya banyak di adaptasi dari daerah luar, kalau yang khas Semarang antara lain :

Resto Ngelaras Rasa
Jalan Tamrin Semarang, resto ini menua khas Jawa dan Semarang, udah siap saji..enak.
Resto Pesta Kebun ..salah satu resto masakan khas Jawa dan Semarang bergaya kolonial..tempatnya cozy dan makanannya juga enak2. Tapi aku ke sana udah lama..jaman dulu2 awal nikah…sering makan di sana..sekarang..banyak resto2 lain jadi suka coba2 yang baru2.

Mbah Jingrak, Jalan Beringin Semarang
Resto masakan Jawa yang unik2 dan khas Semarang, menunya macam2..dengan nama2 yang unik2..seperti ayam rambut setan dll..yang resepnya sudah pernah aku ulik di sini.  Tempatnya juga nyaman dan harganya tidak terlalu mahal.

Kampung laut , daerah puri Merokoco Semarang
Resto seafood favorit kami…soalnya tempatnya enak buat makan bersama keluarga atau rame2 dengan teman..bentuk saung2 di atas air, kalau malem semakin asyik suasananya. Kalau ke sana menu favorit kami adalah iga bakar madunya..enak banget. Tapi menu2 lain yang terkenal adalah menu2 seafoodnya.

Oke selamat berwisata kuliner teman2..bersambung ke edisi lain liputan wis kul di sini ya..^^

18 comments :

  1. klo ke semarang wisata kuliner aja ya,,,,, .... perut kenyang hati senang,,,,,, thank's reviewny mbk,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi..kalau wisata yang bagus..terbatas di sini Mba..adanya makanan semua..hihihi

      Delete
  2. Pas bgt moment nya buat temen-temen yg mau mudik, dari sekRang bisa pilih2 mau mampir kemana n makan apa...:) ditunggu lanjutannya mbaD. Kalo aku baru pilih wingko ama presto buat oleh2 nya :D..... Btw kiriman "foto" jalabio nya dah nyampe belum hihihi..
    Thanks sis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..udah tak habisin Mba Jalabionya...hihihi
      Memang dua makanan itu wajib beli ..kalau lagi ke Semarang ya Mba..cocok banget buat oleh2..:)

      Delete
  3. Mbak cara buat Bandeng presto yang lunak durinya tapi ngga hancur ikannya gimana ya? Saya suka banget sama bandeng tapi ngga tahan sama duri2 kecilnya. Makasih bgt mbak - andry-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di buat bandeng presto mba Andry..caranya bumbuin ikan dgn bawang putih, kunyit , garam, lalu di presto hgg empuk.

      Delete
  4. Paling sering makan ya wingko babat, Mba. Oleh2 khas Semarang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udaqh coba yang merk kereta api ini Mba ?..enak..:)

      Delete
  5. tahu gimbal juaranya kalau buat aku mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..dulu pas awal2 pindah Semarang ya paling suka tahu gimbal ini..:)

      Delete
  6. Hai, mbak.. Kalau sempat, ulas jg review makanan / jajanan yg di yogya & solo.. Aku belum pernah ke semarang, tp liat ulasan mbak kok kulinernya enak2 jg ya hehhe -novita eka-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Novita..enak2 lho..ayo main sini..hihi. Yogya Solo udah ada beberapa mba..tapi beres ntar ku tuli slg lebih byk..minggu dpn mau mudik juga..:)

      Delete
  7. Saya org smrng tp domisili palembang.. disini bnyk warung khas semarang.. ada wr. Tugumuda, wr. Semarang, wr. Yaqin, dll.. semuanya rame.. tp rasa masih jauh hehehe.. ada jg soto semarang tp pas makan kok soto lampngan :( pgrn mudiiiikkk..

    ReplyDelete
  8. Hai para pecinta kuliner SEMARANG, mau LCD TV GRATIS?
    Special buat kamu yg ikutan #OnlineSurvey bareng @ceritaperut !!
    Klik aja >> http://bit.ly/1AkYVWe banyak hadiah seru menanti kamu! ;-)

    ReplyDelete
  9. Salam kenal!
    Saya dari team kumpulbagi. Blognya enak;) Anda upload banyak foto makanan. Jika Anda mau mengembangkan blognya lagi kunjungi page kami di: www.kumpulbagi.com Semuanya gratis, cepat dan tanpa limitasi. Anda bisa upload sebanyak files (audio, video, pdf, jpg, dll.), membuat koleksi berkas dan bagikan dengan lainya. Kami tidak terhapus filenya dengan waktu batas. Anda bisa membuat koleksi tentang kuliner dan share sama lainnya. Coba servis kami tanpa registrasi :)

    ReplyDelete
  10. AYAM GORENG-AYAM BAKAR TENDA BIRU CITARUM, paling uenak gaes ... berbagai macam pepes, bothok , buntil yang khas Solo juga ada...persisnya didepan gereja keselamatan korps semarang ...lets kuliner guys ^^

    ReplyDelete
  11. Saya tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    ReplyDelete
  12. kuliner memang gak ada matinya

    ReplyDelete