Google Ad

Friday, May 2, 2014

Bakpao Telo Ungu


Beberapa hari kemaren aku coba bikin bakpao ubi / telo ungu pakai resep bakpao jadul yang pakai kentang yang udah ku share dulu resepnya. Hasilnya sich lumayan..jadi ..bakpaonya lembut dan empuk..cuma after tastenya ada rasa lengket2 gitu kalau di makan. Jadi kesimpulannya memang lebih enak yang pakai kentang kalau aku. Walau ini enak juga yang pakai ubi ungu..tapi bukan favoritku dech. 

Kalau yang pakai kentang..sampai dingin tetep empuk bakpaonya...dan enak aja..pas gitu nggak lengket2 di mulut ketika di makan. Memang sich karakteristik umbi2 an ya memang beda2 ya teman2..jadi..sekali2 bereksperimen dengan aneka umbi2 untuk bakpao ya tidak masalah..kalau nggak suka..nggak di buat lagi..beres..hihi. Tapi buat yang suka ubi ungu..nggak ada salahnya juga lho di coba..yang jelas..jadi cantik..unyu unyu kan warna bakpaonya teman2.

Oh ya..hasil akhir warna ungu tergantung kualitas ubi ungu yang kita gunakan ya teman2. Untuk isian bisa sesuai selera..aku pakai yang gampang aja dan ada di rumah..isi kacang yang di sangrai..campur gula merah..enak lho buat isian bakpao..jadi gurih dan legit..^^
Bakpao Ubi Ungu Isi Kacang

Isi : Kacang tanah sangrai yang di tumbuk kasar dan gul amerah secukupnya

Kulit :
250 gram tepung terigu
100 gram ubi ungu kukus yang di haluskan
1/2 bungkus ragi instan
2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh garam garam
100 ml santan kental instan
1 sendok makan mentega putih
Daun pisang, potong bulat / kertas bakpao

Cara membuat :
Kulit : campur terigu, ragi, gula, dan kentang halus hingga rata. Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Tambahkan garam dan margarin, uleni lagi sampai kalis. Diamkan 30 menit hingga mengembang
Setelah mengembang, ambil adonan kulit 30 gram, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan 1 sdm adonan isi. Bulatkan lagi hingga rapat dan bentuknya seperti bakpao. Kukus 7 menit hingga matang.



7 comments :

  1. Mba Di, saya paling suka isi bakpou pakai kc tanah dan gula, gurih2 legit. Tapi blm pernah bikin. Cara bikin isi kacangnya gimana mba?

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ari..kacang tanah di sangrai hingga matang, haluskan kasar, campur dengan gula merah yang di sisir mba..atau gula pasir dan sedikit garam, sesuai selera..:)

      Delete
  2. Bakpao mawar blm sempet aku bikin, blm dpt tepung tang mien..ini ga pake tepung tang mien ya mba.. Besok bisa dicoba, tungguin ya mba ntar foto nya aja tak kirimi :D:D:D makasih mba.
    -srimakin-

    ReplyDelete
  3. Bakpao mawar belum sempet ku bikin, blm dpt tepung tang miennya. Ni ga pake tepung tang min ya mba.. Mudah2an Besok bisa lgs di coba nih;-) Tungguin ya mba, ntar aku kirimi lg fotonya hihihi... Makasih mba..
    -srimakin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba Sri..nggak pake..kalau nggak ada ubi ungu lebih enak pakai kentang kukus Mba..:)

      Delete
  4. Sy punya tanaman ubi ungu ayamurasaki brg x ada yg minat bs call / sms / wa 081234556778.minimal 1ton kirim.harga sesuai daerah yg dikirim

    ReplyDelete
  5. Takaran ubi ungu diganti kentang... sama ya mba diah ? Kalo ubi ungu di kurang lagi.... minimum berapa gram ya tuk resep diatas? Mohon infonya mba Diah yang baik..

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel