Google Ad

Saturday, May 10, 2014

Serba Serbi Oven



Hari ini santai aja di rumah..nggak banyak masak2 lagi..siang tadi udah di beliin gudeg sama suami. Suami lagi ada kerjaan sore nanti...jadi nggak bisa ke mana2 dech. Jadi mau nulis yang ringan2 aja ya teman2..seputar tips dapur. Oh ya..sebelum nulis..mau kasih pengumuman dulu yach..buat teman2 yang lebih suka komen di blog ini..pakai nama *anonymous*..atau tanpa nama..please bawahnya di kasih nama siapa gitu ya..biar aku ndak bingung manggilnya Mas atau Mba. Selain itu soalnya juga kadang2 nich di salah gunakan juga sich anonymous ini..kayak barusan nich aku buka blog ada yang suka komen seenaknya pakai nama itu..dan yang terakhir tadi ini kok komennya ndak enak banget ( dan sudah ku hapus tentu saja..! )..itu sama saja artinya orang nggak bertanggung jawab ya..udah seenaknya nge judge, menghina dan nyakitin perasaan orang tapi kayak lempar batu sembunyi tangan..beraninya komen begitu di blog orang lain seenaknya tapi *tanpa nama*..tapi ya memang harus sabar aja..tinggal di hapus apa susahnya ya. Sekedar saran buat ybs jika baca ini ya : " Judging another person does not define who they are, but it define who you are..!!" 

Sebenernya sich aku juga nggak anti2 amat sich sama komentar negatif..jika yang komentar itu bertanggung jawab..misal..kalimatnya di sampaikan secara sopan..bukannya malah langsung menghina orang lain. Jangan lupa juga nyebutin nama..atau kasih link blognya gitu..biar tahu aku siapakah beliau itu...yang mungkin saja punya blog yang sangat bagus atau berkelas..sehingga merasa berhak untuk menghina dan mencela blog orang lain. Dan sesempurna apakah beliaunya sehingga merasa punya hak untuk merendahkan dan menghina orang lain..tak berguru wis..sama orang hebat seperti itu.

Jadi ingat pas nonton hitam putih..kata seorang Dedy Cobuzer.."Kita tidak berhak menghakimi dengan kata2..menghina atau menjelek2 kan orang lain yang tidak kita kenal secara langsung dan tau betul siapa orang yang kita hina tersebut." Setuju dech Mas Dedy..! Jadi ingat juga..seorang sahabat blogger..yang akhirnya memutuskan untuk menutup kolom komentar untuk umum..dan hanya member dari blog tersebut saja yang bisa nulis komentar..karena memang sering juga dapat teror dari komentar negatif yang menghina dan memakai akun anonymous juga..hemm aku jadi ngerti sekarang perasaan dia sekarang..karena aku ngalamin juga. Tapi kalau aku sich tetep terbuka kok teman2..menerima komentar di blog..secara terbuka..asal yang itu tadi..komentar yang beretika dan bertanggug jawab..^^

Tapi..aku yakin dech masih banyak teman2 yang baik2 kan ya. Dan jangan jadi takut komen pakai anonymous ya teman2..hihi..cukup di cantumkan nama saja di bawahnya..dan juga kalau komennya baik2 atau nanya sesuatu ya pasti aku bales. Maaf nich sekedar curhat..karena sebel aja..kok ya ada orang yang nganeh2 hin kayak gitu ya.

Hari ini aku mau membahas tentang oven ya..kebetulan banyak teman2 yang nanyain tentang penggunaan oven. Memang nggak ahli2 banget sich pakai oven..tapi dari beberapa referensi yang aku baca..dan pengalamanku di dapur.

Oven dari jenisnya ada 3 macam ya teman2 :
  • Oven listrik, oven yang sumber panasnya berasal dari listrik. Oven ini paling mudah di gunakan untuk pemakaian skala rumah tangga. Oven ini juga paling praktis penggunaannya..karena sudah di lengkapi pengatur suhu, tombol timer pengatur waktu yang memudahkan pengoperasiannya. Oven listrik ini macam2 merk yang ada di pasaran ya..pilih yang ruangan dalemnya agak lega ya teman2..kalau mau beli oven listrik. Sesuaikan juga watt nya dengan persediaan listrik di rumah ya. Aku sudah mencoba beberapa merk oven listrik..dari yang terkecil..sampai sekarang yang agak besar ruang dalamnya..lebih enak yang ruangan dalamnya longgar sich..karena semua ukuran loyang bisa masuk. Terus panasnya bisa lebih merata..misal bikin kue kering gitu nggak ada yang sebagaian gosong atau kurang matang. Dulu pas pakai oven ukuran kecil..sering kali kalau bikin kue kering..harus sering di tengak tengok dan di geser loyangnya..bagian belakang ke depan..biar nggak gosong sebagian yang bagian pinggir dalam. Oh ya..oven listrik ini panasanya beda2 lho masing2 merk dan ukuran. Kalau oven kecil dulu aku suhu normal standart misal 170 - 180 udah cepet banget mateng kue kering atau cakenya..tapi kalau yang rada besar nich..suhu sedangku di ukuran 200 c..baru dech pas buat manggang cake..jadi..kalau panas oven itu sesuai masing2 ya..jangan sellau terpaku pada resep.
  • Oven konvensional / oven kompor / oven tangkring. Jenis oven ini adalah jenis oven yang sumber panasnya terpisah.  Biasanya berasal dari kompor atau bara api. Kelebihan oven jenis ini ya tentu saja murah biayanya dan harganya juga terjangkau...dan mudah di simpan..karena bisa di pindah2. Jadi ingat dulu jaman kecil..di rumah belum ada oven..kalau bikin kue ibuku suka pakai loyang dari besi yang langsung di taruh di atas tungku...atau loyang sagon yang di panggang atas bawah pakai bara sabut kelapa..bisa juga lho mateng bagus kuenya..^^
  • Oven Gas. Adalah jenis oven yang sumber panasnya berasal dari pembakaran gas elpiji dan terangkai menjadi satu dengan ovennya. Oven ini ukurannya besar dan biasanya di lengkapi dengan termometer suhu untuk memudahkan pengoperasiannya. Tapi sekarang ini juga ada katanya yang sudah otomatis pengaturan suhu dan timer otomatis..dari yang aku baca sich. Aku sendiri belum pernah pakai oven jenis ini..karena ya..belum perlu. Oven jenis ini memang cocoknya untuk skala usaha.
Biarpun aku nggak pengalaman pakai oven selain  pakai oven listrik..aku tulis saja ya tips2 pemakaian oven menurut jenisnya ya teman2..dari berbagai sumber ya aku baca..semoga sedikit bermanfaat ya..buat teman yang lagi mau belajar baking.

