Sunday, December 15, 2013

Mendoan Bumbu Ebi



Cuma posting mendoan aja ya pagi ini teman2..hihi. tapi mendoannya beda kok..lebih gurih ini..karena memakai bumbu ebi. aku coba2 resep kok hasilnya oke..jadi lebih gurih dan enak..jadinya di posting saja dech...walau udah sering posting mendoan dalam berbagai versi ya..tapi ini beda bumbu..jadi beda rasa juga lho. Kalau mau tips2 bikin mendoan komplet..liat di postinganku dulu di sini ya.

Pilih tempe yang sudah benar2 jadi ya kalau bikin mendoan..supaya lebih mudah di iris teman2..gunakan juga tempe yang bentuk papan..soalnya kalau bentuk daun kan susah ngirisnya. Sajikan selalu tempe mendoan ini hangat2...jadi..gorenglah sesaat sebelum di sajikan. Kalau mau praktis..siapin dulu adonan tepung..iris2 tempe..taruh kulkas..begitu suami tercinta pulang..atau keluarga di rumah sudah ngumpul..baru dech segera di goreng..jadi..mendoan yang hangat siap di santap bersama keluarga tercinta. Selamat mencoba..^^
Mendoan Bumbu Ebi
Bahan-bahan :
500 gram tempe, diiris tipis melebar
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung beras
400 ml air
2 batang daun bawang, diiris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
3 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
3/4 sendok teh ketumbar
1 sendok teh ebi , rendam air panas sampai mekar
1 cm kunyit

Bahan sambal kecap (aduk rata):
5 sendok makan kecap manis
1 siung bawang putih, dihaluskan
4 buah cabai rawit merah, dihaluskan / di potong2 kecil2
1/8 sendok teh garam
Cara Pengolahan :
Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering krispi.Tapi jika suka mendoan biasa ala abang2 ya boleh di goreng sampai agak kering. sesuai selera aja...^^
Sajikan dengan sambal kecap.

6 comments :

  1. bisa dicoba....,pas saat mendung seperti ini...
    minus ebi...,:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...silahkan Mas..no ebi...tetep enak..aslinya kan memag nggak..cuma iseng..memodifikasi resep aja kok..:)

      Delete
  2. hujan2 begini, asik banget ini...
    dirumah pas ada semua bahannya, kecuali ebi-nya mbak :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp Mba Zakia..memang pas buat cemilan musim hujan..no ebi..no problemo..hihi

      Delete
  3. Wah patut dicoba ini mba, mumpung masih ada ebi, sisa kemarin,,, makasih mba resepnya... *pasti enaakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tina..sama2..iya..lebih gurih Mba..:)

      Delete