Tuesday, December 31, 2013

Sop Ceker


Terinspirasi dari warung sop ceker Pak To..yang aku posting reviewnya beberapa waktu lalu..akhirnya..aku pengen bikin sendiri di rumah. Lha..sop ceker aja kok mahal..hihi..seporsi 17 ribu..lha..buat beli ceker sendir kan dapat sekilo lebih itu..hihi...bisa jadi 5 porsi..^^

Ceker..memang kadang di pandang sebelah mata ya teman2..padahal..kalau mau sedikit ribet mengolahnya..bisa jadi makanan enak lho. Misal..ya sop ceker itu tadi..keripik ceker..juga mahal banget harganya. Di bacem aja..jadi ceker goreng juga enak. Harganya murah meriah..tapi kandungan gizinya oke banget, terutama buat anak2 ya..makanya sering kan ibu ibu pada bikin kaldu dari ceker buat anak2 yang masih balita. Ya memang bagus sich kandungan kalsium..protein dan kolagennya. Kolagen ini juga bagus lho buat wanita yang pengen jaga penampilan..awet muda..hihi..tapi jangan kebanyakan juga ya..makan ceker..kan lemaknya banyak juga tuch kulitnya...yang ada tambah ndut..hihi..buat orang dewasa. Tapi..walaupun bagus..tetep..makan juga harus seimbang ya teman2..konsumsi juga daging ayamnya..jadi biar lebih lengkap nutrisinya buat anak2. Kalau aku sich biasanya memang ceker seringnya tak buat kaldu. Jadi selalu ada stock kaldu ayam di freezer. 

Karena ceker jika di masak kuah kan agak amis ya teman2..makanya aku pakai resep sopnya yang berbumbu komplet..yaitu bumbu sop pecok ayam..yang resepnya udah pernah aku share di sini. Ayamnya tinggal di ganti ceker aja. Dan..hasilnya..enak dan seger lho..nggak terlalu amis cekernya..karena bumbu sopnya komplet dengan aneka rempah juga. Di makan hangat2 pas musim hujan gini..pakai sambel..kucuran jeruk nipis sedikit dan juga kecap manis..seger banget dech. 

Ini dia resepnya ya teman..jika mau coba..^^
Sop Ceker

Bahan :
1 kg ceker ayam
2 buah wortel, potong bulat
100 gram kentang, potong kotak
2500 ml air
2 batang  sledri
1 sendok makan bawang goreng
4 cm jahe, kupas, memarkan
1/2 buah pala, geprek
2 cm kayu manis batangan, biarkan utuh
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula Pasir 1 sendok teh
6 buah bawang putih, geprek sampai bawang remuk
1 sendok teh merica butiran, haluskan

Cara Memasak :
Cuci bersih ceker, lumuri dengan air jeruk nipis, lalu cuci kembali supaya bau anyirnya hilang. Rebus ceker ayam dan air dengan api kecil..sampai keluar kaldu beningnya. Buang bagian lemak yang mengapung di atas kaldu. ( Tips membuat kaldu bening yang enak..klik di sini )
Tumis bawang putih dan merica hingga harum, masukan ke rebusan kaldu, dan bumbu2 lain. Masukkan wortel dan kentang. Rebus kembali hingga ceker ayam empuk dan bumbu meresap.Koreksi rasa, sajikan dengan sambal dan kecap, serta jeruk nipis jika suka.

6 comments :

  1. Met menjelang tahun baru mba Diah, gpp dirumah aja, sy jg suka dirumah saat malam thn baru. Btw mba, kalo supnya gak pakai buah pala gimana mba? Ada gantinya gak? Disini ( Batam ) saya blm pernah lihat buah pala segar, kalo yg kering ada. Trus mba lain kali boleh ya tampilkan sunti, penasaran nih mba. Makasih ... Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Ari..sama2 ya..:)

      Pala yang aku maksud itu juga buah pala kering itu lho Mba..tapi yang masih utuh..bukan bubuk..karena kalau bubuk terlalu kuat ya..aromanya. Kalau yang utuh kan..cuma di cemplungi jaa buat sedikit aroma..tapi nggak nyengat..jadi buat sedep2 aja gitu..:)
      Oke..ntar aku fotoin sunti ya Mba..:)

      Delete
  2. Hi Mbak Diah, mau nanya dong.. Kalau ngerebus ceker itu sampai empuk kalau pakai panci biasa kira2 berapa lama ya ? Saya pernah masak sampai sejam lebih tapi ngga pernah bisa empuk2. Bisa ngga bikin sop ceker ini pakai panci presto ? Terimakasih banyak ya sebelumnya dan sukses terus ya, mbak, di tahun 2014 ini :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Leonora...amin..mksh Mba..:)
      Mba...pakai ceker biasa tau ayam kampung Mba..?..Kalau ceker ayam broiler biasanya cepet lho mba..aku nggak sampe sejam kadang malah udah empuk banget..coba mba..rebus sambil di buat kaldu bening aja..jadi dengan api kecil..kira2 1 jam..bisa empuk kok mba. Kalau pakai presto..sayang nanti kaldunya malah nggak keluar..soalnya di paksa cepat matang cekernya..:)

      Delete
  3. Mbak Di...yummy bgt sop cekernya... :-) Mbak...coba dtambah kacang ijo yg sdh drebus dulu...ini resep warisan Alm. Mama ...sop ceker kcg ijo (bumbunya sama kayak resep Mbak Di cuma gk pake kayu manis ) ....ntar dimakannya pake sambal rebus dan jeruk nipis dikit ... makin maknyooosssss :-) hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..unik ..mksh tipsnya mBa..perlu di cob aitu..tambah gizi ya mba..:)

      Delete