Sebelum memakai oven, panaskan dulu ya oven..sesuai dengan suhu yang di butuhkan, karena suhu oven sesuai yang di inginkan tidak langsung panas begitu kita menyalakan oven. Jadi..begitu masuk adonan cake atau kue kering..oven sudah siap dan panas sesuai suhu yang di butuhkan.

Tentukan letak rak sesuai kebutuhan. Misal memanggang cake yang perlu api atas bawah, lebih baik kalau rak di letakkan di tengah2, jadi bisa merata panasnya. Kalau untuk memanggang sitem au brain marie..misal bikin klapeertaart atau makaroni skotel..yang pakai api bawah saja..aku lebih suka meletakkan rak di paling bawah...biar cepat matangnya. Baru setelah matang di pindah ke rak paling atas..sekedar untuk mengeringkan topingnya.

Hindari pemakakaian rak lebih dari satu atau bertumpuk jika oven kita kecil, karena panas jadi kurang maksimal merata. Jika oven kecil, sering putar2 posisi loyang misal pas manggang kue kering agar tidak gosong di bagian pinggir dll...agar matang merata.

Untuk oven tangkring, letakkan di atas kompor tepat di tengah agar panas merata.
Karena tidak ada termometer oven..untuk oven tangkring, harus belajar mengenali oven masing2 ya teman2..biasanya sich untuk memanggang roti api kompornya di besarkan..sedang untuk memanggang cake api kompornya sedang ya.

Oke dech itu sedikit tips2 menggunakan oven ya teman2..yang penting..semakin sering nanti teman2 praktek..akan semakin akrab dan kenal kok sama ovennya..dan tau dech trik2nya sendiri. Atau ada yang mau nambahin tips juga..yukk silahkan tinggalkan pesan di komentar ya..^^

132 comments :

  1. Wah itu orang tandanya iri dengan mbak diah..mencari2 kesalahan orang utk menutupi kekurangannya sendiri...tetap semangat nulis ya mbak... :-) fany...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Fany..cuma rada sebel aja ..udah komen beberapa kali sich..aku diemin..ku hapus..komennya..hihi..yang terakhir tadi keterlaluan banget dech..*Nge judge dan menghina orang seenaknya..tapi ya itu..beraninya pakai nama anonymous..semoga di sadarkan aja ybs ya..atau di beri kerjaan..haha..biar nggak gangguin orang lain..:D ..

      Delete
    2. Hallo mbk diah... saya baru beli oven listrik nih tapi ga tau cara makainya. Merek cosmos co-958. Itu ada tombol fungsi. Gunanya buat apa y. Dan api bawah dan atasnya dimana y..

      Delete
    3. Assalamu'alaikum..bun ak puya otang tp ga ada yg lubang² kcil,trs kl ak mo bkin roti bgian atas kcoklatan gmn cra'y ya,bgi tips'y ya bun soal'y ak udh nyoba tp gagal roti'y ga bs k'coklat atas'y..trmksh sblm'y🙏😊

      Delete
  2. kalo oven listrik yg agak gede, listriknya brp watt, mbak? kalo boleh tau merk dan hrgnya juga... sorry nanyanya kebanyakan.. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hair Mba Mira...punyaku yang sekarang merk Krish dari Ace Hardware Mba...beli 3 tahun lalu ya kayaknya itu sekitar 800 ribu..nggak tau kalau sekarang ya..hihi. Loyang ukuran 33 cm masih masuk mba..dan lega dalemnya..:)...Tapi wattnya agak gede juga..klu pemakaian panas maksimal 250 C..2000 mba..hihi.

      Delete
    2. Gede banget.. listrik rumah pada harus dimati'in.. hiksss... yg kecil itu sampe brp watt yah? Hasilnya kalau buat cake untuk oven listrik kecil bagus gak? Jika dibandingkan dengan oven tangkring?

      Delete
    3. Hihi..iya Mba Mira..untungs aja sich di rumahku di atas 3 ribu watt..jadi aman2 aja sich kalau pake..:)
      Yang emrk kirin ada kok Mba..yang agak gede..itu lumayan juga buat bikin cake atau kuker..dulu aku sempat pakai bertahun2 juga..:)

      Delete
    4. Kalau oven listrik yg busa buat lapis legit tau ga mba? Biasanya merk apa ya ?

      Delete
    5. mba Diah ovenku sama kayak punya mba, nah kemarin lalu waktu mau pake kok lampu yg didalem ovennya mati, trus panasnya juga cuma anget aja. dulu pernah kejadian sama tapi waktu mau dipake bbrp hari kemudian nyala lagi dan panas lagi
      pernah punya pengalaman sama ga mba? bingung sebenernya oven ku itu rusak apa ngga, hehee makasih ya mba
      Ade

      Delete
  3. Amin atas doa mba Didi utk orang2 yg tdk bertanggung jawab atas pemakaian anonymousnya. Mba, kalo memanggang kue kering pakai ontrik kecil apa mesti pakai loyang aslinya ? Ato bisa pakai loyang kue kering biasa ?

    Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ari..mksh..:)
      Punya Mba Ari di rumah loyang bawaan dari oevnnya warna apa Mba ?..Kalau punyaku hitam..nah yang hitam ini ndak bagus buat manggang kue kering..karena kan cepat gosong bawahnya. Nah..kalau aku lebih suka pakai loyang alumunium biasa yang putih Mba..di atas rak kawat bawaan dari ovennya.

      Delete
    2. Punya saya loyangnya seperti loyang anti lengket mba, bisa pakai loyang itu saja ? Makasih mba ...

      Ari

      Delete
    3. Pokoknya asal nggak warna gelap Mba..loyangnya. Loyang berwarna gelap membuat kue kering jadi cepat gosong..:)

      Delete
  4. makasih tipsnya mba didi. alhamdulillah baru dapat warisan oven dari mamer... tapi belum pernah makainya.. hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..alhamdulillah ya Mba..rejeki itu..soalnya sekarag ya lumayan ya..harga oven..hihi..yang aku beli 3 thn lalu 800 rb..kata temen tadi udah 1. 6 jt skrg..:D

      Delete
    2. sampai skrg masih harga 899.000 di ace mbak

      Delete
  5. belum berani beli oven, takut nganggur, soalnya masih kerja 10-7... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mak..pasti sibuk ya..ndak sempat baking..:)

      Delete
  6. Ada lg mba namanya Oven Convectional, silakan googling

    ReplyDelete
  7. Pengen punya oven listrik mbak....tp kok mahal ya...hehehe. Liat2 di ACE Hardware....jd lapar mata mbak hihihi.. Ada jg orang yg sirik ya mbak padahal banyak lho ilmu yg bisa diambil dari blog mbak DD ini...tp ya biar aja deh mbak yg penting mbak DD tetep semangat bagi2 ilmunya, tetep semangat nulis, tetep jadi inspiratif buat temen2 yg lain....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..mskh supportnya..:)..tetep semangat kok..nich tetep posting tiap hari...hihi. Rugi sdr kalau jadi patah semangat kan..:)

      Iya lho..katanya yang punyaku udah dua kali lipat ya skrg di Ace..hihi..aku beli 3 tahun yg lalu dech kayaknya mba..:)

      Delete
  8. Ky nya yg dibicarakan bikin komen d postingannya mba hesti tu mba... tepatnya di "sate lilit"

    Masya allah. Sabar ya mba...
    Ck ck ck... ada2 ajah...

    (Kl dh d baca tlg d hapus ya mba... aku ga enak hati nih...)

    *Lina, Cirebon

    ReplyDelete
  9. Emang resiko punya blog ya Didi. Dicuekin aja dari pada bikin pusing. Selera orang kan beda-beda, pdhal kalo ga suka ya gak usah dibaca, ya tow? hehehe... Gtu aja kok repot. #Inge

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinter dech Mba Inge..hihi.
      Ya itu yang aku heran Mba..nggak suka blog ku tapi kok bolak balik nyempatin dan buang2 waktu komen di sini..:)..
      Iya mba..blog itu kan personal dan kita bebas mau nulis apa aja..selama tidak merugikan dan melanggar aturan hukum / masyarakat..kalau aku ya berprinsip..Go on ..aja sich Mba..:)..lha Saya bayar domain blog dan masak juga pake uang sdr hihi..nggak minta orang lain.

      Delete
  10. terimakasih atas share resepnya ya mbak,berguna banget..ikut grup di fb n sering searching di google akhrnya bisa tau resep yg oke n tentunya anti gagal.maturnuwun :)

    ReplyDelete
  11. Mba, oven ku oven listrik yg 18 l jd cm muat cetakan max 22 cm. Prnah bt kue pk cetakan 20 x 20 pk api atas bwh letak di rak tengah tp knapa bagian tengah kuenya gak matang ya mba, sedangkan bag tepi udh mulai hangus. Gmn caranya biar kuenya matang sempurna ya mba? Skrg aku hy berani panggang kue pk loyang tulban 20cm.

    Salam kenal ya mba dr Sisil :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sisil itu berarti tertutup loyang ya mba..kurang ruang sirkulasi panasnya..iya lebih baik di sekeliling loyangnya masih ada ruang jadi panas bisa merata..:)..jadi pakai loyang lebih kecil itu udah bagus..:)

      Delete
  12. mbak kalo mindahin loyang,ovennya tetep on ya klo otrik ? saat manasin oven hrs lgs api atas - bawah & brp menit ya ? trus pas manggang (entah roti,cake ato kuker ) hrs api atas-bawah semua ? maaf banyak nanya :) makasi sebelumnya :)


    salam kenal -zakiyyah-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba atas bawah semua..manasin oven 5 - 10 menit cukup..sambil byiapin cakenya panasin dulu..:)

      Delete
    2. Hi mbak..buat roti kue muffin dll oven listrik kl panasin pake api atas bwh dulu ya mbak?

      Delete
  13. Mbak, jenis loyang aluminum boleh masuk oven listrik ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry ya nyelak.. Klo pake loyang aluminium, bawahnya alasin loyang bawaannya ga?? Ato langsung taroh di atas rak nya aja..

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. Salam kenal mbak diah, saya juga tinggal di Semarang. Fbnya dgn nama yg sama ya mbak...aku tertarik sama tepung kentangnya. Ini kontakku mbak 081325789299

    ReplyDelete
  15. Hai mbak Diah salam kenal, saya jg tinggal di Semarang hobby masak n nyoba2 resep. Baru kali ini berani coment, biasanya cm pembaca setia resep n coment temen2 disini. Senyum2 sendiri kalo baca cerita yg lucu, ikutan sebel jg baca cerita mbak Diah di atas. Sy tertarik tepung kentangnya mbak, kontaknya via fb/email mbak. Ditunggu jawabannya mbak. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba iya..fb ku sama namanya ya..Diah Didi,,mksh supportnya mba.,.:)

      Delete
  16. Hai mbak diaaahh.... salam kenal yak.... aku mitha....

    Aku ney rencana mau beli oven listrik... nyari yg mumer dibwh 1juta lah... tp wattnya kecil aja... masih bigung mau beli merek apaan...

    Serching google kebanyakan pake kirin dan cosmos.... nyari kelemahan dan jelebihannya gak nemu2.... makin binguuuung....

    Mbak ada saran gak.... hehehehe..... oven listriknya yang sekitar 18-19L....

    Makasih mbak diah....
    Bdw aku sering loh nyontek resep dari mbak....
    (Nyonteknya kapan, ijinnya kapan) :D

    ReplyDelete
  17. Mba Iva..udah sms ya..:) Mba Mitha..buat pemula..kirin lumayan mba.kualitasnya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, sy br py oven listrik kirin. Kemren tes buat bolu, bag atas ngembang tp bg bwhny bantet jd seperti kue sagu. Salah dmn y mb. Panggang bolu hrs pakai api atas bawah y? #elysa.

      Delete
    2. Mba, sy br py oven listrik kirin. Kemren tes buat bolu, bag atas ngembang tp bg bwhny bantet jd seperti kue sagu. Salah dmn y mb. Panggang bolu hrs pakai api atas bawah y? #elysa.

      Delete
  18. Salam kenal mba..
    Mau tanya boleh ya.. Kalau manggang kue kering pakai otrik, bisa sekaligus 2 atau 3 loyang masuk ke otrik ga mba?

    Ika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa mba..satu loyang aja di tengah biar panas bisa merata maksimal..kec otrik besar tuch yang kayak di resto2..:)

      Delete
  19. Salam kenal mba,
    Mau tanya u/ memanggang kuker sebaiknya pakai api atas atau atas bawah yah ? Oven sy kyknya seperti mba punya, merk kris acehardware. Apakah bs skali panggang 2 atau 3 loyang (susun keatas) ? Thank's �� atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohiya sorry ada yg kelupa... Panas yg tepat berapa yah untuk memanggang kuker, sy biasa memanggang menggunakan loyang teflon, pdhal sdh memakai suhu 140 C slama 15 menit + 100 C slama 15 menit, tetapi ttp saja srg kali bwh kuker agak gosong.... Sorry nih mba, nanya nya kebykan ^^

      Delete
    2. Nggak bs susun mba..kalau manggang cake atu kue kering itu kalau oven listrik tuma tangga satu2..kec yang oven besar itu bs susun.
      Kalau pakai kris aku 17-0 - 180 mba..nggak gosong..kalau kekecilan lama matangnya..:)

      Delete
    3. Kl pk suhu 170-180
      Kira2 waktu ny brp lama ya mba...
      salsm ya mba DD...
      thq



      Risti

      Delete
  20. mbak aku baru beli panci serbaguna yg bisa dipake panggangan juga.. kt yg promosi sih ktnya kl panggang kue loyangnya bs lgsg ditaruh di dasar panci asal apinya kecil. stlah beberapa kali gagal entah krn salah prosedur atau mungkin jg saah ngocok.krn ilmu ngocok telurnya kurang stlah ngelmu dr blognya mbak didi ini finally td coba bikin cake gula aren resepnya mbak didi. pas ngocok bagus dan ngembang. dimasukin ke panci itu dari atasnya keliatan ngembang..wahhh seneng bgt..tp stlah 20 menit lhaa kok nglempess..akhirnya kukeluarin dan ya..gitu deh..rasanya sumpah enak bgt..teksturnya juga lembut kyk cake selayaknya..tp tampilannya..ampyuuunn.mlempessn bawahnya gosong.ini krn api kan ya mbak??nah kl aku panggang di atas saringan kukusan itu kira2 bisa ga ya? n kl kyk gitu apinya sedang atau kecil kyk biasanya aku pk pas panggang lgsg di dasar panci?..maap ya curcolnya kepanjangan .

    ReplyDelete
  21. Hi... Mau cari oven baru tapi lagi bingung mau beli merek apa.. Ada yang pernah pake oven gas otomatis merek maksindo? Atau ramnesia? Atau golden star? Qra2 bagus mana ya? Share donk.. Thx

    ReplyDelete
  22. salam kenal mba kebetulan oven kita sama yang mau saya tanyakan kalo tuk manggang cake pake suhu brapa dan kira-kira brapa menit ya,loyangnya di taro di rak tengah saja ya dan tuk ngeringkan permukaan kuenya pakai api atas or api atas bawah mba,punya saya yang 1200watt

    ReplyDelete
  23. Hallo mbk. Salam kenal. Aku baru nikah nih...6 bln yll. Aku niatnya ingin bahagiain suami dgan bisa membuat cake coklat. Soalnya dia seneng bgt. Belilah smw pralatan membuat cake trmasuk oven 2 in 1. Nah, syg cake aku gk mateng, boro2 bantet mateng aja gk. Aku pake 150 derajat celcius selama 2 jam untuk chocolate mud cake...huhuhuhu kenapa yah mbk. Please help me mbk..syg udh beli mahal bgt...*menurut ku mahal...hehe...

    ReplyDelete
  24. Halo Mbak Diah, salam kenal. Mau tanya ovennya yang luas itu berapa liter ya? Lagi cari oven yang luas, terjangkau, dan listrik nggak besar (di rumah cuma 900watt). Makasih banyak.

    Fian

    ReplyDelete
    Replies
    1. loyang 33 x 33 masuk mba..tapi watt nya besar 2000 maks..:)

      Delete
  25. Mba kalau oven listrik kapasitas 9liter recommended nggak ya mba?

    ReplyDelete
  26. Anjing menggonggong kafilah berlalu.. Yg suka ngejudge org biasanya menandakan karakter org itu sndiri ati bs jg pny kelainan jiwa ..dia mrasa puas kl ud ngebully org abis abisan.. Jgn dipikirin mba.. Cuekin aja kl kita layani dia makin puas dan berhasil

    ReplyDelete
  27. Salam kenal aj ya mba.. Aku jg hobby masak dan senang skli membuat mknn apapun..heheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba..iya..sekarang udah kebal..hihi, masih banyak hal positif yang bs di lakukan..dr pada mikirin orang usil :)

      Delete
  28. Salam kenal mb...saya lg belajar baking membaking....mo nanya.utk memanggang kuker,suhu dan lama memanggang brp menit ya mb....tengkiu....

    Anni

    ReplyDelete
  29. Hi mba diah.. bagus2 deh resepnya. Keep cooking n share y mba.. oven mba diah bagus bgt y tp listrikx gede bgt, ga bisa di tempatku :(. Oven kirin yg dulu mba diah pake tipe yg mana mba? Berapa liter?
    Makasih - ethy

    ReplyDelete
  30. salam kenal mba hehehe!yang sabar mba!oh ya mba mo tanya tips manggang kue lapis legit diopen listrik gmn caranya,soale sya gagal trus hehehehe

    ReplyDelete
  31. Salaam kenal mbak Didi.. :)
    Aq lg bljr2 buat roti nih mbak,dr struktur sm rasa rotinya sih udah yahud *kt aq hehee,tp knp ga bs besar ky roti pd umumnya ya mbak? Pas saat di fermentasi terakhir ukuran sudah bagus ngembang sempurna,tp pas masuk oven malah jd mengecil mbak..aq manggannya di oven listrik pake panas atas bwh suhu 190°c slm 10 mnt,apa krn pakai panas atas bwh ya mbak? Krn ada tmn yg blg klo manggang roti dan kue pakai api/panas bwh aja,itu bnr ga ya mbak? Trkhir cb buat aq pakai panas bwh aja,awalnya sudah bagus ngembang sempurna,tp krn yg bagian atasnya ga matang kecoklatan,ttpaksa pakai panas atas lg,eh malah jd turun lg rotinya,pdhl sblmnya sdh bagus ngembang :(
    Mohon pencerahannya ya mbak Didi...makasih sebelumnya.. :)

    -elsa-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai api atas bawah mba biasanya..tapi 200 C..biar cepat ngembang dan matang..:)

      Delete
  32. sis, kemarin aku baru beli oven cosmos 958. hari ini langsung nyobain bikin egg tart, pertama pake cetakan yg dari seng, ok berhasil. berikutnya aku coba cetak pake piring keramik keluar asap. kenapa ya mbak?

    ReplyDelete
  33. Aku belum pernah pakai keramik mba utk ngoven kue..mungkin daya hantar panasnya ya..yang beda. Kalau cetakan alumunium kan tipis ya dan mudah menghantar panas..kalau keramik lebih tebal..jadi mengumpul kali panasnya..:D

    ReplyDelete
  34. Salam kenal mbak diah.. Mau ty donk mbak kl oven listrik yg cm ada timerny itu gmn cara pakainy y.. Ga ada pengatur suhuny. Apakah bs lgsg digunakan aj dgn mengatur timerny.. Soalny baru dpt hadiah oven mini merk bsw nih.. N baru pertama x jg pakai oven listrik..hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem sama pertanyaan mba Angel Su mba didi (mba Angel maaf y nebeng:D). Kalau di oven saya juga tidak ada pengatur suhunya secara angka, hanya ada pilihan low-medium-high- and high power.
      Btw aq suka quotenya, ijin kutip y, tentunya dgn memberi sumbernya:).
      Thank you mba Di&Mba Angel!

      Delete
    2. Sama mbak punya sy jg ga ada pengatur suhunya cm timer aja ama aapi atas bawah. Klo pakai apai atas dan bawah cepat bgt gosongnya Tp tengahnya mentah. Gimana ya mbak solusinya?

      Delete
  35. Salam kenal mbak diah.. Mau ty donk mbak kl oven listrik yg cm ada timerny itu gmn cara pakainy y.. Ga ada pengatur suhuny. Apakah bs lgsg digunakan aj dgn mengatur timerny.. Soalny baru dpt hadiah oven mini merk bsw nih.. N baru pertama x jg pakai oven listrik..hihihi...

    ReplyDelete
  36. Hai Mbak Didi, mau nanya nih. Aq baru beli oven yang mini bgt kayaknya kapasitasnya 9 Liter aja. Kenapa y Mbak kalo aq baking pakai api atas dan bawah pasti cepet bgt kering/gosong atasnya padahal tengahnya belum mateng.
    Sementara posisi loyang udah aq buat di paling bawah. Solusinya gimana y Mbak? Makasih

    Ria

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya juga suka gitu, saya pernah bikin brownies pakai api atas dan bawah, bentuknya sudah bagus tapi pas tes tusuk tengahnya mentah, padahal itu ngoven udah lama. akhirnya saya masukin kukusan ... heee

      Delete
  37. Hi Mbak Diah..aku Rani.. Mau minta saran...aku lagi mau beli alat utk baking,grill,etc plus utk angetin makanan anak ...mending beli oven listrik,atau microwave convectional or microwave grill ya?..thanx before-Rani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem mba diah...
      pertanyaan ku sama jg...

      Hihiii mba rani.. maaf yaaa nebeng pertanyaan ny...hehe thq sebelum ny.... :)

      Delete
  38. Hallo mbak Diah Didi... dan mbak-mbak semua.
    Mohon ptunjuk...
    Kue apa yang paling gampaaanggg dan anti gagal buat pemula spt saya. Biar semangat dan trpacu yakin bahwa bisa jago kayak mbak-mbak disini.
    He he he he....
    Oh ya... saya baru membeli otrik Kirin cap 19L. (Klo mixer... masih nyicil ngumpulin duitnya).
    Sekalian mohon tipsnya atau saran perawatan Otrik biar awet sm saya... ��
    Dengar2... kalo otrik ataupun otang baru... biasanya kudu diapain gitu biar ga bau.... Saya kurang paham kudu diapain...
    Terimakasih ya
    -Henny-

    ReplyDelete
  39. Pagi mbak. Boleh minta info ngga. Untuk mengurangi makanan gorengan. Tahu tempe di oven pernah nyoba? Ada saran supaya hasilx seperti di goreng kering?

    ReplyDelete
  40. Hi mba diah aku mau tanya apa oven listrik kecil yang memiliki panas maksimal 250derajat bisa untuk memanggang kue jenis bolu untuk ulang tahun? Dan bagaimana solusi nya apabila ingin membuat kue dan diresep kue itu hrs d panggang di suhu 350 tq mba

    ReplyDelete
  41. Makasih banyak lo Mba Diii...kebetulan lagi ngebet banget pengen punya oven, jadi ada pencerahan hihi...

    ReplyDelete
  42. General Electric. GE .. oven the best lho :)

    ReplyDelete
  43. Hi Mba, aku baru beli kirin yg kapasitas 20L krn banyak rekomen merk itu. Irit litrik. belum sempet dicoba. Tapi dari beberapa review yang aku baca, apa memang perlu bolak balik muter loyang ya kalo mau bikin cookies, atau untuk cake di menit terakhir 5 atau 10 menit, dikasi panas atas. Gmn tuh Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Sudah coba menggunakan oven gas bu ? silah di cek keterangan nya disini :

      Tipe Oven Gas Sesuai Kebutuhan pembuatan Kue Cake dan Bakery
      Hubungi : 0821 2657 2597

      Oven Gas Tipe M40
      Ukuran PxLxT : 50 x 45 x 50 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
      Jumlah Rak : 2 Tray

      Oven Gas Goldenstars Tipe Stanstard
      Ukuran PxLxT : 80 x 45 x 55 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
      Jumlah Rak : 2 Tray
      Oven Gas Murah

      Oven Gas Goldenstars Tipe Super Standard
      Ukuran PxLxT : 82 x 50 x 60 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
      Jumlah Rak : 2 Tray
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas

      Oven Gas Goldenstars Tipe P60
      Ukuran PxLxT : 88 x 66 x 65 cm
      Kapasitas Loyang : 3 pcs
      Ukuran Loyang : 60 x 60 cm
      Jumlah Rak : 3 Rak
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.9 mm
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas

      Oven Gas Goldenstars Tipe KK50
      Ukuran PxLxT : 120 x 50 x 60 cm
      Kapasitas Loyang : 6 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
      Jumlah Rak : 3 Tray
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas
      Bahan Bakar : Gas Elpiji 12 kg
      Termasuk : Selang Gas, Regulator, Kaki+Meja, Termo, Kran Gas
      Cat / Warna : Anti Panas / Silver / Silver Stone


      Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi : 0821 2657 2597
      Atau cek : www.goldenstars.id

      Delete
  44. Mb,sy kemarin bli oven kirin..terus sy coba bikin kue kering tapi hasilnya slalu tengahny masih mentah y,padahal suhuny dah sesuai petunjuk resep dan waktu ngoven bs lama...itu kenapa y mba?hihi

    ReplyDelete
  45. Mba Diah. Pa kabar? Mau nanya, aku pny oven listrik yang ada pengaturan kipas'y. Ngefek gak ya ke cake nya. Soalnya cake sering bantet, roti sering mentah tengh'y bgtu jg brownies. Tapi kl pake oven biasa, berhasil mba. Makasih ya. Ummu syami

    ReplyDelete
  46. Mba Diah bantu saya dong, saya kesulitan memakai otrik.. suka stres karena lama banget dan sering gagal, bawah gosong atas blm mateng.
    otrik saya kecil cosmos 980. saya jadi bingung, kapan harus pakai api atas, bawah, atas/bawah.

    ReplyDelete
  47. hai Mba Didi, saya sudah ada oven listrik tapi ukuran kecil cuma bisa masuk 1 loyang ga bisa ditumpuk rencana mau beli oven yang lebih besar sedikit.

    mau tanya mba kira2 kalo saya beli oven seukuran punya mba, untuk baking cupcake sampe 2 loyang ditumpuk pengaruh ke cakenya ga ya? apa jadi ga rata matangnya ato gimana gitu? soalnya tujuan saya mau 'upgrade' oven karena biar sekali panggang bisa 2/3 loyang masuk. tapi seukuran mba didi oven yg saya maksud yaa bukan yg gede2 banget.

    sekalian info jg mba selain merk KRIS dari ace hardware, mba tau ga oven seukuran mba tp merk lain? krn saya tinggal di kota yg ga ada ace hardware hehe. matur suwun mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oven listrik nggak bs di tumpuk waktu manggang mba..jk mau usaha pakai oven gas aja yang besar..memnungkinkan beberapa loyang sekaligus nggak masalah

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Silahkan di cek untuk rekomendasi oven gas terbaik di Indonesia

      Tipe Oven Gas Sesuai Kebutuhan pembuatan Kue Cake dan Bakery
      Hubungi : 0821 2657 2597

      Oven Gas Tipe M40
      Ukuran PxLxT : 50 x 45 x 50 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
      Jumlah Rak : 2 Tray

      Oven Gas Goldenstars Tipe Stanstard
      Ukuran PxLxT : 80 x 45 x 55 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
      Jumlah Rak : 2 Tray
      Oven Gas Murah

      Oven Gas Goldenstars Tipe Super Standard
      Ukuran PxLxT : 82 x 50 x 60 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
      Jumlah Rak : 2 Tray
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas

      Oven Gas Goldenstars Tipe P60
      Ukuran PxLxT : 88 x 66 x 65 cm
      Kapasitas Loyang : 3 pcs
      Ukuran Loyang : 60 x 60 cm
      Jumlah Rak : 3 Rak
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.9 mm
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas

      Oven Gas Goldenstars Tipe KK50
      Ukuran PxLxT : 120 x 50 x 60 cm
      Kapasitas Loyang : 6 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
      Jumlah Rak : 3 Tray
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas
      Bahan Bakar : Gas Elpiji 12 kg
      Termasuk : Selang Gas, Regulator, Kaki+Meja, Termo, Kran Gas
      Cat / Warna : Anti Panas / Silver / Silver Stone


      Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi : 0821 2657 2597
      Atau cek : www.goldenstars.id

      Delete
  48. Mba bisa kasih referensi oven yang mutunha bagus awet buat skala usaha.. Terima kasih ya mbaa semogablekas dapat jawaban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oven gas aja mba muat byk dan lebih stabil panasnya :)

      Delete
    2. Sekedar membantu informasi dari Mba Diah tentang rekomendasi menggunakan Oven Gas untuk Mba Retno :)



      Tipe Oven Gas Sesuai Kebutuhan pembuatan Kue Cake dan Bakery
      Hubungi : 0821 2657 2597

      Oven Gas Tipe M40
      Ukuran PxLxT : 50 x 45 x 50 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
      Jumlah Rak : 2 Tray

      Oven Gas Goldenstars Tipe Stanstard
      Ukuran PxLxT : 80 x 45 x 55 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
      Jumlah Rak : 2 Tray
      Oven Gas Murah

      Oven Gas Goldenstars Tipe Super Standard
      Ukuran PxLxT : 82 x 50 x 60 cm
      Kapasitas Loyang : 2 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 60 cm
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
      Jumlah Rak : 2 Tray
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas

      Oven Gas Goldenstars Tipe P60
      Ukuran PxLxT : 88 x 66 x 65 cm
      Kapasitas Loyang : 3 pcs
      Ukuran Loyang : 60 x 60 cm
      Jumlah Rak : 3 Rak
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.9 mm
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas

      Oven Gas Goldenstars Tipe KK50
      Ukuran PxLxT : 120 x 50 x 60 cm
      Kapasitas Loyang : 6 pcs
      Ukuran Loyang : 40 x 40 cm
      Jumlah Rak : 3 Tray
      Bahan Dasar : Plat SPCC Azzer 0.8 mm
      Optional : Rockwoul / Peredam Panas
      Bahan Bakar : Gas Elpiji 12 kg
      Termasuk : Selang Gas, Regulator, Kaki+Meja, Termo, Kran Gas
      Cat / Warna : Anti Panas / Silver / Silver Stone


      Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi : 0821 2657 2597
      Atau cek : www.goldenstars.id

      Delete
  49. Mau jual kalo aja ada yg minat mau bantui mama saya jual oven microwave panasoni dan giant oven oxone tipe nya yang panasonic MICROWAVE NM-SM320M dan yang oxone OXONE GIANT OVEN OX-899RC,pas itu beli karna laper mata aja mama saya,kalo minat bisa hubungin wa saya di 087777620377 rumah saya di bekasi barat,untuk info lanjut nya bisa hubungin sya via wa untuk harga buka nya 1,9 borongan masih bisa nego kok sedikit heeh ,trim

    ReplyDelete
  50. masih bingung beda microwave sama oven listrik :D
    klo kirin kbo-190raw itu bisa buat bikin cake jg ga ya mbk?makasih

    ReplyDelete
  51. Hai mbak salam kenal, aku bingung mau cari oven listrik merk apa? Aku udh searching google masih bingung juga. Rencananya mau beli oven antara oxone 4in1 858BR, cosmos9925, sama kirin 200Rab Tolong dongg mbak kasih saran merk apa yang pas??makasih

    ReplyDelete
  52. Halo Mbak :)
    saya baru mau belajar baking nih Mbak. kemarin beli oven kris 30l. tapi kalau diliat2 di pilihan apinya, ternyata nggak ada pilihan api bawah saja (atau saya yang ngga ngerti dengan simbol2 ini ya?)
    dengan kondisi seperti itu, apa bisa digunakan untuk memanggang kue2 yang harus dipanggang dengan api bawah saja?

    ReplyDelete
  53. Halo mb diah,,,
    Saya karin, salam kenal ya,,, saya beginner bgt nih,, aku mau tanya,, kalo punya oven yang uk. 19 liter, pake loyangnya uk. brp ya? Makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Mbak mau tyk kan saya baru paki oven listrik bikin cake caramel apa bener cara pakaix adonan masukan ke oven lalu pilih 175 suhu lalu pilih api atas bawa dan pilih 45 menit apa bener gitu ya soalx saya nyobai kok ada yg gk mateng apa saya cara nyetel ovenx salah

    ReplyDelete
  56. Halo Mbak Didi, salam kenal dari saya, Ria... Mohon advicenya dong mba merek oven listrik...saya new mau beli oven listrik tapi masih belum pengalaman merek apa yang mau saya beli...mengingat saya newbie di bidang baking...lagi mau coba baking mba...makasih mba

    ReplyDelete
  57. nyari2 review oven,,eeh nyangkut lg d blognya mb Diah,nanya nih mb, klo untuk kue kering tu bagusnya pake oven yg gmn yahh,,api bawah aja ato atas bawah,,?yg cepet matengnya dan merata gituu,bakulan anyaran pgn upgrade oven nih mb hehee,,soalnya kmrn bikin kuker toples 250gr sbyk 19 lusinan pk otang 2 biji ngabisin wkt hampir 2 minggu,,hedeeeeh,,sempet liat2 yg oven gas otomatis itu,bagus sih,cmn harganya jg rada amit2,,sebelum memutuskan ambil yg mana kudu nelen info byk2 dl nih,biar ga nyesel

    ReplyDelete
  58. Halo mba Diah,
    Salam kenal. Sy newbie, lagi coba2 buat kue kering. Saat sedang setengah jalan proses oven, ternyata gas habis, sedangkan sdh malam. Sy mau bertanya apakah mempengaruhi hasil panggangan kue kalau baru besok dilanjut lg stlh ganti gas? Lalu masih ada 1loyang yg blm di oven, bgmn nasib kue kering yg blm di oven itu ya kl bsk dilanjut?
    Maaf ya kl pertanyaan nya terlalu basic. Terima kasih byk

    -Vin-

    ReplyDelete
  59. Hai mba Diah salam kenal.Saya bingung mau cari oven listrik merk apa? saya udh searching google masih bingung antara mau beli oven oxone 4in1 858BR, atau kirin kbo-190RA Tolong dongg mbak kasih saran merk apa yang pas??makasih


    ReplyDelete
  60. hai mbak diah.. salam kenal. baru baca ini kebetulan ada uneg-uneg.
    aku baru beli freestanding stove. yang oven melekat ama kompornya. merk winn gas tipe w5060. sesuai bugdet IRT lah...
    pertanyaanku, kalo seumpama aku pake loyang alumunium yg biasa dipake di oven biasa itu bisa gak ya... (bener gak bahasaku??)
    apa gak meleleh ya nantinya loyangnya?? soalnya bawaan dari kompornya itu ada loyang teflon. itupun cuma 1 biji aja. kalo pengen buat kuker kan kurang ^^

    trus garis2 besi buat tempat loyangnya itu juga kalo dikasih punyae oven biasa apa juga bisa??

    paham gak mbak ama bahasaku?? ^^

    ReplyDelete
  61. Mba ak pk oven listrik merk kris.. Yg gkad api bwah.. Bbrp kali bkin cake matang tdk merata

    Dmn salahny ya mbak 😭

    ReplyDelete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. Makasih banyak mbak diah atas balasannya.mudah2an entr berhasil,mau buat cookies.

    ReplyDelete
  64. Wahh super duper thankyou.. Dapat pencerahan buat oven gas.. Semoga bisa di praktekin deh.. Thanks sekali lagi yaa..

    ReplyDelete
  65. Salam kenal mbak, sy jg pake otrik muat loyang ukuran 25cm tp juga pake oven gas ,ini baru cocok kalo kita mau bikin kue kering bisa 3 susun ,kalo cake bisa loyang ukuran besar,apinya bisa api bawah saja atau atas bawah. saya jg hobi bikin cake,roti/pizza jg masakan barat. Have a nice day :)

    ReplyDelete
  66. Hai mbak.ikutan tanya soal oven takring nya ya...untuk yg 3 tray tidak bisa sekaligus dipakai smua ya? Karena bagian paling atas dan tengah belum matang tapi karena adonan rotinya paa untuk 3 tray apakah tdk over proofing adonan yg 2 tray menunggu di bakar ya?
    Tq sebelumnya
    Prili

    ReplyDelete
  67. Salam kenal mba diah, mba aku mau nanya nih,kan aku dpt hadiah oven kirin seri kbo90m,aku tuh bingung klo mau panggang kue terutama cake, pake loyang ukuran berapa yah ? Soalnya dlmnya sempit,trimakasih yah mba �� @ Ernie

    ReplyDelete
  68. Salam kenal bunda diah, daya baru belajar bikin kue pake otang,,.yg saya beli pas bagian belakang otang ada beberapa lubang kecil yg bisa ditutup dan di buka,,. Nah..pas lagi manggang kue..sebaiknya lubang2 kecil tersebut dibuka atau ditutup bund..?.. Terimakasih bunda..saya menanti jawabannya..

    ReplyDelete
  69. Slam kenal mba diah..q baru belajar bikin cake kok hasilnya krg memuaskan...kira2 msalahnya apa ya mb..atasnya yg bagian tengah masi lembek tp pinggirnya uda agak gosong q pakai rak tengah mb oven q kirin KBO190RA..makasi

    ReplyDelete
  70. Slam kenal mba diah..q baru belajar bikin cake kok hasilnya krg memuaskan...kira2 msalahnya apa ya mb..atasnya yg bagian tengah masi lembek tp pinggirnya uda agak gosong q pakai rak tengah mb oven q kirin KBO190RA..makasi

    ReplyDelete
  71. salam kenal mba,
    saya sering mengalami bagian dalam tengah kastengel yg saya buat masih basah.
    suhu & timer yg tepat utk oven kirin kbo190ra ketika memanggang kastengel brp ya mba?
    bila berkenan sekaligus tips & triknya ya mba :D
    makasiiii

    ReplyDelete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. Pagi Mbak Didi, salam kenal ya..
    .
    Mbak... saya mau tanya...
    Mana yg lebih bagus ya.. antara oven cosmos type 958 dgn oven cosmos type 9919R.. terutama dlm hal pemakaian daya listriknya mbak..
    Tks..

