Google Ad

Saturday, May 3, 2014

Gandasturi


Gandasturi..kue manis berbahan kumbu kacang hijau yang di goreng dengan di celup tepung..ada yang tau nggak kue ini aslinya dari mana ya teman2 ? Ini adalah kali pertama aku makan dan buat Gandasturi ini..hihi..lha memang jarang nemu di sini di Semarang..ataupun di keluargaku di Yogya ya jarang buat atau beli kue ini. Nah..pas masih punya stock kumbu kacang hijau kemaren..jadi kepikiran untuk mencoba membuat kue gandasturi ini. Udah lama sich sering baca resepnya di majalah..pas sering baca kok mudah dan legit kayaknya. Tapi baru kemaren ke ingat buat nyoba. Dan ternyata..memang enak dan legit ya rasanya..jadi suka dech. Soalnya aku memang suka kumbu kacang hijau. Jadi di buat snack apa aja kok ya suka gitu.

Woke dech nggak perlu panjang lebar cerita..yukk bikin aja di rumah..kalau mau tau rasanya teman2..atau udah pas sering bikin juga ya..mungkin. Oke dech have a nice weekend aja ya..mau buru2 soalnya..nganter Yodha glasi resik mau new year end perform di sekolahnya.

Oh ya ..ini resepnya ya..intinya itu kumbu kacang hijau yang di goreng tepung. Resep ala2 aku sendiri..:)
Gandasturi 

Bahan :
125 gram kacag hijau, rendam di air 2 jam
Air secukupnya untuk merebus
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh vanili bubuk
50 gram gula pasir ( sesuai selera )
50 gram gula merah, sisir halus
1/4 sendok teh garam
100 ml santan kental

Cara membuat isi :
Rebus kacang hijau hingga empuk dan air habis, haluskan kasar. Masak dengan santan dan semua bahan2 lain hingga kalis dan kesat. Selagi masih panas, bentuk bulat pipih sesuai selera.

Bahan pencelup, aduk rata :
100 gram tepung terigu protein sedang
2 sendok makan tepung beras
1/2 sendok makan tepung sagu
1 sendok teh gula pasir dan 1/4 sendok teh garam
200 ml air 

Penyelesaian :
Celup adonan kue gandasutri yang sudah di bentuk..ke dalam bahan pencelup, lalu goreng di minyak panas hingga matang. Sajikan.

24 comments :

  1. salam kenal mbak diah...., salut dan terima kasih utk mbak diah yg inovatif & murah hati.mbak mau saran nih...tolong kasih tau juga brp hasil yg didpt (misalnya: brp bh, brp mangkok or utk brp org dll) dr resep yg mbak posting itu.apalagi klo lgkap dg kiat,saran & tipsnya,wah...tengkyu banget mbak...!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..mksh sarannya..iya kadang2 ya ada tips2nya..cuma lagi buru2 tadi mau ke sekolah anak..:)..

      Delete
  2. Hai mba Didi..
    wah ini termasuk kue jadul di palembang mba..setiap tukang gorengan pasti jual ini. Kami bilangnya kue kumbu. Tapi di batam jarang yg jual..ada yg mirip tp isinya ketan hitam n kelapa parut. Wah kl kangen makan kue kumbu buat aja ya..kan sdh ada resep mba Didi yg bisa dicontek..he he he..thanks resepnya ya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh kue dari Palembang ya Mba Monica..sippp jadi tau dech..aku cari2 referensi di internet kok nggak ada asal usulnya..hihi. Nama lainnya kue kumbu ya Mba..sipp2 dech. Iya..ayukk bikin sdr Mba..mudah banget kok..:)

      Delete
    2. he he he kl aslinya dr mana ga tau mba..cm dr jaman kecil sdh ada di palembang..nah asli kue ini darimana juga ga tau deh mba..mungkin kue nasional kali ya..soalnya aku yakin neh di daerah sumatera ga cm palembang pasti ada kue ini..gitu mba..

      Delete
    3. Oh..kirain dari Palembang ya Mba..hihi..ya udah di anggap saja kue nasional ya..:)

      Delete
  3. kalo di tempatku itu bentuknya tipis dan garing ,enak bgt mba dan ternyata nggak begitu sulit tho buatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mudah kok Mas..bentuk bisa di sesuaikan selera..aku suka tak cetak tebel2 gt..biar mantab isinya banyak..:D

      Delete
  4. Kl di daerahku di kalimantan kita blgx sanggar kacang mb hihihiii... Kl pisang goreng kita blgx ckup sanggar aj...mkax bgtu pindah ke Lampung smpet bingung waktu nyari sanggar alias sii pisang goreng,sipenjualx malah nunjukin sanggar tari ┼┼aa..┼┼aa..┼┼aa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi...iya Mba..kalau di Jawa..sanggar itu..tempat belajar..ada sanggar tari..sanggar bermain..sanggar senam..:)

      Note..sanggar itu gorengan ya Mba..klu di sana..:)

      Delete
    2. Sanggar itu pisang kepok yg digoreng trus makanx pke sambel kacang/ sambel ebi...

      Delete
    3. Betul mbak Sabariah Achmad Lanna. Aku juga br tau kalau sanggar itu ternyata pisang goreng ya pas tinggal di Balikpapan sini..
      Kl di Balikpapan kl makan gorengan memang pake sambal.. :)

      Delete
    4. Wah..kpn2 perlu di coba ya Mba2..sanggar ini..belum pernah aku soalnya makan pisang goreng pakai sambal..:),,mksh infonya ya

      Delete
    5. Iya mb DD dan mb Fahmi Siswardani...kuliner daerah itu emg unik2 ya...tp justru itu yg jd ke khas an dan daya tarikx...sygx ÄŸ smw org "bangga" dg makanan daerahx :D

      Delete
    6. Kapan2 tak buat sanggar Mba..sambelnya bumbunya apa ya. ?

      Delete
  5. iya yah,mau aku coba ya mba.tadi aku suruh temen2 kost ku beli bahannya,kalo nggak ada yg mau bantu berarti nggak bakal dikasih.tadi aku ancam gitu mba supaya mereka rajin,daripada males2an pas weekend mending bikin kue..haha malah curhat jadinya =.=*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp..bagus itu..pasti seru bisa di buat rame2 dan di makan rame2 pula..:)

      Delete
  6. Halo mbak Diah, salam kenal.. sejak setengah tahun yg lalu aku rajin buka2 blognya mbak diah, lumayan buat nambah referensiku dalam memasak.. Pas banget mbah diah posting resep ini, kalau di Jakarta disebutnya Gandasturi (cuma dibalik huruf "T" dan "U" ajah) ini salah satu gorengan favoritku, ternyata resepnya gak sesulit yang kubayangin..hehehehe... next time mau coba bikin sendiri deh.. Thanks ya mbak.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shinta..salam kenal juga Mba..:)
      Wah di Jakarta juga da yang mba..jangan2 nama yag bener ya Gandasturi itu ya Mba..hihi..aku cuma spintas sich dulu baca2 di majalah..tapi kalau resepnya intinya begitu Mba..kumbu kacang hijau yang di goreng tepung..met coba ya..:)

      Delete
  7. Iya mba diah,di tmptku juga namanya gandasturi,ada juga yg bilang brengas,ibuku dulu prnah jual kue ini,tapi skrg ditanya resepnya lupa katanya,skrg jarang yg jual kue ini mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..gt berarti aku yang salah sebut..makasih infonya ya Mba Wilda..aku koreksi dech..:)

      Delete
  8. kelihatannya enak nih mba, kapan kapan akan saya coba bikin deh.

    ReplyDelete
  9. kok kelihatan enak banget.. kapan kapan coba.. btw sbenernya ini makanan khas mana yak?

    ReplyDelete
  10. selama sore mbak Diah, mau bertanya, bisa ngga ya hasil adonan kacang hijau sebelum dicampur adonan tepung itu kita simpen dulu di freezer, jadi membalur dan menggorengnya di waktu2 setelahnya?
    hatur nuhun.

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel