Laman

  • Home
  • About
  • Recipes
  • Cooking Tips & Tricks
  • Food Street/Restaurant Review
  • Contact Me

Tuesday, September 10, 2013

Resep Mangut Lele Asap Khas Yogya


Pagi2 tadi kepasar..mau beli ayam aja sich buat Yodha yang lagi seneng2nya ayam goreng..eh..nemu lele asap juga di tempat Mbah2 yang jualan ikan..dll. Wah..seneng sekali..secara lele asap..nggak tiap hari ada di Pasar..adanya cuma sesekali. Kalau mangut iwak pe dan manyung sich..banyak..melimpah tiap hari di Semarang. Nah..kalau dapat ikan lele asap..pikiran langsung tertuju ke mangut lele khas Yogya. 

Yapp..di Yogya..juga punya masakan khas..ala mangut lho..Cuma..kalau di Yogya..mangutnya mangut ikan lele. Banyak warung2 makan mangut lele yang udah nge top..antara lain Mbah Marto di Nggeneng Jl Parangtritis..deket rumahku sich..hihi. Dulu awal2 ngetop..aku ikut penasaran juga sich..kok sampai ngetop segitunya..di mana2..di ulas mangut lele Mbah Marto ini. Dan ternyata..o alah..cuma kayak mangut lele buatan ibuku..hihi. Mungkin buat yang nggak biasa ya..seru2 aja ya..makan di mangut lele Mbah Marto ini..soalnya.makannya sambil ngeliatin masaknya di pawon ( dapurnya ) gitu, terus makannya ambil sendiri..bebas juga mau makan di mana..di ruang tengah..di teras..di pawon..hihi. Jadi serasa bertamu di rumah orang dan di suguhin makan gitu. Tapi..bayar ya..hihi. Pawon adalah dapur khas Yogya..yang alat masaknya di sebut *luweng*..terbuat dari batu bata dan tanah liat..masaknya pakai kayu..atau uwuh...apa itu uwuh..yaitu sampah daun2 nan kering...hihi. Sekali masak..di luweng..bisa 3 panci sekaligus..misal..depan masak air..tengahnya abuat masak nasi..paling belakang..bisa buat merebus singkong..atau sayuran..hihi..enak..dan praktis kan..cuma..bener2 kayak sauna dech..kalau masak pakai luweng ini..panas..hihi. Makanya..orang dulu malah sehat2 ya..lha tiap hari mandi sauna di dapur..^^

Dii rumahku juga masih punya..alat masak begitu....walau makainya ..kalau ada hajatan aja..biasanya buat masak nasi dalam jumlah banyak..dan pakai kayu banyak juga..jadi cepat matang. Biasanya Pawon khas Yogya..yang pakai kayu ini letaknya di belakang rumah..jadi  istilah kerennya sekarang..dapur kotor..atau dapur basah gitu kali ya. Dapurnya luas..dan terbuka gitu…Cuma dulu pas kena gempa..pawon di rumahku yang lama rusak juga..jadinya..sekarang tetep ada dapur begitu, cuma nggak sebesar duluTapi memang khas lho..kalau masak pakai kayu bakar ini rasanya. Lebih enak…dan beda aromanya. 

Nah..karena punya lele asap..segera dech tadi pagi ku masak buat sarapan. Bumbu2 udah di luar kepala..soalnya.dulu ibuku sering banget masak lele ini..dulu..lele juga nggak beli..hihi..jadi lumayan sering masak mangut lele gini. Kalau ibuku dulu lelenya di asapin pakai sabut kelapa yang di bakar..atau langsung di panggang di atas bara. Beda lele asap dengan lele di bakar, kalau di asap ini..lebih keset..dan sedep baunya..bau khas..asap..jadi ketika di masak dengan kuah santan..aroma asapnya tercampur juga di kuah..jadi rasanya khas sekali. Tapi..tenang..jika mau coba mangut lele dan nggak ketemu lele asap..bisa juga mencoba versi mangut lele goreng. Di Yogya..ada mangut lele yang terkenal juga…selain mangut lele Mbah Marto Nggeneng..yaitu mangut lele Bu Is…yang ini versi kuahnya lebih kental..dan lelenya di goreng. Ada juga..di Jalan Parangtritis..restoran terkenal..yang ada menu mangut lele gorengnya..yaitu resto Numani..deket ISI (Institut Seni Indonesia) Yogya..deketnya warung Mbah Marto ..deket rumahku juga..hihi. Rumahku memang di Yogya selatan..tapi..sekarang ini..udah jadi pusat kuliner khas dan wisata juga..banyak resort2 bagus..di dekat rumahku..Kayak Tembi Rumah Budaya..Ndalem Bantul..D Omah Yogya..dan banyak lagi..yang baru2.ini..jadi..kalau ke Yogya..dan kehabisan hotel di pusat kota..menginaplah agak ke selatan teman2..dari kota juga nggak terlalu jauh..nggak nyampe 30 menit....akses jalan Parangtritis juga bagus..lebar..dan yang jelas..hotelnya lebih bagus2 dan unik..daripada di kota..karena..bergaya resort gitu. 

Oke.kalau lagi di Yogya..jangan lupa..cicipin mangut lelenya ya..enakk..!..Kalau mangut lele ala Mbah Marto, di dekat kampus ISI Yogya..dari depan ISI  kita masih harus ke selatan sampai kantor pos Sewon, di depan kantor pos (seberang jalan) ada jalan ke barat (gapura), ikuti aja jalan sampai mentok..ntar tanya di situ Mbah Marto,..pasti pada tau dech. Kalau mangut lele Mbah Marto..di sajikan dengan gudeg dll..pelengkapnya. Kalau yang versi mangut lele Bu Is di daerah Jetis..beda lagi..mangut lelenya di sajikan dengan aneka lalapan dan urap sayuran. Warungnya ada di Jl.Imogiri Barat km 12 Sumber Agung Jetis Bantul (utara perempatan Jetis Bantul, dari arah Mbah Marto  lurus terus sampai perempatan lampu merah kedua, belok kiri )..Buat yang belum sempat ke Yogya..ayook..masak sendiri dulu di rumah..aku bagi resepnya ya..Mangut Lele Khas Yogya..ala ibuku tentunya. Mangut ini sebenernya kayak sayur santan pedas biasa..cuma yang jadi ciri khas..adalah bumbu kencur dan suntinya..juga..aroma asap yang keluar dari lele asapnya inilah..yang mebuat mangut lele asap..terasa berbeda rasanya dengan mangut lele goreng. tapi..semua enak kok..hihi..cobain ya..^^
Mangut Lele Khas Yogya

Bahan :
4 buah lele asap/ goreng
800 ml santan sedang kentalnya
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
Garam dan gula merah sesuai selera. ( 1 sendok teh garam, 1/2 sendok makan gula merah..kalau aku )
Bumbu kaldu jika suka..sedikit. ( 1/2 sendok teh kaldu bubuk..kalau aku )

Bumbu :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm kencur
1 cm sunti ( Biasanya di jual sepaket dengan bumbu dapur, salam laos, dll )
Cabai merah dan rawit, sesuai selera

Cara membuat :
Bumbu2 di ulek kasar aja, terus di tumis..sampai benar2 matang dan harum.
Masukkan santan dan bumbu2 lain, tunggu sampai mendidih, baru masukkan lele asap / goreng.
masak dengan api sedang hingga kuah berkurang dan bumbu meresap ke dalam lelenya. Koreksi rasa. Sajikan.

Tips :
Mangut lele ini enak di makan dengan urap..gudeg..dll. 
 Lele asap..kayak gini nich penampakannya teman2..:











16 comments:

  1. waktu di Bawen dulu sering masak mangut manyung mbak. Bumbunya dibakar dulu sebelum diuleg. Enak juga tuh aromanya. Bikin khas gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..kalau di Bawen di bakar ya Mba..bumbunya?..Hemm..seru kayaknya..Kalau di Semarang..sama kayak di Yogya..di tumis..cuma..kalau mangut Semarang pakai kunyit..dan ada yang pakai kemiri juga..kalau mangut Yogya..ala ibuku..nggak pake..^^

      Delete
  2. ibuku sering masak ini mbk,wenak tenan rasane..tp penasaran sm yang di jogja yang sering masuk tivi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya jelas lebih enak buatan ibu kita donk Mak Hanna..hihi..lha di Tivi..biasalah kan buat liputan..jadi kesannya...enak banget gt ya Mak....:)

      Delete
  3. sunti itu apa mba? apa sunti = kunci yang buat sayur bening bayem bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mba Siti...kunci itu temennya kencur..mirip memang..cuma beda aroma..:)

      Delete
  4. aku juga bingung itu mba apa salah ketik ya...hihii, aku kok gak mudheng n kenaal sama SUNTi.
    Apa jangan2 temu kunci ya?? Thkass

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin beda sebutan aja ya Mba ..klu Di Yogya..di sebut sunti..kencur dan sunti..gitu..hihi

      Delete
  5. Aduhhh, elap iler. Di Jember jarang ada lele asap Mbak. Jadi biasanya lelenya ku goreng. Jadi penasaran pengen nyoba yang di asap trus dimasak. Aromanya itu lho. Mak, aku masih bingung sama penampakannya sunti itu lho. Daun atau masuk ragam empon2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..di goreng juga enak Mak..cuma nggak ada aroma asapdi kuahnya ya..:D
      Empon2 Mak..itu di dekatnya bawang putih..nyempil..kecil..ada fotonya..hihi..

      Delete
  6. wah,rumahnya mb diah di jogja kyknya deket nih ma rumah orangtuaku, di sewon :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya..nggak cuma deket Mba Nisrina..berarti..satu kecamatan..hihi..di Sewonnya mana Mba..?..

      Delete
    2. oya to? di bangunharjo mb, dukuh bakung :)
      mb diah di mana?

      Delete
    3. Di dekat pasar Seni Mba..atau waterpark tuch..wah..bisa ketemuan ya..klu sama2 mudik..hihi.

      Delete
  7. Nah ini dia si bumbu mangut kesukaan suamiku yg asli mbantil. Duuh aku kangen .. tp disini gak bisa nemu sunthi, gak bisa nanam.. padahal kalau dr jogja sdh niat nanam jd bawa sunthi. mana seons hargane 24 ribuan, gak mau hidup.. kalau sunthi beda dengan kunci yang utk masak bayam-jagung lo yaaa.. nah sebangsa kunci gampang nanamnya, aku sampai punya banyaaak pohonnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kalau di Yogya mangut pakai sunti ini ya..ibuku selalu gt..dan yang di Mbah Marto nggeneng it jg pake pernah liat di tv cara dia masak..:) Sedep memang..aku biasa cuma pake yang di bumbu dapur itu mba yang satu paket kan selalu aada sunti. nanemnya susah ya ternyata..:)

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...