    ReplyDelete
  75. Siang mbak..saya lagi galau menentukan oven sekaligus kompor alias freestanding cooker (FC). Pengennya sih beli merk terkenal sekalian dan fitur yang komplit. Tapi budget tidak memadai. Akhirnya ada dua merk yang masuk budget dan fiturnya cukup lengkap.
    1. Electrolux ekg20100ok. Dimensi FC secara keseluruhan 50x53,5x85. Sudah ada api atas bawah bergantian,pengaman kompor dan oven,timer,termostat dan lampu oven. Dan katanya powerfull Burner tungku dan oven sehingga menghasilkan panas yg presisi dan stabil pada oven dan tungkunya sehingga pemanggangan akan matang sempurna(iklannya sih,saya sendiri.tidak tau apa memang seperti itu apa tidak ,karena tidak ada review jg. Hanya merk-nya lumayan ternama). Kekurangan menurutku hanya di ukuran ovennya 51 liter dan memang belum memiliki fan atau tidak convention.
    2. Italina fc67. Fitur sama dg merk di atas. Tapi tidak dijelaskan apakah hasil panggangan oven akan bs matang sempurna Krn oven tsb tidak memiliki fitur dan (convention). Dan merknya juga agak kurang terkenal. Saya belum memiliki review mengenai merk ini. Hanya saja tidak ada penjelasan apakah merk ini memiliki kualitas panggangan yang sempurna.
    Selama ini saya menggunakan orang mickey mouse ukuran kecil untuk membuat kuker. Dan hasilnya sudah cukup oke. Cuma memang agak geregetan Krn ukuran oven yang mini tidak bisa memanggang dalam jumlah besar.
    Saya ragu,apakah oven dengan kapasitas 51 liter dengan 2 rak sudah cukup untuk kebutuhan rumah tangga? Mengingat saya memang suka baking. Atau apakah lebih baik langsung beli ukuran 72liter,namun merk yang masuk budget saya tidak memiliki review. Dan apakah tidak berlebihan ukuran oven 72 liter untuk saya yang pemula ini? Mohon pencerahannya mbak.

    ReplyDelete
  76. Halo mbak, saya mw tnya kira2 kalau pakai oven yg api nya atas bawah, besi nya harusnya menyala atas bawah kan ya? Tapi knp oven oxone 858 br saya pertama nya nyala setelah 10-20 menit pemanggangan besi nya ga menyala merah lagi/redup, apa rusak ya? Kalau api atas saja atau api bawah saja besi nya mau nyala.

    ReplyDelete
  77. Halo mbak, saya mw tnya kira2 kalau pakai oven yg api nya atas bawah, besi nya harusnya menyala atas bawah kan ya? Tapi knp oven oxone 858 br saya pertama nya nyala setelah 10-20 menit pemanggangan besi nya ga menyala merah lagi/redup, apa rusak ya? Kalau api atas saja atau api bawah saja besi nya mau nyala.

    ReplyDelete
  78. Mbak... oven saya merk klaz, saya baca tentang tombol suhu, jumlah tombol sesuai dgn buku petunjuk sudah sama yaitu ada 6 tombol, gambar2 nya sama semua kecuali tombol api bawah kok gak sama dgn di dlm buku... jd ketika proses oven saya jd ragu untuk menggunakan suhu api bawah (padahal resep menggunakan apo bawah), pertanyaan saya : apakah mungkin oven saya tdk asa suhu api bawah, sedangkan yg lain ada ? Mohon pencerahannya dong mbak.. saya dgn nila di jkt, makasih

    ReplyDelete
  79. Mba merk oven saya kris dr ace hardware yang 32 liter,gak ada pilihan api bawah ya? Cara ngatur suhu nyaa gimana biar atasnya gak gosong duluan? Soalnya kalo d pake cake atas nya udah gosong duluan...bawahnya masih mentah...

    ReplyDelete
  80. Mba aq mau tny knp y setiap pke otang apix komporx jd merah trs pnasx jd ga stabil jd bingung apa otang sya rusak y mba jd bingung klo bikin kue msakx jg agak lama mhon pencerahanx mba 🙏

    ReplyDelete
  81. Mbak, ini oven listrik saya merk kirin yg 25 liter. Kalo mau manggang nastar boleh susun 2 atau 3 loyang gitu ngak

    ReplyDelete
  82. bunda.... mau nanya nih kbtln aq msh bingung... klo oven listrik dg convection/kipas apa bs d gunakan utk memanggang segala jenis cake / kuker... mksh ilmunya mba..🙏🙏

    ReplyDelete
  83. Assalamualaikum wr.wb




    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuanganan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi keuangan yang stabil lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami menyediakan Anda dengan suku bunga terendah 2% pinjaman Anda dapat menemukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami, kami telah memutuskan untuk membantu saudara-saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Tuhan. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com
    Pin BBM: {E39B5EE5}  

    ReplyDelete
  84. Halo
    orang-orang baik saya di Asia, semoga ALLAH terpuji, nama saya Mahmud Simon, warga negara INDONESIA tetapi saya berbasis di sini di MALAYSIA; Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda semua tentang kebaikan Tuhan yang akhirnya membawa saya ke pemberi pinjaman yang baik ini melalui Ibu Nurliana Novi, pemberi pinjaman pinjaman yang benar-benar asli bernama Elina Johnson, direktur ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN , setelah saya ditipu oleh  pemberi pinjaman palsu, saya bangkrut, putus asa dan tidak tahu harus berbuat apa dan siapa yang harus dipercaya, kemudian dia datang dan memberikan senyum lebar di wajah saya sebagai kejutan terbesar saya. Saya tahu sebagian besar dari Anda juga pernah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percaya,

    Sekali lagi setelah saya mendapat pinjaman darinya, saya berinvestasi dalam bisnis dan saya melihat bahwa saya membutuhkan lebih banyak, saya terkejut ketika ibu memberi saya pinjaman lain selain pinjaman sebelumnya, orang-orang baik saya, saya telah melihatnya dan saya bagian dari pengalaman, hari ini hidup saya mendapat giliran baru berkat ibu Elina, ya mungkin Anda takut karena kesaksian palsu yang Anda dengar tetapi saya adalah saksi dan jika saya berbohong semoga ALLAH mengambil nyawa saya, saya ada orang jika Anda mau pinjaman asli dia adalah satu-satunya yang dapat Anda percaya,

    Nyonya Elina Johnson dari ALL GRANT ELINA JOHNSON LOAN hubungi saja dia hari ini melalui email: elinajohnson22@gmail.com »atau Anda dapat menghubungi saya melalui email saya untuk panduan lebih lanjut; mahmudsimon2@gmail.com, dan saran cara mengajukan pinjaman dari Ibu Nurliana Novi di nurliananovi96@gmail.com. Saya menunggu untuk mendengar kabar baik Anda sendiri, Terima kasih semua dan semoga ALLAH terpuji.

    ReplyDelete
  85. VOLVO ERSATZTEILE
    Wir bieten dir Volvo Ersatzteile zum besten Preis und in höchster Qualität.
    Volvo ERSATZTEILE

    ReplyDelete
  86. Apakah ada merk oven listrik tertentu yang direkomendasikan, dan apa alasan di balik rekomendasi tersebut? Visit Us Telkom University

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel